Berita Kapal |
- Lowongan Pelaut Terbaru Di Labroy Marine, Batam
- Rusia Temukan Lima Pelaut Terdampar
- 2 Kapal Pengangkut Logistik Pemilukada Papua Terbalik
- Beli Kapal, Trans Power Alokasikan Belanja Modal US$ 40 Juta
- Tekan biaya logistik, Kadin Impor 2500 Kapal Rp15 Triliun
- Cuaca buruk, kapal di Wakatobi dilarang beroperasi
- Produksi Dalam Negeri Lambat, Pengusaha Pilih Impor Kapal dari China
- Kenapa Ventilasi Kargo Sangat Penting di Kapal ?
- 5 Zona Laut Yang Wajib Dimengerti oleh para Pelaut
- Lowongan Pelaut Untuk ChiefCook di AHTS Vessel
- Lowongan pelaut Chemical Tanker Oiler
- Hanjin Shipping Membuka Banyak Lowongan Pelaut
- Lowongan Pelaut Kapal Kargo Butuh Officer dan Ranks
- Pemerintah siap membenahi 138 pelabuhan
- Job Pelaut Terbaru Chief Officer
- Pelabuhan Taddan Kembali Disuntik Rp 5,4 Miliar
- Penimbun BBM Masih Marak
- Lowongan Pelaut Terbaru ABK Oiler Gaji Tinggi
- IPO, Trans Power Marine Incar Dana Rp98,75 Miliar
- Rumah Kami di Atas Laut
- KM Tidar Rute Dobo-Ambon Dikabarkan Alami Kecelakaan
- Lowongan Kerja Pelaut Terbaru 28 Januari 2013 Untuk 2E for General Cargo
- Akhirnya Penyebab Tenggelamnya Kapal Titanic Terungkap
- Kapal Induk Pertama China Mv. Liaoning
- Nelayan Langkat Serbu Mapolres
Lowongan Pelaut Terbaru Di Labroy Marine, Batam Posted: 28 Jan 2013 02:12 AM PST Lowongan Pelaut Terbaru Di Labroy Marine, Batam Bagi anda yg berminat mengisi Lowongan Pelaut Terbaru Di Labroy Marine, Batam untuk pemegang ijazah pelaut ATT1 dan ATTD, sebagaimana iklan lowongan pelaut terbaru di blog berita kapal dibawah ini; CHIEF ENGGINER / GREASERat LABROY MARINE for Onboard VesselATT-I ATTD IF YOU WANT TO JOIN CAN COME DIRECTLY TO jl Brigjen Katamso Tnjung uncang KM 18 batam kepri indonesia PH : 087791115270 TEL : 0778 - 5120105 | ||||||||||
Rusia Temukan Lima Pelaut Terdampar Posted: 28 Jan 2013 02:09 AM PST Rusia Temukan Lima Pelaut Terdampar KOMPAS.com — Petugas emergensi Rusia mengatakan menemukan lima dari sekitar 15 pelaut yang terdampar di perairan Laut Jepang. Menurut ITAR-Tass pada Senin (28/1/2013), para pelaut itu adalah awak kapal ikan Shans-101 yang kebanyakan berkewarganegaraan Rusia dan Indonesia. Sebelumnya ada informasi kapal naas itu terjebak di pantai Pasifik Rusia. Dalam komunikasi dengan pihak pemilik kapal, diperoleh informasi Shans-101 terempas dua sapuan ombak besar. Sekitar 10 menit kemudian, ada informasi yang mengatakan bahwa para awak diperintahkan naik ke sekoci-sekoci. Warta media itu pada Senin juga mengartakan, delapan dari 15 awak tewas lantaran kedinginan. Jasad mereka dibuang ke laut lepas. Sampai berita ini diunggah, pencarian korban masih terus berlanjut. | ||||||||||
2 Kapal Pengangkut Logistik Pemilukada Papua Terbalik Posted: 28 Jan 2013 02:03 AM PST 2 Kapal Pengangkut Logistik Pemilukada Papua Terbalik VIVAnews - Dua kapal cepat yang mengangkut logistik Pemilukada Papua terbalik di Kabupaten Mimika dan Supriori, Senin 28 Januari 2013. Akibatnya sejumlah surat dan kotak suara serta lembaran berita acara hanyut dan hilang sehingga tak bisa digunakan lagi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Kapolda Papua Irjen Pol Tito Carnavian saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa itu. "Sejumlah logistik tidak bisa diselamatkan," jelas Kapolda. Di Mimika, longboat terbalik setelah menabrak kayu sehingga kapal bocor dan tenggelam. "Karena longboat-nya kemasukan air akhirnya terbalik," ujarnya. Hal yang sama juga terjadi di Supriori. Speed boat yang mengangkut logistik dengan pengawalan Polisi juga terbalik. Akibatnya logitik pemilukada hilang ditelan ombak. Bahkan, penumpangnya hingga kini belum ditemukan. "Kapal dari Supriori tujuan Pulau Fani membawa surat suara Pemilukada dengan jumlal personil 37 orang. Kapal sudah ditemukan dalam kondisi terbakar," jelasnya. Ke-37 orang itu belum diketahui nasibnya yang terdiri dari: ABK 10 orang, personil KPU 13 orang, kepala sekolah 1 orang, kepala desa 1 orang, anggota Marinir 7 orang, serta anggota TNI AD lima orang. Mengenai surat suara yang hilang, Kapolda meminta KPU Provinsi segera menggantinya sehingga pemilukada bisa dilaksanakan serentak. Sementara itu, KPU Papua hingga kini belum bisa diminta keterangan terkait hanyutnya sebagian logistik yang diangkut kapal. Sebelumnya, KPU mengatakan sudah menyiapkan 2,5 persen surat suara cadangan dari sekitar 2,7 juta surat suara yang disediakan. Pemilukada Papua akan berlangsung 29 Januari, KPU menyiapkan 7116 tempat pemungutan suara yang tersebar di 29 kabupaten/kota. Sebanyak 2,7 juta warga Papua yang memiliki hak pilih akan memilih pemimpinnya untuk lima tahun ke depan. (sj) | ||||||||||
Beli Kapal, Trans Power Alokasikan Belanja Modal US$ 40 Juta Posted: 28 Jan 2013 02:01 AM PST Beli Kapal, Trans Power Alokasikan Belanja Modal US$ 40 Juta Liputan6.com, Jakarta : PT Trans Power Marine Tbk (TPM) mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/Capex) sebesar US$ 30 juta- US$ 40 juta pada 2013. Dana itu digunakan untuk membeli kapal dan floating crane. Perusahaan di bidang pelayaran itu berencana membeli 4-7 unit kapal tunda dan tongkang untuk mendukung kegiatan operasional perseroan. "Biaya pembelian kapal sekitar US$ 3,5 juta- US$ 4 juta," jelas Direktur Keuangan Trans Power Rudy Sutiono, Senin (28/1/2013). Selama ini Trans Power masih menyewa 10-12 kapal. Dengan penambahan armada baru, lanjut Rudy, perusahaan bisa meningkatkan laba kotor hingga 30%-40%. Dibanding menyewa kapal, hanya mendapatkan laba kotor sebesar 10%-15%. "Jadi kalau kami menyewa kapal, kontribusi untuk laba kotor masih sangat rendah," kata Rudy. Adapun sumber pendanaan belanja modal tersebut sekitar 70% berasal dari pinjaman dari bank dan sisanya 30% dari dana hasil penawaran saham perdana (IPO). Trans Power berencana melepas sebanyak 395 juta lembar saham atau sebesar 15% dari modal yang ditempatkan dan telah disetor penuh. Perseroan menawarkan harga saham perdananya di kisaran Rp 220-Rp 250 per saham. Perusahaan menargetkan dapat memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 8 Februari 2013. Pelaksanaan penawaran umum perdana pada 12 Februari-13 Februari 2013. Sementara pencatatan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang akan dilakukan pada tanggal 28 Februari 2013. Adapun yang ditunjuk sebagai penjamin emisi adalah PT BCA Sekuritas. | ||||||||||
