Berita Kapal |
- Job Pelaut: Vacancy For General Cargo
- Job Pelaut Kerja Di Darat
- Job Pelaut : Vacancies Master and C/E Tug Skipper (ANT III / ATT III)
- Cara Sholat Di Kapal atau Pesawat Terbang
- Membuka Pintu Rezeki Pelaut
- Hukum Sholat Jumat Di Kapal
Job Pelaut: Vacancy For General Cargo Posted: 11 Jan 2013 02:02 AM PST We need urgently CO and CE with the details as follows : Vessel Type : General Cargo GRT : 5457 DWT : 6831 Flag : Panama Trading area : Indonesia, Vietnam, China Rank : CO class 2 Rank : CE class 1 Salary : Negotiable Contract duration : 6 + 2 months Joining date : Indonesia next week All certificates and travel documents must be valid. If you meet the requirements, please send your cv to ciptacrew@ciptakaryain.com Maria E. Pratiwi Acting for PT. CIPTAKARYA INTISEMESTA Jl. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540 Telp : 62 21 7800261 Fax : 62 21 7813972 www.ciptakaryain.com |
Posted: 11 Jan 2013 02:01 AM PST Dear All, Kami sedang membutuhkan personil profesional untuk posisi sbb: 1. Teknical Manager 2. Teknical Superintendent 3. DPA Persyaratan : 1. ATT 1, Second enginering,Chief Enginering,Port Enginering, Max 45 th 2. ATT 1 or 2 3. All persyaratan DPA Salary : Negosiabel Jenis Vessel : Cargo Container,Tanker,FSO Kirimkan data anda / referensikan rekan anda ke saya di email : hcdrtdmng@multigroup.asia Regards HAYP |
Job Pelaut : Vacancies Master and C/E Tug Skipper (ANT III / ATT III) Posted: 11 Jan 2013 02:00 AM PST We need : Position: MASTER and CHIEF ENGINEER TUG SKIPPER Reporting to: Dock Master and Chief Engineer Responsibility: - To navigate the tug safely and effectively under the instructions from the Marine Department. - To execute the towing assistance as required by Pilots or Dock masters while docking / undocking or berthing / unberthing vessels in DWD. - Ensure that the Safety, Quality & Environment requirements of the yard are strictly followed. - Perform other job related duties as assigned by the section head. Preferred Competencies. - Certification of competency (Master) as per Regulation III of STCW from National Transport Authority UAE or equivalent certification endorsed by UAE National Transport authority. - Should also possess all valid mandatory courses as per STCW. -Sallary : $3000-$4000 Experience: - At least 2 years experience as a harbour Tug Master. Remarks : We offer an attractive remuneration package with allowances for accommodation, transport, medical care and annual holidays. Please Call : 081298348951 / Bayu *Thank's 4 All* [ |
Cara Sholat Di Kapal atau Pesawat Terbang Posted: 11 Jan 2013 01:39 AM PST Kadang shalat tidak bisa tidak dilaksanakan di atas pesawat atau kapal, apalagi jika waktu shalat sempit, tidak mungkin diakhirkan ketika telah sampai di tempat tujuan, dan tidak bisa dijamak dengan shalat sebelum atau sesudahnya. Bagaimana pelaksanaan shalat di pesawat dan kapal terutama dalam masalah menghadap kiblat? Shalat Wajib, Turun dari Kendaraan Shalat wajib diperintahkan turun dari kendaraan dan inilah kebiasaan Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam. Dari Jabir bin 'Abdillah, beliau mengatakan, كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - يُصَلِّى عَلَى رَاحِلَتِهِ حَيْثُ تَوَجَّهَتْ ، فَإِذَا أَرَادَ الْفَرِيضَةَ نَزَلَ فَاسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةَ "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah melaksanakan shalat sunnah di atas kendaraannya sesuai dengan arah kendaraannya. Namun jika ingin melaksanakan shalat fardhu, beliau turun dari kendaraan dan menghadap kiblat." (HR. Bukhari no. 400).Kondisi di kapal dan di pesawat adalah kondisi sulit untuk turun dari kendaraan. Namun jika shalat wajib bisa dikerjakan dengan turun dari kendaraan, maka itu yang diperintahkan. Sehingga jika shalat wajib itu bisa dilakukan dengan turun dari kendaraan dengan cara dijamak dengan shalat sebelum atau sesudahnya, maka baiknya shalat tersebut dijamak. Akan