Open vacancy for 2/Off , 3/Off, 3/Eng, 4/Eng and Ratings on LNG (FSRU) Vessel
Dear All,
We, PT TIMUR SHIP MANAGEMENT have an open vacancy on our LNG vessels (FSRU). Therefore to all Officers/Engineers (who have LNG/LPG experiences), Rating (who have LNG/LPG & Oil Tanker experiences) you are invited to come to our office for interview (please bring along your CV)on Wednesday 4th Sept 2013 at 0900 hrs or you may send your CV to ptt.crewing@timur.com.sg.
Our office located at:
GEDUNG PERMATA KUNINGAN JL. KUNINGAN MULIA KAV 9C, 16TH FLOOR, SUITE 1601 SETIABUDI JAKARTA SELATAN
Ditabrak Kapal Tongkang, Jembatan Kapuas di Pontianak Nyaris Roboh
Jembatan tol kapuas Satu yang menghubungkan wilayah Pontianak Selatan dengan Pontianak Timur, nyaris roboh. Jembatan yang mulai dioperasikan tahun 1982 ini mengalami kerusakan pada tiang fender setelah ditabrak kapal tongkang, hari ini sekitar pukul 20.11 WIB.
"Kapal tongkang bauksit ini melaju tidak terkendali namun terhenti setelah menabrak tiang fender penyokong jembatan besi baja ini," kata Amir, warga setempat.
Saat tabrakan terjadi, jembatan yang sedang dilalui padat kendaraan ini sempat mengalami goncangan hebat. Tabrakan hebat di sisi empat tiang utama jembatan tol kapuas yang memiliki panjang 410 meter ini, menimbulkan kekuatiran warga jembatan akan roboh.
Petugas kepolisian sigap mengalihkan arus kendaraan dari masuk dan keluar jembatan. Bahkan khusus kendaraan roda empat dialihkan ke jalur lain yakni ke Jembatan tol kapuas 2.
Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Mukson Munandar membenarkan kejadian ini. "Tabrakan menyebabkan tiang penyokong jembatan alami kerusakan," terangnya.
Saat ini, dua buah speedboat dari Direktorat Polisi Air Polda Kalbar telah dikerahkan ke lokasi kejadian. "Petugas hanya memantau, namun upaya evakuasi kapal tongkang yang masih melintang di alur sungai Kapuas, belum dapat dilakukan," tegasnya.
Akibat peristiwa ini, warga Pontianak dibuat gempar. Pasalnya, jembatan tol Kapuas Satu ini menjadi jalur utama warga masuk dan keluar kota Pontianak. Hingga saat ini, ratusan warga yang penasaran terus berdatangan ke lokasi jembatan ini. Akibatnya arus kendaraan di titik kerumunan warga ini alami kemacetan parah.
Lowongan pelaut untuk Koki Kapal Pertamina/ COOK-Pertamina
Dibutuhkan KOKI yang pengalaman tanker untuk kapal cahrter pertamina operasi dalam. Kandidat harus tingal sej\kitar Jabodetabek, memiliki ANTD, BST,SCRB,TF, dan medikal perhubungan yang masih valid, join lusa. Yang berminat dan info lebih lanjut 081318304639 / 2A359FCC. (Abdul Haris)
Lowongan Pelaut Terbaru 28 Agustus 2013 untuk AHTS Master
Hola again,
Our new requirements : MASTER– Good experience in Anchor Handling operations. Class II or III Salary: USD 4500/Month Contract: 6 Months Area: UAE Joining Date: At earliest
Job pelaut Terbaru : Need Two Chief Officer for LCT (Offshore Brunei), Urgent!!!
Dear All,
We are urgently need two Chief Officer Class 2 or Class 3 for LCT, requirement as bellow:
Salary: Class 2 USD 115/d, Class 3 USD 80/d Type of vessel : LCT Trading Area : Brunei Date of Joinging ASAP Must have experiences as CO on LCT or offshore vessel at least 2 years
Sedikitnya 18 orang pelaut diduga terjebak di kapal selam India yang terbakar setelah meledak di pelabuhan Mumbai, Rabu (14/08).
Kebakaran kini telah berhasil diatasi tetapi sebagian badan kapal masih belum muncul ke permukaan.
Tim penolong darurat telah dikerahkan ke lokasi. Media India melaporkan bahwa banyak pelaut yang berhasil melompat keluar dari kapal dan menyelamatkan diri, meski beberapa orang diantaranya menderita luka-luka.
Penyebab ledakan di kapal selam INS Sindhurakshak itu belum diketahui. Ledakan terjadi setelah tengah malam. Api baru berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian. Angkatan Laut mengatakan kapal selam itu mengalami kerusakan berat dan penyelidikan untuk mengetahui penyebab insiden tersebut telah dimulai.
Kapal buatan Rusia
Ini adalah kebakaran kedua di INS Sindhurakshak sejak 2010
"Masih ada beberapa orang yang terjebak di atas kapal, kami masih berusaha menyelamatkan mereka, kami menduga jumlahnya 18 orang," kata juru bicara Angkatan Laut PVS Satish yang dikutip oleh kantor berita Reuters. "Kami tidak akan menyerah hingga kami menemukan mereka," tambahnya. Asap dari ledakan terlihat hingga ke pelosok kota, seperti dilaporkan media setempat. INS Sindhurakshak adalah satu dari 10 kapal selam yang dibeli dari Rusia antara 1986-2000. Kapal itu dilengkapi dengan sistem peluru kendali Club-S Rusia. Baru-baru ini kapal selam tersebut menjalani perbaikan di Rusia setelah terjadi kebakaran di kompartemen bahan bakar yang menewaskan seorang pelaut pada Februari 2010. India dan Rusia telah lama menjadi sekutu dan Rusia memasok sekitar 70% alat utama sistem persenjataan India
Petugas penjaga pantai Taiwan menahan sembilan pelaut asal Indonsia. Mereka diduga membunuh pemimpin kapal mereka yang berkewarganegaraan Taiwan.
Petugas Taiwan mengejar mereka setelah mendapat laporan dari pemilik kapal. Sang pemilik curiga karena kapal tersebut tidak bisa dihubungi selama tiga hari.
Pemimpin kapal bernama Chen Tesheng bersama asistennya, Ho Changlin, tidak dapat ditemukan petugas. Para pelaut menutup mulut ketika ditanya tentang keberadaan kedua pria tersebut.
"Kami curiga keduanya dibunuh dan dibuang di laut," ujar juru bicara Penjaga Pantai Taiwan, seperti dikutip AFP, Senin (29/7/2013).
Para pelaut Indonesia itu saat ini dalam perjalanan menuju Taiwan. Mereka dibawa petugas untuk dimintai keterangan lebih lanjut.
Kapal Karam di Ambon, Tiga Orang Tewas, Lainnya Hilang
Kapal motor (KM) Sandar Jadi yang berlayar dari Ambon menuju Pulau Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) Maluku tenggelam di sekitar perairan Tanjung Alang, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (24/8/2013).