Tekan biaya logistik, Kadin Impor 2500 Kapal Rp15 Triliun Posted: 28 Jan 2013 02:00 AM PST Tekan biaya logistik, Kadin Impor 2500 Kapal Rp15 Triliun Nantinya kapal impor berkapasitas 1500-3000 ton ini akan menggunakan konsep Short Sea Shipping (Pelayaran Jarak Dekat). Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mengimpor 2500 kapal kecil senilai Rp15 triliun dari China dalam jangka waktu lima tahun kedepan. Impor kapal ini merupakan salah satu dari beberapa strategi yang dilakukan Kadin untuk mengurangi biaya logistik yang cukup tinggi di Indonesia. "Kami ingin biaya logistik kita yang tinggi ini bisa diturunkan sampai 10-15 persen tahun 2015, apalagi logistik pangan biayanya sangat tinggi, untuk mencapai hal itu butuh kerja keras pemerintah dan pengusaha," ujar Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Natzir Mansyur saat ditemui dalam acara "Rencana Kerja Pemerintah 2013" di JCC, Jakarta, Senin (28/1) Menurut dia, impor kapal ini akan dilakukan Kadin melalui PT Zhadasa Indonesia, sedangkan untuk pembangunan pelabuhan dilakukan pemerintah. Dia menjelaskan, ada sekitar 40 pelabuhan di setiap koridor dalam Masterplan Percepatan dan Pembangunan Ekonomi (MP3EI) yang mesti dipersiapkan pemerintah."Pembangunan pelabuhan ini bisa tambah pelabuhan baru bisa juga renovasi pelabuhan lama jadi baru lagi," ujar dia Natzir mengatakan, semua pembangunan pelabuhan ini akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Kadin kata dia, telah membicarakan masalah ini dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan diharapkan bisa terealisasi tahun ini sehingga banyak investor asing yang tertarik membangun pelabuhan di Indonesia. Dia mengatakan, nantinya kapal impor berkapasitas 1500-3000 ton ini akan menggunakan konsep Short Sea Shipping (Pelayaran Jarak Dekat). Kapal kecil ini akan mengantarkan barang seperti makanan dari satu pulau kecil ke pulau besar, seperti pulau Jawa ke Pulau Sumatera Menurut Natzir, alasan lain impor kapal adalah Kadin tidak bisa mengandalkan penggalangan kapal di dalam negeri karena penggalangan kapal di dalam negeri hanya bisa memproduksi satu unit kapal dalam setahun. "Pengusaha minimal butuh lebih dari 6 kapal dalam setahun, tidak bisa hanya 1 kapal maka dari itu kami impor kapal," tambah dia | ||||||||||
Cuaca buruk, kapal di Wakatobi dilarang beroperasi Posted: 28 Jan 2013 01:58 AM PST Cuaca buruk, kapal di Wakatobi dilarang beroperasi Kendari (ANTARA News) - Kantor Syahbandar Pelabuhan Pangulubelo, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, melarang kapal penumpang KM Cantika beroperasi untuk sementara karena cuaca buruk. "Demi keselamatan pelayaran, maka kapal cepat KM Cantika yang melayani angkutan penumpang dari dan ke Kota Bau Bau - Wakatobi dilarang berlayar karena cuaca buruk," kata petugas Pelabuhan Pangulubelo Sahbudin di Kendari, Senin. Kapal cepat yang memiliki kapasitas sekitar 275 tempat duduk itu terpaksa berlabuh di Kecamatan Kaledupa dan penumpang pun diturunkan. "Kalau cuaca sudah memungkinkan kapal dapat melakukan pelayaran. Larang bepergian atau berlayar semata-mata demi keselamatan awak kapal dan seluruh penumpang," katanya. Salah seorang penumpang Alili (51) mengaku kecewa karena perjalanan kapal harus tertunda karena cuaca buruk. Namun, ia dapat memahami bawa larangan tersebut dikeluarkan demi keselamatan penumpang dan awak kapal. "Saya berangkat hari ini dari Wakatobi dengan harapan besok dapat melanjutkan perjalanan menumpang kapal milik Pelni tujuan Ternate," kata Alili. | ||||||||||
Produksi Dalam Negeri Lambat, Pengusaha Pilih Impor Kapal dari China Posted: 28 Jan 2013 01:56 AM PST Produksi Dalam Negeri Lambat, Pengusaha Pilih Impor Kapal dari China Jakarta - Perusahaan swasta yang bergerak di bidang logistik PT Zadasa International berencana mendatangkan 1.500 kapal berukuran 1.500-3.000 Teus dari China. Perusahaan yang diketuai oleh Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog, Natsir Mansyur akan melakukan ini dalam 5 tahun ke depan. Natsir yang merupakan Direktur Utama PT Zadasa mengatakan, pihaknya akan menggelontorkan dana sekita Rp 15 triliun untuk pembelian kapal ini. Pendanaannya akan didapatkan dari pinjaman perbankan. "Bank-nya bisa BUMN, Mandiri, kita belum kesana. Tapi saya sudah tanda tangan kontrak dengan China selama 5 tahun," ungkap Natsir saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (28/1/2013). Kenapa tidak mengandalkan kapal dalam negeri? Natsir mengatakan, kebutuhan kapal ini adalah hal mendesak. Menurutnya, produsen kapal di Indonesia dinilai lambat. "Kalau di Indonesia itu paling 1 tahun bisa memproduksi 3 sampai 5 kapal. Jadi kita itu melakukan shortcut," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog ini. Ia mengatakan, dalam waktu dekat, mulai tahun ini akan didatangkan 500 kapal setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk melakukan program sea shore shipping yang diprogramkan pemerintah, yaitu untuk memberdayakan pelabuhan-pelabuhan kecil di Indonesia agar biaya logistik menjadi lebih murah. "Misalnya Merak-Bakauheni, yang macet jalan tol (biaya naik). Jadi lebih baik pergunakan Dengan begitu, biaya logistik dapat dikurangi. Namun, dia mengharapkan pemerintah dapat mempercepat pembangunan infrastrukturnyan yaitu pelabuhan. "Jadi pemerintah siapkan infrastrukturnya 40 pelabuhan. Karena ini bagian MP3EI (masterplan percepatan, perluasan pembanguna ekonomi Indonesia), dan kita siapkan sarananya yaitu kapalnya," pungkas Natsir. | ||||||||||
Kenapa Ventilasi Kargo Sangat Penting di Kapal ? Posted: 28 Jan 2013 01:54 AM PST Kenapa Ventilasi Kargo Sangat Penting di Kapal? Salah satu aspek yang penting untuk kapal kargo adalah pencegahan segala bentuk kerusakan pada kargo. Hal ini penting untuk mengambil perawatan yang tepat untuk kargo di kapal dan untuk menghindari hilangnya properti/kargo dan mencegah klaim atas kargo . Kerusakan pada kargo dapat terjadi karena beberapa alasan seperti kecelakaan, banjir, hujan air, dll. kelembaban adalah salah satu penyebab paling umum kerusakan kargo dan sumber yang signifikan pada klaim kargo Untuk mencegah kerusakan kargo karena kelembaban, kapal dilengkapi dengan sistem ventilasi alami atau dipaksa. Kelembaban yang bertanggung jawab untuk kerusakan kargo disebut juga sweat / "keringat" di kapal. Keringat adadua jenis: Kargo keringat / cargo sweat Kapal keringat / vessel sewat Quote:Kargo keringat/cargo sweat muncul pada kondensasi yang terjadi di permukaan kargo hangat, kelembaban udara di dalam ruang kargo secara substansial lebih dingin. Keringat jenis ini umumnya terjadi ketika kapal melakukan perjalanan dari tempat dingin ke tempat yang lebih hangat dan udara luar memiliki titik embun di atas suhu kargo. Ventilasi kargo Kapal keringat / vessel sewat mengacu pada kondensasi yang terjadi di permukaan kapal ketika udara di dalam palka dibuat lembab dan hangat oleh kargo, ketika kemudian datang dalam kontak dengan permukaan kapal sebagai kapal bergerak dari panas ke daerah dingin. Kapal keringat mengarah pada pembentukan overhead menetes di dalam palka atau akumulasi air di bagian bawah terus menerus, yang dapat mengakibatkan kerusakan kargo. Dengan demikian, sistem ventilasi kargo harus disediakan di kapal. Sistem ventilasi kargo membantu Mencegah kargo dan kapal keringat Pasokan udara segar untuk kargo Mencegah membangun gas beracun Menghilangkan bau kargo sebelumnya Menyingkirkan panas dan kelembaban yang diberikan oleh beberapa jenis kargo Kargo ventilasi di kapal ini penting bagi higroskopik dan non-higroskopis kargo. Kargo higroskopis memiliki kandungan air/kelembaban alami. Jenis kargo ini terutama produk tanaman, yang menyerap, mempertahankan, dan melepaskan air dalam kargo. Air ini menyebabkan