tetapi, jika khawatir keluar waktu shalat atau shalat tersebut tidak bisa dijamak, maka tetap yang jadi pilihan adalah shalat wajib tersebut dikerjakan di atas kendaraan. Tidak boleh sama sekali shalat tersebut diakhirkan. Semisal shalat Shubuh yang waktunya sempit, tetap harus dilaksanakan di atas kapal atau pesawat. Melaksanakan shalat di atas kapal dihukumi sah menurut kesepakatan para ulama karena kapal sudah ada sejak masa silam. Sedangkan mengenai shalat di pesawat tersirat dari perkataan Imam Nawawi dalam kitab Al Majmu', beliau berkata, "Shalat seseorang itu sah walau ia berada di atas ranjang di udara."[1] Sehingga dari perkataan beliau ini diambil hukum bolehnya shalat di atas pesawat. Menghadap Kiblat dan Syarat Shalat Menghadap kiblat saat shalat wajib termasuk syarat shalat. Adapun dalam shalat sunnah di atas kendaraan bisa jadi gugur menghadap kiblat[2]. Namun tetap disunnahkan ketika takbiratul ihram menghadap kiblat sebagaimana dalam hadits Anas bin Malik, ia berkata, أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا سَافَرَ فَأَرَادَ أَنْ يَتَطَوَّعَ اسْتَقْبَلَ بِنَاقَتِهِ الْقِبْلَةَ فَكَبَّرَ ثُمَّ صَلَّى حَيْثُ وَجَّهَهُ رِكَابُهُ "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersafar dan ingin melaksanakan shalat sunnah lantas beliau mengarahkan kendaraannya ke arah kiblat. Kemudian beliau bertakbir, lalu beliau shalat sesuai arah kendaraannya." (HR. Abu Daud no. 1225. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan). Adapun dalam shalat fardhu (shalat wajib), menghadap kiblat merupakan syarat.Menghadap Kiblat Saat Shalat di Kapal dan Pesawat Dari penjelasan di atas, kita beralih pada masalah menghadap kiblat ketika shalat di kapal atau pesawat. Menghadap kiblat kala itu tidak lepas dari dua keadaan: (1) Jika mampu menghadap kiblat karena ada tempat yang luas seperti di kapal, maka wajib menghadap kiblat. (2) Jika tidak mungkin menghadap kiblat karena tempat yang sempit, maka gugur menghadap kiblat. Allah Ta'ala berfirman, فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ "Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu" (QS. At Taghabun: 16).Dari Abu Hurairah, ia berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, وَمَا أَمَرْتُكُمْ بِهِ فَافْعَلُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ "Dan apa yang diperintahkan bagi kalian, maka lakukanlah semampu kalian" (HR. Bukhari no. 7288 dan Muslim no. 1337).Mengenai Berdiri Berdiri bagi yang mampu merupakan rukun dalam shalat wajib. Dalilnya adalah hadits dari 'Imron bin Hushoin yang punya penyakit bawasir, lalu ia menanyakan pada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengenai shalatnya, beliau pun bersabda, صَلِّ قَائِمًا ، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا ، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ "Shalatlah sambil berdiri. Jika tidak mampu, maka sambil duduk. Jika tidak mampu, maka sambil berbaring (ke samping)." (HR. Bukhari no. 1117).Jika ketika shalat di pesawat atau kapal berdiri saat itu tidak mampu, maka shalat sambil duduk sebagai gantinya[3]. Semoga sajian singkat ini bermanfaat. Wallahul muwaffiq. Artikel Rumaysho.com lainnya yang mesti dibaca: 1- Ketika Safar Lebih Baik Menjamak Shalat ataukah Tidak? 2- Bolehkah Menjamak Dua Shalat Sebelum Safar? 3- Jamak Shalat Karena Macet 4- Tujuh Permasalahan Seputar Safar Referensi Utama: Fiqh An Nawazil fil 'Ibadah, Syaikh Prof. Dr. Kholid bin 'Ali Al Musyaiqih, terbitan Maktabah Ar Rusyd, cetakan pertama, tahun 1433 H, hal. 96-98. * Syaikh Kholid Al Musyaiqih adalah di antara murid Syaikh Muhammad bin Sholih Al 'Utsaimin. Beliau saat ini adalah Professor di Jurusan Fikih, Fakultas Syari'ah, Universitas Qoshim Kerajaan Saudi Arabia. |