Kapal yang mengangkut sekitar 25 penumpang dan ABK ini bertolak dari kawasan Pantai Mardika Ambon sekitar pukul 05.00 WIT. Namun, setelah berada di Tanjung Alang, sekitar pukul 08.00 WIT, kapal tiba-tiba oleng karena dihantam gelombang setinggi dua hingga tiga meter dan mengakibatkan kapal tenggelam.
Akibat peristiwa tersebut, nakhoda kapal, La Jaidi (60), dan dua penumpang lainnya yakni, Hefy Attamimy (50) dan Wa Nia Tomia (45) meninggal dunia. Ketiga korban saat ini telah dibawa warga Desa Alang dan tim SAR ke kantor Desa Alang.
Sementara sejumlah penumpang lainnya masih dinyatakan hilang dan masih dicari tim SAR dan warga sekitar.
Seorang ABK kapal yang selamat dalam peristiwa tersebut, Ramli Kibas, kepada Kompas.com di Kantor Desa Alang, Sabtu siang, mengatakan, sebelumnya cuaca laut sangat bersahabat, tetapi saat memasuki perairan Tanjung Alang, kapal tiba-tiba mulai disapu gelombang tinggi dan mengakibatkan air laut masuk ke kapal.
"Air masuk ke dalam kapal, tiba-tiba mesin kapal mati, setelah itu bagian belakang kapal langsung tercebur ke laut. Kapal tenggelam sekitar pukul 08.00 WIT," kata Rami.
Ramli mengungkapkan, dirinya tidak mengetahui pasti jumlah penumpang yang berlayar dengan kapal naas tersebut. "Saya kurang tahu berapa jumlah penumpang yang berada di dalam kapal," ujarnya.
Salah seorang penumpang yang selamat dalam musibah tersebut, Ibrahim Duwila, mengatakan, saat kapal hendak tenggelam, mereka langsung melompat ke laut dan berenang menuju tepian pantai.
"Kita melompat ke laut saat kapal akan tenggelam dengan menggunakan jeriken," katanya.
Sementara itu, Kepala Desa Alang Jhon Patty kepada Kompas.com mengatakan, sesaat setelah kapal akan tenggelam, warga sempat melihat para penumpang melambaikan baju mereka dari atas kapal, setelah itu kapal langsung tenggelam.
"Mereka meminta pertolongan dengan melambaikan baju sebelum kapal tenggelam, saya langsung perintahkan warga untuk membantu mereka," kata Jhon.
Pantauan Kompas.com di lokasi kejadian, hingga kini tim SAR dibantu warga masih terus mencari sejumlah penumpang yang masih hilang.
Briptu Bayu G.N, salah satu penumpang Kapal Expres Bahari menceritakan situasi ketika penumpang mendengar kabar kapal yang mereka tumpangi terbakar. Menurut Bayu, saat mendengar anak buah kapal (ABK) berteriak bahwa kapal terbakar seketika membuat semua penumpang panik.
Bayu yang saat itu menumpang kapal bersama enam rekannya langsung membantu proses evakuasi. "ABK dan kami polisi yang memang sudha mengenal ABK langsung membantu proses evakuasi terutama perempuan, anak-anak dan lansia," ujar Bayu kepada Metro TV melalui sambungan telepon.
Bayu mengaku sebelumnya tak ada pertanda apa pun sebelum peristiwa nahas itu. Toh sesaat sebelum kejadin kapal sudah hampir merapat ke dermaga.
Terbakarnya kapal Expess Bahari 8C tujuan Pangkalbalam-Tanjung Pandan, Belitung, Babel, Kamis (22/8) sekitar pukul 17.45 WIB di Perairan Selat Nasik Belitung meninggalkan trauma mendalam bagi para penumpang, termasuk Nilawati, 49 sekeluarga.
Kepergian Nilawati bersama Ahmad, 48, suami dan anak Dila, 12, serta Aldi, 8, ke Belitung untuk menghadiri pesta pernikahan saudaranya Minggu (25/8).
"Kita sekeluarga ke Belitung naik Express Bahari 8C hendak menghadiri pesta perkawinan saudara," kata Nilawati di RSUD Belitung
Seharusnya, lanjut Nilawati dia sekeluarga berangkat ke Belitung pagi hari. Namun karena ada saudara yang mau nitip kelengkeng makanya mereka berangkat siang jam 13.30 WIB.
"Sebenarnya kita berangkat pagi, tapi saudara saya nitip kelengkeng jadi kita sekeluarga berangkat siang," tutur Nilawati.
Dengan membawa kedua buah hati mereka, mereka pun siang itu bergegas ke pelabuhan untuk naik kapal Express Bahari 8C yang di jadwalkan berangkat kamis (22/8) pukul 13.30WIB.
Berhubung kondisi ekonomi kekurangan dia sekeluarga hanya mampu membeli tiket ekonomi, di tengah perjalanan sang suami memberitahu keluarga yang akan menjemput bahwa mereka akan tiba di pelabuhan pada malam hari.
"Di tengah perjalanan sembari memangku si kecil tidur, suami saya memberitahu untuk di jemput sebab kapal merapat di pelabuhan malam," ceritanya.
Tak berselang beberapa lama, ia sekeluarga kaget ada yang berteriak ada api, kami sekeluarga panik, karena angin bertiup kencang api pun cepat membesar.
"Kaget ada yang teriak api, tapi sayang saat kami mau ambil pelampung kru kapal bilang jangan panik, tapi kepanikan itu tak terhelakan, api langsung menyampar tubuh, tangan saya lalu suami saya sempat bicara, Bu bawa Dila, Bapak bawa Aldi, hanya kata-kata itu yang saya ingat lalu kami terjun ke laut," ucapnya.
Saat terjun masih lanjut bercerita terpisah tapi sebelumnya suaminya sempat mengatakan antara dua kalau bukan bapak sama Aldi yang meninggal duluan bearti Ibu sama Dila.
"Kuasa Allah sungguh luar biasa, ternyata kami berempat masih diberi kesempatan untuk hidup kendati terpisah hampir 5 jam," ujarnya.
Ia menyebutkan pertama kali yang berhasil dievakuasi yakni suaminya, Ahmad bersama Aldi. Suaminya mengalami luka bakar di kepala sehingga rambut habis sedangkan Aldi telinga, tidak berselang berapa lama suaminya di bawa ke rumah sakit barulah dirinya bersama Dila.
"Saya lukanya cukup parah tubuh dan wajah sedangkan Dila tangan,"ungkapnya.
Duh kalau mengenang kejadian itu kami trauma ingin rasanya pulang tidak menggunakan kapal laut lagi, kalau ada uang kami memilih angkutan lain.
"Trauma, tapi apa daya keadaan ekonomi kita jauh yang di harapkan, terlebih semua barang bawaan habis, kendati demikian kita akan terima apa adanya walaupun pulang dengan kapal laut,"Imbuhnya sembari trauma mengenang kejadian
Kendala utama dan paling sering dijumpai pelaut Indonesia yang bekerja di kapal asing adalah kemampuan bicara Bahasa Inggris. Penguasaan Bahasa Inggris menjadi titik lemah para pelaut kita. Saya sering melakukan interview terhadap para cadet (calon perwira kapal), dan dapat saya pastikan dari umpamanya 100 cadet yang saya interview maka hanya ada sekitar 10-15 orang yang dapat dikatakan bagus dalam berbahasa Inggris.