pemanasan yang signifikan dan penyebaran kelembaban di kargo dan mengakibatkan pematangan atau kebusukan atas kargo. Non-higroskopis kargo tidak memiliki kandungan air; Namun, mereka dapat busuk/ rusak di lingkungan lembab. Ventilasi Kargo di kapal Titik embun di udara, di dalam maupun di luar kargo terus memainkan peran penting dalam menentukan kualitas kargo. Di sini, "Dewpoint Rules" ( Aturan Titik Embun) harus dipertimbangkan untuk menyediakan ventilasi dan menjaga suhu dalam kisaran yang sesuai. Menurut aturan Dewpoint, ventilasi harus disediakan jika dewpoint udara di dalam palka lebih tinggi dari dewpoint udara luar terus. Namun, ventilasi tidak harus disediakan jika dewpoint udara di dalam palka lebih rendah dari dewpoint udara luar terus. Kadang-kadang sangat tidak praktis untuk mengukur suhu dewpoint kargo. Dalam keadaan seperti itu, ventilasi disediakan dengan membandingkan suhu rata-rata kargo pada waktu loading dengan suhu udara luar. Kargo ventilasi penting untuk produk higroskopis dan bebas-higroskopis. Namun, mantan satu memerlukan lebih berhati-hati pemantauan dan pemeriksaan bersama dengan tepat ventilasi daripada yang satu nanti./marineinsight shanti | ||||||||||
5 Zona Laut Yang Wajib Dimengerti oleh para Pelaut Posted: 28 Jan 2013 01:52 AM PST 5 Zona Laut Yang Wajib Dimengerti oleh para UNCLOS atau Konvensi Perserikatan Bangsa Bangsa tentang hukum laut dibentuk untuk memastikan kebebasan navigasi pelayaran di laut. Hal ini memungkinkan kapal-kapal dari satu negara untuk bergerak secara bebas dan aman di perairan internasional. Namun, sesuai undang-undang ini, batas tertentu atau batas telah disediakan untuk masing-masing negara untuk menentukan aspek laut bisnis dan kegiatan komersial, termasuk semua jenis yurisdiksi. Ada 5 istilah penting yang mmasing-masing pelaut harus tahu di bawah UNCLOS. Mereka adalah: Quote:1. Territorial sea 1. Teritorial Sea Laut teritorial Sesuai dengan UNCLOS, laut teritorial dapat didefinisikan sebagai luas yang membentang hingga 12 nautical mil dari daratan terluar suatu negara . Laut teritorial berada dibawah yurisdiksi negara tersebut; Namun, kapal-kapal kapal-kapal asing (pedagang dan militer) yang diizinkan dapat melaluinya. Negara pemilik laut teritorial bisa melakukan tindakan hukum jika dirasa kapal yang melintas membawa implikasi merugikan terhadap negara negara tersebut seperti ancaman bagi perdamaian negara pantai tersebut , penyelundupan barang barang, manusia sampai penyelundupan obat bius 2. Contiguous Zone / Zona Bersebelahan Zona bersebelahan dapat didefinisikan sebagai sabuk yang memanjang 12 nautical mil melampaui batas teritorial laut. Kontrol negara pantai di daerah ini dibatasi untuk pencegahan tindakan yang dapat melanggar undang-undang bea cukai, fiskal, dan imigrasi. Itu dapat juga bertindak jika aktivitas di zona bersebelahan mengancam peraturan di laut teritorial. Ada kemungkinan bahwa kapal-kapal yang membawa zat-zat berbahaya yang beracun atau limbah dapat membawa pengaruh buruk untuk kesehatan masyarakat atau lingkungan . 3.Exclusive Economic Zone ( Zona Eksklusif Ekonomi) Zona ekonomi eksklusif dapat didefinisikan sebagai sabuk air yang memanjang hingga 200 mil nautikal dari pesisir terluar sebuah negara. Dengan demikian meliputi laut teritorial dan zona bersebelahan. Zona ekonomi eksklusif mempersilahkan negara yang bersangkutan mengontrol semua sumber daya ekonomi seperti Perikanan, pertambangan minyak eksplorasi dan bahkan penelitian kelautan. Negara Pesisir ini juga memiliki yurisdiksi mengenai perlindungan dan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan laut. 4.Continental Shelf / Landas Kontinen Landas Kontinen suatu negara pantai meliputi dasar laut dan tanah dibawahnya dari daerah dibawah permukaan laut yang terletak di luar laut teritorialnya sepanjang kelanjutan alamiah hingga daratannya hingga pinggiran luar kontinen, atau hingga suatu jarak 200 mil laut dari garis pangkal darimana lebar laut teritorialnya diukur (Pasal 76 (1)). Dalam konvensi ini batas luar dari Landas Kontinen sudah cukup tegas dan jelas. Berarti sudah ada kepastian hukum tentang sejauhmana suatu negara memiliki hak dan eksklusif atas sumber daya alam dari Landas Kontinen. Kontinen dapat didefinisikan sebagai luas batas luar yang tidak boleh melebihi 350 mil dari baseline atau tidak boleh melebihi 100 mil dari 2500 meter isobath. Pesisir negara memiliki hak eksklusif untuk menjelajahi dan mengeksploitasi sumber daya alam di daerah ini. 5. High Sea ( Perairan Internasional ) High seas dapat didefinisikan sebagai bagian dari laut yang tidak disertakan dalam zona ekonomi eksklusif, di laut teritorial, atau di perairan internal negara pantai atau perairan negara kepulauan. High seas ini terbuka untuk semua negara untuk kebebasan navigasi pelayaran , kebebasan spenerbangan, kebebasan untuk membangun pulau buatan , kebebasan dari Mencari ikan dan kebebasan penelitian ilmiah. High seas disediakan untuk dnavigasi pelayaran damai melalui perairan internasional. Namun, peraturan telah dibuat untuk menghindari pencegahan perdagangan budak, pembajakan, kejang kapal, gelap narkotika perdagangan dan penyiaran yang tidak sah | ||||||||||
Lowongan Pelaut Untuk ChiefCook di AHTS Vessel Posted: 28 Jan 2013 01:49 AM PST Lowongan Pelaut Untuk ChiefCook di AHTS Vessel PT. OSM Indonesia, looking for the best Chief Cook candidates for our AHTS fleet Pls come or contact directly to our Jakarta Office for further info Tks/rgds PT.OSM Indonesia As Agent only for and on behalf of owner Komp. Ruko Kelapa Gading Indah Blok RC/6 Jl. Bukit Gading Raya, Kelapa Gading - Jakarta Phone : +6221 45874338 Email : crew.jakarta@osm.no | ||||||||||
Lowongan pelaut Chemical Tanker Oiler Posted: 28 Jan 2013 01:48 AM PST Lowongan pelaut Chemical Tanker Oiler No1 Kami sedang mencari kandidat untuk posisi: No.1 OILERMemiliki Pengalaman Sebagai No.1 OILER Min 1th Ade Sukron PT. MCSInternasional subsidiary of PT. HumpussIntermoda Transportasi Tbk. Granadi Building 5th Floor Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta Phone: (62 21) 252 4114 Ext. 182 Fax : 021-52964555 | ||||||||||
Hanjin Shipping Membuka Banyak Lowongan Pelaut Posted: 28 Jan 2013 01:46 AM PST Hanjin Shipping Membuka Banyak Lowongan Pelaut URGENTLY NEEDED WE ARE PT. KORIN GLOBAL MANDIRI CREW MANNING AGENCY OF HANJIN SHIPPING, HANJIN SHIP MANAGEMENT AND OTHER COMPANY URGENTLY NEEDED FOR THE FOLLOWING POSITION Quote:C/O AND 1/ENG (MUST HAVE EXPERIENCE AS POSITION MENTIONED (FOR CHIEF COOK MUST BE ABLE TO COOK KOREAN FOOD) (FOR SEAFARERS WHO HAS U.S VISA WILL BE OUR FIRST PRIORITY) FOR ALL SEAFARERS WHO ARE FULFILL OUR REQUIREMENTS COULD SUBMIT YOUR APPLICATION TO OUR COMPANY WITH THE FOLLOWING FULL ADDRESS PLEASE SUBMIT YOUR APPLICATION: OFFICE : PT. KORIN GLOBAL MANDIRI KOMPLEK PLAZA PASIFIK JL. BOULEVARD BARAT RAYA BLOK A-1 NO 19/21 KELAPA GADING - JAKARTA UTARA 14240 PHONE : 021-45858555 FAX : 021-45858559 OR SEND YOUR CV BY E-MAIL TO : harya@kgmandiri.co.id gilang@kgmandiri.co.id Company Name : PT. KORIN GLOBAL MANDIRI | ||||||||||