Posted: 11 Jan 2013 01:36 AM PST Ada seorang kawan bercerita tentang seorang pedagang di Saudi Arabia. Pada awal dia meniti karir dalam bisnis, dulunya dia bekerja di sebuah pelabuhan di negeri ini. Semua barang-barang perniagaan yang akan masuk harus melalui dia dan mendapatkan tanda tangannya. Dia tidak suka kepada orang yang main kolusi dan suap-menyuap. Tetapi dia tahu bahwa atasannya senang mengambil uang suap. Sampai akhirnya teman kita yang satu ini didatangi oleh orang yang memberitahunya agar tidak terlalu keras dan mau menerima apa yang diberikan oleh penyuap untuk mempermudah urusannya. Setelah mendengar perkataan tersebut, dia gemetar dan merasa takut. Ia lalu keluar dari kantornya, sementara ke-sedihan, penyesalan dan keraguan terasa mencekik lehernya. Hari-hari mulai berjalan lagi, dan para penyuap itu datang kepadanya. Yang ini mengatakan, 'Ini adalah hadiah dari perusahaan kami'. Yang satu lagi bilang, 'Barang ini adalah tanda terima kasih perusahaan kami atas jerih payah Anda'. Dan dia selalu mampu mengembalikan dan menolak semuanya. Tetapi sampai kapan kondisi ini akan tetap ber-langsung?! Dia khawatir suatu waktu mentalnya akan melemah dan akhirnya mau menerima harta haram tersebut. Dia berada di antara dua pilihan; meninggalkan jabatannya dan gajinya atau dia harus melanggar hukum-hukum Allah Subhanahu wa Ta'ala dan mau menerima suap. Karena hatinya masih bersih dan masih bisa meresapi firman Allah subhanahu wa ta'ala, وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ "Dan siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan untuknya jalan keluar dan akan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (QS. Ath-Thalaq: 2-3).Akhirnya dia memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Dia berkata, 'Tak lama setelah itu Allah subhanahu wa ta'ala mengkaruniakan untukku kapal kargo yang kecil. Aku pun memulai bisnisku, mengangkut barang-barang. Lalu Allah mengkaruniakan kapal kargo lain lagi. Sebagian pedagang mulai memintaku untuk mengangkut barang-barang perniagaan mereka karena aku memang sangat hati-hati, seolah-olah barang-barang itu milikku sendiri. Di antara kejadian yang menimpaku adalah sebuah kapal kargoku menabrak karang dan pecah. Penyebabnya, karena sang nahkoda tertidur. Dia meminta maaf. Tanpa keberatan aku memaafkannya. Maka merasa heranlah seorang polisi lalu lintas laut karena aku begitu mudah memaafkan orang. Dia berusaha berkenalan denganku. Setelah berlangsung beberapa tahun, polisi itu bertambah tinggi jabatannya. Saat itu datang barang-barang perniagaan dalam jumlah besar. Dia tidak mau orang lain, dia memilihku untuk mengangkut barang-barang tersebut tanpa tawar menawar lagi. [Dari kumpulan kisah situs www.alsofwah.or.id] Pembaca yang budiman, lihatlah, bagaimana pintu-pintu rizki terbuka untuknya. Sekarang dia telah menjadi seorang saudagar besar. Kepedulian sosial dan santunannya bagi orang-orang miskin begitu besar. Begitulah, barangsiapa meninggalkan suatu maksiat termasuk tindakan suap dan menerima suap dengan ikhlas karena Allah, niscaya Allah akan mengganti dengan yang lebih baik. Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, إِنَّكَ لَنْ تَدَعَ شَيْئاً لِلَّهِ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ بَدَّلَكَ اللَّهُ بِهِ مَا هُوَ خَيْرٌ لَكَ مِنْهُ "Sesungguhnya jika engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, niscaya Allah akan memberi ganti padamu dengan yang lebih baik bagimu." (HR. Ahmad 5/363. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shohih) Begitu pula ingatlah janji Allah bagi orang yang bertakwa yaitu akan diberi rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka. Allah Ta'ala berfirman, وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ "Dan siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan untuknya jalan keluar dan akan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (QS. Ath-Thalaq: 2-3). Dari 'Ali bin Abi Tholhah, dari Ibnu 'Abbas, beliau menafsirkan ayat tersebut, "Barangsiapa yang bertakwa pada Allah maka Allah akan menyelamatkannya dari kesusahan dunia dan akhirat. Juga Allah akan beri rizki dari jalan yang tidak disangka-sangka." (Tafsir Al Qur'an Al 'Azhim, Ibnu Katsir, 14/32)Ingat