Lantas kemudian kenapa Bahasa Inggris menjadi begitu penting bagi para pelaut kita yang bekerja di atas kapal asing? Tentu saja. Karena komunikasi di atas kapal pasti menggunakan Bahasa Inggris, mau tidak mau mereka harus menguasainya. Selain safety training, cross culture communication, maka English mestinya menjadi sebuah kemestian bagi para pelaut kita. Mereka harus berbaur dengan berbagai pelaut lain dari beragam nationality dan budaya. Tanpa kemampuan tersebut, mereka akan `gagu' dan `gagap' di atas kapal.
Bahasa Inggris yang digunakan sebagai komunikasi di atas kapal pada dasarnya sama dengan yang umumnya kita gunakan. Namun ada beberapa perbedaan mendasar dalam budaya berucap di atas kapal. Selain itu juga ada beberapa perbedaan vocabulary. Contoh sederhana, dalam percakapan sehari-hari kita menyebut sebelah kanan dengan right side, namun di atas kapal kita mengenalnya dengan starboard side. Untuk sebelah kiri yang kita sering pakai adalah left side, maka di atas kapal disebut sebagai portside. Masih banyak contoh lainnya.
Nah, penguasaan Bahasa Inggris memang sudah merupakan `momok menakutkan' bagi para pelaut kita. Ini seringkali menjadi kendala para pelaut kita berkomunikasi di atas kapal. Appraisal jelek di atas kapal seringkali dikarenakan lack of communication yang ternyata berasal dari ketidakmampuan para pelaut kita berbahasa Inggris. Keliru mengartikan pesan. Keliru melaporkan. Keliru menerima dan menjalankan instruksi dan lain sebagainya.
Saat ini, bisa jadi Indonesia memiliki sekitar lebih dari 70 ribu pelaut aktif. Kita sudah semestinya mengungguli pelaut-pelaut asing. Asal saja kita punya kemauan dan kemampuan untuk itu. Attitude, behavior based safety, dan English knowledge harus sudah menjadi harga mati bila keinginan kita menjadi lebih unggul dari para pelaut asing tersebut. Paling tidak, kita harus mengungguli terlebih dahulu para pelaut dari India dan Filipina. Karena merekalah `raja laut' saat ini. Bukankah nenek moyang kita adalah pelaut? Dan bukan hanya sebatas pelaut, mereka adalah pelaut-pelaut yang hebat dan sangat Berjaya di laut. Mereka adalah pelaut-pelaut ulung. No doubt about it. Sejarah sudah berbicara lebih dari sekedar cukup tentang berbagai keunggulan dan kehebatan mereka.
Ada beberapa catatan historis yang menegaskan kepada dunia, bahwa pelaut yang menemukan benua Australia sebetulnya bukanlah James Cook, akan tetapi para pelaut dari Indonesia yang ratusan tahun sebelumnya telah menjelajah sampai ke benua itu, termasuk juga ke tempat-tempat lainnya.Pelaut masa kini tidak boleh kalah. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris maksimal, dapat dipastikan para pelaut kita bisa `menguasai lautan', bahkan sampai ke ujung bumi sekalipun.
Sampai saat ini, menurut catatan KPI, ada sekitar 250 ribu pelaut Indonesia yang bekerja di berbagai kapal berbendera asing dan sekitar 35 ribu di antaranya adalah merupakan anggota KPI. Pelaut Indonesia yang bekerja di kapal berbendara asing adalah nomor tiga terbesar di dunia setelah tentu saja India dan Filipina. Dari segi jumlah, memang sudah termasuk sangat banyak. Tapi toh dengan jumlah seperti itu masih tetap dirasa kurang. Lalu bagaimana dari segi kualitas? Banyak yang berkualitas, tapi serempak kita masih harus terus bekerja keras menciptakan pelaut-pelaut yang handal dan berkualitas. Bagaimana caranya? Yang dengan training dan pelatihan. Memantapkan silabus-silabus di berbagai akademi pelayaran, termasuk fasilitas-fasilitasnya. Dan salah satu yang terpenting juga adalah tentu saja dengan memaksimalkan dan menggenjot kemampuan berbahasa Inggris mereka. Para pelaut kita masih kalah kalau jauh dibandingkan India dan Fillipina dari segi penguasaan Bahasa Inggris.
Tidak diragukan lagi, kita adalah negara maritime. Kita negara kepulauan yang memiliki banyak laut. Hidup nenek moyang kita adalah dari hasil laut. Sampai sekarang pun laut masih menjadi salah satu andalan utama kita. Sudah barang tentu akan sangat disayangkan bila nanti justru laut kita `dikuasai' oleh negara lain, oleh pelaut asing, dan oleh perusahaan asing. Si `penakluk bumi', kapten kapal bernama James Cook pernah mengatakan "Ambition leads me not only farther than any other man has been before me, but as far as I think it possible for man to go." Dan saat ini saya ingin menyitir pendapat tersebut untuk para pelaut kita. You can do it better than you ever think. You even can do it better than James Cook. Jelajahi samudera dan tunjukkan bahwa Indonesia adalah gudangnya pelaut. Bukan sekedar pelaut yang bisa melaut, tapi pelaut yang berkualitas dan berkemampuan tinggi.
Liaoning, kapal pengangkut pesawat tempur alias aircraft carrier milik Cina.
Setelah memiliki Liaoning, kapal pengangkut pesawat tempur alias aircraft carrier, Cina akan membangun aircraft carrier kedua. Media asing melaporkan, kapal raksasa itu akan dibangun di Shanghai, tapi belum ada konfirmasi dari Pemerintah Cina. Sudah bukan hal yang aneh jika Pemerintah Cina merahasiakannya. Sebab, mereka memang berencana membangun armada militer yang sangat kuat di Asia Timur. Ketegangan dengan Jepang yang juga dikelilingi pangkalan bersenjata Amerika Serikat (AS), semakin menambah motivasi Cina untuk maju dalam bidang ini. Liaoning dibeli dari Rusia dan dipermak sesuai standar militer Cina. Cina juga dilaporkan sedang membangun pesawat jet siluman (stealth) yang bisa mendarat di aircraft carrier, pesawat drone (nirawak), dan kapal selam nuklir. Nantinya, ada dua resimen Angkatan Udara untuk satu aircraft carrier, termasuk pesawat tempur, pesawat intai, pesawat anti-kapal selam, anti-elektronik, dan pesawat dengan baling-baling. Pemerintah Cina mengungkapkan, Liaoning dibuat semata-mata untuk tujuan latihan militer. Toh, negara-negara lain mencurigai ini sebagai upaya Cina menunjukkan superioritas militernya. Nama Liaoning diambil dari nama salah satu provinsi di Cina, yang berbatasan dengan Korea Utara. Liaoning memiliki electromagnetic aircraft launch system (EMALS) yang bisa meluncurkan pesawat tempur dengan bobot lebih berat dari umumnya. Diperkirakan, Lioaning juga memiliki sistem misil Flying Leopard 3000 Naval (FL-3000N) dan Type 1030 close-in weapon system (CIWS), ditambah Anti-submarine warfare (ASW) khusus untuk anti-kapal selam. FL-3000N menggunakan sistem yang bisa menjangkau target subsonik dan supersonik dalam jarak sembilan kilometer.