Lowongan Pelaut Kapal Kargo Butuh Officer dan Ranks Posted: 28 Jan 2013 01:45 AM PST Lowongan Pelaut Kapal Kargo Butuh Officer dan Ranks LOWONGAN KERJA PELAUT PT. ANDROMEDA SENTRAL PASIFIK MASTER / NAHKODA Persyaratan : 1. MASTER / NAHKODA ANT IV / ANT III PENGALAMAN KAPAL KARGO 2. C/O atau CHIEF OFFICER ANT IV /ANT V PENGALAMAN KAPAL KARGO 3. C/E atau CHEIF ENGINEER / KEPALA KAMAR MESIN ATT IV / ATT III PENGLAMAN MESIN HANSHIN / Sejenisnya 4. 1/E atau FIRST ENGINEER / MASINIS 1 ATT V 5. MUALIM II ANT V 6. MASINIS II ATT V 7. JURU MUDI ANT D 8. OILER ATT- D 9. MANDOR ATT D Diutamakan bisa mengoperasikan peralatan Las 10. BOSUN ANT- D Diutamakan bisa mengoperasikan peralatan Las HRD PT. ANDROMEDA SENTRAL PASIFIK JL. BUKIT BARISAN BLOK A No. 6 -7 PERMATA PURI NGALIYAN SEMARANG 50189 TELP.024-7628969 FAX : 024 7628874 EMAIL : andromeda@indo.net.id | ||||||||||
Pemerintah siap membenahi 138 pelabuhan Posted: 27 Jan 2013 08:33 PM PST Pemerintah siap membenahi 138 pelabuhan JAKARTA. Kementerian Perhubungan mengalokasikan Rp 5 triliun untuk merampungkan rehabilitasi dan pembangunan 138 pelabuhan di seluruh Indonesia. Proyek 138 pelabuhan itu merupakan proyek multiyears periode 2009 - 2012. "Penyelesaiannya diharapkan rampung tahun ini," ujar Plt Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Leon Muhammad, akhir pekan lalu. Rencana proyek 138 pelabuhan tadi termasuk penyelesaian lima pelabuhan sebagai dermaga kapal pesiar. Pelabuhan itu adalah Benoa (Denpasar),Tanjung Perak (Surabaya), Tanjung Mas (Semarang), Belawan (Medan), dan Soekarno-Hatta (Makassar). Kemhub perlu menata lima pelabuhan itu demi mengantisipasi peningkatan kunjungan wisatawan ke Indonesia melalui kapal pesiar. Penataan fokus pada perbaikan kawasan terminal, akses jalan, serta kesiapan transportasi. Pembenahan yang dilakukan adalah pendalaman air laut di dermaga, jalur pelayaran, sarana bantu navigasi, serta pemecah gelombang sehingga memungkinkan kapal pesiar bisa bersandar. "Pelabuhan Benoa menjadi prioritas dan pada April 2013 sudah bisa digunakan untuk bersandar kapal pesiar ukuran besar," ungkap Leon. Iwan Sabatini, General Manager PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Benoa, sebagai operator pelabuhan, mengatakan Bali akan semakin banyak didatangi kapal pesiar. "Untuk 2013 sudah terdaftar 30 kapal pesiar dengan perkiraan penumpang 42.000 wisatawan mancanegara," tutur Iwan. Setiap penumpang kapal pesiar rata-rata membelanjakan US$ 100 per orang, sedangkan untuk kru kapal US$ 60. Apabila kapal pesiar menurunkan penumpang wisata sebanyak 800 orang dan 300 kru, "Maka uang yang mengalir sekitar Rp 942 juta," ungkap Iwan. | ||||||||||
Job Pelaut Terbaru Chief Officer Posted: 27 Jan 2013 08:33 PM PST Job Pelaut Terbaru Chief Officer We need 4 Ch Officer ANT 2 Exp 2 years in AHTS Area Kamaman Charter Exxonmobile Contract 2 Months Send your CV only diah@tigdarsamudera.com Many thanks, Diah Budi Astuti Crew Dept Job Pelaut Terbaru Chief Officer | ||||||||||
Pelabuhan Taddan Kembali Disuntik Rp 5,4 Miliar Posted: 27 Jan 2013 08:30 PM PST Pelabuhan Taddan Kembali Disuntik Rp 5,4 Miliar
| ||||||||||
Posted: 27 Jan 2013 08:29 PM PST Penimbun BBM Masih Marak SAMARINDA - Penimbunan bahan bakar minyak (BBM) di Kota Tepian masih rawan terjadi. Buktinya, Sabtu (26/1) lalu, seorang warga berinisial AR tertangkap karena berusaha menyembunyikan 11 jeriken solar di atas mobilnya. Setiap jeriken berisi 25 liter solar dengan total 280 liter. Mulanya, petugas memperoleh informasi dari masyarakat bahwa di kawasan Jalan Pelita mobil pikap Isuzu Panther bernopol KT 8295 MH sedang mengangkut belasan jeriken solar dan ditutupi dengan sebuah terpal berwarna biru. "Modus ini yang kebanyakan dipakai oleh para penimbun solar," ujar Kasat Reskrim Polresta Samarinda Kompol Feby DP Hutagalung kemarin. Mendapatkan informasi tersebut, Unit Buru Sergap (Buser) Polresta Samarinda segera menuju lokasi. Benar saja, mobil pikap berwarna hitam sedang parkir di Jalan Pelita. Waktu itu, AR memang sedang berhenti untuk membeli minuman karena rencananya minyak ini akan dibawa ke kawasan Kutai Kartanegara (Kukar). "Awalnya pelaku mengelak di atas mobilnya ada ratusan liter solar yang tak memiliki izin," ujar Feby. Tapi, setelah diperiksa dan ditanyakan kelengkapan surat-suratnya, AR tak bisa berkilah. Dia pun langsung dikeler menuju Mapolresta untuk dimintai keterangan mengenai status solar tersebut. Dalam keterangannya, dia mengaku barang tersebut akan dibawa ke Kukar untuk dijual kembali. "Namun, kami masih menyelidiki kasus ini karena keterlibatan pelaku lain juga patut dicurigai," tutur Feby. Hingga kemarin, AR masih diperiksa dan kasusnya terus dilakukan oleh Satreskrim Polresta Samarinda. Modus yang AR gunakan, yakni dengan membeli solar bersubsidi di SPBU berulang-ulang kemudian dengan bantuan pompa dan selang, dia memindahkan ke jeriken untuk selanjutnya dijual. "Akibat perbuatannya, dia (AR, Red.) diancam Pasal 55 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara atau denda maksimal Rp 60 miliar," jelas Feby. Perwira berpangkat melati satu ini menambahkan, penimbun solar kelas amatir ini disinyalir banyak beraktivitas di kawasan lain, begitu pula dengan jumlah besar. Modus dilakukan rata-rata membeli solar harga subsidi di SPBU, kemudian dijual ke industri dengan harga keekonomian. Selain beraksi di darat, para pelaku illegal oil juga kerap beraksi di perairan. "Mereka mengumpulkan atau membeli solar dari kapal-kapal, setelah terkumpul banyak, barulah dijual lagi. Padahal mereka tidak mengantongi izin perniagaan minyak serta penjualan BBM," tutupnya | ||||||||||
Lowongan Pelaut Terbaru ABK Oiler Gaji Tinggi Posted: 27 Jan 2013 08:27 PM PST Lowongan ABK Oiler Gaji Tinggi Lowongan kerja ABK Oiler/ABK Longline Cargo, Tugboat, Tengker, Trawl. Spanyol, Taiwan, Brunei, Singapura, Malaysia dan lokal (Indonesia). Hubungi: 0856-1024-161, 021-9932-7414, 0877-7552-5465 (telpon) atau kirim CV ke jangkarkita@gmail.com (email resmi). PT JANGKAR KHATULISTIWA. Informasi Lowongan Pelaut ini Dikirim Oleh: Nama : Rizky Email: jangkarkita@gmail.com Alamat: Kalibata, Jaksel No Telp/Hp: 0877-7552-5465 Website: jangkarkhatulistiwa.wordpress.com | ||||||||||
IPO, Trans Power Marine Incar Dana Rp98,75 Miliar Posted: 27 Jan 2013 08:25 PM PST IPO, Trans Power Marine Incar Dana Rp98,75 Miliar Jakarta - PT Trans Power Marine Tbk (TPM) mengincar dana hasil penawaran umum perdana (Initial Pulic Offering/ IPO) saham sebesar Rp86,9-98,75 miliar. Perseroan melepas 395 juta saham atau 15% dari total modal ditempatkan seharga Rp220-250 per saham. Direktur Utama TPM Daniel Wardojo mengungkapkan, seluruh dana hasil IPO akan digunakan perseroan untuk membiayai sebagian pembelian kapal. "Perseroan akan membeli 4-7 set kapal tunda dan tongkang dan atau membeli 1 floating crane," ujar Daniel dalam due dilligence meeting dan public expose di Jakarta, Senin (28/1). Periode penawaran awal perseroan akan dilakukan pada 28-31 Januari 2013. Target pernyataan efektif didapatkan pada 8 Februari 2013, dengan demikan penawaran umum dapat dilakukan pada 12-13 Februari 2013. Saham diharapkan dapat dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 18 Februari 2013. Hingga saat ini, perseroan mengoperasikan 30 set kapal tunda dan tongkang. Sebagian dari armada tersebut dimiliki perseroan sedangkan sisanya disewakan. Sebagian besar armada perseroan digunakan untuk mengangkut batubara, selain itu perseroan juga mengangkut barang curah seperti bijih besi, clinker, dan semen. Hingga kuartal III 2012, perseroan membukukan penapatan US$37 juta, sementara laba periode berjalan mencapai US$6,57 juta. (efi) | ||||||||||