pula tentang bahaya suap sebagaimana disebutkan dalam hadits, لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- الرَّاشِىَ وَالْمُرْتَشِىَ. "Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melaknat orang yang memberi suap dan yang menerima suap". (HR. Abu Daud no. 3580, Tirmidzi no. 1337, Ibnu Majah no. 2313. Kata Syaikh Al Albani hadits ini shahih). Dalam riwayat yang lain Nabi melaknat al Ra-isy (الرَّائِشَ) yaitu penghubung antara penyuap dan yang disuap (HR. Ahmad 5/279). Meski hadits ini lemah namun maknanya benar. Orang yang menjadi penghubung antara penyuap dan yang disuap berarti membantu orang untuk berbuat dosa dan ini adalah suatu yang terlarang. Hadits di atas menunjukkan bahwa suap termasuk dosa besar, karena ancamannya adalah laknat. Yaitu terjauhkan dari rahmat Allah. Bahkan sogok itu haram berdasarkan ijma' (kesepakatan ulama). Jadi terlarang, meminta suap, memberi suap, menerima suap dan menjadi penghubung antara penyaup dan yang disuap. Wallahu waliyyut taufiq. |
Posted: 11 Jan 2013 01:35 AM PST Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Sebagian Pelaut, pekerja laut atau pekerja off-shore sering kebingungan untuk melaksanakan shalat Jum'at. Apakah mereka mesti mendirikan jama'ah Jumatan di kapal? Di beberapa kapal PELNI yang kami temui, mereka tetap menjalankan shalat Jum'at. Hal ini perlu ditinjau ulang secara ilmu fikih, karena tidak bisa kita asal-asalan dalam beragama. Dalam fatwa islamweb.net, disebutkan mengenai masalah ini. Ada pertanyaan: "Saudaraku yang kami cintai karena Allah. Kami adalah para pemuda muslim yang bekerja di pertambangan minyak yang berada di lepas pantai. Kami keseharian berada di atas kapal, namun kapal tersebut tidak bergerak, hanya diam di tempat. Kami pun menjalankan shalat Jum'at di kapal tersebut. Namun ada orang yang mengatakan bahwa shalat Jum'at bagi kalian tidaklah sah. Dari situ, kami tidak lagi melaksanakan shalat Jum'at. Akan tetapi kami sangat mengharapkan fatwa dari kalian untuk memberikan penjelasan hukum syar'i tentang masalah kami ini. Apakah kami wajib mendirikan shalat Jum'at ataukah tidak? Perlu diketahui bahwa kami berkerja bergiliran. Masa kerja per orang antara satu minggu hingga enam minggu. Setelah itu, kita boleh mengambil cuti libur selama dua sampai enam minggu. Setelah cuti berakhir, kami pun kembali bekerja. Kami sangat berharap penjelasan akan hal ini. Semoga Allah berkahi dan membalas amalan kalian. Jawaban: Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam kepada Rasulullah, keluarga dan sahabatnya. Amma ba'du: Tidaklah sah mendirikan shalat Jum'at di kapal walaupun kapal tersebut tidak berlayar, karena kapal bukanlah suatu negeri (kampung). Di antara syarat sah shalat Jum'at, shalat tersebut dilakukan di kota, desa, atau suatu tempat semacam itu. … Jika shalat Jum'at tidak wajib atas kalian, maka sebagai gantinya adalah kalian mengerjakan shalat Zhuhur. Wallahu a'lam. [Fatwa Islamweb.net pada link: http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=69541] Syarat yang disebutkan di atas adalah syarat yang diwajibkan dan syarat sahnya Jum'at. Sehingga jika syarat di atas tidak dipenuhi, shalat Jum'atnya tidaklah sah.[1] Dengan demikian, para pekerja kapal, penumpang kapal dan pekerja off-shore tidak sah shalat Jum'at jika dilakukan di kapal. Sebagai gantinya adalah mengerjakan shalat Zhuhur (dua raka'at bagi musafir karena diqoshor). Jika ada shalat Jum'at di daratan, ia pun tidak wajib menghadirinya karena ia bukanlah orang yang nomaden (menetap di negeri), ia adalah musafir. Namun jika ia tetap pergi shalat Jum'at di daratan, shalat jum'atnya sah sebagaimana musafir yang shalat jum'at, shalatnya sah. Wallahu waliyyut taufiq was sadaad. Walhamdulillah, wa shallallahu 'ala nabiyyina Muhammad, wa 'ala aalihi wa shohbihi wa sallam. |
You are subscribed to email updates from Berita Kapal & Pelaut To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
No comments:
Post a Comment