Info Job Pelaut at Company EMAS Offshore Services Pte. Ltd.
Company EMAS Offshore Services Pte. Ltd. Job Offer Chief Officer for AHTS-DP2 Job Type Contract Location Malaysia Description Requirements: • Minimum 2 years recent experience as Chief Officer onboard AHTS/OSV with actual anchorhandling and towing operation • Must have Chief Officer COC / Unlimited endorsement • National license must be recognized by MPA • Must have complete and valid STCW training certs. • Must have valid SSO cert (as per Section A-VI/5 of STCW code) • Must have valid passport and seaman's book • Medically fit • Preferably with BOSIET(OPITO) and Rigging/Slinging cert. • Preferably Asian • Preferably not more than 50 y.o. • Preferably with valid PETRONAS medical and PETRONAS OSP
• Tour duration: 3 months on / 1 month off • Deployment date : Immediate
Note: Applicants who do not meet the above requirements need not apply
Contact Info PENARANDA JOSE RAINIER EMAS Offshore Services Pte. Ltd. 15 Hoe Chiang Road #28-01 Tower Fifteen Singapore 089316
Phone: (65) 6590 8073 Fax: (65) 6224 0621 E-mail: jose.rainier@emas.com Website url: www.emas.com (Only shortlisted candidates will be notified)
Tips Agar Tidak Tertipu Broker Lowongan Kerja Pelaut Palsu
SEKEDAR SARAN UNTUK TIDAK TERTIPU BROKER ABAL ABAL :
1.JANGAN PERNAH MEMBERIKAN UANG DIMUKA SEBELUM -ADA WAWANCARA DARI OWNER/PERWAKILAN OWNER./CREWING AGENT FROM COMPANY. -ADA NAMA /NOMOR PASSPORT/NAMA KAPAL DAN JADWAL PENERBANGAN/MASKAPAI ANDA DI LG(LETTER OF GUARANTEE DARI OWNER SHIP(BUKAN DARI WARAKAS LHO) -ADA TIKET ( DISEDIAKAN OLEH OWNER ATAU AGENT)
-ANDA MEDICAL CHECK DAN LULUS (BIAYA DARI BROKER/AGENTNYA -ADA VISA JIKA NEGARA TUJUAN MEMERLUKANYA(DUBAI(U.A.E) SAUDI ARABIA,INDIA DAN SRILANKA BAHKAN EROPA.(VISA ON ARRIVAL/ATAU ENTRY PERMIT) -AGREEMENT YANG JELAS LEBIH BAGUS YANG DARI OWNER LANGSUNG ATAU CBA KKKB . -DALAM AGREEMENT TERTULIS JELAS,GAJI,OT,LAMANYA CONTRACT,ASURANSI DAN KONDISI LAINYA.KHUSUSNYA PIHAK MANA YANG MENANGGUNG BIAYA KEBERANGKATAN DAN KEPULANGAN ANDA KE BANDARA TERDEKAT DARI LOKASI ASAL ANDA(MISAL CENGKARENG) (HARUSNYA PERUSAHAAN(SHIP'S OWNER) -JANGAN MUDAH PERCAYA MULUT JANJI MANIS DAN IMING IMING UANG SAMPINGAN. -YANG LEBIH BAGUS "JANGAN PAKAI JASA BROKER"
1.CIRI CIRI BROKER/MANNING AGENT YANG BIASANYA BENAR
-SEMUA BIAYA MEDICAL,TICKET,VISA DLL DITANGGUNG DULU OLEH BROKER/AGENT -PUNYA KANTOR YANG BONAFIDE -ADA PENGALAMAN BAGUS DARI TEMAN YANG SUDAH JOINT DISANA)TESTIMONY) -LEGAL DAN ADA PERIZINAN LEBIH BAGUS. -SISTIM CHARGE LEBIH BAIK POTONG GAJI(DEDUCTION) ATAU BAYAR SETELAH GAJIAN PERTAMA/KEDUA. -KALAU BISA TIDAK MINTA CHARGE UNTUK PEREKRUTAN ANDA(BIASANYA CRWING/MANNING AGENT SEPERTI AAPL INDONESIA,ANDHISA DAN WAHANA RAHMA,JIM,SILOBAHARI ,OCEANINDO (MAAF BUKAN PROMOSI) -HINDARI BROKER KAKI LIMA ,SEPERTI KETEMU ORANG YANG NGAKU BISA KIRIM DAN BANTU ANDA UNTUK JOINT SHIPS,SEMENTARA DIA TIDAK PUNYA KANTOR/KHUSUSNYA YANG DI TERMINAL PRIOK,IMIGRASI DAN WARKOP WARKOP DI JL.BUGIS. -FEELING ANDA SENDIRI
Lowongan Pelaut Untuk Master, Chief Officer dan 2/E
URGENT FOR OUR BULK and CONT JOINT END OF AUG - FIRST SEPT 2013 POSITION ;
1. Master - ANT I EXPERIENCE CARGO, BULK & CONT. 2. C/O - ANT II EXPERIENCE CARGO, BULK, & CONT VALID USA VISA WITH SALARY USD $3.850- $6000 3. 2/E - ATT II / III EXPERIENCE CARGO, BULK, & CONT VALID USA VISA WITH SALARY USD $1.900 - $3.700
FREE ADMINISTRATION (GRATIS ADMINISTRASI)
PLS COME TO OUR OFFICE OR SEND YOUR CV TO OUR EMAIL DIRECTLY TO : SOFYAN Recruiting Department PT. JASINDO DUTA SEGARA Jl.Raya Boulevard Barat Plaza Kelapa Gading Rukan Blok C/55, Jakarta - Indonesia Telp : (62-21) 45851225 Fax : (62-21) 45851228 HP: 0812 8126 925 Email: sofyan@jasindods.co.id
Job Pelaut Terbaru 23 Agustus 2013 untuk Master Class III
We now urgently require a Master (class III) for small vessel. Salary 70$/ Day 1) Area of operation - Persian Gulf and Arabian Sea2) GRT of vessel - 36 3) Flag of Vessel - mongolia 4) Vessel Specs - 21.38m LOA, 4.27m Beam 1.3m Draft, 20.3m 5) COC class required - >200Gt Offshore, Commercially Endorsed 6) Contract Duration - 4 months on board 1 month vacation
Kami informasikan bahwa yang bersangkutan dibawah ini :
Nama : YOSHE WILLA SANTOSO Tempat/Tanggal Lahir : Tangerang, 06 September 1985 Alamat KTP : Jalan KOPERTA GUNUNG EMPAT No. 958A RT 36 Desa Margo Mulyo Balikpapan Kaltim. Posisi di kapal : Cook Ijazah : SMK Pelayaran Pancasila Kartasura Solo, Jawa Tengah ( lulusan 2004 / 2005 )
Yang bersangkutan diatas adalah crew kapal / Floating Crane pada perusahaan kami yang beroperasi di daerah Asam-asam Kalimantan Selatan, yang sejak tanggal 16 Agustus 2013 ( 09.00 LT ) turun dari kapal bermaksud untuk belanja bulanan tetapi sampai dengan saat ini tidak kembali ( melarikan diri )dengan membawa sejumlah uang.