Posted: 27 Jan 2013 08:18 PM PST Rumah Kami di Atas Laut Indonesia adalah negeri kepulauan. Dari ujung paling barat di Aceh hingga ujung paling timur di Papua, berjajar ribuan pulau, besar maupun kecil. Sudah sejak ribuan tahun silam, bangsa ini dikenal memiliki pelaut-pelaut yang tangguh. Mereka hidup di tengah laut, hidup bersama laut dan hidup dari laut. Pulau Wawonii adalah satu dari ribuan pulau di Indonesia dan satu dari puluhan pulau yang terdapat di jazirah Sulawesi Tenggara. Jika anda bertanya tentang Pulau Wawonii kepada penduduk Sulawesi Tenggara, seringkali cerita yang anda dapat adalah tentang cerita mistis betapa penduduk asli Suku Wawonii memiliki reputasi magis dibandingkan suku-suku lain yang ada di provnsi ini. Namun, bayangan mistis seketika hilang saat saya datang berkunjung ke pulau ini. Warga Wawonii ternyata ramah dan cukup terbuka dengan para pendatang. Pulau ini terdiri dari tujuh kecamatan dan karena perkembangan infrastruktur, terutama jalan darat belum maksimal, maka transportasi antar kecamatan bahkan antar desa lebih mudah ditempuh melalui jalur laut. Dari tujuh kecamatan yang ada, Kecamatan Wawonii Barat boleh dibilang adalah daerah paling maju. Perkantoran serta pelabuhan besar menuju Kendari berpusat di Wawonii Barat. Demikian juga sekolah, di sini sudah terbangun seluruh jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Tak hanya suku asli Wawonii, di pulau ini terdapat pula berbagai suku bangsa lain antara lain Bugis, Tolaki, Muna, Buton dan Bajo. Namun, keragaman suku tidak menjadi masalah di pulau ini, justru mereka yang telah lama bermukim secara turun temurun, tidak sungkan lagi menyebut bahwa mereka adalah warga Wawonii. Seperti halnya pemukiman penduduk di pesisir atau pulau-pulau kecil yang tersebar di Sulawesi Tenggara, di Wawonii juga mudah dijumpai pemukiman-pemukiman yang berdiri di atas laut. Rumah-rumah kayu itu dibangun dengan kaki-kaki kayu yang menancap di tempat yang tidak jarang digenangi air laut. Jika air laut surut, maka tampaklah lumpur atau pasir tempat kaki-kaki rumah mereka menginjak. Desa Langara Bajo termasuk dalam wilayah Kecamatan Wawonii Barat dan mayoritas penduduknya adalah Suku Bajo yang dikenal sebagai pelaut yang tangguh. Mereka konon bisa melaut hingga mendekati perairan Australia, dan suku bangsa mereka telah hidup tersebar di lautan Nusantara. Wilayah desa Langara Bajo ini terdiri dari pemukiman di atas laut, termasuk juga kantor pemerintahan desa. Jika di perkotaan biasanya sepeda motor atau mobil terparkir di depan rumah, maka di Langara Bajo tak jarang dijumpai perahu kayu yang parkir di depan rumah mereka. Bermalam di salah satu rumah penduduk di sana, telah membuat saya merasakan sebuah sisi kehidupan yang berbeda. Keramahan tuan rumah adalah sebuah sisi positif, demikian pula suasana desa yang berada di atas air laut. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan, sekaligus titik renungan bagi diri untuk senantiasa bersyukur kepada Sang Pencipta. Rumah nyaman bagi kebanyakan orang adalah impian di mana keindahan interior serta halaman luas nan asri yang sejuk dengan pepohonan yang menghiasi. Namun, bagi sebagian penduduk negeri ini, rumah nyaman adalah kehidupan di tengah lautan bersama keluarga dan kerabat. Maka dengan itu mereka merasakan hidup. | ||||||||||
KM Tidar Rute Dobo-Ambon Dikabarkan Alami Kecelakaan Posted: 27 Jan 2013 08:16 PM PST KM Tidar Rute Dobo-Ambon Dikabarkan Alami Kecelakaan Metrotvnews.com, Ambon: Administrator Pelabuhan (Adpel) Ambon Ali Ibrahim belum bisa memastikan kebenaran "Saya mendengar informasi tersebut, makanya sedang berkoordinasi dengan Syahbandar Ambon untuk mengecek kebenarannya, katanya, ketika dikonfirmasi Senin siang. Menurut Ali, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku. Dihubungi terpisah, Sekretaris BPBD Maluku Kifly Wakanno mengatakan telah menghubungi Camat Banda serta Pelni setempat. "Saya telah menghubungi camat Banda dan memintanya mengecek kebenaran di Pelni setempat," ujar Kifly Wakanno. KMTidar berlayar dari Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru, Sabtu (26/1) dan dijadwalkan tiba di pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Senin siang. Namun, dalam perjalanannya, KM Tidar sempat menyinggahi Pelabuhan Tual-Banda. (Ant/OL-8) | ||||||||||
Lowongan Kerja Pelaut Terbaru 28 Januari 2013 Untuk 2E for General Cargo Posted: 27 Jan 2013 07:10 PM PST Lowongan Kerja Pelaut Terbaru 28 Januari 2013 Untuk 2E for General Cargo We need urgently this following position : Rank : 2E (ATT2) Salary : USD 2800/month Contract : 6 months Vessel : General Cargo GRT : 4500 Flag : Panama Trading : Asia (Japan, China, Myanmar, Vietnam, Malaysia) Joining port : China immediately If you're interested with the job offer, please send your resume to ciptacrew@ciptakaryain.com Maria E. P. PT. CIPTAKARYA INTISEMESTA Jl. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62 Pasar Minggu, Jakarta Selatan Telp : 62 21 7800261 Fax : 62 21 7813972 www.ciptakaryain.com Lowongan Kerja Pelaut Terbaru 28 Januari 2013 Untuk 2E for General Cargo __,_._,___ | ||||||||||
Akhirnya Penyebab Tenggelamnya Kapal Titanic Terungkap Posted: 27 Jan 2013 07:08 PM PST Akhirnya Penyebab Tenggelamnya Kapal Titanic Terungkap Tenggelamnya kapal penumpang terbesar pertama di dunia Titanic menyimpan banyak misteri dan versi, terutama tentang bagaimana mungkin kapal yang didaulat tidak bisa tenggelam itu akhirnya terpuruk di dasar laut. Seorang wanita di Inggris mengungkapkan sebuah kisah di balik tenggelamnya kapal Titanic yang akan meruntuhkan semua versi yang ada. Louise Patten, seorang pengusaha wanita sukses yang juga merupakan direktur perusahaan FTSE 100, mengatakan bahwa neneknya telah mengungkapkan sebuah rahasia ketika Patten berusia 16 tahun. Patten dilarang untuk membocorkannya karena akan menyebabkan dua hal. Yang pertama, rahasia ini akan menghancurkan nama baik almarhum kakeknya, Charles Lightoller, seorang penerima penghargaan pada Perang Dunia I yang juga merupakan pahlawan karena ambil bagian dalam operasi evakuasi Dunkirk pada 1940. Kedua, rahasia ini akan mengubah sejarah serta membalikkan versi resmi dari tenggelamnya Titanic pada April 1912 yang menewaskan 1517 orang. Akhirnya, pada usianya yang ke-56 tahun, dia membeberkan rahasia tersebut karena dinilainya merupakan waktu yang tepat. Lagipula, menurutnya, semua