Thursday, December 27, 2012

Berita Kapal

Berita Kapal


Ijin Operasi Pelayaran Akan Dicabut

Posted: 27 Dec 2012 07:00 AM PST

Ijin Operasi Pelayaran Akan Dicabut
tidak ada toleransi bagi perusahaan pelayaran yang melanggar beberapa ketentuan pelayaran, Ijin Usahanya akan dicabut...seperti yang dilansir dari beritamanado .com

Manado – Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Sulut Parlindungan Tampubolon menyatakan akan mencabut ijin operasi pelayaran bagi yang melakukan pelayaran tidak sesuai dengan aturan seperti overload (kelebihan muatan) maupun memaksa berlayar pada cuaca buruk dan gelombang tinggi.

Kecelakaan laut bisa karena cuaca atau human error dan tidak mengikuti prosedur

"Pada intinya kita sudah rapatkan itu, dari rapat itu ditegaskan ada tiga hal yang akan diutamakan pertama Keselamatan, Pengamanan dan tepat waktu. Artinya disitu selalu tersedia kapal yang cukup, pengamanan yang ada dikapal itu sendiri harus diutamakan," ujar Tampubolon.

Aturan mengenai pelayaran memang diatur dalam Undang-Undang No.11 Tahun 2008, disebutkan bahwa muatan kapal tidak boleh melebihi kapasitas daya angkut kapal. Tampubolon mengatakan bahwa sesuai dengan prosedur yang berlaku, dalam aturan tersebut sanksi bisa sampai pada pencabutan ijin operasional termasuk sanksi akan diberikan pada Administrator pelayaran (adpel).

Dia mengharapkan, para penumpang juga harus bisa menjaga keamanan sendiri , artinya para penumpang jangan memaksakan harus berangkat kendati sudah disampaikan ada cuaca buruk.

"Harus ada dukungan dari para penumpang, lain kali penumpang juga yang memaksakan harus berangkat, mungkin karena mengejar waktu hari H, makanya kita himbau kepada para penumpang untuk mengatur jadwal keberangkatan jangan membludak," katanya. (Jrp)

Lowongan Pelaut Chief/Cook Untuk YACHT

Posted: 27 Dec 2012 06:56 AM PST

Lowongan Pelaut Chief/Cook Untuk YACHT
   
gambar:http://baliwall.com/luxurycharterboat.htm
JOBS AVAILABLE

Experienced crew required to live aboard:

EXPERIENCED YACHT CHEF (code: GA01) Requirements: Experienced as a Chef on the Yachts, previous international experience at a fine dining level and should be especially strong in Indonesian food with good knowledge in Chinese, Japanese and Thai Cuisine, able to cater to particular guest preferences. He will be responsible for providing high-level service during the cruises.
EXPERIENCED SECOND COOK (code: GA02) - assisting the chef and responsible for crew food
EXPERIENCED STEWARDESS - HOUSEKEEPING (code: GA03)
EXPERIENCED MASSAGE THERAPIST (code: GA04)
EXPERIENCED DIVE MASTER (code: GA05)

General requirements to all positions: male, good English knowledge, willing to live on the yacht, young, smart, good attitude & good leadership, must be Indonesian nationality.

Applicants who have experience working on a yacht is a plus. Training will be provided for the right candidates for those who have never been working in cruise ships or luxury yachts beforehand.

Please send your application in English including your photograph and mention the job code in your application letter and email to jobs@globaladventure.com
http://www.globaladventure.com/en/phinis...arter.html

Dibutuhkan Pelaut AB, Oiler dan Cook Untuk Crewing Boat di UAE

Posted: 27 Dec 2012 06:55 AM PST

Dibutuhkan Pelaut AB, Oiler dan Cook Untuk Crewing Boat di UAE
Job Type Contract
Location UAE, Middle East
Description #### URGENT NEED #####

AB, OILER & Cook with minimum 3 years of experience on crew boat. The selected candidate will be paid monthly salary of USD 400-450/- (depend upon the experience) with 12 months contract and UAE employment visa for 2 years.

Accordingly you may provide us the following documents of the concern.

1. Detailed CV with Photo, and Signature

2. Copy of Passport

3. Copy of CDC wherein sea service is mentioned

4. Valid STCW certificate

5. Copy of valid medical certificate

Type of ship – Crew Boat with GM Engine

GRT/NRT – Approx 144/43

Region – UAE water

Candidate – AB, Oiler & Cook

********* INDONESIAN ONLY *********

Contact Info
Agung
Baraka Crew Management
JAKARTA UTARA

Phone: +62 812 8300 1696
Fax: -
E-mail: barakamanagement@gmail.com
(Only shortlisted candidates will be notified for interview.)

Dibutuhkan Chief Officer untuk General Cargo

Posted: 27 Dec 2012 06:53 AM PST

Dibutuhkan Pelaut Chief Officer untuk General Cargo
Job Offer CO for General Cargo
Job Type Contract
Location Asia, South-east Asia
Description We are requiring urgenty Chief Officers for our ships with detail as follows :

Quote:
1. 2 Chief Officers/ANT 2, Wage Scale : USD 3000 – 3500 (based on
experiences)
2. 5 Chief Officers/ANT 3, Wage Scale : USD 2300 – 2500 (based on
experiences)
3. Type of vessels : General Cargo GRT > 3000 for Class 2 officers
General Cargo GRT < 3000 for Class 3
4. Trade Area : Asia
5. Contract : 6 months
6. Joining date : immediately
7. All candidates must have valid travel documents and STCW
certificates.
8. Must english speaking

If you're interested in our fleet, please send your cv pelaut and all scanned supported documents to :

Contact Info
Maria Eka Pratiwi
PT. CIPTAKARYA INTISEMESTA
Jl. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62
Pasar Minggu – Jakarta Selatan 12540


Phone: (62) 21 7800261
Fax: (62) 21 7813972
E-mail: ciptacrew@ciptakaryain.com
Website url: http://www.ciptakaryain.com
(Only shortlisted candidates will be notified for interview.)

Dibutuhkan Master, C/O, C/E, 2/E, 2/O on CHEMICAL Tanker & LNG

Posted: 27 Dec 2012 06:52 AM PST

Dibutuhkan Pelaut Master, C/O, C/E, 2/E, 2/O on CHEMICAL Tanker & LNG.
Our Principal looking a good candidates for Master, C/O, C/E, 2/E, 2/O to be sail on CHEMICAL Tanker & LNG.
Quote:CHEMICAL TANKER & LNG :
1. Master – ANT1 salary USD.12,000 experience min. 24 months & Min 10,000 GRT
2. C/O – ANT1 salary USD 10,000 experience min 24 months & min 10,000 GRT
3. C/E – ATT1 salary USD 11,000 experience min 24 months & min 7,000 BHP
4. 2/E – ATT2 salary USD 9,800 experience min. 24 months & min 7,000 BHP
5. 2/O – ANT2 salary USD 6,200 experience min 24 months & min 10,000 GRT
Other requirements :
1. All candidates must hold standard of Certificates required by STCW 1978/1998
2. Healthy, maximum age 55 years old, and able to speak and write in English.


If you are interested, please submit your RESUME / CV Pelaut direct to : recruitment@pratamaocean.com

Ketika Kapal Menghadapi Cuaca Yang Buruk

Posted: 27 Dec 2012 06:51 AM PST

Ketika Kapal Menghadapi Cuaca Yang Buruk
Berikut ini adalah beberapa tindakan pencegahan dasar yang harus diambil ketika Kapal dalam cuaca buruk:
   

Pengarah kontrol

Di laut terbuka, kapal biasanya di auto pilot. Dianjurkan untuk beralih ke tangan atau kontrol manual untuk menghindari perburuan yang berlebihan dari kemudi .

Satu orang harus pergi dan periksa semua tingkatan minyak, hubungan dan parameter penting lainnya dari perangkat kemudi di ruang kemudi .

Jika satu motor berjalan, aktifkan lainnya bermotor dan menjalankan keduanya bersama-sama untuk mendapatkan torsi maksimum yang tersedia untuk mengubah kemudi.

Elictrician termasuk perwira senior untuk hadir dan standby dalam jembatan.

Mesin kontrol

pastikan Sumber daya manusia yang cukup tersedia di Ruang Mesin.

Pantau semua parameter dari Mesin penggerak utama dan mesin listrik tambahan pembangkit.

Setelah mendapatkan peringatan cuaca buruk, semua suku cadang di ruang mesin harus disimpan dengan benar.

Dalam cuaca buruk, baling-baling akan masuk dan keluar dari air dan akan berfluktuasi kepada beban mesin utama. Maka rpm adalah harus dikurangi atau mesin pengaturan kontrol utama adalah untuk diletakkan pada modus cuaca buruk.

Selalu pastikan untuk tingkat bah benar semua mesin seperti pada kapal laut kasar akan bergulir, sehingga tingkat alarm palsu yang bahkan dapat perjalanan mesin berjalan dan menyebabkan situasi berbahaya dalam cuaca buruk.

Tingkat semua tangki yang penting harus dipertahankan sehingga inlet pompa hisap tidak harus longgar setiap saat.

Stand by Generator yang akan disimpan pada beban sampai situasi cuaca buruk berhenti.

pintu Air yang ketat di ruang mesin harus ditutup.

Ventilasi udara, cahaya dan pembukaan lainnya harus ditutup.

Semua nampan harus dihindari dari tumpah pada saat cuaca buruk

Tindakan pencegahan umum lainnya

Hal ini akan diinstruksikan untuk kru untuk tidak pergi keluar di dek terbuka dalam cuaca buruk.

Semua item dek seperti tambatan tali, peralatan memukul, drum dll untuk disimpan dengan benar setelah digunakan .

Pastikan Semua bukaan di dek untuk kargo dan ruang Penyimapanan Lainnya dalam kondisi tertutup.

Semua Pintu atau Bukaan di untuk akomodasi untuk disimpan menutup.

Poros terowongan dan ruang akses internal lainnya akan digunakan untuk pergi ke kamar kemudi atau kompartemen lainnya.

Setiap orang harus menyadari / tugasnya disisipkan dalam daftar sijil tau muster list

Lift harus dimatikan karena selama rolling dan pitching dapat menyebabkan Orang di dalam lift terjebak

Selalu memakai semua PPE ( Personal protektif Equipment ,alat keselamatan diri )dan menggunakan pagar dan dukungan lainnya sambil berjalan melalui setiap bagian dari kapal untuk menghindari perjalanan dan jatuh.

Jadilah waspada dan bekerja dalam tim.

5 Pelaut India Diculik Perompak

Posted: 27 Dec 2012 06:49 AM PST

5 Pelaut India Diculik Perompak
5 Pelaut India yang bekerja di kapal tanker minyak Jerman diculik oleh para perompak ketika kapal mereka melewati perairan lepas pantai selatan Nigeria.Seperti yang dilansir dari situs berita antara kapal SP Brussels diserbu dan dijarah oleh para bajak laut yang kemudian menangkap 5 orang pelaut india sebagai sanderanya.
   
illustrasi perompak somali dengan senjatanya /sumber:wikipedia

Perompakan kapal Tanker dan Pencurian minyak adalah hal yang sering terjadi di wilayah itu
Pada 4 September, perompak membajak sebuah kapal MT Abu Dhabi Star yang dimiliki oleh perusahaan Singapura di lepas pantai Nigeria.
Dirjen Perkapalan di Mumbai menjelaskan bahwa mereka yang diculik termasuk Kapten kapal, Kepala Mesin dan Perwira Pertama
Pihak berwenang berupaya untuk menjamin keselamatan dan pembebasan para pelaut india tersebut
sumber:antara

kementrian Perhubungan Bangun 150 Pelabuhan Besar

Posted: 27 Dec 2012 06:48 AM PST

kementrian Perhubungan Bangun 150 Pelabuhan Besar
Kementerian Perhubungan hingga tahun 2013 akan menyelesaikan pembangunan 150 pelabuhan besar, sedang dan kecil yang menyebar di seluruh Indonesia.

Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Leon Muhamad, saat keterangan persnya akhir tahun mengatakan dari jumlah tersebut, sebanyak 109 pelabuhan selesai tahun ini, sisanya tahun depan. "Dari keseluruhan pelabuhan tersebut bukan merupakan pelabuhan baru," jelasnya tanpa merinci nama pelabuhan tersebut.

Untuk membangun 150 pelabuhan tersebut, lanjut Leon, dana pembangunan pelabuhan-pelabuhan tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Kita mendapatkan anggaran Rp10 triliun untuk transportasi laut dan Rp6 triliun guna pembangunan pelabuhan," paparnya.

Untuk tahun 2013, kata Leon, pihaknya juga akan mentargetkan zero accident atau nihil kecelakaan di perhubungan laut.poskotanews

Membutuhkan Pelaut Deck Officer Dan Engine Officer Di PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL)

Posted: 27 Dec 2012 06:45 AM PST

PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Sebuah Perusahaan Pelayaran Nasional yang Bergerak di Bidang Kontainer Membutuhkan Pelaut untuk Posisi:


Dengan Kualifikasi:
1. Memiliki Ijazah ANT IV - I (Deck Officer)
2. Memiliki Ijazah ATT IV - I (Engine Officer)
3. Memiliki Sertifikat BST, SCRB, MEFA, AFF & Sertifikat Kesehatan

Curriculum Vitae, Surat Lamaran dan kelengkapan berkas dapat dikirimkan ke:

Personalia Laut PT. SPIL
Jl. Kalianak 51F, Surabaya
Telp. 031 - 749 7035

atau email ke:



Demikian update informasi lowongan pelaut terbaru yaitu Lowongan Pelaut Terbaru Hari Ini 18 Desember 2012 Untuk Deck Officer Dan Engine Officer Di PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL)

Keyword Lowongan Kerja Pelaut :

Deck Officer, Engine Officer, ANT IV, ATT IV Di Kapal Kontainer SPIL

Posted: 27 Dec 2012 06:43 AM PST

PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Sebuah Perusahaan Pelayaran Nasional yang Bergerak di Bidang Kontainer Membutuhkan Pelaut untuk Posisi:


Dengan Kualifikasi:
1. Memiliki Ijazah ANT IV - I (Deck Officer)
2. Memiliki Ijazah ATT IV - I (Engine Officer)
3. Memiliki Sertifikat BST, SCRB, MEFA, AFF & Sertifikat Kesehatan

Curriculum Vitae, Surat Lamaran dan kelengkapan berkas dapat dikirimkan ke:

Personalia Laut PT. SPIL
Jl. Kalianak 51F, Surabaya
Telp. 031 - 749 7035

atau email ke:



Demikian update informasi lowongan pelaut terbaru yaitu Lowongan Pelaut Terbaru Hari Ini 18 Desember 2012 Untuk Deck Officer Dan Engine Officer Di PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL)

Keyword Lowongan Kerja Pelaut :

Lowongan Pelaut PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Untuk Deck Officer Dan Engine Officer

Posted: 27 Dec 2012 06:41 AM PST

PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) Sebuah Perusahaan Pelayaran Nasional yang Bergerak di Bidang Kontainer Membutuhkan Pelaut untuk Posisi:


Dengan Kualifikasi:
1. Memiliki Ijazah ANT IV - I (Deck Officer)
2. Memiliki Ijazah ATT IV - I (Engine Officer)
3. Memiliki Sertifikat BST, SCRB, MEFA, AFF & Sertifikat Kesehatan

Curriculum Vitae, Surat Lamaran dan kelengkapan berkas dapat dikirimkan ke:

Personalia Laut PT. SPIL
Jl. Kalianak 51F, Surabaya
Telp. 031 - 749 7035

atau email ke:



Demikian update informasi lowongan pelaut terbaru yaitu Lowongan Pelaut Terbaru Hari Ini 18 Desember 2012 Untuk Deck Officer Dan Engine Officer Di PT. Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL)

Keyword Lowongan Kerja Pelaut :

Penumpang Kehabisan Makanan

Posted: 26 Dec 2012 11:09 PM PST

Penumpang Kehabisan Makanan

Padang, PadekSebanyak 45 penumpang kapal LAL 1, berbendera Sri Lanka kembali terdampar di perairan in­ter­nasional, sekitar 219 mil se­belah Barat Sipora, atau dan 291 mil dari Padang. Mesin kapal mereka mati dan diduga telah kehabisan makanan.

Sebelumnya, kapal ini di­de­rek oleh kapal cargo berme­rek New Orleans. Karena me­re­ka meminta ditarik ke Australia, akhirnya kapal cargo ini me­ning­galkan kapal Sri Lanka di perairan Mentawai dan mene­ruskan perjalanan ke Jakarta.

Hingga kemarin (26/12), pihak Indonesia Media Control Center (IDMCC) Badan SAR Nasional berkoordinasi de­ngan pihak Rescue Coordination Centre (RCC) Australia untuk menentukan langkah yang akan diambil untuk me­nyelamatkan mereka.

Kapal itu terdeteksi berada di titik koordinat 03.389 90 Sela­tan-096.18.09 Timur. "Se­te­lah kami kehilangan koor­dinat di mana kapal itu berada, siang kemarin (26/12) kami kembali mengetahui kebera­daan kapal itu. Saat ini kami telah ber­koordinasi dengan aparat ber­wajib di Kepulauan Mentawai," ujar kata Kapten Kapal Basarnas RP214–Pa­dang 01, Andri Wan­to, kema­rin (26/12).

Kata Andri Wiranto, in­formasi yang didapatkan Ba­sarnas bahwa pihak RCC Australia menginginkan kapal berbendera Sri Lanka tersebut dibawa ke perairan Australia. Karena masih berada di per­airan bebas, siapa pun berhak membawa kapal itu.

"Pengakuan kapten kapal cargo New Orleans, mereka terpaksa lego jangkar di per­airan be­bas selama 72 jam untuk mem­bujuk kapal ber­ben­dera Sri Lan­ka itu menepi, tapi mereka tidak mau. Kapal cargo tersebut kini telah san­dar di Pelabuhan Tan­jung Priuk Jakarta," ujar Ke­pala Seksi Operasional Basarnas Sumbar, Jasril, pada Padang Ekspres, kemarin (26/12).

Jasril mengaku khawatir de­ngan kondisi penumpang kapal ka­rena cuaca buruk. Didu­ga me­reka telah kehabi­san ma­ka­nan setelah beberapa hari ter­katung-katung di lau­tan. apalagi, om­bak diper­kirakan menca­pai 4-5 me­ter. "Basarnas masih me­nunggu informasi dari kap­ten ka­pal Sri Lanka itu. Kalau mere­ka masih tetap bertahan, ya ter­pak­sa kami biarkan saja," te­gasnya.

Kapolres Mentawai AKBP Cucuk Trihono membenarkan telah menerima laporan dari Basarnas, Selasa (25/12) sore. "Kapal LAL 1 ini berada di luar perairan Indonesia, sehingga kami tidak bisa melakukan pengamanan terhadap kapal tersebut. Sebab, perairan laut tersebut sudah masuk batas teritorial antara Indonesia dan Australia," katanya.

Kapal berbendera Sri Lan­ka dengan nomor lambung LAL 1, diduga membawa imi­gran gelap. Kapalnya menga­lami kerusakan mesin di Sa­mude­ra Hindia, Minggu (23/12) sore, sehingga terom­bang-ambing di laut lepas, di luar perairan Indonesia. Kapal LAL 1 Sri Lanka ini terlacak setelah kapten kapalnya me­ngirim sinyal SOS.

Ini adalah kapal berben­dera Sri Lanka ketiga yang terkatung-katung di laut lepas dan diduga membawa imigran gelap. Se­belumnya, kapal me­sin yang membawa 53 orang warga ne­gara asing (WNA), ditemukan terdampar oleh nelayan Desa Malakkopa, Ke­ca­matan Pagai Selatan, Kabu­paten Kepulauan Mentawai di perairan gugusan Pulau Sibe­geu, 31 Agustus lalu.

Sementara pada 30 Agus­tus juga ditemukan kapal ter­dampar dan membawa 45 orang imigran dengan tujuan Australia. Jika kapal pertama karena menderita kerusakan mesin, kapal ke-2 ini diduga kehabisan bahan bakar. (*)
Penumpang Kehabisan Makanan

Kapal Laut Pelni Berharap Penumpang Akhir Tahun

Posted: 26 Dec 2012 11:07 PM PST

Kapal Laut Pelni Berharap Penumpang Akhir Tahun

MEDAN (Berita): Sejak lama Pelni merugi dan penumpang laut yang berangkat  makin sepi saja karena kalah bersaing dengan armada penerbangan yang menjual tiket dengan harga murah, namun harapan tetap ada pada penumpang akhir tahun ini.

"Biasanya animo penumpang tertinggi masih pada masa Lebaran dan menjelang akhir tahun," ujar Budandi SSos, Kepala Cabang PT Pelni Medan-Belawan kepada wartawan kemarin.
Untuk penjualan tiket kapal laut, Budandi mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan 17 biro perjalanan (travel biro) yang ada di Medan sekitarnya termasuk yang ada di daerah-daerah dan dilakukan secara online. Harga tiket kapal tidak berubah, artinya tidak ada kenaikan harga.
Namun hingga kini, penjualan tiket kapal masih biasa-biasa saja belum ada  peningkatan jumlah yang berangkat, termasuk untuk jadwal berangkat 1 Januari dan 3 Januari 2013.

Ia menyebut daya tampung KM Tidar 3000 orang, KM Kelud 2.652 orang dan tiketnya dapat dibeli melalui biro perjalanan yang ada di Medan, Pematangsiantar dan Tobasa. Jadi diharapkan dengan sistem jual tiket online dapat mempermudah  orang untuk mendapatkan tiket.
Dibenarkan pihak Pelni sudah melakukan kejasama  atau MoU dengan pihak kantor pos Mei 2012 untuk penjualan tiket untuk mempermudah orang-orang yang berada di pelosok desa untuk mendapatkan tiket. "Namun belum berlaku di Sumut," ujar Budandi yang kini Pelni berkantor di Jalan Perdana Medan.

Antisipasi Penumpang
Antisipasi  penumpang angkutan laut, PT Pelni menambah 1 unit kapal yakni KM Tidar untuk jadwal berangkat yang sekaligus diperkirakan membludak pada saat arus balik 3 Januari 2013.
Kapal Motor Tidar  yag memuat lebih banyak daya angkut penumpang dari KM Kelud ini tiba di Belawan 22 Desember 2012 dari Tanjung Priok sekaligus  sebagai puncak arus balik.
Budandi menyebut KM Tidar berangkat dari Belawan 3 Januari 2013 melayani rute seperti KM Kelud, selama ini. KM Tidar  melayani rute tujuan Sulawesi Tengah yakni Surabaya, Makassar, Pare-pare dan Nunukan. Jadi, setelah tiba di Belawan 22 Desember ini maka kapal langsung mangkal selama 12 hari  menunggu penumpang untuk keberangkatan kapal 3 Januari 2013.
Sedangkan KM Kelud Selasa 1 Januari 2013 awal berangkat dari Belawan melayani rute-rute biasa Belawan Tanjung Priok menyinggahi rute Batam dan Tanjung Balai Karimun dan seterusnya seperti biasa jadwal berangkat setiap Selasa.Kapal Laut Pelni Berharap Penumpang Akhir Tahun

Layani Liburan, 32 Kapal Disiapkan di Tiga Terminal

Posted: 26 Dec 2012 11:05 PM PST

Layani Liburan, 32 Kapal Disiapkan di Tiga Terminal
Layani Liburan, 32 Kapal Disiapkan di Tiga Terminal
Kapal Ferry, salah satu yang disiapkan untuk mengangkut penumpang di hari libur
elabuhan Tanjung Perak Surabaya menyiapakan 32 kapal untuk melayani angkutan Natal dan Tahun Baru 2013. Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, I Nyoman Gede Saputra mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait khususnya para operator kapal. “Sedikitnya akan ada 32 kapal yang siap melayani angkutan Natal 2012 dan Tahun Baru 2013,” ujarnya, Rabu (26/12/2012).

Sebagian besar kapal memupnyai rute Indonesia Timur antara Kalimantan bagian timur, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Maluku, hingga Papua. Adapun untuk kapal perintis melayani rute-rute pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Madura.

Adapun PT Pelni menyiapkan 15 kapal,PT Dharma Lautan Utama 7 kapal, PT Prima Vista 5 Kapal, PT Gerbang Samudera Sarana 1 Kapal,PT Buana Putra Perkasa 1 kapal,PT Trimitra Samudra 1 kapal, PT Seram Jaya Line 1 kapal perintid, dan PT Lautan Kumala 1 Perintis.
“Hingga H+1 liburan Natal dan Tahun Baru 2013 ini, kenaikan jumlah penumpang mencapai 5% baik yang turun maupun yang naik di Pelabuhan Tanjung Perak,” ungkap I Nyoman.
Untuk tahun lalu saja, selama musim libur Natal 2011 dan Tahun Baru 2012, jumlah penumpang yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak 28.512 orang, sedangkan penumpang yang naik 22.521 orang.

Direktur Utama PT Pelindo III (Persero), Djarwo Surjanto mengatakan akan terus memantau Pelabuhan Tanjung Perak dalam menerima kedatangan pemudik Natal dan Tahun Baru. Fasilitas terminal penumpang Gapura Surya dapat menampung 1.000 orang. Adapun Gapura Nusantara memiliki luas gedung 4.522 m2 dengan daya tampung 1.500 orang, serta Terminal Ro-Ro memiliki luas gedung 2.866 m2 dengan daya tampung 700 orang.

Djarwo menambahkan, pihaknya telah menyiapkan Terminal Gapura Surya dan Terminal Gapura Nusantara, serta Terminal Ro-Ro sebagai lokasi kedatangan para pemudik.
“Untuk alokasi tambatan kapal kami siapkan 500 meter di Dermaga Jamrud Utara, 120 meter di Dermaga Jamrud Selatan dan 120 meter di Dermaga Ro-Ro,” ujarnya
Layani Liburan, 32 Kapal Disiapkan di Tiga Terminal

Tahun 2013, Kunjungan Kapal Pesiar Dijadwalkan 300 Unit

Posted: 26 Dec 2012 11:04 PM PST

 Tahun 2013, Kunjungan Kapal Pesiar Dijadwalkan 300 Unit

Di pelabuhan Perak dan pelabuhan-pelabuhan besar lainnya di Indonesia, pertumbuhan angka kunjungan kapal pesiar pada 2013, ditargetkan mencapai 160.000 orang turis. Dipatok naik 40,3 % dari tahun 2012 sebesar 114.000 wisatawan.

Melihat data tersebut, berarti kunjungan kapal cruise ke Indonesia mengalami peningkatan yang cukup baik. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir mulai 2008-2012 kenaikan penumpang kapal pesiar cukup signifikan.
Tahun 2008 kunjungan wisatawan ke Indonesia yang menggunakan kapal pesiar baru mencapai 21.616 orang. Selanjutnya meningkat di tahun 2009 menjadi 68.566 orang, 2010 menjadi 94.166 orang, dan 2011 menjadi 112.882 orang. Sementara kunjungan wisatawan pengguna cruise hingga pertengahan 2012 mencapai 114.000 orang.
Untuk pertumbuhan kapal pesiar di Indonesia, dalam kurun waktu yang sama juga mengalami peningkatan, yaitu pada 2008 sebanyak 36 unit, 2009 naik menjadi 135, 2010 (189), 2011 (176) dan 2012 sebanyak 214 unit.
"Sehingga kedatangan kapal pesiar tahun 2013 dijadwalkan sebanyak 300 unit. Kapal tersebut akan singgah di beberapa pelabuhan kapal pesiar yang dermaganya sudah memenuhi standar internasional," ungkap Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, I Nyoman Gede Saputra Selasa (26/12/12).
"Pemerintah saat ini juga mengembangkan pelabuhan dan peningkatan pelayanan seperti yang terjadi di Pelabuhan Benoa, Tanjung Perak, Surabaya dan Celukan Bawang di Kabupaten Buleleng," tuturnya.
Ditambahkan, saat ini pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkait juga membangun dermaga baru di Probolinggo, Jatim, dan Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).
"Disamping juga melakukan kerja sama dengan Bounty Cruise untuk kemungkinan mengembangkan dermaga kapal pesiar di Lombok, yaitu di Teluk Nara (Pantai Senggigi), karena letaknya di tiga gili di kawasan wisata tersebut," ucapnya.
Sementara itu, General Manager PT Pelindo III Benoa Iwan Sabatini melalui pesan elektronik kepada LI.COM mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengerukan di kolam pelabuhan timur.
"Saat ini sudah kami melakukan pengerukan kolam di bagian timur. Karena itu, ke depannya bisa lebih baik sehingga kapal pesiar akan merapat dengan sempurna," tukasnya.
Iwan Sabatini mengatakan, pada tahun 2012 pihkanya menargetkan kunjungan kapal pesiar sebanyak 38 hingga 40 unit.
"Untuk jadwal kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa ada peningkatan dibanding tahun 2011 sebanyak 35 unit," katanya.@pras
 Tahun 2013, Kunjungan Kapal Pesiar Dijadwalkan 300 Unit

Sempat Kena Sengketa, Kapal Pesiar Jobs Siap Berlayar

Posted: 26 Dec 2012 07:41 PM PST

 Sempat Kena Sengketa, Kapal Pesiar Jobs Siap Berlayar
detail berita
Venus (foto: CNN)
CALIFORNIA - Venus, kapal pesiar warisan terakhir mendiang Steve Jobs, sempat menjadi sengketa antara perancang dan pewarisnya. Pasalnya, masih ada pembayaran sebesar USD3 juta yang tertunda.

Dilansir dari TechRadar, Rabu (26/12/2012), harian Le Monde melaporkan bahwa sengketa tersebut telah usai. Venus yang semula tertahan di pelabuhan Amsterdam pun telah diperbolehkan berlayar. Namun tidak jelas bagaimana akhirnya sengketa tersebut selesai.

Le Monde juga mengungkap asal usul sengketa dalam versi yang berbeda. Desainer kapal pesiar tersebut, Philippe Starck telah dibayar sekira USD7,9 juta atau 6 persen dari total nilai kapal pesiar tersebut sekira USD132 juta.

Sementara itu, Starck merasa  bahwa dia berhak atas 6 persen dari nilai proyeksi kapal pesiar tersebut atau USD11,9 juta.

Le Monde melaporkan bahwa beberapa pihak yang terlibat, kini telah mencapai kesepahaman, melakukan pembayaran dan kapal pesiar pun dilepaskan. (yhw)
 Sempat Kena Sengketa, Kapal Pesiar Jobs Siap Berlayar

Hatta Usul Truk Kontainer Naik Kapal Roro Biar Lebih Irit

Posted: 26 Dec 2012 07:26 PM PST

Hatta Usul Truk Kontainer Naik Kapal Roro Biar Lebih Irit

Liputan6.com, Jakarta : Pemerintah tengah mematangkan sistem pengangkutan short sea liner atau pengangkutan jarak pendek menggunakan kapal roro untuk mengurangi tekanan pemakai jalan raya Pantai Utara Jawa (Pantura).

Dengan sistem baru ini, pemerintah yakin biaya transportasi para pelaku usaha bisa ditekan lebih hemat.

"Transportasi akan jauh lebih murah," kata Menko Perekonomian, Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu, (26/12/2012).

Hatta berharap sistem pengangkutan kontainer yang menggunakan kapal roro akan mendapat sambutan positif dari pihak swasta. Bahkan untuk memikat pelaku usaha, pemerintah tak segan memberikan insentif bagi perusahaan yang mengembangkan angkutan kontainer menggunakan kapal roro.

Rencananya, ketentuan pengangkutan short sea liner ini akan diujicoba pada semester kedua 2013.

Disamping sistem baru tersebut, pemerintah juga akan membenahi sejumlah infrastruktur kelautan. Sebagai bukti komitmen tersebut, alokasi Dana Sisa Anggaran Lebih (SAL) sebesar Rp 23 triliun bahkan akan dialokasikan untuk aktifitas infrastruktur laut.

"Langkah pemerintah antara lain berupa penambahan pelabuhan dan modernisasi fasilitasnya, termasuk kapal", ungkap Hatta.

Berbagai pembangunan infrastruktur kelautan yang dilakukan pemerintah diharapkan bisa mengurangi biaya logistik yang saat ini mencapai Rp 6 juta menjadi Rp 3 juta.(LUK/SHD)

Penumpang Kapal Meningkat 75 Persen

Posted: 26 Dec 2012 07:23 PM PST

Penumpang Kapal Meningkat 75 Persen
Haluan Media : Situs Berita Terbaru & Aktual Padang , Riau dan Kepri | Penumpang Kapal Meningkat 75 Persen
Pelabuhan Tanjung Balai Karimun
 Karimun, Haluan Media  – Penumpang kapal ke sejumlah jurusan di pelabuhan domestik Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau meningkat sekitar 75 persen jelang perayaan Natal 2012 dan tahun baru 2013.
"Jika dirata-ratakan sejak pelayanan mudik Natal yang dimulai sejak 18 Desember 2012, maka lonjakan penumpang mencapai 75 persen dibandingkan hari biasa," kata Kepala Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun Gajah Rooseno ketika dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Senin (24/12).

Menurut Gajah Rooseno, lonjakan penumpang pada umumnya terjadi pada kapal-kapal tujuan Dumai dan Buton Riau serta kapal jurusan Batam dan Tanjungpinang.
"Sebagian besar pemudik berangkat menuju Dumai karena hendak melanjutkan perjalanan menuju Medan. Kemudian tujuan Batam," katanya.
Dia mengatakan, lonjakan penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu (22/12) karena kapal Pelni, yaitu KM Tidar tujuan Belawan Medan tiba dari Tanjungpriok, Jakarta.
"Lonjakan penumpang pada hari itu mencapai 100 persen karena KM Tidar yang merupakan armada tambahan dari PT Pelni berangkat menuju Belawan, Medan. Jumlah penumpang yang berangkat dari Karimun menggunakan kapal ini mencapai 534 orang, sedangkan penumpang turun sebanyak 288 orang," katanya.
Menurut dia, semua penumpang dapat terlayani dengan kapal-kapal reguler termasuk juga kapal antarpulau dalam kabupaten yang berangkat melalui Pelabuhan Sri Tanjung Gelam Tanjung Balai Karimun.
"Belum ada kebijakan untuk mengerahkan kapal tambahan karena masih dapat ditampung dengan kapal reguler, kecuali ada puluhan penumpang KM Tidar yang tidak bisa naik ke kapal karena sudah penuh," ucapnya.
Dia juga mengatakan belum ada kebijakan untuk menunda keberangkatan karena kondisi cuaca di laut masih memungkinkan untuk pelayaran kapal-kapal penumpang termasuk berbahan "fiberglass".
"Kondisi cuaca cukup baik sehingga tidak ada penundaan keberangkatan kapal," tegasnya.
Disinggung jumlah penumpang menggunakan kapal roro yang berangkat melalui Pelabuhan Parit Rampak, Kecamatan Meral menuju Batam maupun Buton, Gajah Rooseno mengatakan relatif normal.
"Untuk penumpang kapal roro relatif sepi karena penumpang lebih memilih naik kapal untuk mudik," katanya.
Sementara itu, data dihimpun dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Karimun menyebutkan bahwa jumlah penumpang naik pada Selasa (18/12) tercatat 1.242 orang dan penumpang turun 1.053 orang.
Penumpang turun pada Rabu (19/12) sebanyak 1.341 orang dan naik 1.033 orang. Selanjutnya penumpang turun pada Kamis (20/12) sebanyak 1.362 orang dan naik 1.291 orang.
Sementara, penumpang turun pada Jumat (21/12) mencapai 1.313 orang dan naik 1.358 orang.
Kemudian, penumpang naik pada Sabtu (22/12) dan Minggu (23/12) masing-masing 2.013 dan 2.072 orang dan penumpang naik masing-masing 2.400 dan 2.228 orang. (ant)

3 Tahun Lagi Kapasitas Pembangunan Kapal Naik 70 Persen

Posted: 26 Dec 2012 07:22 PM PST

3 Tahun Lagi Kapasitas Pembangunan Kapal Naik 70 Persen
ilustrasi--galangan kapalPemerintah menargetkan dalam tiga tahun ke depan, kapasitas pembuatan kapal naik signifikan 70 persen menjadi 85.000 DWT.

Industri perkapalan nasional saat ini bisa membangun kapal barang, kapal penumpang, kapal tanker dengan kapasitas 50.000 deadweight tonnage (DWT).

Pemerintah menargetkan dalam tiga tahun ke depan, kapasitas pembuatan kapal naik signifikan 70 persen menjadi 85.000 DWT seiring kemajuan peta jalan (road map) pengembangan industri perkapalan.

"Penyusunan peta pengembangan industri kapal nasional telah dilakukan," kata Menteri Perindustrian M.S Hdayat di Jakarta, Rabu (26/12).

Menperin mengatakan, untuk reparasi, sasaran industri kapal nasional pada tahun ini mampu mencapai 150.000 DWT dengan pemberdayaan National Shipbuilding and Engineering Center (NASDEC). Adapun pada 2015 mendatang diharapkan meningkat menjadi 150.000 DWT.

"Pada 2015 industri galangan kapal nasional diharapkan bisa meningkatkan kemampuan desain dan rekayasa kapal," kata mantan Ketua Umum Kadin ini.

Lebih lanjut dijelaskannya, pemerintah menargetkan kapasitas pembangunan kapal pada 2020 mendatang mencapai 200.000 DWT. "Kemampuan produksi galangan kapal bisa meningkat dalam jangka waktu lima tahun," ujarnya.

Sementara pada 2025, Hidayat menambahkan, industri galangan kapal dapat membangun kapal dengan ukuran 300.000 DWT.

Untuk mencapai target tersebut, diperlukan pengembangan industri pendukung di dalam negeri seperti bahan baku dan komponen lokal serta pengembangan pusat peningkatan keterampilan sumber daya manusia (SDM).

"Pada 2025, industri kapal nasional bisa membuat kapal sesuai dengan permintaan pasar karena didukung bahan baku yang memadai," tandasnya.
 

Tragis, Kapal Pesiar Mewah Selebriti Berakhir di Rongsokan

Posted: 26 Dec 2012 07:15 PM PST

Tragis, Kapal Pesiar Mewah Selebriti Berakhir di Rongsokan
Kapal pesiar Queen Elizabeth 2 saat masih berjaya (Foto: Dailymail)
Kapal pesiar Queen Elizabeth 2 saat masih berjaya (Foto: Dailymail)
INGGRIS - Kapal pesiar legendaris QE2 akan mengakhiri perjalanannya dengan cerita miris. Semula akan dibuat hotel terapung, malah menjadi rongsokan.

RMS Queen Elizabeth 2, juga disebut QE2, ialah kapal pesiar milik Cunard Line dari Britania Raya, sudah berlayar sejak 1969. Kapal pesiar mewah ini merupakan kapal pemimpin pelintas samudera terbesar di dunia hingga digantikan oleh RMS Queen Mary 2.

QE2 dibeli oleh sebuah perusahaan di Emirat Arab dan berlabuh di Dubai sejak 2008. Ketika itu, rencananya kapal ini akan dijadikan sebuah hotel terapung yang mewah di Palm Jumeirah, Dubai.

Namun, akhirnya dibeli oleh sebuah perusahaan China. Diperkirakan kapal ini akan dihancurkan dan besi bekasnya dijual kembali.

"Ini adalah tragedi, bila benar QE2 akan dijual sebagai kepingan-kepingan besi tua," kata Roger Murray, konsorsium Inggris yang rencananya akan membeli kapal ini, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (26/12/2012).

Perusahaan konsorsium Murray, QE2 London rencananya akan membeli kapal ini dengan harga 70 juta Poundsterling dan membawanya ke London untuk dijadikan hotel bintang lima di Ibu Kota Inggris tersebut. Sayangnya, ia keduluan perusahaan dari China tersebut.

Kapal QE2 telah berlayar dengan elegan sejak 1969 hingga 2008. Sejak itu pula, kapal legendaris ini menjadi favorit para selebriti dunia, seperti Elizabeth Taylor dan Richard Burton.

TOPAN TROPIS WUKONG: Hampir 6.000 Penumpang Kapal Laut Terjebak di Pelabuhan

Posted: 26 Dec 2012 07:11 PM PST

       TOPAN TROPIS WUKONG: Hampir 6.000 Penumpang Kapal Laut Terjebak di Pelabuhan
Ilustrasi-Topan Tropis Wukong/Reuters
MANILA–Topan tropis Wukong atau yang disebut Quinta oleh warga Filipina menyebabkan 5.748 penumpang kapal laut terjebak di pelabuhan-pelabuhan utama hingga pukul 07.00 waktu Filipina, Rabu (26/12).
Menurut pernyataan Penjaga Pantai Filipina, kebanyakan penumpang terjebak di pelabuhan Manila, sebanyak 2.550 orang, Cebu 939 orang, Maasin Leyte 454 orang, dan di sejumlah pelabuhan lainnya.
Selain itu, 40 kapal dan 10 perahu motor ditambatkan di pelabuhan tersebut, sementara 10 kapal berlindung di pelabuhan lain.
Satuan Penjaga Pantai Filipina di daerah yang terpengaruh berada dalam kondisi siaga penuh dan terus memantau perkembangan, serta dampak dari gangguan cuaca guna memastikan kesiapan dan dengan keras melarang kapal beroperasi.
Topan tropis Wukong sedikit melemah setelah memasuki daratan di Leyte dan Filipina timur, Selasa malam (25/12), dan kini melintasi Pulau Camotes.
Menurut biro cuaca Filipina PAGASA, pada pukul 07.00 waktu setempat hari ini, pusat Topan Wukong diperkirakan berada di Pulau Bantayan, Cebu.
PAGASA memperingatkan perahu nelayan dan kapal kecil lain agar tidak melaut di sekitar Luzon dan wilayah Visayas serta Mindanao. (Antara/Xinhua/Oana/aw)

Botol Bekas Jadi Kapal Pegas? Kenapa Tidak?

Posted: 26 Dec 2012 07:09 PM PST

Kita sering menjumpai botol plastik yang tidak terpakai di sekitar kita. Botol plastik ini biasanya dibuang begitu saja setelah digunakan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika semakin lama, sampah botol plastik yang semakin menumpuk ini mengotori dan mengganggu kebersihan lingkungan.
Sebagai bahan yang sulit terurai, pengolahan sampah botol plastik seharusnya dilakukan secara intensif. Sebuah artikel yang dimuat di www.voaindonesia.com, menyampaikan bahwa penggunaan botol plastik air dalam kemasan di Indonesia pada tahun 2011 mencapai sekitar 500.000 ton. Jumlah ini tentu sangat besar dan sulit diimbangi dengan pengelolaan sampah yang ada saat ini. Oleh karena itu, perlu berbagai cara untuk mengurangi sampah botol plastik. Sebagian pabrik sudah mulai menggunakan bahan plastik yang bisa didaur ulang. Pemerintah juga mulai mempertimbangkan kebijakan pengendalian sampai plastik. Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Ada banyak hal yang bisa lakukan. Salah satunya ialah dengan menggunakan satu prinsip dari 3R, yaitu reuse atau menggunakan kembali.
Tim Inovator Botol menawarkan i-BoB (inovasi botol bekas), sebagai sebuah solusi pengurangan sampah botol plastik dengan memanfaatkannya sebagai bahan pembuatan media pembelajaran dan mainan anak. Secara khusus, i-BoB diperuntukkan bagi kalangan pendidik. Bagi pendidik, solusi ini memungkinkan penghematan biaya pengadaan media pembelajaran. Selain itu, proses pembuatan media pembelajaran atau mainan dapat meningkatkan keterampilan dan kreativitas, baik pendidik maupun peserta didik. Meskipun demikian, i-BoB juga dua dapat diaplikasikan oleh kalangan umum karena media pembelajaran dan mainan anak yang disajikan mudah dalam pembuatan dan pemerolehan bahannya. Bagi masyarakat secara umum, hal ini dapat bermanfaat dalam memahami dan menyampaikan konsep-konsep pengetahuan, sekaligus mengurangi pencemaran di lingkungan sekitar. Jadi, apakah Anda sudah siap dengan i-BoB? Mari berkreasi dengan botol plastik bekas! Manfaatkan botol bekas, bikin siswa cerdas.
Kapal pegas merupakan bentuk aplikasi dari salah satu sifat suatu benda yaitu benda bisa bergerak karena dipengaruhi oleh suatu gaya. Membuatnya pun juga cukup mudah, siswa bisa mengkreasikan media ini sesuai dengan kreasi siswanya. Berikut ini adalah bagaimana kita bisa membuat salah satu i-BoB kami :
a.    Menyiapkan botol bekas, lalu dilubangi salah satu bagian sampingnya.
b.    Memasangkan batang kayu pada sisi botol lalu diselotip agar tidak lepas.
c.    Buatlah kincir dari sendok eskrim bekas atau dari kaleng cat.
d.    Mewarnai botol dan kincir tersebut sesuai kreativitas atau menggunakan botol bewarna.
e.    Setelah kering, masukkan karet pada ujung batang kayu yang sudah dipasangkan pada botol.
f.    Memutar kincir dalam karet.
g.    Meletakkan kapal pegas tadi ke dalam bak air.
1356571654681366148
kapal pegas
bagaimana? mudah bukan? media ini selain bisa mengaplikasikan dari ilmu yang diperoleh siswa, juga bisa meningkatkan kreativitas siswa. Botol bekas tersebut bisa dikreasikan siswa baik dengan warnanya atau bentuknya. Masih banyak media-media lain yang bisa kita buat dengan botol bekas diantaranya roket air, mobil-mobilan, pesawat sederhana dan lain-lain. So, mari kita budayakan 3R (Recycle, Reuse, Reduce) dalam pembelajaran. Salam i-BoB ^_^

Kapal Hewan Ternak Selesai pada 2013

Posted: 26 Dec 2012 06:49 PM PST

Kapal Hewan Ternak Selesai pada 2013

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah mengharapkan pelaksanaan kapal hewan ternak dapat selesai pada 2013 agar logistik lancar dan mencegah kenaikan harga.
"2013 harus sudah selesai kapal pengangkutan hewan ternak. Namun itu bisa dikombinasikan dengan orang sekaligus barang," kata Menteri Pertanian Suswono di Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Dengan adanya kapal angkut khusus ternak dari daerah dapat terangkut dengan cepat ke Jakarta. Agar harga tidak melambung 5 kali lipat dari petani.

"Itulah mengapa harga ternak hasil pertanian daerah lebih mahal dari Australia," kata Suswono

Lebih jauh Suswono mengatakan akan memfokuskan pengiriman hasil ternak berupa daging yang sudah dipotong. Daging yang sudah dipotong akan diangkut melalui pesawat terbang.

"Kita berharap Rumah Potong Hewan ternak baik yang di NTB dan NTT dapat dimodernkan," ujar Suswono

Untuk itulah, Suswono berharap maskapai penerbangan dapat memberikan insentif harga kepada pengangkutan hasil pertanian.

"Untuk yang diangkut pesawat semoga pesawat berikan potongan harga untuk produk pertanian," katanya.

Kargo Ekspor-Impor Kapal Indonesia Naik 5 Persen

Posted: 26 Dec 2012 06:40 PM PST

Kargo Ekspor-Impor Kapal Indonesia Naik 5 Persen

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam kurun waktu enam tahun terakhir, 2005-2011, muatan kargo ekspor impor dengan kapal berbendera Indonesia naik 5%. Jumlahnya saat ini mencapai 500 juta ton.
Bendahara DPP Indonesian National Shipowners' Association (Insa) Bani Maulana Mulia mengatakan, jumlah muatan kargo ekspor impor mendekati 10% dari kargo ekspor impor yang diangkut oleh kapal berbendera Indonesia.
Total muatan kargo dengan kapal berbendera Indonesia mencapai 800 juta ton. Sebanyak 300 juta ton adalah angkutan kargo domestik, sisanya adalah kargo ekspor impor.
"Tahun depan kami memprediksi muatan kargo domestik dan ekspor impor akan mencapai 1 miliar ton," katanya udai pelantikan DPC Insa Semarang, Rabu (26/12).
Menurut dia, kendala kapal Indonesia dalam persaingan bebas dengan kapal berbendera asing seperti Panama, dan AS adalah modal. Jumlah dan ukuran kapal jadi faktor untuk bisa berkompetisi di pasar internasional.
"Namun seiring dengan peningkatan kapasitas pelabuhan dan ekspor impor Indonesia, kami optimistis dapat meningkatkan angkutan kargo ekspor impor dengan kapal berbendera Indonesia," ujarnya.
Sejak 2005, angkutan kargo domestik yang sudah dilayani oleh kapal berbendera Indonesia saat ini sudah mencapai 99%. Dua persen sisanya adalah kapal-kapal dengan spesifikasi khusus yang masih butuh modal besar untuk meningkatkan utilisasi.
"Dalam waktu dekat optimistis mampu mencapai 100%, seiring penerapan asas cabotage secara bertahap oleh pemeirntah," tuturnya.
Asas cabotage merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan peranan kapal-kapal nasional dalam industri angkutan laut di dalam negeri. Pasalnya, selama bertahun-tahun, angkutan laut didominasi kapal asing.

Terjadi Lagi Kecelakaan Beruntun Kali ini Livia Maut Di jakarta

Posted: 26 Dec 2012 08:07 PM PST

Jakarta - Kejadian Supir Maut layaknya si Apriani kembali terjadi kali ini Andika Pradika (27), sopir Nissan Livina yang menabrak warung hingga menewaskan dua orang di Jl Ampera, Jaksel, 
Sang sopir Livina, Andika Pradika (27), bersama penumpangnya yang merupakan warga Korea, Hwancheol (27), sempat dihakimi massa sebelum akhirnya diamankan oleh polisi. Kini Andika, Hwancheol, dua jenazah dan dua orang luka berat dirawat ada di RS Fatmawati. Sedangkan korban lainnya dirawat di rumah sakit Jakarta Medical Center (JMC).

Ibu dari Andika Pradika (27), sopir Nissan Livina yang menabrak warung hingga menewaskan dua orang di Jl Ampera, Jaksel, telah datang menjenguk anaknya yang berada di RS Fatmawati. Dia terus menangis meratapi musibah yang menghampiri anaknya.

"Saya ibunya, ini adiknya," kata sang Ibu saat disapa di RS Fatmawati, Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (27/12/2012).

Wanita paruh baya yang mengenakan kaos lengan panjang warna biru itu enggan ditanya lebih lanjut. Dia juga enggan menyebutkan namanya dan terus menangis terisak. Namun dari informasi yang dihimpun di rumah sakit, namanya adalah Inne Irawati. Usianya sekitar 40 tahun.

Sesekali ibu Andika menelepon kerabatnya. Usai menelepon dia kembali melanjutkan tangisnya. Dia saat ini ditemani oleh adik laki-laki Andika yang berusia sekitar 20 tahun dan seorang wanita yang terlihat lebih tua dari dirinya.

Ayah Andika juga sempat datang ke RS Fatmawati. Namun tak lama kemudian dia meninggalkan rumah sakit. Informasi yang dihimpun, sang ayah menuju Polres Jakarta Selatan.

Kecelakaan terjadi di Jalan Ampera sekitar pukul 00.30 WIB. Nissan Livina B 1796 KFL menyerempet Daihatsu Taruna B 8162 RR. Kemudian mobil Livina itu dikejar oleh Taruna. Dalam pengejaran tersebut, Livina menabrak sejumlah motor, gerobak pecel lele serta tujuh orang yang sedang berada di dekat gerobak. Dua orang tewas dalam kejadian tersebut.

Sang sopir Livina, Andika Pradika (27), bersama penumpangnya yang merupakan warga Korea, Hwancheol (27), sempat dihakimi massa sebelum akhirnya diamankan oleh polisi. Kini Andika, Hwancheol, dua jenazah dan dua orang luka berat dirawat ada di RS Fatmawati. Sedangkan korban lainnya dirawat di rumah sakit Jakarta Medical Center (JMC).

Polisi: Livina Ngebut Karena Serempet Kendaraan Lain

Jakarta - Polisi belum bisa memintai keterangan dari sopir dan penumpang Nissan Livina yang menabrak warung pecel lele dan motor. Namun, dari hasil penyelidikan sementara Livina nahas yang dikemudikan Andikan Pradika (27) itu sempat kabur karena menyerempet kendaraan lain.

"Dari keterangan saksi di tempat kejadian, Livina ini menyerempet mobil Taruna yang baru keluar dari cafe," kata Kasat Lantas wilayah Jakarta Selatan, Kompol Hindarsono, saat dihubungi detikcom, Kamis (27/12/2012).

Kendaraan yang dikendarai Andika dan seorang rekannya yang berkewarganegaraan Korea, Hwancheol (27), itu tiba-tiba tancap gas setelah kendaraannya bersenggolan.

"1 kilometer jalan Livina menabrak 3 motor yang sedang menambal ban," papar Hindarsono.

Saking kerasnya menabrak, motor yang terparkir itu terseret hingga ke jarak 6-7 meter. Mobil pun tiba-tiba nyungsep menabrak gerobak pecel lele yang tengah melayani pembeli. Mobil baru berhenti setelah melabrak Avanza yang ada di depannya.

"Korban ada 7 orang. Dua meninggal dunia, 1 di lokasi kejadian dan satu lagi di rumah sakit," papar Hindarsono yang turun langsung di tempat kejadian.

Saat ini pihaknya masih menunggu baik korban dari warga serta sopir dan penumpang dinyatakan sembuh oleh pihak rumah sakit.

"Setelah itu baru dilak]ukan pemeriksaan," kata Hindarsono.

Polisi: Livina Ngebut Karena Serempet Kendaraan Lain

Orangtua Sopir Maut di Jl Ampera Raya Datangi RS Fatmawati


Jakarta - Orangtua Sopir maut Andika Pradika (27), yang mengendari Nissan Livina dan mengalami kecelakaan di Jl Ampera Raya, Jaksel, datangi RS Fatmawati. Ibunda sang sopir tampak membersihkan bekas darah yang masih menempel di tubuh anaknya tersebut.

Pantauan detikcom di RS Fatmawati, keluarga datang sekitar pukul 05.00 WIB, Kamis (27/12/2012). Mereka menuju ruang Instalasi Gawat Darurat IIGD) tempat Andika terbaring lemah akibat kecelakaan tadi malam dan tindakan main hakim sendiri yang dilakukan warga.

Pihak keluarga enggan memberikan komentar saat disinggung mengenai kecelakaan yang menewaskan dua orang dan melukai empat orang lainnya. Selain membersihkan luka di tubuh Andika, sang terlihat menyelimuti anaknya dengan selimut putih.

"Mama sini," ujar Andika. Sang ibu kemudian menempelkan tangan ke kening Andika untuk menenangkan.

Sopir Maut Livina Negatif Konsumsi Narkoba, Terindikasi Mabuk Alkohol 

Jakarta - Polisi tidak mendapati sopir dan penumpang Livina maut yang terlibat kecelakaan di Jl Ampera Raya, Jaksel, mengkonsumsi narkoba. Namun, polisi menduga sang sopir, Andika Pradika (27) mabuk alkohol.

"Saat anggota menolong dari massa yang marah, tercium bau alkohol dari mulut sopir," kata Kasatlantas wilayah Jaksel, Kompol Hindarsono, saat dihubungi detikcom, Kamis (27/12/2012).

Meski rumah sakit tidak mendeteksi apakah sopir dan penumpang Livina mengkonsumsi alkohol berlebih, namun dengan menyeruaknya bau alkohol dari mulut keduanya sudah cukup mengindikasikan sopir memacu kendaraannya dalam kondisi mabuk.

"Ya seperti itulah, sopir di bawah kendali alkohol saat mengendarai kendaraannya, sehingga sulit mengontrol," ujar Hindarsono

Polisi sendiri belum memeriksa sopir dan penumpang Livina karena masih dalam kondisi perawaatan. Keduanya mengalami luka setelah sejumlah warga menghakimi dua orang tersebut karena kecelakaan yang menewaskan 2 warga dan 4 warga lainnya.

Kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 00.30 WIB, Kamis (27/12/2012), di Jl Ampera Raya, persis di depan Gedung Arsip Nasional RI.

Ini Dia Nama Korban Livina Maut di Jl Ampera Raya 

Jakarta - Dua orang tewas akibat kecelakaan maut Nissan Livina yang dikendarai Andika Pradika (27) bersama seorang penumpang WN Korea Hwancheol (27), di Jl Ampera Raya, Jaksel. Selain korban tewas, kecelakaan yang terjadi Kamis dini hari sekitar pukul 00.30 WIB itu juga mengakibatkan empat orang warga terluka. Berikut daftar korban luka dan tewas kecelakaan maut tersebut.

Korban tewas:

1. Maulana (46), warga Kemang Timur No 15, RT 10/3, Kelurahan Bangka Kecamatan Mampang Prapatan.

2. Hardianto (33), Perumahan Sinar Lestari indah B 5A, RT 07/006, Kelurahan Kedung Mundu Kecamatan Tembalang.

Korban luka di RS Fatmawati:

1. Zainuddin (52), Jl Duren Tiga RT 2/2, Mampang Prapatan

2. Alex Fernando (27), Jl Bungur IX, Kp Rambutan, Ciracas, Jaktim.

Sementara dua korban luka lainnya belum diketahui identitasnya. Dua korban tersebut dirujuk ke RS JMC, Warung Jati Barat, Jakarta Selatan.

Sopir Livina maut sebut ban mobil botak penyebab kecelakaanAndika Pradika, si sopir Livina maut. ©2012 Merdeka.com

Sopir Livina maut sebut ban mobil botak penyebab kecelakaan

 
Sopir Livina maut, Andika Pradika hingga saat ini masih berada di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Pria dengan rambut mohawk itu mengaku ban gundul menjadi penyebab kecelakaan maut yang menewaskan dua orang di kawasan Kemang, dini hari tadi.

"Saya tidak tahu persis, saya mau pulang habis dari Kemang. Mobil saya dalam kondisi rusak, ban mobil botak. Pada saat kejadian saya nabrak motor dulu tapi saya coba ngerem tapi karena ban botak gak dapet," ujar Andika kepada merdeka.com di RS Fatmawati, Kamis (27/12).

Andika mengaku karena ban yang gundul dia jadi sulit mengemudikan Grand Livina B 1796 KFL yang dia kendarai. Dia pun mengaku menabrak warung pecel lele setelah menabrak motor.

"Akhir saya juga nabrak warung pecel, saya sudah coba ngerem tapi licin, dan saya tidak tahu ada korban," terangnya.

Saat ini Andika masih berada di lorong UGD RS Fatmawati. Andika yang berbadan gempal ini juga mengaku saat ini seluruh badannya sakit semua akibat dihakimi massa.

"Badan saya sakit semua. Saya pusing," terangnya. Beberapa kali Andika juga terdengar mengerang.

Kecelakaan maut terjadi dini hari tadi di Jl Ampera, Jakarta Selatan. Kecelakaan menewaskan dua orang

Polisi: Livina Ngebut Karena Serempet Kendaraan Lain


No comments:

Post a Comment