Mohon kepada rekan-rekan seprofesi yang mengetahui keberadaan yang bersangkutan untuk menginformasikan kepada kami dan untuk mempertimbangkan lagi apabila bermaksud merekrutnya. Untuk konfirmasi dan penjelasan bisa menghubungi alamat kantor kami dibawah ini.
Thanks & Best Regards, HR Department PT. Indo Straits Tbk. Graha Kirana Building 15th Floor Suite#1501 Jl. Yos Sudarso Kav. 88 Sunter Jakarta Utara 14350 Phone. +62 21 6531 1285 Fax. +62 21 6531 1265 Mobile : +62 8119445045 ( Slamet Widodo ) / +62 81349043793 ( Burhan )
13 korban kapal MV Express Bahari 8 C yang terbakar pada Kamis (22/8) di perairan Selat Nasik, Tanjung Pandan, Bangka Belitung (Babel) masih hilang. Hingga saat ini, polisi dan pihak terkait sudah meyelamatkan 180 orang dari total 197 penumpang dan awak kapal tersebut.
"Sedangkan empat orang lainnya tewas dalam kejadian tersebut dan salah satunya seorang bayi," ujar Kepala Bagian Analisa dan Evaluasi Divisi Humas Mabes Polri Kombes Rusli Hedyawan di Jakarta Jumat (23/8).
Rusli mengatakan, kecelakaan maut tersebut terjadi ketika kapal hendak berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam Bangka ke Tanjung Pandan. Tak disangka, kapal terbakar dan membuat perjalanan sore itu menjadi sebuah bencana.
"Hingga saat ini proses pencarian masih dilakukan. Tim gabungan Ditpolair Polda, Satpol Air Polres Belitung, TNI AL dan nelayan terjun melakukannya bersama-sama," ujarnya.
Sementara menurutnya, kasus terbakarnya kapal pengangkut tersebut masih terus diselidiki oleh oleh Polda Babel.
Apa jadinya jika Anda tengah asyik menikmati nyaman dan hangatnya berjemur di pantai, tiba-tiba muncul sebuah kapal selam tepat di depan Anda? Kejadian inilah yang dialami ratusan turis di sebuah pantai di kota Kalingrad, Rusia. Ketakjuban mereka dapat dilihat dalam rekaman video yang diunggah di laman Russia Today.
"Kapal selam seberat 550 ton dan panjang sekitar 60 meter tiba-tiba menyembul keluar dan membuat air laut menyemprot ke atas, hingga mengagetkan para wisatawan yang berada di sana," tulis laman Daily Mail, Kamis, 22 Agustus 2013. Tak lama kemudian, para marinir langsung melompat dari kapal selam dan membuat batas tali untuk mengamankan lokasi ini.
Rupanya, kapal selam seharusnya muncul ke permukaan di pantai lain yang berjarak beberapa kilometer dari lokasi ini. Namun demikian, militer Rusia menyesali pantai yang masih menjadi wilayah militer ini seharusnya juga steril dari wisatawan. Untungnya, tidak ada korban dalam insiden ini.
Menurut koran lokal Komosomolskaya Pravda, kapal selam ini sedang dalam misi taktis. Kapal selam mampu mengangkut 400 tentara. Dengan peralatan yang canggih, seperti peluncur rudal dan kemampuan melaju dengan kecepatan hingga 112 km/jam, kapal selam ini dapat menjadi mesin pertempuran yang dapat diandalkan.
Meningkatnya tinggi gelombang di Laut Jawa membuat Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak mengeluarkan warning. Peringatan tersebut khususnya ditujukan kepada kapal-kapal kecil agar menunda dulu pelayarannya.
"Berdasarkan informasi dari BMKG bahwa gelombang di Laut Jawa mencapai 4 meter. Karena itu kami mengeluarkan warning," kata Marzuki saat dihubungi detikcom, Jumat (23/8/2013).
Humas Syahbandar Kelas Utama Tanjung Perak itu mengatakan, kapal-kapal kecil seperti kapal RoRo atau kapal barang yang ada di pelabuhan Kalimas diharap tidak berlayar dulu. Jika nekat, dikhawatirkan kapal-kapal berbadan kecil itu akan terhempas gelombang dalam perjalanannya menuju Kalimantan atau Sulawesi.
"Tetapi untuk kapal berbadan besar seperti milik Pelni, itu tidak menjadi masalah," lanjut Marzuki.
Prakirawan BMKG sendiri menjelaskan jika gelombang besar hingga 4 meter masih akan terjadi hingga Rabu (28/8/2013) mendatang. Gelombang mulai naik sejak Kamis (22/8/2013) kemarin dengan ketinggian 1,3 meter - 3 meter.
"Dan meningkat hingga 4 meter pada hari ini," ujar prakirawan BMKG, Silvy.
Jika terjadi penundaan pelayaran seperti ini, maka yang biasa terjadi adalah penumpukan truk barang di parkiran Dermaga RoRo yang hendak menuju Kalimantan dan Sulawesi. Saat ini sudah ada truk yang menganter. Beberapa hari ke depan, diperkirakan akan ada banyak truk yang bakal mengantre karena kapal RoRo paling cepat akan berlayar seminggu lagi
BATAM - Tim buru sergap Polsek Lubuk Baja berhasil menangkap pembunuh seorang sales promotion girl (SPG), Siti Sugiasti, 26. Siti ditemukan tewas bersimbah darah di kamar kosnya di lantai 3 Kompleks Windsor Central, Nagoya, Batam, Kamis 22 Agustus 2013. Pembunuh SPG cantik itu ternyata suaminya sendiri, Riki Gunawan.
"Motif pembunuhan itu karena pelaku cemburu korban selingkuh," kata Kapolsek Lubuk Baja Komisaris Polisi Aris Rusdiyanto, hari ini.
Aris mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan polisi, Riki marah karena merasa harga dirinya diinjak-injak almarhum istrinya itu, semenjak dia sudah tak bekerja lagi. Riki mengaku tak bisa mengendalikan emosi saat kejadian tragis itu.
"Sempat terjadi pertengkaran di antara keduanya di dalam kamar kos. Tak bisa menahan emosi, pelaku memukul kepala korban empat kali dengan batu gilingan cabai hingga korban tertelungkup di atas kasur," Aris menerangkan.
Tak hanya itu, melihat korban masih mengerang kesakitan, Riki lantas mencekik leher Siti hingga tewas. "Pelaku mencekik dan membekap mulut korban sampai tewas," kata Aris lagi.
Setelah memastikan Siti tewas, Riki kemudian membersihkan bekas darah di kepala Siti dengan handuk. Ia kemudian membaringkannya di atas kasur dan menyelimutinya.
"Pelaku sempat pergi mengantarkan anaknya untuk dititipkan ke adiknya di daerah Jodoh. Pulang dari mengantar anak, dia melapor ke pemilik kos bahwa istrinya meninggal karena terjatuh dari motor," ujar Aris.
Dari hasil olah TKP dan barang bukti yang diamankan, tak ada tanda-tanda barang milik Siti hilang. Kondisi kamar juga rapi. Sejak awal, penyelidikan petugas menyimpulkan pelaku pembunuhan adalah orang dekat, yang ternyata adalah Riki sang suami.
Riki mengakui membunuh Siti karena kesal istrinya berselingkuh dengan lelaki lain. Kekasih gelap istrinya itu seorang pelaut dan sudah menjalin hubungan asmara selama dua tahun, "Saya pernah memergokinya sekali, tapi dia tetap berhubungan dengan lelaki itu."
Riki kini mendekam di tahanan Mapolsek Lubuk Baja. Dia terancam hukuman penjara maksimal 15 tahun. (dat06/viva)
Lowongan Pelaut untuk Manager Fleet Certification (Sertifikat Kapal)
Requirements:
Male or Female with maximum age 35 years Min.Diploma Degree Experienced handle Certificate Vessel minimum 3 years Have good relation with BKI and Syahbandar Understand about certificate SOLAS, MARPOL, SMC, etc Experienced in shipping Industry preferable Computer Literate Highly Responsibility, Trustworthy, Good Communication skill, Willing to Work Hard, Good Team Work, Ability to Work Under Pressure, Strong analytical skills
Tidak semua masyarakat yang berdatangan ke tempat penukaran uang karena memanfaatkan momen pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) untuk melakukan aksi untung dengan menjual kepemilikan dolarnya.
Pantauan Liputan6.com di tempat penukaran uang PT Ayu Masagung daerah Kwitang, Jakarta, Kamis (22/8/2013), terlihat bebrapa orang sedang menunggu giliran panggilan untuk transaksi penukaran uang. Putra (25) mengatakan kedatangan ke tempat penukaran uang untuk keperluan saudaranya yang hendak keluar negeri dan bukan sebagai aksi mengejar untung. "Jual beli antar valas, untuk keperluan, saudara mau keluar, US$ ke euro," kata Putra saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Kamis (22/8/2013). Pelanggan lain, Anisa, juga membantah dirinya melakukan aksi untung dengan menukar uang dolar ke rupiah. Dia mengaku rutin menukar uang dolar karena merupakan gaji sang suami yang bekerja di luar negeri. "Mau jual, nggak juga saya nggak ikut begitu (aksi kejar untung), kalau ikut gitu kalau uangnya banyak kali. Ini sudah rutin karena suami saya pelaut karena gajinya juga US$," tutur dia. Sedangkan seorang pekerja di perusahaan minyak asal Perancis yang bekerja di Saudi Arabia, Agus, mengaku kaget ketika kurs dolar berada di level Rp 11.000. Dia menukar dolar karena ingin menukarkan gajinya. "Saya juga kaget pas kesini waktunya nukar, gaji baru turun. Kaget aja sampai Rp 11 ribu, waktu kemarin kalah sama Australia," jelasnya. Agus mengaku untung pelemahan rupiah tersebut. Dirinya bisa mendapatkan rupiah lebih banyak. "Kalau pas begini ya untung juga, harusnya Rp 10 ribu jadinya Rp 11 ribu. Sebenarnya gaji tetap karena dibawa pulang ke sini, kalau di Saudi stabil," pungkas dia
Male with age 30 - 40 year old ATT I Certified or S1 Degree in Marine Engineering 5 Years experience as Chief Engineer Highly Responsibility, Trustworthy and Good Communication Willing to Work Hard, Good Team Work, Ability to Work Under Pressure Strong leadership and analytical skills
Anda ingin bisa menghitung jumlah muatan minyak seperti bensin atau solar?
Kami akan memberikan kepada anda program perhitungan untuk muatan cair produk petroleum.
Program ini bisa digunakan untuk menghitung muatan minyak dikapal tanker atau oil barge (tongkang minyak).
Dapat digunakan untuk menghitung semua jenis Produk turunan minyak petroleum seperti gasoline(bensin, premium, pertamax), kerosine (minyak lampu, minyak tanah), HSD (Solar, MGO), HFO (minyak bakar, minyak hitam), Avtur dan lain sebagainya.
Kami juga memiliki Table ASTM digital untuk Table 53, 54, 54B, 56 dan 57 , yang akan kami berikan kepada anda gratis, sebagai bonus perkenalan.
<<<< (gambar tampilan program)
Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,- diskon khusus untuk pemesanan hari ini
Jika anda berminat bisa menghubungi saya di nomor kontak dibawah ini:
Pembelian hari ini akan kami berikan bonus-bonus tambahan seperti:
1. Link ke Ebook dibawah ini:
Draft Survey Ebook
Ebook for Surveyor
Info of Draft Master
Forum Bulk Draft Surveyor
Remarks sea level for draft survey
The secret of Draft Survey
Oil & Gas Salary Guide
Basic ship's pipe information
FOSFA procedures
Surveyor for Draft survey
Towing & Lashing Survey
Condition Survey
On Hire & Off Hire Survey
Chartering Terms Guide
2. Modul-modul dibawah ini:
Modul Draught Survey Code uniform Standard International, Modul training draft survey by Naval Architect consultancy, Rumus Manual Draft Survey, Rumus Interpolasi, Cara Membaca Sea Level Condition, Modul tentang Ship Stability for Masters and Mates Sixth Edition dan Modul Cargo Securing Model Manual - guidance
3. Applikasi dibawah ini:
Ditambah bonus rumus perhitungan muatan cair seperti perhitungan CPO atau Minyak Sawit Mentah akan kami berikan untuk anda sebagai bonus !!
" Kami Menjual Draft Survey Software , Sebuah Program Perhitungan Jumlah Muatan Kapal "
Dengan Program Draft Survey ini anda bisa menghitung muatan kapal dengan mudah, anda sudah tepat menemukan website ini.
Jika Anda Memiliki Program Perhitungan DraftSurveySoftware.com Ini Anda Bisa Menguasai Perhitungan Draft Survey Kapal, Bagi Anda yang berminat saya akan membagikan ilmu ini!
Disini Saya akan berikan Software untuk Program perhitungan Draft Survey Kapal atau Tongkang yang sangat mudah untuk digunakan, Bisa dipakai oleh siapa saja termasuk kepada anda tentunya, software ini berbasis pada windows excel yang saya yakin sudah anda kenal, sehingga mudah dijalankan disemua komputer
Di Buat Berdasarkan Pengalaman Pribadi!
Bagaimana mengetahui jumlah muatan kapal dalam 5 menit dan keakuratan hampir 100% hanya dengan menggunakan software ini?
Bagaimana mengetahui nilai konstan kapal secara otomatis?
Bagaimana membuat template Tanks Sounding dan Ballast water sekaligus dari 1 software ini.
Bagaimana mendesign sebuah Certificate of Quantity, Ship's Particular dan Cargo Particular Templates serta Draft Statement template?
Dan masih banyak lagi, semua 100% berguna dilapangan bagi surveyor dan perwira kapal!