yang terlibat dalam peristiwa Titanic telah meninggal. Patten tidak ingin rahasia ini ikut hilang ketika dia meninggal nanti. Rahasianya ini juga dibaginya dalam novel terbarunya yang berjudul "Good as Gold". "Kakekku adalah seorang petugas nomor dua di Titanic. Dia sedang berada di kabin ketika kapal itu menabrak gunung es. Dia menolak untuk ikut dalam sekoci penyelamat, karena keberuntunganlah dia akhirnya dapat hidup," ujar Patten memulai ceritanya saat diwawancara oleh The Telegraph, Kamis 23 September 2010. Patten mengatakan bahwa kakeknya meloncat ke air yang dingin saat Titanic tenggelam di perairan Grand Banks dekat pulau Newfoundland di Kanada. Kakeknya ikut terhisap air saat kapal tersebut terhisap ke dasar laut, kemudian terjadi ledakan pada kapal yang mendorong kakeknya ke permukaan. Beruntung, kapal penyelamat sedang berada di lokasi tersebut dan dia berhasil diselamatkan. Ketika ditanya oleh Dewan Perdagangan Inggris dan Senat AS apakah dia melakukan percakapan setelah tabrakan dengan Kapten atau petugas pertama, William Murdoch, yang saat itu sedang bertugas, kakeknya menjawab tidak. Patten mengatakan bahwa kakeknya berbohong. "Setelah tabrakan terjadi, kakekku turun ke bawah dengan Kapten dan Murdoch ke kabin Murdoch untuk mengambil senapan jikalau terjadi kerusuhan ketika menurunkan sekoci. Kakek menceritakan bahwa bukannya mengendalikan Titanic memutari gunung es ke sebelah kiri, pengendali kapal, Robert Hitchins, panik dan memutarnya ke arah yang berlawanan," ujar Patten. Mungkin ini terdengar sebagai kesalahan yang tidak patut bagi pengemudi kapal sekelas Titanic, namun Patten menjelaskan semuanya. Dia mengatakan bahwa kapal uap Titanic masih menggunakan kemudi seperti kapal layar, yang disebut sebagai Tiller Orders. Pada kemudi seperti ini, jika ingin berbelok ke kanan, maka yang ditekan adalah yang ke arah kiri, begitu juga sebaliknya. Sedangkan kapal uap umumnya menggunakan Rudder Orders, yaitu kemudi yang berbelok persis seperti yang diinginkan. "Murdoch memberikan perintah Tiller Orders kepada Hitchins. Dalam keadaan panik, Hitchins memutarnya menggunakan Rudder Order persis seperti pada latihan. Mereka hanya punya empat menit untuk mengubahnya, ketika Murdoch mendapati kesalahan Hitchins dan mencoba memperbaikinya, semuanya sudah terlambat," jelas Patten. Kemudian Patten menceritakan lagi rahasia yang lebih mencengangkan. Patten mengatakan bahwa Hitchin lah yang membuat kesalahan, namun yang membuat keputusan menenggelamkan kapal titanic yang menewaskan ribuan orang adalah pemilik Titanic sendiri, Bruce Ismay, pemimpin White Star Line. "Titanic menabrak gunung es pada titik vitalnya, namun menurut perkiraan kakekku, Titanic dapat mengapung dalam waktu yang lama. Tapi Ismay keluar dan tidak ingin investasi besarnya berada diam di tengah laut Atlantic dan tenggelam perlahan, atau diderek ke pelabuhan terdekat. Itu bukanlah publisitas yang bagus! Dia menyerukan Kapten untuk berjalan dengan pelan. Titanic dibuat tidak untuk tenggelam," kisah Patten. Patten mengatakan bahwa Titanic bisa saja selamat dan tidak akan ada orang yang tewas jika kapal itu diam saja dan menunggu bantuan datang. Namun dengan berjalan perlahan, tekanan air laut memasuki lambung yang robek dan memenuhi setiap lantai satu persatu, itulah yang menyebabkannya tenggelam. Ditanya mengapa kakeknya berbohong selama ini, Patten mengatakan bahwa kakeknya terpaksa berbohong untuk melindungi orang banyak. "Ketika dia berada di sekoci, Bruce Ismay mengatakan kepada kakekku bahwa jika membocorkan hal ini, maka White Star Line akan dinyatakan lalai dan tidak layak menerima asuransi. Ismay mengatakan bahwa perusahaannya akan bangkrut dan semua orang akan kehilangan pekerjaannya. Ini adalah kode kehormatan diantara orang-orang seperti kakek saya pada waktu itu. Jadi dia berbohong untuk melindungi pekerjaan orang lain," jelasnya. Neneknya, jelas Patten, juga menutupinya selama ini untuk melindungi kakeknya. Neneknya takut citra kakeknya sebagai seorang pahlawan hancur karena disebut pembohong. Sementara Ibu Patten, yang juga tahu rahasia ini, mengaku tidak nyaman jika Patten mengetahui hal ini. Ini Foto Terbaru Bangkai Kapal Titanic Meski ratusan tahun tenggelam, Kapal Titanic masih tetap memesona. Kepopuleran Titanic juga dibangkitkan oleh film Hollywood, 'Titanic' besutan sutradara, James Cameron -yang bercerita tentang romantika di kapal pesiar paling mewah di zamannya itu. Saat ini, sekelompok ilmuwan sedang melakukan ekspedisi ke bangkai kapal ini di dasar Laut Atlantik Utara. Mereka akan membuat peta tiga dimensi, yang akan "membangkitkan kembali" Titanic. Seperti dimuat situs Daily Mail, Senin 30 Agustus 2010, tim ilmuwan mengeluarkan foto-foto terbaru bangkai Titanic. Tim menggunakan sepasang robot untuk mengambil ribuan foto dan video bangkai kapal yang terbaring di dasar laut sedalam 4 kilometer. Foto-foto beresolusi tinggi itu termasuk haluan kapal, pagar kapal, dan jangkar. Ekspedisi ini meninggalkan Newfoundland awal bulan menuju ke lokasi tenggelamnya Titanic -- yang menabrak gunung es pada 1912 dan tenggelam. Saat itu, lebih dari 1.500 penumpang dan awak tewas, tragisnya, pada pelayaran perdana kapal itu. Para ilmuwan menggunakan teknologi pencitraan dan perangkat sonar yang tidak pernah digunakan sebelumnya untuk memindai bangkai Titanic. Ekspedisi ini merupakan kerjasama dari antara RMS Titanic Inc -- yang memiliki hak eksklusif untuk menyelamatkan bangkai kapal -- dan Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts. Salah satu anggota tim ekspedisi Titanic dalam sebuah pernyataan mengatakan, saat ini mereka terpaksa kembali ke Newfoundland karena angin laut kencang akibat angin topan Danielle. Ekspedisi tidak akan mengumpulkan artefak tetapi dijadwalkan untuk menyelidiki dua sampai lima kilometer puing-puing di mana ratusan ribu artefak tergeletak di sana. Sejak ahli kelautan Robert Ballard dan tim internasional menemukan Titanic pada tahun 1985, banyak ekspedisi dilakukan, ada yang bertujuan mengambil foto bangkai atau mengumpulkan ribuan artefak -- seperti porselen halus, sepatu dan perlengkapan kapal. Sutradara "Titanic", James Cameron juga memimpin tim ke bangkai kapal -- merekam haluan dan buritan, yang patah selama proses tenggelamnya Titanic. Tim Ilmuwan Coba "Bangkitkan" Kapal Titanic Sekelompok ilmuwan akan melakukan ekspedisi ke bangkai kapal "Titanic" di dasar laut Atlantik Utara Agustus mendatang. Misi mereka adalah mempelajari kondisi terkini bangkai kapal, yang kisah tragisnya menjadi bahan salah satu film terlaris di dunia. Tim ilmuwan mancanegara itu juga akan membuat peta tiga dimensi, yang akan "membangkitkan kembali" Titanic agar bisa disaksikan publik. Misi ke lokasi 2,5 mil di bawah Laut Atlantik Utara itu disebut sebagai yang paling mutakhir dari semua ekspedisi ke bangkai Titanic sejak kapal tersebut ditemukan 25 tahun lalu. Tim ekspedisi akan meninggalkan St. John's, Newfoundland, Kanada pada 18 Agustus mendatang. Misi akan berlangsung selama 20 hari dengan