Draft Survey Software ini sangat dicari oleh Pelaut, Calon Pelaut, Mahasiswa, Calon Naval Architect, Kadet yang sedang belajar di sekolah Akademi Pelayaran, semua orang yg bekerja di dunia maritime, Mahasiswa Akademi Pelayaran, Marine Surveyor, Ship's Officer, Super Cargo, Loading Master, Cargo Engineering, P & I Cargo Surveyor, Cargo Officer, owner kapal, ship's broker, asuransi, shipping agency, Beginner Surveyor, Junior Surveyor atau Senior Surveyor
Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,- diskon khusus untuk pemesanan hari ini
Hanya Rp. 285.000 Saja
Untuk Anda ketahui Biaya Kursus Training Draft Survey saat ini oleh Lembaga seperti AISI adalah Rp. 5,000,000,-
"Draft Survey Software akan dikirim ke alamat email anda "
Dapat bonus eBook dibawah ini jika anda memesan sekarang juga !
Ebook for Surveyor
Info of Draft Master
Forum Bulk Draft Surveyor
Remarks sea level for draft survey
The secret of Draft Survey
Oil & Gas Salary Guide
Basic ship's pipe information
FOSFA procedures
Surveyor for Draft survey
Towing & Lashing Survey
Condition Survey
On Hire & Off Hire Survey
Chartering Terms Guide
Setiap Pembelian Draftsurveysoftware.com akan mendapatkan : Program Perhitungan Draft Survey Software ditambah dengan bonus e-book Modul Draught Survey Code uniform Standard International, Modul training draft survey by Naval Architect consultancy, Rumus Manual Draft Survey, Rumus Interpolasi, Cara Membaca Sea Level Condition, Modul tentang Ship Stability for Masters and Mates Sixth Edition dan Modul Cargo Securing Model Manual - guidance Ditambah rumus perhitungan muatan cair seperti perhitungan CPO atau Minyak Sawit Mentah akan kami berikan untuk anda sebagai bonus !!
Tunggu apalagi segera miliki software canggih ini hanya dengan Rp. 285,000,- diskon khusus untuk pemesanan hari ini
Hanya Rp. 285.000 Saja
Silahkan Lakukan Pembayaran Ke Rekening Dibawah Ini
BCA Cabang Nagoya - Batam
No Rekening : 3403431059
Bank Mandiri Cabang Batam Industrial Park
No Rekening : 1090009967308
Bank BNI Cabang Sei Panas - Batam
No Rekening : 0214822882
Bank Syariah Mandiri - Batam
No Rekening : 0387116703
terima kasih atas kepercayaan anda berbisnis dengan kami, software pesanan anda akan segera kami kirimkan ke alamat email yang telah anda daftarkan kepada kami
Anda juga bisa membayar menggunakan paypal, please arrange your payment USD 30.00 for this valuable program & Bonuses to our paypal account at ruly.abdillah@gmail.com Paypal Account
Khusus warga negara Indonesia kami berikan diskon khusus untuk hari ini saja
Dihadang Badai, KRI Dewaruci Harus Direparasi di Australia Setelah terkena badai sekitar 120 mil laut lepas pantai Australia Barat di Samudera Hindia, KRI Dewaruci yang patah peruan dan tiang tiangnya merapat di dermaga Geraldton, dekat Perth, Kamis (22/8), untuk direparasi menyeluruh.
Laman thewest.com.au, Kamis menyatakan, KRI Dewaruci dengan 155 personel TNI-AL di dalamnya dipandu arah menuju pelabuhan itu dengan pesawat terbang Dornier dari Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA).
Semula, KRI Dewaruci dijadwalkan akan merapat di Perth, Australia, dalam misi pelayaran internasional pada 2013. Namun, badai menerpa kapal layar tiang tinggi buatan galangan kapal Stulcken & Sohns, Hamburg, Jerman, pada 1952, selepas dari perairan Indonesia dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Menanggapi peristiwa itu, KSAL Laksamana Marsetio menyatakan, "Insya Allah bisa diatasi. Memang ada masalah pada tiang-tiangnya, namun petang hari ini telah merapat untuk diperbaiki."
"Awak kapal baik-baik saja, perbaikan segera dilakukan," kata Marsetio.
KRI Dewaruci bertonase 847 ton memiliki tiga tiang, yaitu tiang Bima (utama dan paling depan, setinggi 39,5 meter dari geladak), tiang Arjuna di tengah, dan tiang Yudistira di buritan kapal. Dalam foto yang dilansir laman thewest.com.au, peruan-peruan di tiang Bima patah-patah, pun bagian akhir tiang itu juga patah.
Struktur utama tiang-tiang KRI Dewaruci terbuat dari besi baja. Namun peruan-peruan dan tambatan layar dastur terbuat dari kayu oak, yang tidak terdapat di Indonesia. "Kayunya diimpor utuh, tidak bisa kayu yang lain," kata sumber di TNI-AL.
Seluruh tiang ini dihubungkan kabel baja sebagai penguat satu sama lain dan badan utama kapal dan tiang horizontal di haluannya. Sebanyak 16 layar berada di seluruh tiang ini, dengan tiang Bima yang memiliki layar terbanyak di peruannya.
Kapal layar tiang tinggi ini difungsikan sebagai kapal latih bagi kadet-kadet Akademi TNI-AL, namun dioperasikan Komando Armada Indonesia Kawasan Timur (Armatim) di dalam Satuan Kapal Bantu. Selain sebagai kapal latih, KRI Dewaruci juga menjadi Goodwill Ambassador of Indonesia ke seluruh dunia.
Sepanjang sejarah pelayarannya, KRI Dewaruci paling sedikit telah melakukan 38 kali misi pelayaran TNI AL. Dari semuanya, kapal itu telah keliling dunia melayari tujuh samudera sebanyak dua kali, yaitu pada 1964 dengan komandan Letnan Kolonel Pelaut Sumantri, dan pada 2012, yang dipimpin Letnan Kolonel Pelaut Haris Bima Bayuseto.
Pada 2003, lebih dari panjang keliling dunia dilayari KRI Dewaruci ke Eropa Barat dan Eropa Utara, dengan puncak misi pada festival maritim L'Armada Rouen 2003. Saat itu, KRI Dewaruci menjadi satu-satunya kapal layar tiang tinggi peserta dari Asia dan Afrika.
Untuk melestarikan kapal layar tiang tinggi rancangan Adrian Bauer itu, pada 2004 didirikan Yayasan Sahabat Dewaruci yang dimotori TNI AL dan tokoh-tokoh nasional serta umum pecinta KRI Dewaruci, serta diresmikan Presiden (saat itu) KH Abdurrahman Wahid. (Antara)
Kapal Express Bahari Terbakar di Perairan Selat Nasik Babel
Pangkalpinang - Sebuah kapal pengangkut penumpang bernama kapal Express Bahari mengalami insiden kebakaran di wilayah perairan Selat Nasik, Bangka-Belitung. Hingga saat ini, upaya evakuasi penumpang masih terus dilakukan.
Kapal ini memiliki rute Pangkalbalam (Pulau Bangka) menuju ke Tanjung Pandan (Pulau Belitung). Kebakaran ini dilaporkan terjadi sejak pukul 18.25 WIB. Saat itu kapal masih jauh berada di tengah laut.
"Kita mendapatkan informasi pukul 19.00 WIB, kapal Express Bahari yang berpenumpang 173 orang, terbakar di perairan Selat Nasik, atau sekitar 2 jam perjalanan laut dari Tanjung Pandan, atau 4 jam perjalanan dari Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang," ujar Kepala Kantor Sar Babel, Jumaril, saat ditemui, Kamis (22/8/2013) malam.
Belum diketahui adanya korban jiwa dalam insiden ini. Informasi terakhir menyebutkan, kapal masih dalam kondisi terbakar dan mulai tenggelam.
Dilaporkan, ada sejumlah penumpang yang berhasil dievakuasi oleh dua kapal nelayan setempat. Namun tidak diketahui pasti jumlah penumpang tersebut.
Sedangkan Tim Sar Bangka Belitung bersama Polisi Air Babel sudah bertolak dari Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan.
Sebanyak 177 penumpang kapal Ekspres Bahari 8C, yang terbakar di perairan Selat Nasik, diinformasikan selamat. Sementara evakuasi penumpang hingga pukul 19.20 WIB, masih berlangsung. Pantauan Tribun, sejumlah kapal nelayan, kapal polair dan kapal cepat DKP membantu melakukan evakuasi penumpang.
Sementara itu, ratusan keluarga penumpang dan warga memadati pelabuhan Tanjungpandan dan pos TNI AL di pantai wisata Tanjungpendam, Kamis (22/8/2013).
Seperti diberitakan sebelumnya, Kapal cepat Express Bahari 8 rute pelayaran Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang - Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung dikabarkan mengalami kebakaran di perairan Selat Nasik, Kamis (22/8/2013).
Menurut informasi yang dihimpun, kapal mengalami kebakaran di perairan Batu Dinding Selat Nasik. Keluarga penumpang banyak yang cemas lantaran kesulitan menghubungi sanak kerabatnya yang berada di atas kapal.
Tim SAR dari Tanjungpandan, dikabarkan telah berangkat menuju Batu Dinding. Selain itu ada informasi nelayan Selat Nasik turut membantu upaya penyelamatan penumpang.
Kapal ini, berangkat meninggalkan Pelabuhan Pangkalbalam sekitar pukul 13.00 dengan membawa sejumlah penumpang, barang kargo serta sepeda motor.
Sebelumnya, kapal menempuh pelayaran dari Pelabuhan Tanjungpandan mulai pukul 07.30 dan tiba di Pangkalbalam tepat tengah hari. Saat berangkat dari Belitung geladak depan kapal terlihat mengangkut belasan sepeda motor.
Sesampainya di Pangkalpinang, Express Bahari 8 sempat melakukan pengisian bahan bakar dari Depo Pertamina sembari menurunkan para penumpang serta barang kargo di Pelabuhan Pangkalbalam sekitar pukul 12.00 WIB.
Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari operator Express Bahari dan otoritas pelayaran di Belitung.
Kapal penumpang Express Bahari 8 dengan rute perjalanan Pangkalbalam-Tanjungpandan terbakar di Selat Nasik, Kabupaten Belitung pada Kamis (22/8/2013) kemarin sekira pukul 17.30 Wib.
Komandan pangkalan Angkatan Laut (AL) Bangka Belitung, Letkol Laut Iwa Kartiwa menjelaskan, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, penyebab kebakaran diduga berasal dari puntung rokok yang dibuang seorang penumpang di buritan kapal.
Adapun titik koordinat lokasi kejadian, berada pada 02 derajat, 41 menit, 446 detik selatan, 107 derajat 25 menit, 100 derajat timur sekira 10 mil dari dermaga Pelabuhan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.
Hingga Jumat dini hari, proses evakuasi kapal masih berlangsung. Sementara pihak Express Bahari hingga kini belum berkomentar atas insiden tersebut. Insiden terbakarnya kapal Express Bahari memakan korban jiwa. Sejauh ini, 4 orang dinyatakan meninggal dunia. Salah satu korban tewas diketahui masih bayi.
"Sebanyak 4 orang meninggal dunia, satu bayi, 3 orang dewasa. Belum berhasil diidentifikasi," ujar Kepala Dirpolair Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Dede Ruhiyat saat ditemui di lokasi, Kamis (22/8/2013) malam.
Dede menuturkan, sebanyak 104 penumpang berhasil diselamatkan dari kapal yang terbakar di perairan Selat Nasik tersebut. Diantara penumpang yang berhasil dievakuasi, terdapat pejabat daerah Bangka-Belitung, yakni Asisten III Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erwandi.
"Sebanyak 104 penumpang sudah dievakuasi," tuturnya.
Sebagian besar penumpang selamat mengalami luka-luka dan telah dirawat di Rumah Sakit Tanjung Pandan, Belitung. "Kebanyakan mengalami luka bakar," imbuh Dede.
Sebelumnya Kepala Kantor Sar Babel, Jumaril menuturkan, total ada 173 penumpang dalam kapal yang memiliki rute Pangkalbalam (Pulau Bangka) menuju ke Tanjung Pandan (Pulau Belitung) ini. Kapal ini terbakar di perairan Selat Nasik, atau sekitar 2 jam perjalanan laut dari Tanjung Pandan, atau 4 jam perjalanan dari Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang
Hingga saat ini upaya evakuasi masih terus dilakukan. Tim SAR gabungan menggunakan kapal milik Angkatan Laut dengan dibantu kapal nelayan berusaha mengevakuasi penumpang dari kapal yang mulai tenggelam tersebut.
Sebanyak empat penumpang meninggal dalam peristiwa terbakarnya kapal Ekspress Bahari di perairan Selat Nasik Kabupaten Belitung, Kamis, 22 Agustus 2013 sekitar pukul 18.05 WIB. Dua dari korban tewas adalah Ipah, seorang ibu rumah tangga yang ikut terbakar dan bayinya Fanny. Dua lainnya lansia yang belum diketahui identitasnya.
Komandan Pangkalan Laut (Danlanal) Bangka Belitung Letnan Kolonel Pelaut Iwa Kartiwa mengatakan, korban tewas sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Belitung. "Untuk sementara data yang kami terima ada empat korban meninggal," kata dia. "Sekarang sudah dibawa ke rumah sakit."
Saat ini sebanyak 50 penumpang sudah dievakuasi ke darat. Penumpang lain masih di tempatkan di Pulau Selat Nasik. "Seluruh tim penyelamat sudah dikerahkan dengan menggunakan kapal angkatan laut, badan SAR dan kapal nelayan," ujar dia.
Kapal Ekpress Bahari 8 yang berlayar dari pelabuhan Pangkal Balam menuju pelabuhan Tanjung Pandan Belitung terbakar di perairan Selat Nasik usai berlayar 5 jam. Kapal tersebut terbakar di titik koordinat 02.41.046 lintang Selatan 107.25.400 Timur. Total ada 177 penumpang dan 12 awak kapal yang berada di dalam kapal yang dikemudi oleh kapten kapal Chandra Kusuma.