kerja sama RMS Titanic Inc., yang memegang hak evakuasi benda-benda di kapal Titanic, serta Woods Hole Oceanographic Institution di Massachusetts. Eksedisi tidak akan mengumpulkan artefak-artefak, tetapi akan menyelidiki lokasi pada 2 hingga 3 mil dari bangkai kapal di mana ratusan ribu artefak masih terpencar. Beberapa pengunjung rutin lokasi bangkai Titanic akan menjadi bagian dari tim ekspedisi bersama sejumlah ilmuwan bawah laut dan organisasi seperti National Oceanic dan Atmospheric Administration. Pelaksana kegiatan mengatakan, data dan gambar ilmiah baru nantinya akan bisa diakses oleh publik. "Untuk kali pertama, kami akan benar-benar memperlakukan lokasi bangkai kapal itu dengan dua pikiran di otak," kata David Gallo, pemimpin ekspedisi dan ilmuwan Woods Hole, pada Associated Press, Senin lalu. "Pertama, untuk melindungi warisan dengan memperkaya kisah tentang Titanic. Kedua, untuk benar-benar memahami kondisi kapal," terang Gallo. Kapal Titanic menabrak bongkahan es di tengah laut dan tenggelam pada 15 April 1912. Kecelakaan itu menewaskan 1.552 penumpang. | ||||||||||
Kapal Induk Pertama China Mv. Liaoning Posted: 27 Jan 2013 07:02 PM PST China telah resmi menggunakan kapal induk dalam Angkatan Lautnya. Untuk beberapa waktu kedepan, kapal induk yang diberi nama Liaoning ini masih "coba-coba". Artinya belum siap di integrasikan dengan pesawat tempur apalagi untuk pertempuran yang sesungguhnya. Namun beberapa waktu lalu pesawat tempur J-15 China telah berhasil landing dan take-off di kapal induk induk ini. Kapal induk ini merupakan eks Uni Soviet yang dibeli China dalam keadaan kosong dari Ukraina dengan harga 20 juta dolar pada tahun 1998. Saat dijual, semua perlengkapan dan sistem telah dilucuti kemudian dirombak oleh Soviet Vessel pada tahun 2002. Nama kapal induk ini sebelumnya adalah "Admiral Kuznetsov" dari kelas Varyag yang memiliki panjang 100 kaki dan mampu membawa 26 pesawat dan 24 helikopter. | ||||||||||
Nelayan Langkat Serbu Mapolres Posted: 27 Jan 2013 06:54 PM PST Nelayan Langkat Serbu Mapolres NELAYAN Langkat mengamuk. Entah apa dan siapa pemicunya, tiba-tiba nelayan yang duduk tenteram di halaman Mapolres seperti 'membabibuta'. Polisi yang bertugas di depan pintu gerbang Mapolres Langkat secara tiba-tiba diserbu sekitar seribu pengunjuk rasa berasal dari nelayan dan keluarga mereka yang ditahan. Massa melempari batu dan kayu ke arah petugas. Akibatnya, lima petugas luka-luka akibat lemparan batu. Bahkan tangan seorang anggota Brimob luka terkena sabetan pisau.Korban dibawa ke rumah sakit untuk dirawat intensif. Peristiwa ini sebenarnya tak perlu terjadi, jika pihak aparat di sana lebih tanggap menyikapi tuntutan para nelayan. Nelayan, tidak hanya di Langkat, di mana pun berada, rindu akan kedamaian. Namun para nelayan akan semakin beringas, jika aspirasi mereka terkesan telah 'dipermainkan'. Kesabaran ada batasnya. Jika kesabaran sudah hilang, maka yang terjadi anarkis. Mereka (nelayan) tak lagi memikirkan buruk baiknya. Itulah yang terjadi di Langkat, Selasa sore pekan lalu. Kemarahan nelayan Langkat itu dipicu alotnya dialog 10 perwakilan mereka dengan Wakapolres Langkat yang menuntut pembebasan 23 warga yang ditahan sehari sebelumnya terkait pembakaran dua kapal Pukat Gerandong di Perairan Kwala Gebang. Peristiwa pembakaran itu sendiri dipicu ketidak tanggapnya aparat atas tuntutan para nelayan. Berulangkali nelayan di perairan Kwala Gebang melaporkan kepada pihak terkait tentang semakin ganasnya pukat Gerandong beroperasi di perairan zona tangkapan nelayan tradisonal. Tapi, tuntutan para nelayan tidak ditanggapi, sampai terjadi pembakaran. Akibat pembakaran dua kapal Pukat Gerandong, 23 nelayan di Kwala Gebang ditangkap. Penangkapan ini juga dinilai oleh nelayan sebagai tidak adil. "Kenapa hanya nelayan yang ditangkap. Pengusaha yang jelas-jelas bersalah dibiarkan bebas?," begitu protes warga nelayan. Pasca pembakaran sebelumnya, ada dua kapal nelayan ditabrak pukat. "Kami minta pengusahanya menanggulangi. Mungkin, kalau kemarin Pol Airud tidak lalai atau mau saja tanggap dengan informasi diberikan warga peristiwa ini tidak perlu terjadi," urai warga di antaranya Buhari, Ramli dan Nazaruddin Boy seraya menegaskan pertemuan serupa membahas pukat tidak hanya sekali dilakukan. Sementara Kadiskanla Pemkab Langkat Ali Mukti Siregar mengakui, permasalahan sama sudah dibahas sejak medio April 2011 lalu. Melalui beberapa pertemuan akhirnya dari pertemuan 17 Oktober 2012 disepakati pukat ditarik, dua kapal dilarang dan diteruskan kepada pengusaha. Sebenarnya, antara nelayan dan pengusaha di Kwala Gabang sudah lama bertikai. Nelayan di sana merasa dirugikan atas beroperasinya pukat Gerondong yang memangsa ikan-ikan di wilayah tangkapan nelayan tradisional. Nelayan tradisional yang sudah lama 'tertindas', kehidupannya makin memprihatinkan. Menyikapi kehidupan nelayan Kwala Gebang, Sugiono anggota DPRD Langkat didampingi beberapa sejawatnya dari Komisi I (Bidang Hukum), Komisi II (Bidang Kesra) dan Komisi IV (Bidang Lingkungan dan Pembangunan) berpendapat kedua pihak (nelayan dan pengusaha-red) sama-sama salah. Namun, menurutnya, dari keadaan itu idealnya bukan hanya warga pembuat onar diamankan, pengusaha melanggar aturan juga harus ditindak. Dinas terkait semestinya berperan aktif apalagi ketentuannya sudah diatur sesuai Kepmen disertai Permen bahkan surat edaran bupati. "Dengan sangat kami mohon dan harap polisi memaklumi dan membebaskan warga, ini sudah berulangkali namun kenapa dinas tidak mengawal ketentuan itu sekaligus menggandeng aparatur terkait dalam permasalahan ini, misalnya patroli bersama kan anggarannya dapat diajukan," sesal Sugiono sekaligus mempertanyakan pengusaha yang belum hadir. Ketika pertemuan memasuki jeda, sembari menunggu kehadiran pengusaha disebut-sebut, H Syailendra, perwakilan nelayan memohon dapat bertemu dengan 23 nelayan diamankan. Lagi-lagi permintaan disanggupi Wakapolers, entah siapa yang memulai tiba-tiba saja ribuan warga di antaranya perempuan dan anak-anak histeris, karena terjadi lemparan ke polisi yang berjaga dilengkapi tameng hingga terjadi bentrok. Inilah pemicu bentrokan sore itu, sehingga sedikitnya 55 nelalyan Kwala Gebang yang diduga sebagai pelaku pengrusakan ditangkap. Upaya membebaskan 23 orang nelayan yang ditangkap sebelumnya menjadi buyar. Bukannya pembebasan yang diterima, malah yang ditangkap bertambah menjadi 78 orang. Malang nian nasib nelayan tradisional ini. (TIM) Pertemuan Lintas Instansi ENTAH dari mana asalnya, tiba-tiba petugas Kepolisian yang berjaga di pintu Mapolres kena lemparan. Melihat kejadian ini warga histeris dan panik. Lemparan berlanjut, dan akhirnya ada anggota Kepolisian yang kena sabetan senjata tajam. Untuk meredam situasi yang tak menentu, petugas terpaksa melepaskan tembakan ke udara untuk membubarkan massa. Namun massa yang jumlahnya seribuan semakin beringas dengan kembali menyerang polisi dengan batu dan kayu. Ratusan petugas gabungan dari Polres Langkat, Polres Binjai dan Brimob berhasil menangkap 55 pengunjuk rasa. Sebenarnya, sebelum kejadian, perwakilan nelayan, polisi, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) serta anggota DPRD Kabupaten Langkat mengadakan pertemuan di aula Mapolres Langkat. Pertemuan lintas instansi itu guna membahas pemicu pembakaran dua pukat gerandong dan diamankannya 23 nelayan oleh polisi. Penyampaian aspirasi perwakilan nelayan ditujukkan kepada Diskanla Pemkab Langkat serta Sat Pol Airud Polres Langkat, coba disikapi Waka Polres Langkat Kompol Drs Syafwan Khayat SH MHum berjalan lancar. Wakapolres selaku pimpinan rapat mewakili Kapolres Langkat AKBP L Eric Bhismo yang berada di Kwala Gebang sebagai lokasi pembakaran pukat, dengan santun dan tegas mempersilakan perwakilan nelayan berkeluh kesah sampai terjadi pembakaran. Pertemuan diwarnai pengusiran terhadap dua pengurus Kesatuan Nelayan Tradisionil Indonesia (KNTI) oleh perwakilan nelayan, sekaligus mengancam mundur dari rapat jika keduanya tidak dikeluarkan. Alasan pengusiran, perwakilan warga menilai, lembaga dimaksud tidak ada memberikan kontribusi apapun kepada mereka. "Mohon dengan sangat, agar pihak yang tidak diinginkan segera meninggalkan aula," tegas Wakapolres yang diduga sebelumnya juga sudah menerima masukan dari Kepala Satuan (Kasat) Intelkam Polres Langkat AKP Hasril. Setelah kedua pengurus KNTI keluar, kemudian rapat dimulai lagi. Saat itu beberapa perwakilan di antaranya Buhari, M Jari, Rusdi, Aswin dan Yusni Farida (mewakili istri 23 nelayan yang diamankan) memohon Polres Langkat membebaskan rekan-rekan mereka yang saat itu diamankan di Mapolres Langkat. Tak hanya itu, permintaan lainnya meminta pengusaha pukat menanggulangi semua kerusakan, disebabkan peristiwa terjadi sebelumnya. Poin penting harus disikapi polisi ataupun Diskanla, yakni memberangus pukat gerandong. Masih dalam pertemuan, perwakilan nelayan juga sayangkan Sat Pol Airud Polres Langkat karena disinyalir tidak mengindahkan laporan warga maupun organisasi yang dipercayakan perpanjangan tangan Pol Airud mengenai riak beroperasinya pukat. Pada saat itu, Kompol Revol dari DitPol Airud Polda Sumut menegaskan, semua masukan warga nelayan terkait kelalaian Pol Airud Polres Langkat akan disikapi tegas kemungkinan sanksi pencopotan jabatan. "Semua masukan tertuang dalam pertemuan akan disikapi, pimpinan meresponnya dan mungkin sanksi tegas diberikan. Kurangnya sosialisasi sepertinya bagian permasalahan. Biasanya alasan diperoleh dari pemberi izin kalau nelayan mengajukan satu izin per satu kapal tapi seharusnya dilakukan cek fisik," beber Revol disambut aplaus warga nelayan. Serangan BatuWakapolres Langkat Kompol Drs Safwan Khayat SH MHum seusai bentrok menjelaskan, pihaknya yang berjaga lengkap dengan tameng di pintu masuk Mapolres terlebih dahulu menerima serangan lemparan batu warga yang berkonsentrasi di luar. Akibatnya, kata Wakapolres, petugas merasa terdesak melepaskan tembakan peringatan untuk menghalau massa yang seakan tidak terkendali lagi. Dia heran, suasana yang begitu kondusif sebelumnya berubah menjadi liar dan beringas serta terjadi ketika pihaknya bersama perwakilan nelayan akan melihat 23 warga yang diamankan. Wakapolres menambahkan, kasus pembakaran masih dalam penyelidikan, sedang dari 23 yang diamankan masih diperiksa dan dimintai keterangan serta belum ditahan. Dijelaskan, semula para perwakilan nelayan dengan para pengusaha sudah ada kata sepakat untuk menyelesaikan kasus ini. Tiba-tiba para pengunjuk rasa secara spontan menyerang Polres Langkat tanpa diketahui masalah sebenarnya. Sedangkan masalah itu sudah dibahas di aula Mapolres Langkat dengan perwakilan nelayan, polisi, Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla), anggota DPRD Kabupaten Langkat serta camat. Namun, petugas berhasil mencegah dan pihaknya masih terus melakukan proses pemeriksaan terhadap 55 warga yang diamankan pasca-bentrok diduga bermaksud mencari provokator. (TIM) Empat Pukat Gerandong Dibakar INILAH awal dari peristiwa penyerangan Mapolres Langkat. Pada mulanya, empat pukat gerandong dibakar, tiga disita, dua perahu nelayan tradisional tenggelam ketika terjadi keributan antara massa nelayan tradisional dan pihak pukat gerandong di perairan Kwala Gebang, Kabupaten Langkat, Senin (21/1) pagi. Aksi tersebut membuat perairan Langkat mencekam. Menurut Presedium Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Regionan Sumatera Tajruddin Hasibuan, dua perahu motor nelayan tenggelam dan belum ditemukan akibat ditabrak pukat gerandong. Menurut Hasibuan, pembakaran empat pukat gerandong dipicu kekesalan nelayan tradisional kepada pihak berwenang karena belum ada upaya maksimal menertibkan pukat gerandong yang masih bebas beroperasi di wilayah tangkap nelayan tradisional. Padahal, ujar Hasibuan, Keppres No. 39/1980 tentang jaring pukat trawl dan Permen No. 2/Men/2011 tentang jalur penangkapan ikan, sudah jelas diatur tentang larangan berikut sanksinya. ''Nelayan menilai, bebasnya beroperasi kapal grandong akibat lemahnya kontrol dari aparat berwenang,'' kata Hasibuan dan mendesak pihak berwenang segera membebaskan para nelayan yang ditangkap. ''Pol Air harus fair dalam melihat kasusnya, jangan dilihat dari akibat tetapi dari sebabnya juga harus diusut,'' tegasnya. Sementara, Kasat Pol Air Resort Langkat, AKP Suwito Widodo, mengatakan, berkaitan dengan insiden ini, pihaknya mengamankan dua puluh orang diduga terlibat dalam pembakaran pukat. Namun, Widodo, belum mau mempublikasikan identitas warga nelayan yang diamankan. ''Kami masih melakukan pendataan,'' kilahnya. Secara terpisah, kandidat Gubsu Dr H. Chairuman Harahap SH MH menyayangkan terjadinya peristiwa ini. Menurut mantan Kejatisu ini, semestinya jenis pukat gerandong jangan lagi beroperasi di kawasan tempat nelayan kecil biasa mencari ikan untuk menafkahi keluarganya. "Mestinya para melayan modal besar jangan lagi memasuki daerah tangkapan nelayan tradisional yang bermodal kecil," tegas anggota DPR RI ini. Dia mengimbau para pengusaha pemilik kapal tangkap seperti pukat gerandong untuk mematuhi aturan dan kesepakatan mengenai zona tangkap ikan di laut. "Kasus ini mesti diselesaikan dengan cara yang benar, jangan sampai merugikan nelayan kecil," katanya. Menurut informasi, pukat yang dibakar massa disebut-sebut milik seorang pengusaha, Sinken, warga Perairan Serapuh ABC Kecamatan Tanjungpura. Kapal tersebut dilaporkan tenggelam bersama sejumlah peralatan melaut yang turut menjadi puing. Sedangkan dua perahu nelayan tenggelam akibat ditabrak pukat gerandong. Hingga kini, belum diketahui bagaimana nasib nelayan yang perahunya tenggelam. (TIM) |
You are subscribed to email updates from Berita Kapal & Pelaut To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.
ReplyDeleteSaya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark
Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati
Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.
ReplyDeleteSaya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark
Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati