Thursday, February 7, 2013

Berita Kapal

Berita Kapal


Bila Pelaut Punya Penyakit `Luspiri`

Posted: 07 Feb 2013 05:46 AM PST

Bila Pelaut Punya Penyakit `Luspiri`

nah-sub

PENYAKIT kaum lelaki memang semakin macam-macam . Seperti Robert, 40, dari Ambon ini contohnya. Gara-gara punya penyakit "Luspiri", dia dilaporkan istri ke polisi. Apa sih "Luspiri" itu? Ternyata itu kepanjangan: asal mulus diampiri. Bagaimana istri tidak kesel, janjian mau ketemu malah slewengan kencan dengan perempuan yang baru dikenalnya.

Penyakit Luspiri memang masih bagian dari induk penyakit lelaki yang bernama "mata keranjang". Setiap ketemu perempuan cantik, ukuran celananya langsung berubah. Pikirannya kemudian menjadi ngeres, persis ayam jago ketemu babon. Cuma karena manusia punya etika dan budaya, dia tak sampai mengejar-ngejar dan naik ke tembok segala. Cukup lewat lobi-lobi sedikit, kirim SMS. Bila sudah nyambung, dilanjutkan dengan pembangunan koalisi yang dilanjutkan dengan "eksekusi".

Robert warga Urimesing, Kecamatan Sirimau Ambon, rupanya termasuk lelaki yang punya penyakit Luspiri itu tadi. Tongkrongan dia memang cakep, mudah bikin kaum hawa terkiwir-kiwir. Dan rupanya dia menyadari sekali akan nilai tambahnya, dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Semua cewek cantik yang dikenalnya, pasti kemudian bertekuk lutut dan berbuka paha. Tinggal istrinya, Ivone, 36, menderita lahir batin. Badan kurus, kulit tambah hitam. Ewa segitu Robert tak juga kapok, dia terus mengumbar syahwat lewat program Luspiri.

Seperti yang terjadi beberapa hari lalu, Robert janjian dengan istrinya untuk pergi ke suatu tempat. Lantaran sedang tidak berada di lokasi yang sama, keduanya sepakatan mau ketemu di restoran cepat sajai daerah Urimesing. Dari tempat inilah kemudian direncakan pergi berdua dengan kendaraan mobil. "Papa saya tunggu di sini ya." Begitu kata Ny. Ivone.

Tapi itulah Robert. Baru mau berangkat menemui istrinya, eh kok mendadak ketemu cewek mulus yang begitu sekel nan cemekel. Dilihat dari sorot mata, gerakan tubuhnya, diyakini bahwa perempuan itu bisa dimainkan. Maka sesuai dengan keahliannya, cewek tersebut didekati dan diampiri. Benar dugaan Robert, sebentar saja sudah nampak begitu akrab. Dan ketika diajak pergi ke sebuah penginepan, dia tidak menolak.

Enak di Robert, kesel bagi Ivone. Ditunggu sampai satu jam lebih kok tidak datang juga. Apakah terjebak macet? Ambon bukan Jakarta, Bung! Ivone kemudian ingat akan penyakit kronis suaminya. Makin yakin ketika HP suaminya dikontak malah tidak aktif. "Oh mungkin sedang dicas, mungkin juga sedang "ngecas" perempuan lain," kata batin Ivone mulai bersungut-sungut, meski sesungguhnya dia tak punya sungut.
Dengan mencarter ojek dia mencoba mencari jejask suaminya.

Sesuai dengan kelakuan suami, yang disisir Ivone tentu saja hotel. Rupanya benar juga, di sebuah hotel kelas melati tampaklah mobil suaminya diparkir. Ini dia! Dia segera mendatangi bagian resepsionis dan minta ditunjukkan di mana Robert menginap. Saat digedor-gedor kamar yang dipakai Robert, ternyata di dalam ada perempuan asing yang selama ini tak dikenal oleh Ivone. Langsung saja pintu dibanting, dan dia buru-buru menuju kantor polisi. Kepada polisi di Mapolres  Pulau Ambon dia minta agar Robert dan gendakannya ditangkap, karena dia telah berbuat selingkuh.
Buruan, keburu selesai dan kehilangan barang bukti.

Kapal Mati Mesin, Penumpang Panik

Posted: 07 Feb 2013 05:44 AM PST

Kapal Mati Mesin, Penumpang Panik
kmp 

MERAK (Pos Kota) – Kapal Motor Penumpang (KMP) Bahuga Pratama yang biasa beroperasi melayani penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheuni, Lampung mengalami mati mesin atau blackout di sekitar 5 mil dari dermaga Pelabuhan Merak, Kamis (7/2) dinihari.
Beruntung akibat insiden tersebut, ratusan penumpang berhasil dievakuasi meski sempat terapung sekitar dua jam lamanya.

Diperoleh keterangan, sebelum black out KMP Bahuga Pratama diketahui berangkat dari Dermaga I Pelabuhan Merak, sekitar pukul 22:30 WIB. Lima mil di sekitar Pulau Tempurung, kapal milik perusahaan Asosim Lampung Pelayaran (ALP) ini tiba-tiba mengalami mati mesin. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02:00 WIB. Akibatnya ratusan penumpang yang berada diatas kapal panik.

Melihat kondisi yang kurang menguntungkan, petugas dan awak kapal berusaha menenangkan penumpang agar tidak panik. Sementara nahkoda kapal berusaha berkoordinasi dengan petugas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, agar bisa mengirimkan kapal tagboat guna mengevakuasi kapal kembali ke Pelabuhan Merak.

Berselang kemudian, kapal tugboat datang dan akhirnya berhasil menyeret KMP Bahuga sandar di Pelabuhan Merak. Setiba di Pelabuhan Merak, para penumpang langsung dievakuasi dan dipindahkan ke kapal KMP Titian Murni dan KMP Rosmala untuk melanjutkan perjalanan ke Lampung. Sementara kapal nahas tersebut langsung melakukan perbaikan.
Manager Pelayanan Pelabuhan PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Nana Sutisna membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengaku mendapati informasi kalau KMP Bahuga Pratama mengalami mati mesin, pihaknya langsung memberangkatkan kapal tugboat untuk menjemput kapal syarat penumpang itu.
"Iya benar peristiwa terjadi sekitar pukul 02:00 WIB dini hari tadi. Tidak ada korban maupun luka dalam insiden itu. Untuk keamanan KMP Bahuga tidak kami operasikan sebelum menjalani perbaikan," terangnya. (haryono/d)

sorong rawan terkena malaria pelaut perlu vaksinasi

Posted: 07 Feb 2013 05:42 AM PST

sorong rawan terkena malaria pelaut perlu vaksinasi

Sekedar mmbantu,kebetlan sy orang sorong... Klw vaksin sih sbenarnya SAMA sj dengan daerah lain, hanya klw di sorong rawan terkena malaria.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: crewingaqs@yahoo.com
Sender: pelaut@yahoogroups.com
Date: Thu, 7 Feb 2013 00:58:03
To: <pelaut-owner@yahoogroups.com>; <pelaut@yahoogroups.com>
Reply-To: pelaut@yahoogroups.com
Subject: [pelaut] Sorong Project

Dear all,

Bagi info klo di sorong area perlu vaksin p y u/ crew kpl?

Terima kasih.

Regards,

Crewing Dept.











Jalur Kapal Ditutup, Buruh Pelabuhan Dumai Demo

Posted: 07 Feb 2013 05:41 AM PST

 Jalur Kapal Ditutup, Buruh Pelabuhan Dumai Demo
Metrotvnews.com, Dumai: Ratusan buruh bongkar muat di Pelabuhan Dumai, Riau, Rabu (6/2), berunjuk rasa di halaman Kantor Bea Cukai. Mereka menuntut dibukanya kembali jalur kapal sembako Malaysia-Dumai.

Sejak ditutup dua minggu terakhir, para buruh tidak melakukan aktivitas bongkar muat seperti biasanya. Pasalnya kapal barang yang membawa sembako asal Malaysia, tidak masuk lagi ke Pelabuhan Dumai.

Pengunjuk rasa kesal karena pelarangan tersebut akibat dari ketatnya aturan yang dikeluarkan pihak Bea Cukai.
   
Dalam aksinya, ratusan buruh mendirikan tenda di depan pintu masuk pelabuhan. Mereka juga memblokade seluruh akses masuk menuju Kantor Bea Cukai. Aksi tersebut dijaga ketat polisi dan TNI.

Buruh menuntut Kepala Bea Cukai Dumai membuka kembali jalur kapal sembako dari Malaysia ke Indonesia itu. Para buruh Pendemo juga meminta Kepala Bea Cukai Dumai mundur.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bea Cukai Dumai Dwijo Muryono pun menemui pendemo. Dwijo mengatakan, pihaknya tidak pernah melarang ataupun memperketat peraturan masuknya kapal sembako Malaysia ke Pelabuhan Dumai. Jika memenuhi peraturan, kapal bisa masuk.(Rzy) 

Lowongan Pelaut Terbaru 8 Pebruari 2013 untuk pelaut ARAMCO APPROVED

Posted: 07 Feb 2013 05:30 AM PST

 

Lowongan Pelaut Terbaru 8 Pebruari 2013 untuk pelaut CANDIDATES FOR ARAMCO APPROVED

 Dear Indonesian Seafarers,

We are looking for suitable candidates immediately:-

Master (Aramco Approved)
Vessel: TBN
Job: Towing vessel
Salary: USD 250-300/day (depending on experience)
Contract: 4 months
Area: Saudi
Joining Date: 3rd Week February
Other Requirements: Should have 24months total experience in towing operations as Master working in oilfield

Master (Aramco Approved)
Vessel: TBN
Job: Towing vessel
Salary: USD 250-300/day (depending on experience)
Contract: 4 months
Area: Saudi
Joining Date: Immediate
Other Requirements: Should have 24months total experience in towing operations as Master working in oilfield

Chief Officer (Aramco Approved)
Vessel: TBN
Job: Towing vessel
Salary: USD 150/day
Contract: 4 months
Area: Saudi
Joining Date: Mid of February
Other Requirements: Should have 24months total experience in towing operations as Chief Officer working in oilfield

Chief Officer (Aramco Approved)
Vessel: TBN
Job: Towing vessel
Salary: USD 150/day
Contract: 4 months
Area: Saudi
Joining Date: Immediate
Other Requirements: Should have 24months total experience in towing operations as Chief Officer working in oilfield

Chief Officer (Aramco Approved)
Vessel: TBN
Job: Supply vessel
Salary: USD 150/day
Contract: 4 months
Area: Saudi
Joining Date: Immediate
Other Requirements: Should have 24months total experience in supply operations as Chief Officer working in oilfield

Kindly forward CV's to aldi@putrimandiri.com for approval

Thanks and Best Regards
PUTRI MANDIRI - Batam Office
NURFA BAHTERA MANDIRI - Jogja Office

Lowongan Pelaut Terbaru 8 Pebruari 2013 untuk CO and 2E for General Cargo Ship

Posted: 07 Feb 2013 05:28 AM PST

 

Lowongan Pelaut Terbaru 8 Pebruari 2013 untuk CO and 2E for General Cargo Ship

Dear all,
We are urgently requiring Chief Officers and 2nd Engineers for joining in these following vessels :

Vessel Name : Sunny Pescadores
Flag : Panama
Vessel Type : General Cargo
GT : 7271
DWT : 12535
Built : 2004
Joining date : 3rd March 2013 in Shanghai port
Trading area : China and South East Asia

Vessel Name : Fodas Pescadores
Flag : Panama
GT : 6664
DWT : 11600
Built : 2001
Joining date : middle of March 2013 in Shanghai port
Trading area : China and South East Asia

Each vessel is requiring these crews :
Rank : CO Class II
Salary : USD 3500/month
Contract : 6 months +/- 2 months
Rank : 2E Class 2
Salary : USD 3200/month
Contract : 6 months +/- 2 months

Candidates must be able to speak English, hold valid travel documents and certificates.

If you're interested with the vacancy, please send your CV to :
ciptacrew@ciptakaryain.com
Maria E.P.
PT. CIPTAKARYA INTISEMESTA
Jl. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540
Phone : 62 21 7800261 Fax : 62 21 7813972
www.ciptakaryain.com

PT. Timur Ship Management looking for 2 candidates who has DPO 1 and DPO 2

Posted: 07 Feb 2013 05:20 AM PST

 

PT. Timur Ship Management looking for 2 candidates who has DPO 1 and DPO 2.
Experienced required for both must have at least 2 years experienced on offshore as SDPO and JDPO and with tanker background.
if you are interested kindly send your update cv to Haryugan.silaen@timur.com.sg or directly come to our office to have interview.
For more info, please contact us at : +6221 290 79140 or 082123688361(Hary)

Permata Kuningan Building
16th floor Unit 1601
Jl. Kuningan Mulia Kav 9c
Setia Budi Jakarta Selatan 12980

3RD ENGGINER / OS / OILER

Posted: 07 Feb 2013 12:58 AM PST

3RD ENGGINER / OS / OILER

at JAYA OFFSHORE PTE LTD for Onboard Vessel

employment information for offshore vessels
as the development of our company is one of the shortcomings of our fleet crew therefore we tried to recruit crew through advertising and hope for the crew that has the ability and willingness to work and has particular experience in the types of ships capable AHTS

TITLES THAT WE NEED
3RD ENGGINER
OS
OILER

send your application to
email : crewing@jayaholding.com
email : holding.jaya@yahoo.com.sg
Company Adress
Jaya Offshore Pte Ltd
13 Tuas Crescent
Singapore 638707
Tlp :(65) 62651010
Fax :(65) 68645555

PERSYARATAN TERBARU MEMBUAT KTKLN MULAI 2 FEB 2013 KHUSUS PELAUT

Posted: 07 Feb 2013 12:57 AM PST

PERSYARATAN TERBARU MEMBUAT KTKLN MULAI 2 FEB 2013 KHUSUS PELAUT...
1. PASPORT (BOLEH FOTO COPY)
2. BUKU PELAUT
3. VISA/LG/PERMIT KERJA/AGGREMENT (SALAH SATUNYA)
4. PKL (PERJANJIAN KERJA LAUT)
5. **** MEDICAL CEK-UP LENGKAP***(PERSYARATAN TERBARU)

TEMPAT MENGURUS KTKLN SILAHKAN DATANGI KANTOR BNP3TKI / BNP2TKI DI KOTA ANDA (TIDAK SEMUA PROPINSI ADA) ATAU CEK DISINI KOTA YG TERDAPAT KANTOR BNP3TKI / BNP2TKI :

LOKASI PENERBITAN KTKLN DI
BALAI PELAYAAN PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TKI (BP3TKI) DAN
POS PELAYANAN PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TKI (P4TKI)
1. BP3TKI BANDA ACEH
Jl. Sukarno Hatta No. 117 Banda Aceh
2. BP3TKI MEDAN
Jl. Pendidikan No. 357 Marendal, Medan
3. BP3TKI PEKANBARU
Jl. Tamansari Gg. Tamansari, Tangkerang Selatan
4. BP3TKI TANJUNG PINANG
Jl. DI Panjaitan Km. 9 Ruko II No. 06 Tanjung Pinang
5. BP3TKI PALEMBANG
Jl. Dwikora II No. 1220 Palembang
6. BP3TKI CIRACAS JAKARTA
Jl. Pengantin Ali No. 1 Ciracas Jakarta Timur
7. BP3TKI SERANG
Jl. Ciwaru Raya Komp. Depag No. 2 Serang
8. BP3TKI BANDUNG
Jl. Sukarno Hatta No. 587 Kiara Condong, Bandung
9. BP3TKI SEMARANG
Jl. Kalipepe III/64 Pudak Payung, Semarang
10. BP3TKI YOGYAKARTA
Jl. Sambisari No. 311A Juwangen Purwomartani Sleman
11. UPTD P3TKI SURABAYA
Jl. Jagir Wonokromo No. 358 Surabaya
12. BP3TKI DENPASAR
Jl. Mawar No. 25 Kereneng, Denpasar
13. BP3TKI MATARAM
Jl. Adi Sucipto No. 9 Mataram
14. BP3TKI KUPANG
Jl. Perintis Kemerdekaan I No. 6 Oebufu, Kupang
15. BP3TKI PONTIANAK
Jl. Urai Bawadi No. 82 B, Pontianak
16. BP3TKI NUNUKAN
Jl. Tien Suharto No. 49 Nunukan
17. BP3TKI MAKASSAR
Jl. Pacinang Raya No. 104 Makassar
18. BP3TKI MANADO
Jl. 17 Agustus Manado
19. P4TKI BATAM
Jl. Industrial Park 2000 Batam Centre, batam
20. P4TKI TANJUNG BALAI KARIMUN
Jl. Teluk Air No. 26 Tj. Balai karimun
21. P4TKI DUMAI
Jl. Pauh Jaya No. 4 Kel. Jayamukti, Dumai Timur
22. P4TKI PADANG
Jl. Raya Padang Bukit Tinggi Km. 21 Ruko Pasar kasang No. 28 Padang
23. P4TKI LAMPUNG
Jl. MS Batubara No. 137 Teluk Betung Bandar Lampung
24. P4TKI TANGERANG
Jl. KH Hasyim Ashari No. 36A Kota Tangerang
25. P4TKI CILACAP
Jl. Sindoro No. 36 Cilacap
26. P4TKI PAREPARE
Jl. Ahmad Yani ParePare...

KETIKA RINDU Pelaut TERPISAH JARAK DAN WAKTU

Posted: 07 Feb 2013 01:02 AM PST

Korisa Putri Mahesti menulis untuk rekan pelaut

Untuk Para Olivers yg belum menikah plus masih menanti n yg sedang dilanda rindu.. :)

"KETIKA RINDU TERPISAH JARAK DAN WAKTU"

Ketika engkau begitu merindukan seseorang yang sangat engkau sayangi nun jauh disana. Maka rindukanlah dia dalam setiap doamu. Rindukanlah dia dalam setiap
sujudmu.Pintalah agar dia selalu berada di jalan_Nya.Pintalah agar dia selalu menjaga hatinya.

Ingatlah..
Jarak jauh adalah Ujian sebuah hubungan cinta. Jarak dekatpun adalah ujian keimanan sebuah hubungan cinta. Dan menanti dengan penuh ketulusan adalah bukti kesetiaan dan pengorbanan sebuah hubungan cinta.

Sesungguhnya jarak itu bukan bermaksud untuk menghukummu. Akan tetapi untuk menjaga dirimu dengannya. Menjaga kefitrahannya.
Bersabarlah hingga suatu saat waktunya akan tiba. Dalam sebuah ikatan yang terlindungi ridha_Nya.

Maka bertahanlah dalam sebuah penantian penuh dengan keikhlasan. Dalam sebuah penantian penuh dengan ketulusan. Dalam menjemput hubungan yang benar2
dihalalkan..

Tips Untuk Pernikahan Bahagia Keluarga Pelaut

Posted: 07 Feb 2013 12:55 AM PST

UNTUK KELUARGA PELAUT..
Tips Untuk Pernikahan Bahagia Keluarga Pelaut

 
Tips untuk Mencapai Pernikahan Bahagia dunia dan akhirat

Banyaknya terpaan dan cobaan hidup membuat banyak pasangan yang menyerah dan akhirnya memutuskan untuk berpisah. Berikut 8 tips untuk membantu Anda menjaga ikatan pernikahan agar sanggup bertahan meski harus menghadapi beragam ujian.

1. Milikilah komunikasi yang berkualitas

Perkuat hubungan Anda dengan melakukan komunikasi yang teratur dan berkualitas. Jangan sungkan menanyakan hal-hal kecil seperti, "Sudah makan belum?" "Bagaimana harimu di kantor?" atau "Apa saja yang kamu kerjakan hari ini, Sayang?" Pertanyaan-pertanyaan itu memang terkesan sepele, namun hal-hal besar seringkali berawal dari peristiwa 'kecil' semacam itu. Perhatian Anda akan membuat harinya lebih baik. Andaipun tak ada masalah, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan atas dasar cinta itu tentu bisa membuat hatinya berbunga-bunga. Biasakan untuk membicarakan hal-hal sekecil apa pun kepada pasangan Anda.

2. Berpacaran setelah menikah

Hal ini sangat-sangat membantu dalam memperdalam keromantisan antara Anda dan pasangan. Ketika masih pacaran, Anda pasti tak akan lupa betapa si dia senang melakukan hal-hal romantis untuk Anda atau sebaliknya. Betapa bersemangatnya Anda saat mempersiapkan kejutan-kejutan kecil untuknya. Setelah menikah, seringkali semua berubah. Kesibukan dan stres bisa membuat Anda berdua lupa indahnya masa pacaran dulu dan tetap memelihara romantisme. Anda tetap butuh aktivitas-aktivitas yang rutin dilakukan sebelum menikah dulu seperti, menonton bioskop, makan malam berdua, mendatangi tempat-tampat yang dulu rajin Anda datangi berdua.

3. Bulan madu kedua, ketiga, dan seterusnya

Sempatkanlah waktu untuk menghabiskan waktu berdua, mungkin menginap di hotel atau pergi keluar kota menikmati waktu berduaan tanpa adanya gangguan dari pihak-pihak lain. Lupakan pekerjaan, lupakan beban persoalan. Nikmati momen-momen berharga ini untuk semakin menguatkan cinta Anda.

4. Memaafkan dan melupakan

Kata maaf seringkali menjadi kata yang paling sulit dilontarkan, paling pelit diberikan. Tapi mulai saat ini, cobalah untuk jujur saat Anda atau si dia telah melakukan kesalahan. Mintalah maaf dan katakan dengan jujur kesalahan yang telah Anda atau dia lakukan tanpa ada yang ditutupi. Tidak cukup hanya dengan saling bersikap jujur dan meminta maaf. Pelaku kesalahan tentu harus berusaha keras untuk tidak lagi mengulangi kesalahannya. Apalagi, jika kekeliruan itu melukai hati pasangannya. Bagi yang merasa dilukai, milikilah hati yang besar untuk memaafkan karena tidak ada manusia yang sempurna. Hargai kejujuran dan keberanian pasangan dengan memaafkan dan melupakan kesalahannya. Setelah itu, jangan pernah lagi mengungkit 'cerita lama'.

5. Percaya dan terbuka

Kepercayaan memang sulit untuk dimiliki semua orang, namun kepercayaan harus dimiliki jika Anda berniat untuk memiliki keluarga bahagia yang mampu bertahan menghadapi badai kehidupan. Kepercayaan dapat dipupuk jika kita belajar untuk terbuka satu sama lain, tidak menutupi hal sekecil apa pun, menceritakan, dan
memberitahukan hal apa pun kepada pasangan, entah itu kabar yang baik ataupun buruk.

6. Menghargai, mengoreksi, dan memberi pujian

Mengetahui posisi dan kedudukan dalam keluarga. Sebagai istri, Anda berkewajiban untuk melayani dan patuh terhadap suami, sedangkan suami berkewajiban untuk mecintai dan menjaga keutuhan dan kebahagiaan keluarga. Hargailah setiap pendapat yang diutarakan pasangan meski mungkin Anda kurang setuju. Tak ada manusia yang sempurna. Itu artinya, tak ada manusia yang selalu dan pasti benar. Saling mengoreksi (dengan cara yang benar) untuk kebaikan bersama tentu perlu dilakukan. Hargai juga perbedaan pendapat atau pandangan, jika ada. Satu lagi, jangan pelit memberikan pujian tulus. Ini akan menambah hangat kehidupan perkawinan Anda berdua.

7. Berikan dukungan

Pasangan harus bisa saling menopang karena setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Baik Anda atau si dia harus mampu menutupi kekurangan pasangan dan menonjolkan kelebihannya.

8. Tampil menawan

Setelah menikah, bukan berarti tugas Anda membuat si dia terpesona selesai. Justru ini waktu yang tepat untuk mengerahkan upaya tampil istimewa untuknya. Memang tampil 'wah' dan memukau tak perlu dilakukan setiap hari, tapi kelihatan rapi dan bersih harus tetap dipertahankan. Si dia pasti bangga memiliki pasangan yang paham bagaimana dan kapan harus menjaga penampilan. Tampillah menawan dan rawatlah diri Anda.

SEMOGA BERBAHAGIA..

ANCHOR HANDLING Tug Supply Vessel

Posted: 06 Feb 2013 11:57 PM PST

ANCHOR HANDLING


                                                         KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa , atas RahmatNya penulis dapat menyelesaikan kertas kerja ini,
Judul yang dipilih oleh penulis adalah :  "ANCHOR HANDLING".
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan kertas kerja ini masih jauh dari sempurna, mengingat keterbatasan waktu serta lingkup bahasan yang dibatasi hanya pada suatu daerah kerja tertentu.
Oleh karena itu penulis terbuka menerima kritik ataupun saran-saran dari semua pihak demi penyempurnaan kertas kerja ini.
Bersama ini pula penulis mengucapkan banyak terima kasih.
Semoga kertas kerja ini dapat memenuhi persyaratan seperti yang ditetapkan diatas , serta berguna sebagai bahan masukan bagi para Perwira dan ABK khususnya , baik yang sedang atau akan melakukan pekerjaan diatas kapal.
                                                                 
                                                                             BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Negara Republik Indonesia terkenal dengan kesuburan dan kekayaan alamnya. Disamping itu Negara Republik Indonesia dikenal dengan sebutan Negara Kepulauan Air, salah satu kekayaan alam Indonesia yang menjadi andalan devisa negara adalah gas alam dan minyak bumi.
Sehubungan dengan kekayaan alam dan potensi yang dimilikinya, khususnya cadangan minyak bumi dan gas yang terkandung di dalamnya,maka sudah sepantasnya jika negeri kepulauan  ini membutuhkan sarana pelayaran di laut yang memadai dan lancar dalam upaya untuk mengelola dan menggali potensi dan kekayaan alam tersebut. Dalam hal ini ditekankan pada ketrampilan anak buah kapal dalam mengoperasikan running anchor sebagai salah satu factor penunjang kapal supply dalam mengeksplorasi kekayaan alam, termasuk minyak dan gas di Indonesia.
Sarana pelayaran di laut yang digunakan untuk menunjang kelancaran pengekplorasian pada umumnya dilakukan oleh kapal-kapal supply. Karena kebanyakan sumber-sumber minyak bumi dan gas terletak di lepas pantai tidak jauh dari daratan dan pulau maka dalam hal ini penulis mengambil judul : "Ketrampilan ABK MV. Britoil-44 Dalam Operasi  Anchor Handling di Ladang Gas Lepas Pantai".
Alasan penulis memilih judul diatas karena pada saat penulis pertama kali bertugas di atas MV. Britoil-44, kapal beroperasi di Muara Peugah (Bekapai Oil Field) Kalimantan Timur khusus untuk anchor handling melayani beberapa crane barge untuk perawatan Platform. Dalam melaksanakan tugas kami sering mengalami kelambatan dan salah satu faktor penyebabnya adalah sebagian ABK maupun perwira kurang terampil dalam melaksanakan tugas tersebut.
Untuk dapat memberikan pelayanan yang baik sudah tentu harus mengetahui kendala-kendala umum yang dihadapi oleh kapal supply terutama dalam pengoperasian anchor handling di ladang gas lepas pantai. Kendala-kendala yang disebabkan baik dari dalam kapal sendiri maupun dari luar kapal.  Dari dalam kapal misalnya : Faktor kemampuan mesin kapal, peralatan-peralatan kerja yang tersedia di atas kapal , serta ketrampilan ABK.
Sedang dari luar kapal dapat menyangkut faktor lingkungan kerja kondisi geografis dan keadaan alamnya serta faktor manusia di sekeliling tempat kerja (pencharter, mitra kerja) maupun sikap dari perusahaan pelayaran sendiri / owner  dengan diketahui kendala-kendala tersebut dapat diketahui jalan pemecahannya.
Di sampaing sebagai salah satu syarat dalam pemenuhan program, penulis mengharapkan laporan penelitian ini, juga berguna untuk memberikan informasi atau pengenalan bagi rekan seprofesi/Pasis yang belum mengenal perihal tentang kapal supply dan pekerjaannya.

B.   Pokok Permasalahan

Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, maka dapat kita bayangkan bahwa pekerjaan anchor handling sangat memerlukan suatu ketrampilan khusus bagi para crew di atas kapal.
Adapun pokok masalah yang berhasil di identifikasi adalah sebagai berikut :
1.    Bagaimana tingkat ketrampilan ABK Britoil-44 dalam pekerjaan anchor handling
2.    Peralatan anchor handling diatas kapal kurang lengkap

C.   Tujuan dan Manfaat Penelitian

1.    Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu :
a.    Memberikan gambaran  bagi rekan-rekan sesama pelaut  dalam operasi  anchor handling di lading gas lepas pantai.
b.    Membagi pengalaman dalam hal penanganan dan cara mengatasi kendala yang timbul sehingga menghambat kelancaran operasional kapal.
2.    Manfaat penulisan
a.    Sebagai bahan masukan bagi rekan-rekan sesama pelaut yang ingin bekerja diatas kapal dalam operasi  anchor handling.
b.    Sebagai bahan referensi dan bacaan yang ilmiah khususnya bagi sesama rekan Pasis di BP3IP.
c.    Sebagai bahan pemikiran penulis yang dituangkan dalam bentuk karya ilmiah berdasarkan fakta atau kejadian yang penulis alami selama berada di atas kapal MV. Britoil-44.
D.   Lingkup Bahasan
Mengingat luasnya permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan anchor handling, maka penulis utamakan untuk dibahas dalam makalah ini adalah khusus pada MV.  Britoil-44 saat bekerja di muara Peugah (Bekapai Oil Field) Kalimantan Timur untuk melayani Crane Barge seperti "Ewis Lady". "Prima Perkasa" dan "Mahakam" Milik PT. Guna Nusa dan dicarter oleh PT. Total Indonesia dalam rangka perawatan beberapa anjungan pemboran minyak maupun gas yang berada di lepas pantai pada lokasi tersebut diatas.
Pekerjaan diatas dilaksanakan pada periode bulan April-Juni 2004 dan penulis adalah sebagai Nahkoda dari MV. Britoil-44.
E.   Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan makalah ini metode pengumpulan data yang    digunakan oleh penulis yaitu :
1.   Studi Lapangan
Metode ini dilakukan  berdasarkan pengalaman yang penulis alami selama bekerja diatas kapal kapal milik Britoil Offshore seprti dibawah ini :
-       AHT Britoil-32 yang bekerja untuk  pemasangan pipa minyak
     dibawah air di daerah Ningbo China.
-       AHT Britoil-37  yang bekerja bersama crane barge Castoro  10 pada Total Indonesia di Bekapai Oil Field Kalimantan Timur Indonesia.
-       AHT Britoil-37 yang bekerja bersama crane barge Java Constractor pemasangan pipa minyak dibawah air di Hazira Surat India.
2.     Studi Kepustakaan
Pada metode ini penulis melakukan berdasarkan membaca buku-buku referensi yang ada di BP3IP serta yang ada kaitannya dengan judul makalah dan penulisannya baik sewaktu penulis masih diatas kapal maupun saat mengikuti program.


                                              BAB II

KEADAAN SEKARANG
A.     Sebagian ABK dan Perwira pada MV. Britoil-44 Tidak Terampil Dalam Melaksanakan Pekerjaan Anchor Handling.  
Kapal supply sebagai jenis kapal yang dirancang khusus untuk melayani pekerjaan-pekerjaan eksplorasi di lepas pantai. Mempunyai ciri khas : badan kapal kecil dengan mesin induk yang besar Horse Powernya, sistem propeller ganda dan dilengkapi dengan mesin penggerak depan (Bow Thruster Engine). Perlengkapan kerja lainnya biasanya berupa Anchor, Towing Winch Engine dan perlengkapannya, tangki-tangki untuk muatan curah (Bulk Material Tank) dan perlengkapan-perlengkapan lain yang sewaktu-waktu bisa ditambah.
Badan usaha yang biasanya menggunakan jasa dari kapal-kapal supply adalah perusahaan pengeboran minyak, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri sendiri. Sejalan dengan kegiatan eksplorasi di lokasi pengeboran minyak bumi dan gas yang secara terus menerus, maka aktivitas kerja dari kapal-kapal supply adalah non stop dalam 24 (dua puluh empat) jam.
Di sini betul-betul dibutuhkan disamping kondisi kapal yang baik dan lengkap peralatannya, juga awak kapal yang cukup, disiplin dan memiliki keterampilan untuk kelancaran kerjanya. Kalau tidak demikian akan dapat menimbulkan resiko kerja yang tinggi, karena bekerja diatas kapal pada umumnya, dan pada kapal-kapal supply di lokasi pengeboran pada khususnya merupakan bentuk kerja keras yang penuh dengan tantangan dan resiko yang besar serta berbahaya.
Seperti yang dialami saat kerusakan pada alat-alat anchor handling terjadi pada tanggal 5 Mei 2004 jam 08.00, dengan kerusakan sebagai berikut :
-        Rusaknya kanvas rem ( brake lining )
-        Kerusakan pada motor/mesin penggerak tenaga hidraulik 
-        Terjadi kontaminasi pada minyak pelumas.
-        Kerusakan / kebocoran pipa-pipa hidraulik
-        Putusnya work wire (tali kawat baja)
Akibat penanganan terhadap peralatan anchor handling yang rusak tanpa rencana kerja yang baik dan tidak didukung oleh personil yang terampil dalam mencari penyebab untuk mengatasi kerusakan. Sistem mekanisme peralatan anchor handling yang akan diperbaiki dilakukan oleh personil kapal MV.Britoil-44 (masinis) yang belum memiliki keterampilan yang memadai , sehingga dalam pelaksanaannya dilakukan dengan mengira-ngira asal musababnya, sehingga menyebabkan merambatnya kerusakan keunit-unit lain. Diantaranya kerusakan pada alat-alat stopper dan tugger winch.
Kerusakan pada alat-alat stopper
-        Kerusakan pada motor / hidraulik untuk alat-alat stopper hidraulik/stopper otomatis (kram fork/shark jaws, triplek stopper, towing/ guide pins).
-        Rusak/macet alat-alat stopper manual (pelican hook)
Kerusakan pada tugger winch
-          Motor penggerak hidraulik rusak
-          Pipa saluran minyak hidraulik bocor / pecah
-          Kanvas rem (brake linning) tipis dan rusak
-          Putusnya tali kawat baja
Apabila perbaikan kerusakan tadi tidak segera diatasi dan ditangani oleh tenaga yang cakap dan trampil, maka perbaikan dapat memakan waktu yang lama. Jika kerusakan yang mengakibatkan keterlambatan ini masih bisa ditolerir atau dimengerti oleh pihak pencharter, namun apabila kerusakan berat dan besar hingga memakan waktu yang lama untuk perbaikan pihak kapal supply dan perusahaannya, karena boleh jadi adanya pembatalan kontrak (kapal off charter).
Di dalam pelaksanaan kerja anchor handling di lapangan sering timbul kesalahan pengertian atau salah paham antara Tug Master dengan barge master yang merupakan akibat dari kesalahan atau keterbatasan berkomunikasi. Pada umumnya bahasa pengantar yang digunakan untuk komunikasi dalam pelaksanaan pekerjaan anchor handling adalah bahasa Inggris.
Seperti yang pernah terjadi dimana barge master memerintahkan untuk menurunkan jangkar ke dasar laut  dengan cara menggunakan anchor handling winch dengan sendirinya jangkar akan turun perlahan ke dasar laut, kapal dianjurkan maju pelan agar  jangkar berada di posisi yang dikehendaki, tetapi pengertian Tug Master (nahkoda) medrop/lego (menjatuhkan tanpa menggunakan tenaga winch), sehingga jangkar meluncur cepat kedalam laut berdasarkan gravitasi dan beban jangkar itu sendiri, sedangkan kapal masih tetap maju penuh.
Akibatnya kawat baja yang berdiameter  65 mm (work wire) lepas dari anchor winch drum, begitu juga jangkar  tidak berada di posisi yang dikehendaki. Dengan demikian jangkar harus diangkat kembali untuk dipindahkan (reposisi). Untuk mengangkat kembali jangkar itu digunakan alat chaser (system chaser), dimana wire jangkar crane barge dimasukkan ke lobang chaser dan kemudian chaser pennant disambung ke arah jangkar yang akan diangkat  sampai chaser menyangkut pada jangkar, bila jangkar telah terkait anchor handling winch di heave up (hibob) untuk mengangkat jangkar sampai atas deck
Setelah jangkar distopper, lepaskan buoy pennant yang tersambung di tarik ke atas deck sampai work wire yang terlepas, kemudian sambungkan buoy pennant kembali pada jangkar dan selanjutnya lakukan pemindahan jangkar. Hal lain yang kadang terjadi dimana barge master tidak memahami kesulitan Tug Master (nahkoda) yang berhubungan  dengan kemampuan kapal MV.Britoil-44 (anchor handling tug) dalam melakukan manouvre-manouvre (berolah gerak) terbatas kemampuannya dimana akibat dari beban jangkar yang tergantung di belakang (buritan) dan tersambung rantai / wire ke crane barge serta faktor-faktor keadaan alam seperti cuaca serta arus di sekitar itu. Berhubungan dengan hal ini terkadang kapal pelan dan sulit untuk mencapai tujuan yaitu menuju tempat posisi jangkar untuk diletakkan.
Dalam hal ini sering kali barge master menyalahkan / menyimpulkan bahwa kemampuan Tug Master/nahkoda dalam mengoperasikan kapal untuk berolah gerak kurang memadai, dikarenakan patokan atau dasar yang dipakai barge master berorientasi pada data-data kapal MV.Britoil-44 yang diberikan oleh pemilik kapal .
B.   Alat-alat Perlengkapan Anchor Handling  Tidak Lengkap
Kapal MV.Britoil-44 sebagai jenis kapal yang dirancang khusus untuk melayani pekerjaan-pekerjaan eksplorasi di lepas pantai. Mempunyai ciri khas : body kapal kecil dengan mesin penggerak depan (Bow Thruster Engine). Perlengkapan kerja lainnya adalah berupa anchor winch, Towing winch, anchor handling winchserta perlengkapan lainnya.
Badan usaha yang biasanya menggunakan jasa dari kapal-kapal supply adalah perusahaan pengeboran minyak, baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri sendiri. Sejalan dengan kegiatan explorasi di lokasi pengeboran minyak dan gas bumi  yang secara terus menerus, maka aktifitas kerja dari kapal-kapal supply khususnya dalam hal ini MV.Britoil-44 adalah terus menerus sesuai dengan pergerakan dari crane barge "Ewis Lady", "Prima Perkasa" maupun "Mahakam".
Disini betul-betul dibutuhkan di samping kondisi kapal yang baik dan lengkap peralatannya, juga awak kapal yang cukup memadai, disiplin dan memiliki ketrampilan untuk kelancaran kerjanya.
Banyaknya program kerja yang harus dipenuhi dan dilaksanakan oleh anak buah kapal dan crew kapal lainnya, bahkan kadang-kadang pihak pencharter atau rekanan kerja / mitra kerja memberi order yang terus menerus. Di sisi lain, hal demikian dapat membuat pihak kapal dan crewnya kewalahan dan merasa tertekan. Suasana yang tidak diharapkan tersebut dapat lebih cepat tercipta atau berkembang apabila dari atas kapal sendiri tidak tersedia tenaga yang cukup, dalam arti tidak cukup jumlahnya dan kurang ketrampilannya. Sedangkan dari pihak pencharter atau mitra kerja tidak mau tahu dengan kondisi kapal beserta crewnya yang mereka inginkan adalah semua order yang mereka berikan harus dapat dilaksanakan dengan tepat dan baik untuk menunjang kelancaran program-program kerja yang telah canangkan.
Demikian pula pekerjaan  anchor handling harus dilaksanakan dengan baik dan efisien. Selain crew kapal yang kurang terampil dalam pekerjaan anchor handling, juga  karena perlunya anchor handling tersebut ditunjang oleh sarana dan alat-alat pendukungnya yang berada dalam kondisi prima sehingga benar-benar siap untuk dipakai beroperasi. Namun di dalam kenyataannya di lapangan, pekerjaan acap kali timbul kejadian dan hal-hal yang tidak diinginkan yang mana dapat menghambat kelancaran kerja pelaksanaan  anchor handling itu sendiri, baik yang disebabkan oleh faktor manusia yang mengoperasikannya yang kurang terampil .
Peralatan yang dipergunakan untuk melakukan pekerjaan anchor handling setiap jangkar antara lain adalah :
·         1 (satu) buah Scan marine Buoy.
·         2 (dua) buah 85 ton Crosby Anchor Shckle Bolt Type 1 x 3" x 200 penant wire.
Apabila semua alat telah diterima maka dengan menggunakan crane, crane barge memberikan penant wire ke boat dan ditahan di Shark jaws. Selanjutnya, penant wire disambung dengan work wire menggunakan segel 85 ton.
Jika telah tersambung dengan baik, maka Anchor Handling Tug mulai menarik (Hibob) work wire sedangkan crane barge mengulur (area) jangkar , hingga jangkar tersebut ditarik naik (hibob) ke stern roller  MV.Britoil-44.
Semua pekerjaan deck berada dibawah pengawasan/tanggung jawab Mualim I. setelah jangkar berada di stern roller, Mualim I memeriksa kedudukan jangkar dan melaporkan ke anjungan. apabila semuanya berada dalam keadaan siap kerja. Nahkoda (Master) kemudian mulai melakukan olah gerak kapal menuju haluan seperti yang diberikan Barge Master. Untuk mencapai haluan yang dikehendaki nahkoda hanya diijinkan untuk menggunakan kedua mesin induk dan bow thruster berputar di tempat (dengan sudut minimal).
Apabila Anchor handling Tug telah berada pada haluan yang dikehendaki, maka nahkoda (master) melapor ke ruang kontrol (control Room). Setelah melakukan konfirmasi dengan barge master, jangkar dapat dibawa ke posisi yang telah ditentukan; biasanya panjang wire  sekitar 700 sampai 1000 meter.
Pada saat Anchor Handling Tug membawa jangkar, tegangan harus dipertahankan antara 30 sampai 35 ton. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga agar wire/rantai tidak terlalu terseret di kedalaman lumpur.

 

BAB III

KEADAAN YANG DIHARAPKAN
A.     Seluruh ABK maupun perwira MV. Britoil-44 terampil terutama dalam melaksanakan pekerjaan anchor handling.  
    
Dalam menghadapi permasalahan seputar ketrampilan anakbuah kapal dan upaya yang ditempuh untuk meningkatkan keterampilan anak buah kapal, khususnya dalam pengoperasian anchor handling , dimana pemikiran untuk memecahkan permasalahan yang terjadi ditempuh didasarkan pada penelitian terdahulu, saat penulis bekerja di atas kapal di ladang gas lepas pantai, dimana ketidakterampilan anak buah kapal menyebabkan terhambatnya pelaksanaan anchor handling. Dan mengenai peranan nahkoda dalam upaya meningkatkan komunikasi dan penerapan disiplin diatas kapal sebagai upaya mencari solusi. Juga peranan pihak perusahaan pelayaran dalam bentuk dukungan untuk meningkatkan ketrampilan melalui pengadaan kursus-kursus dan bimbingan lain,yang secara tidak langsung ikut menunjang kelancaran pengoperasian kapal supply di lepas pantai
B.    Alat-alat perlengkapan anchor handling  harus  dilengkapi
-       Pennant Storage Reel
-       Tow Line Stop Post
-       Tugger Winch
-       Capstan
-       Roller Lead Shieve
-       Gog Pad Eye
-       Spooling Wire Guide
-       Pelican Hook Stopper Point
-       Shark Jaw
-       Double Karm Fork
-       Single Karm Fork
-       Stern Roller
-       Stern Gate
-       Towing and Anchor Handling Winch
-       Gypsy
-       Control Station Lay Out
           
C.  Pengertian  ( Istilah )
1.    Oil Rig :  Bangunan Anjungan minyak lepas pantai yang berbentuk Kapal atau tongkang diberi kaki dan  dipasang jangkar, dilengkapi dengan menara bor.
2.    Anchor Handling / Anchor Job  : Pelaksanaan dan proses penanganan pekerjaan jangkar mulai dari cara pengambilannya dari crane barge, mengangkat dan membawa kemudian ditempatkan atau diletakkan jangkar tersebut pada posisi yang telah ditentukan.
3.    Penant Wire  : Kawat baja dengan diameter 2 – 3 Inchi yang terpasang dengan segel ke crown jangkar sedang ujung yang satunya lagi disambungkan ke work wire anchor handling boat Ini digunakan untuk mengangkat atau menurungkan jangkar ke   dasar laut yang terbebas dari pipe line.
4.    Anchor handling Boat/Vessel  : Kapal-kapal khusus lepas pantai Yang dibuat untuk melayani pekerjaan pengambilan, buoy dan pengangkatan serta penempatan jangkar Rig, jangkar tongkang di Tempat yang telah ditentukan posisinya.
5.    Barge Master : Seorang yang memiliki ijazah pelaut dan punya Pengalaman Nakhoda serta diberikan pendidikan khusus untuk menangani anchor handling dan rig move.
6.    Fishing job  : Pekerjaan pengangkatan jangkar dengan Menggunakan " J " hoock karena penant wirenya putus " J " Hoock  adalah sebuah alat yang terbuat dari besi baja yang berbentuk kail dan berfungsi untuk mengangkat jangakar apabila penant wire putus.
7. Lay-Out Tugger wire : Mengarea wire sling yang berada pada                                       tromol wire drum yang letaknya sebelah kiri / kanan dari pada posisi work wire yang pemasanganya tidak sejajar dengan work wire drum, wire diameter 20-28 mm dengan panjang Maximum 100 meter, Pada saat digunakan Tugger wire tersebut diarea sampai ke stern roller kapal sesuai dengan kebutuhan.
8.    Buoy Catcher Lasso : Wire strop 24 mm diameter dengan mempunyai panjang 3-4 meter juga dihubungkan dengan open link Chain diameter 13-15 mm  panjang 1,5-2,0 meter terpasang Secara hinge link pada masing-masing dua bagian ujung wire.
9.    Pick it up : Dalam pelaksanaan anchor handling dimana penant Wire anchor Rig dengan work wire kapal pada Main drum sudah dihubungkan (Connected) hingga dalam proses di angkat (Hiave) sampai jangkar tersebut tidak makan ( anchor off bottom ).
10. Put it down  : pada saat pelaksanaan anchor handling  menuju Ke posisi ( Target ) yang sudah ditentukan oleh Rig Master atau surveyor mengikuti Ship Nav. Maka saat in position secara pelan Pelan membuka  ship winch break untuk mengarea work wire dan Penant wire anchor Rig yang berada di stern roller kapal hinggaSampai kedasar laut ( anchor on Bottom ).
11. Bow Thruster : baling-baling yang dipasang pada haluan kapal Yang posisinya dibawah garis air yang digerakkan oleh mesin bantu, sehingga baling-baling dapat berputar yang mana berfungsi untuk mengolah gerak kapal dan menggerakkan haluan kapal tersebut kearah kiri atau kanan secara parallel dengan kecepatan  maju / mundurnya  kapal tersebut pada mesin induk Maximum:2,0 knots, maka bow thruster itu effectif dapat di gunakan untuk membantu dalam mengolah gerak kapal, sandar atau lepas sandar.
12. Shark Jaws  : alat berupa garpu tala sebesar 8 inchi terbuat Dari besi baja ditempatkan pada buritan kapal Anchor Handling Tug Vessel dan Anchor Handling Tug Supply Vessel yang di gerakan dengan hydroulik guna untuk menahan penant wire.

BAB IV

ANALISIS

A.     Identifikasi Masalah

Selama periode diatas penulis mengevaluasi, maka dengan jelas dapat diketahui permasalahan yang menyebabkan  pekerjaan menjadi tertunda, antara lain :
1.  Kurangnya ketrampilan Perwira maupun ABK
2.  Peralatan anchor handling kurang lengkap
3.  Komputer yang dipasang tidak berfungsi dengan baik
4.  Komunikasi yang kurang baik / kurang harmonis
5.  Lemahnya tingkat disiplin
6.  Tingkat keharmonisan kerja rendah
7.  Pola penerimaan crew tidak dikontrol dengan baik
Dari ketujuh masalah diatas  penulis memprioritaskan dengan analisa  U S G  ( Urgency Seriosmess Groth ) :
U ( Urgency )            : Adalah masalah yang apabila tidak segera  diatasi akan berakibat fatal dalam jangka   waktu           panjang.
S ( Seriuosmess )    : Adalah masalah yang apabila  terlambat                    diatasi akan berdampak fatal terhadap kegiatan   tetapi berpengaruh pada jangka pendek.
G ( Growth )              :    Adalah masalah potensi untuk tumbuh  dan berkembangnya masalah dalam jangka waktu panjang dan timbulnya masalah baru dalam jangka panjang.
          
NO
MASALAH
ANALISA
PERBANDINGAN
U
S
G
NILAI
U   S    G   T
PRIORITAS
A
Kurangnya ketrampilan Perwira serta ABK untuk Anchor Handling
A – B
A – C
A – D
A – E
A – F
A - G
A
A
AAAA
B
C
A
A
A
A
A
A
A
E
A
A
6
4
5
15
I
B
Peralatan untuk Anchor handling kurang lengkap
B – C
B – D
B – E
B – F
B – G
B
B
B
B
B
C
D
E
F
G
C
B
B
F
G
5
6
2
13
II
C
Komputer yang dipasang tidak berfungsi dengan baik
C – D
C – E
C – F
C - G
CCCC
C
C
C
C
D
E
F
C
4
5
2
11
III
D
Komunikasi kurang baik
D – E
D – F
D – G
EFD
E
E
D
D
F
G
1
2
2
5
IV
E
Lemahnya tingkat kedisiplinan
E – F
E - G
E
E
E
E
F
G
3
3
2
8
V
F
Tingkat keharmonisan kerja rendah
F - G
G
F
F
1
1
5
7
VI
G
Pola penerimaan crew tidak dikontrol dengan baik
1
-
3
3
VII
Dengan penentuan masalah pokok dengan metode analisis USG penulis mendapatkan prioritas dua masalah pokok, yaitu :
1.     Kurangnya ketrampilan Perwira maupun ABK diatas kapal    MV.Britoil-44 dalam pekerjaan anchor handling.
2.     Peralatan untuk anchor handling diatas kapal tidak lengkap.
       Sebagaimana telah kita ketahui bahwa salah satu fungsi kapal supply adalah sebagai sarana pelaksana anchor handling dalam melayani kegiatan rig atau crane barge , di dalam pelaksanaan pekerjaan anchor handling dimana segala sarana dan peralatan bekerja terus menerus dengan mengangkat beban-beban berat sehingga kapal supply kesuksesan dan terwujudnya hasil kerja yang optimal.
Disini dapat kita lihat kemungkinan-kemungkinan terjadinya kerusakan-kerusakan sangat besar. Bila terjadi kerusakan pada kapal-kapal supply dan peralatan anchor handling, dengan sendirinya pekerjaan anchor handling itu akan tertunda atau terhambat. Yang akan mengakibatkan tertundanya atau terlambatnya kegiatan rig ataupun crane barge di dalam melaksanakan pekerjaan.
Kerusakan-kerusakan pada sarana dan peralatan anchor handling dapat terjadi terutama bila tidak adanya atau kurangnya perawatan terhadap sarana dan peralatan itu sendiri, juga tidak dapat dikesampingkan kerusakan-kerusakan dapat terjadi sebagai akibat dari cara pelaksanaan pengoperasian sarana dan peralatan yang tidak sesuai dengan prosedur yang semestinya, dikarenakan tenaga yang mengopersionalkannya tidak memiliki ketrampilan yang memadai.
Pelaksanaan pengoperasian terhadap sarana dan alat-alat tidak tepat kebanyakan disebabkan oleh kelalaian atau malasnya tenaga-tenaga operasional untuk membaca dan memahami manual / buku penuntun yang tersedia berkaitan dengan sarana dan peralatan anchor handling.
Untuk mencegah/menghindari kerusakan-kerusakan sarana dan peralatan yang terjadi begitu cepat atau setidak-tidaknya menekan nilai kerusakan sekecil mungkin, sebaiknya diadakan perawatan-perawatan atau pemeliharaan yang baik dan teratur terhadap kapal dan peralatan-peralatan anchor handling, yang dilakukan oleh anak buah yang memiliki kecakapan sesuai dengan yang disyaratkan, Mengingat kesalahan penanganan dalam peralatan anchor handling dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan yang merembet ke berbagai alat lainnya.
Perawatan atau pemeliharaan adalah merupakan usaha-usaha untuk memelihara peralatan anchor handling tersebut sejauh mungkin agar tetap berfungsi dengan baik , sehingga tidak mengganggu operasi kapal dalam melaksanakan tugasnya.
Menurut hasil penelitian yang relevan menampakkan bahwa kurangnya perawatan atau kata lain perawatan terhadap sarana dan peralatan sering terbengkalai atau terlupakan disebabkan oleh faktor-faktor :
1.   kelalaian manusia
2.   tersitanya waktu dan kegiatan-kegiatan lain
B.   Tinjauan Teoritis
Kapal supply merupakan suatu sarana yang dibutuhkan untuk membantu melayani kegiatan-kegiatan di lokasi ladang minyak maupun gas di laut atau lepas pantai. Untuk itu kapal-kapal supply harus memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut :
1.    Mempunyai mesin induk kapal yang bertenaga kuda (horse power)
Besar sesuai dengan ukuran kapal yang ada.
2.    Memiliki anchor handling winch dan towing winch yang mempunyai daya tarik ( bollard pull ) yang besar.
3.    Ruangan deck/geladak cukup luas dan lebar buritan cukup luas untuk dilewati jangkar dan buoy rig untuk dinaikkan dan disimpan di atas deck dimana kapal dapat terus melaksanakan kegiatan anchor handling.
4.    memiliki  tanki bahan bakar, tangki air  ,tangki minyak lumas serta tangki ballast dengan kapasitas yang memadai.
5.    ruangan geladak/deck dapat dimanfaatkan untuk macam-macam kegunaan khusus seperti crane, alat-alat selam, roda gulungan kabel dan lain-lain.
Sedangkan fungsi dari pada kapal supply itu sendiri, diantaranya sebagai berikut :
1.    Kapal Supply sebagai sarana pelayanan anchor handling
2.    Kapal supply sebagai media transportasi dan pengangkutan khusus melayani sektor perminyakan di laut atau lepas pantai
3.    Kapal supply sebagai sarana bantuan SAR (search and Rescue / Pencarian dan penyelamatan)
4.    Kapal supply sebagai sarana untuk operasi pencegahan pencemaran di laut .
5.    Kapal supply sebagai sarana untuk tugas penelitian dan survei  maupun pekerjaan bawah air.
6.    Kapal supply sebagai sarana tunda dan lain-lainnya.
Untuk mengetahui pembahasan tentang operasi anchor handling di ladang gas lepas pantai, perlu kiranya kita mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan pembahasan ini, diantaranya sebagai berikut :
1.    Lamanya waktu pelaksanaan anchor handling di lokasi; tergantung dari pekerjaan crane barge atau rig. Pada umumnya untuk kegiatan  anchor handling dihadapkan pada :
a.    Crane barge dalam penataan dan penempatan jangkar hingga crane barge berada pada posisi yang dikehendaki memakan waktu beberapa hari sesuai pekerjaan apa yang akan dilakukan.
Dalam hal MV.Britoil-44 pada saat itu crane barge tersebut diposisikan merapat pada platform / anjungan minyak yang akan diservice.
b.    Crane Barge
Waktu yang dibutuhkan dan lamanya kegiatan anchor handling tergantung dari kegiatan barge. Bila kegiatan crane barge itu melaksanakan kegiatan dan pekrjaan pemasangan pipa atau kabel di dasar laut, maka kegiatan anchor handling dilaksanakan secara rutin, karena crane barge mengadakan pergerakan (barge move) setiap saat dan pekerjaan ini dilakukan sepanjang yang dikehendaki.
Pada umumnya crane barge mempunyai 8 buah jangkar yang harus dikerjakan dan berkenaan dengan kegiatan  anchor handling. Tetapi ada juga yang menggunakan 12 jangkar apabila keadaan laut disekitar lokasi dianggap berbahaya seperti arus kencang , keadaan angin yang kadang-kadang berada diatas rata-rata perkiraan semula.
2.    Kategori pekerjaan anchor handling meliputi :
a.    Running anchor
maksudnya proses mengambil jangkar dari crane barge,              diletakkan diatas dek kapal ataupun di stern roller kemudian membawa jangkar tersebut dan meletakkannya pada posisi yang telah ditentukan di dasar laut.
b.    Retrieving anchors
Maksudnya proses pengangkatan kembali jangkar dari dasar laut , diletakkan diatas dek kapal ataupun di stern roller dan kemudian dibawa kembali ke crane barge.
c.    Chasing/graphing anchor
Adalah proses pekerjaan untuk mencari dan mengangkat jangkar yang putus, apabila pennant wire (tali kawat baja) untuk menghubungkan buoy dan jangkar  putus.
                Sistim pelaksanaannya dapat dibagi :
a.    Sistim pelampung/buoy terdiri dari :
1)     Curucifix buoy (pelampung yang bagian atas terdapat palang berbentuk salib dan bagian bawah ada mata atau tempat segel)
2)     Suit case buoy (pelampung yang bagian tengah berlobang poros terusan sebagai tempat lewat wire)
b.    Sistem permanent chain chaser (PCC), yaitu suatu sistim yang menggunakan ring/gelang baja yang disambung dengan tali kawat baja 60 mm atau 70mm. Dengan panjang kira-kira 25 meter sampai 50 meter dan dipasang permanen pada rantai/tali kawat jangkar.
Selain itu berdasarkan beberapa teori dan didukung beberapa pendapat dari kepustakaan yang ada, kelancaran pengoperasian kapal supply pada garis besarnya disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu :
1.    Faktor dari dalam kapal
a.    Faktor kemampuan kapal
b.    Faktor manusia
2.    Faktor dari luar kapal
a.    Faktor alam
b.    Faktor lingkungan kerja
c.    Faktor-faktor lain yang terkait.
C.   Pemecahan Masalah Secara Teoritis
Proses penentuan
Alternatif pemecahan masalah yang dipilih
Dengan metode efektif dan efisien (Teori Rensis Ukert)
No.
Pemecahan Masalah
Efektif
Efisien
Jumlah
1.
Tempatkan tenaga yang sesuai dengan bidangnya
5
4
9
2.
Adakan pelatihan khusus sebelum melakukan tugasnya
4
4
8
3.
Mendirikan diklat khusus untuk Anchor Handling dan Towing
4
3
7
4.
Penempatan officer dan enginer cadet
4
3
7
5.
Pencharteran boat harus sesuai dengan standar
4
4
8
6.
Survey untuk boat charter harus dilakukan oleh orang yang propesional di bidangnya
4
3
7
7.
Memiliki armada sendiri
3
3
6
8.
Persiapan lokasi operasi sehingga tidak memerlukan boat yang sangat mahal
4
4
8
1.    Perawatan terhadap sarana dan peralatan anchor handling
a.    Perawatan alat-alat khusus untuk  anchor handling
1)    Towing/anchor handling winch dan alat-alat stopper hydraulic serta tugger winch
Perawatan terhadap alat-alat  ini dilakukan dan diawasi oleh Mualim I untuk pipa dan winch sedangkan untuk mesin-mesin/motor-motor penggerak hidrauliknya dilakukan oleh KKM/Masinis. Di dalam pemeliharaan dan perawatan alat-alat ini dimana secara rutin diberi gemuk, pelumas sebaiknya dilakukan 1 (satu) atau 2(dua) minggu sekali. Untuk itu Mualim I sebaiknya mengecek nipples (saluran gemuk) berapa jumlahnya dan tempat-tempatnya. Saat pemberian gemuk/pelumas sebaiknya gemuk yang lama dikeluarkan diganti dengan gemuk yang baru. Sedangkan untuk keberhasilan dan pengecatan telah kita ketahui dan pahami prosedur-prosedur yang semestinya.
2)    Pemeriksaan dan perawatan tali kawat baja
Perawatan tali kawat baja yang terdiri dari berbagai jenis seperti : work wire, pennants, tugger wire, sling, buoycatcher secara rutin dan diberi minyak tali kawat baja.
b.    Daftar-daftar pemeriksaan sarana dan alat-alat anchor handling
Sebelum pelaksanaan anchor handling periksalah semua peralatan dan buat daftar-daftar pemeriksaan sarana kapal supply atau alat-alat utama.
2.    Kedisiplinan, Komunikasi dan ketrampilan ABK
a.    Kedisiplinan diri
 Nahkoda adalah pemegang kewibawaan  (kekuasaan) dikapalnya dan selaku pemimpin masyarakat hukum di dalam kapal. Dalam kedudukan demikian itu ia diberi tugas untuk menggunakan keamanan dan ketertiban umum di dalam masyarakat tersebut.
Nahkoda dan perwira adalah pimpinan diatas kapal, sehingga mereka merupakan suri teladan bagi ABK. Sebagai suri teladan, tentunya tindak tanduk nahkoda dan perwira diperhatikan oleh ABK, maka dari itu Nahkoda dan perwira dituntut sebagai orang-orang pertama yang melaksanakan dan menjalankan kedisiplinan dan tata tertib terlebih dahulu, dengan demikian ABK pun akan mengikuti.
Di dalam menjaga, meningkatkan ataupun mendidik kedisiplinan perlu  menggunakan cara yang tegas ataupun pendidikan kedisiplinan perlu menggunakan cara yang tegas dan keras. Tetapi cara yang begini akan menghasilkan disiplin yang keras dan kaku. Sedangkan diatas kapal supply menganut paham disiplin dan flexible, maksudnya disiplin yang hadir dari kesadaran hati nurani manusia yang kemudian dibina melalui pendidikan baik pendidikan formal maupun informal.
Adapun jalan keluar untuk mengatasi nilai kedisiplinan yang semakin menurun di dalam diri personil  / ABK Britoil-44 dengan terlebih dahulu mencari penyebabnya, kemudian penyebab itulah yang mesti dihilangkan. Penyebab menurunnya disiplin antara lain,  kejenuhan serta kelelahan, untuk itu perlu adanya penyegaran dan dengan demikian membutuhkan sarana. Sarana penyegaran ini sebaiknya disesuaikan dengan keadaan dan situasi diatas MV.Britoil-44, seperti :
1)    Sarana hiburan : televisi dengan antenna parabola, video dan alat  permainan lainnya.
2)    Sarana olah raga : alat-alat kebugaran tubuh, catur dan lain-lain
3)    Perpustakaan di atas kapal
4)    Akomodasi yang layak
Selain penyediaan sarana penyegaran harus dibuat pula larangan terhadap hal-hal yang cendrung yang mengganggu kelancaran kerja dan kedisiplinan, seperti :
1)    Dilarang membuat keributan  di kapal
2)    Dilarang minum dan mabuk alkohol di kapal
3)    Dilarang berjudi di kapal
4)    Dan lain-lain yang dianggap perlu.
b.    Komunikasi
Seringnya berkumpul dan bercerita dengan sendirinya selain mengetahui pribadi masing-masing juga yang terutama mengetahui kelemahan kita dalam berkomunikasi terutama bahasa asing (Inggris) dan yang paling penting menambah wawasan dan perbendaharaan kata-kata kita.
Untuk itu alangkah baiknya jika membawa buku atau perangkat-perangkat yang membantu kita dalam hal berkomunikasi terutama bahasa Inggris. Untuk meningkatkan komunikasi dengan bahasa isyarat/sandi maka perlu mempelajari signal (isyarat) yang sering digunakan khusus dalam anchor handling. maka untuk itu signal/kode-kode yang sering berkaitan dengan pekerjaan anchor handling dan bongkar muat diletakkan / ditempel di tempat-tempat yang mudah di lihat diatas kapal.
Diatas kapal MV.Britoil-44 dalam persiapan pelaksanaan anhor handling, sebaiknya personil-personil  (anchor handler) berkumpul dahulu untuk berdiskusi serta membahas pelaksanaan anhor handling disamping penjelasan-penjelasan nahkoda untuk mengantisipasi kekurangan-kekurangan dan keterbatasan dalam hal berkomunikasi ( Tool Box Meeting ).
c.    Keterampilan
Bila ABK terampil maka pekerjaan mudah dan terasa ringan untuk dikerjakan serta keterpaduan kerja dimana anhor handler merupakan suatu kesatuan tim dalam pelaksanaan terjalin kerjasamanya, disamping itu ada rasa aman dalam diri nahkoda di dalam pelaksanaan anchor handling. begitu juga bila adanya ABK yang terampil Mualim I dalam menjalankan tugas agar ringan. Walaupun bagaimana sebelum persiapan pekerjaan anchor handling selalu  diadakan diskusi dan penjelasan-penjelasan dari Nahkoda ataupun pengaturan personil dalam tugas.
Faktor-faktor yang menunjang kelancaran pelaksanaan, keamanan dan keselamatan kerja dalam pekerjaan seperti yang telah diuraikan diatas adalah sarana dan peralatan yang baik, kedisiplinan dan ketrampilan serta komunikasi yang baik dan jelas. Tetapi tidak dapat dikesampingkan faktor penting lainnya yaitu tehnik-tehnik pelaksanaan kerja serta tehnik-tehnik atau cara mengolah gerak kapal (manuver) kapal supply itu sendiri, terutama untuk nahkoda ataupun perwira yang berperan sebagai berikut koordinator umum diatas kapal supply dalam melaksanakan pekerjaan anchor handling.
Untuk itu perlu juga dijelaskan dasar-dasar tehnik persiapan dan pelaksanaan anchor handling serta olah gerak kapal (manouvre) kapal supply. Agar mudah dimengerti dan dipahami maka penulis buat dalam bentuk sketsa atau gambar.


BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

 

A.   Kesimpulan
Setelah diadakan identifikasi masalah dan alternatif pemecahan ternyata yang menyebabkan terjadinya kelambatan dalam pelaksanaan anchor handling adalah karena :
1.    Persiapan lokasi tidak mengikuti prosedure baku (standar).
2.    Personil yang bertanggung jawab dalam tugas kurang berpengalaman (kurang professional/trampil).
3.    Kapal yang digunakan untuk melayani crane barge tidak mencukupi, atau walaupun ada tidak memenuhi standart untuk melaksanakan tugas, sehingga harus meminjam dari perusahaan lain.
B.   Saran
1.    Persiapan lokasi harus mengikuti prosedure yang berlaku
2.    Tempatkan personil yang mengerti pekerjaan yang akan dilakukan (professional/terampil)
3.    Kapal yang dicharter harus sesuai standar dan dalam kondisi siap pakai.

Bandung Heboh Pesta Seks Online

Posted: 06 Feb 2013 08:48 PM PST

Bandung Heboh Pesta Seks Online


Berita Buat Pelaut, Bermula dari penawaran seks online melalui website http://www.cewebisyar.com/ yg laris dikunjungi para pria kesepian akhirnya polisi di Bandung langsung bergerak untuk menangkap para pelaku bisnis esek-esek dari bandung ini, situs seks www.cewekbisyar.com sempat gak bisa diakses karena orang makin penasaran setelah berita ini heboh tidak saja di bandung namun sudah mendunia, orang bukannya menutup akses malah pada sibuk mencari alamat website pesta sex online dari bandung ini, bagaimana caranya jadi member www.cewekbisyar.com dan cara login anggota situs sex www.cewekbisyar.com, nauzubilahminjalik.

Kota Bandung digemparkan dengan munculnya situs maksiat berupa prostitusi online yang menawarkan pesta seks dengan tarif bervariasi. Tidak tanggung-tanggung, situs tersebut ikut memajang foto-foto wanita tanpa busana.Bahkan pesta seks terakhir digelar di Kota Bandung pada 2-3 Februari lalu. Situs yang sama menginformasikan setiap pesta diikuti 50 perempuan yang disebut angel.

Untuk Bandung ada tujuh wanita yang ditawarkan, yaitu Emi (18), Nicol (17), Cherry (17), Jiaying (17), Nina (17), Nooblet (18), dan Krysten (18). Servis yang ditawarkan di antaranya "French kiss, hand job, oral, oral without protection, quickies, roleplay sex, shower/bath/sauna togheter and more."

Angel di sini merujuk pada perempuan yang bisa diajak kencan sesuai dengan tagline situs, "Komunitas Cewe Bayaran Indonesia dan Asia." Untuk mengakses situs ini, pengunjung harus menjadi member (anggota) dan pesta seks hanya bisa diikuti member berkategori platinum. Untuk anggota kategori silver dan gold tidak bisa mengikuti pesta seks. Fasilitas ini hanya bisa dinikmati oleh member platinum.

Untuk menjadi member platinum, setiap pendaftar harus membayar biaya keanggotaan sebesar Rp 1,2 juta. Sedangkan member gold dikenai biaya Rp 700 ribu dan silver Rp 500 ribu.

"Setiap party disediakan 50 angle's (angels, red). Maka undangan untuk 50 platinum members." Demikian ditulis pengelola situs memberi panduan dalam penelusuran detikbandung, Selasa (5/2).

Selain itu, pengelola situs mewanti-wanti agar anggota platinum tidak membawa pasangan. "Bagaimana jika platinum yang ikut 20 anggota, apakah wanita 20? Tidak, tetap 50 angel's. Jadi satu member bisa 1-2 angle's sekaligus. 50 itu bisa dipake juga 1 members. Kalau anda kuat," tulisnya.

Disebutkan juga, "Sex party diadakan rutin satu kali sebulan dan berlokasi di tiga kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Lokasinya di private room hotel berbintang lima ternama. Lokasi detailnya akan diberitahu setelah menjadi platinum member."

Berdasarkan pantauan, situs itu menampilkan foto-foto wanita berbusana seksi. Bahkan dibeberkan juga tarif kencannya yang variatif. Mulai dari Rp 400 ribu per dua jam hingga Rp 1,5 juta per dua jam. Tak hanya itu, situs ini juga berani memberikan bukti dengan menampilkan foto dan nomor telepon wanita yang siap diajak kencan.

Sejumlah foto wanita yang disebut-sebut asal Bandung ikut dipajang di situs prostitusi online ini. Belum dipastikan benar atau tidaknya foto wanita-wanita tersebut. Polisi saat ini sedang menyelidiki kebenaran situs ini.

Wanita seksi

Saat "GM" menelusuri alamat situs yang dimaksud, www.cewebisyar.com, pengunjung hanya dapat melihat tampilan log-in member dan gambar wanita seksi tanpa busana yang sedang mandi.

Situs ini tidak bisa diakses dengan mudah karena pengunjung harus menggunakan user name dan password tertentu. Pengunjung juga harus menghubungi customer support terlebih dulu.

Pada situs tersebut pun tertulis cara log-in bagi pengunjung, "Perhatian! Kepada para member yang mengalami masalah saat log-in, segera menghubungi Customer Support kami melalui SMS ke 0819-3131-7756".

Namun demikian, para pengunjung bisa masuk ke situs tersebut melalui subdomain situs, yaitu http://website.informer.com/cewebisyar.com. Di sana pengelola menampilkan beberapa foto wanita seksi setengah telanjang dalam berbagai pose. Saat pengunjung mengakses foto tersebut maka tampilan layar akan kembali pada home www.cewebisyar.com.

Pada tampilan http://website.informer.com/cewebisyar.com, pengelola menjelaskan, situs tersebut merupakan situs komunitas wanita bayaran Indonesia dan Asia. Artinya, ruang lingkupnya tidak hanya Kota Bandung atau Indonesia saja, tetapi sudah merupakan jaringan mafia prostitusi di wilayah Asia.

Hasil penelusuran, situs ini pun menampilkan sejumlah wanita dari beberapa wilayah Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Bali, Manado, dan Yogyakarta. Selain dari sejumlah negara Asia, yaitu Cina, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Polda Jabar

Sementara itu, Polda Jabar langsung melakukan penyelidikan terhadap situs prostitusi online tersebut. "Kami langsung turunkan tim cyber untuk melakukan penyelidikan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Martinus Sitompul saat dikonfirmasi "GM" melalui telepon, Selasa (5/2) malam.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Abdul Rakhman Baso melalui Kasat Reskrim AKBP Trunuyodo Wisnu Andiko didampingi Wakasat Reskrim, Kompol Agung Masloman kepada wartawan, Selasa (5/2) malam mengatakan, pihaknya sudah mengetahui adanya situs tersebut. Aparat dipastikan akan melacak admin pembuat www.cewebisyar.com yang secara terang-terangan menawarkan prostitusi secara online itu.

Situs Prostitusi Harus Terungkap

Kapolda Jabar Irjen Anis Angkawijaya memberi waktu tiga hari kepada jajarannya, untuk mengungkap situs prostitusi online www.cewebisyar.com, yang menghebohkan warga Kota Bandung beberapa hari terakhir ini.

Pihaknya, kata Kapolda, bahkan telah berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk mengungkap kasus ini.

Seperti dikutip dari tribunnews.com. "Penyelidikan sudah jalan terkait situs-situs porno itu. Saya sampaikan kepada tim yang menyelidiki kasus ini, tiga hari terungkap mulai kemarin (Selasa)," ujar Kapolda di Mapolda Jabar, Rabu (6/2) .

Sementara, Wali Kota Bandung Dada Rosada mengaku prihatin dengan adanya situs prostitusi online, apalagi seperti yang diberitakan, banyak wanitanya asal Bandung.

"Bandung Kota Agamis. Masa ada prostitusi lewat online? Jelas harus ditindak," ucap Dada seusai mengikuti apel persiapan pilgub di Pendopo Kota Bandung, Rabu.

Menurut Dada, protitusi terjadi bukan saja karena masalah ekonomi, tapi bisa juga karena hobi.

 Pengakuan Member: Foto Wanita Seksi di Situs Prostitusi Itu tidak Meleset
Tiga kategori yaitu Silver, Gold, dan Platinum, membedakan setiap member yang tergabung di situs prostitusi online berslogan 'Komunitas Cewe Bayaran Indonesia & Asia'. Member resmi leluasa menjelajahi koleksi foto-foto wanita bayaran nan seksi. Aslikah foto wajah itu?

Dua member platinum pria berbagi kisahnya saat ditemui di lokasi berbeda Kota Bandung, Rabu (6/2/2013) malam.

"Wajah itu tidak meleset seperti aslinya," kata Vava (33), nama samaran.

Vava menerangkan, member bisa mendapat puluhan koleksi foto wanita yang dilengkap biodata, nomor telepon, tarif kencan, dan layanan style seks dijanjikan. Ia mengaku baru sekali memboyong salah satu wanita yang fotonya terpampang di situs tersebut.

"Waktu itu saya booking cewek berdomisili di Jakarta. Dia mau datang ke Bandung. Ternyata pas ketemuan sesuai foto yang saya pilih," ungkap lelaki berkacamata ini saat ditemui di salah satu mal.

Vava member Platinum. Dia bergabung sejak enam bulan lalu. November 2012, Vava menggaet wanita bayaran asal Jakarta yang berusia diperkirakan 25 tahun. Dirinya tidak membuka info soal berapa lama waktu kencan ditawarkan sang wanita. Pegawai swasta ini hanya menyebut merogoh duit sebanyak Rp 2,5 juta, termasuk ongkos pergi pulang buat cewek itu ke Jakarta.

"Saya penasaran saja," kilahnya.

Vava pun mengorek info terhadap wanita panggilan itu. Sekaligus ingin memastikan situs. Ia sempat menanyakan apakah foto-foto wanita lainnya berkegiatan serupa. "Cewek itu bilang memang mengenal beberapa orang yang tampil di situs. Terutama foto wanita dari Jakarta," jelasnya.

Pernyataan Vava, makin diperkuat pengakuan Romeo (28) -nama samaran-. Romeo member Platinum sejak pertengahan Desember 2012 lalu. Ia mengklaim sudah mengencani tiga wanita asal Bandung.

"Tiga kali saya booking cewek yang berbeda. Semuanya sesuai dengan foto yang terpasang di situs tersebut," beber Romeo sewaktu berjumpa di kafe, kawasan Dago.

Ia meyakini, situs itu nyata menawarkan wanita-wanita bayaran. "Kalau waktu itu ternyata wanitanya beda sama yang di foto, saya pasti komplain dong," kata Romeo.

Romeo dan Vava sebagai member resmi difasilitasi kanal khusus oleh pengelola situs. Kanal sewaktu online memamerkan deretan foto-foto wanita berpose syur yang siap menawarkan jasa seksual.

Romeo dan Vava memiliki pengalaman serupa perihal awal gabung ke situs yang menyajikan pula layanan party seks itu. Menurut keduanya, menengok isi rahasia situs itu perlu memliki username dan password. Pengelola atau admin web meminta calon anggota membeli username dan password. Caranya menghubungi customer support (CS) melalui pesan singkat atau telepon ke nomor GSM.

Setelah itu CS balas SMS sambil menawarkan tiga kategori member yang diinginkan yalni Silver, Gold, dan Platinum. Masing-masing kategori memiliki tawaran layanan unggulan. Usai keputusan terbidik, Romeo dan Vava selaku calon anggota Platinum mentrasfer duit sebanyak Rp 1.250.000 ke Bank Central Asia (BCA)

Setelah uang pendaftaran ditransfer, CS segera memberikan username dan password. Romeo dan Vava pun resmi menyandang member platinum. Member paket ini bisa menikmati seluruh layanan, termasuk party sex. Sementara dua paket member lainnya dibatasi.
Kapolda Jabar Targetkan 3 Hari Ungkap Situs Prostitusi Online
 Bandung - Kapolda Jabar Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya memerintahkan anggotanya bergerak cepat mengusut situs prostitusi online berslogan 'Komunitas Cewe Bayaran Indonesia & Asia'. Ia yakin anak buahnya mampu mengusut tak lebih lima hari.

"Target tiga hari terungkap," jelas Anis kepada wartawan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (6/2/2013).

Tiga hari itu, menurut Anis, diberlakukan sejak kemarin, Selasa (5/2/2013). Intinya Jenderal bintang dua ini mengisyaratkan personelnya akan berhasil membongkar keberadaan situs tersebut.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat terungkap," ucap Anis sembari tersenyum.

Keberadaan situs prostitusi online cukup menggemparkan. Situs yang jumlah membernya lima ribu lebih itu kini tengah dibidik kepolisian. Situs ini menawarkan sejumlah perempuan untuk melayani syahwat laki-laki hidung belang. Bahkan setiap bulannya, bagi member platinum, pengelola situs menawarkan pesta seks yang diadakan di hotel berbintang lima di tiga kota besar yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya

Bandung bergoyang - Jumlah member situs prostitusi online hingga pukul 18.18 WIB, Selasa (5/2/2013) mencapai 5.657 orang. Sementara jumlah perempuan yang ditawarkan pengelola situs tidak dicantumkan. Untuk menjadi member situs ini, diwajibkan membayar sejumlah uang sesuai dengan paket keanggotaan. Namun hingga kini belum diketahui kebenaran informasi di situs ini.

Pantauan detikbandung, pengelola menyediakan tiga paket keanggotaan yaitu silver, gold, dan platinum.

Untuk menjadi member silver, harus membayar Rp 500 ribu dan itu berlaku seumur hidup. Member juga tidak dikenakan biaya bulanan. Namun layanan yang bisa diakses dibatasi. Disebutkan member silver hanya bisa membooking perempuan dari Jakarta, Surabaya, Bali, Solo, dan Manado.

Sementara untuk member gold dikenai Rp 700 ribu yang berlaku seumur hidup. Member juga tidak dikenai biaya bulanan. Meski akses layanan dibatasi sama dengan member silver, namun ditambah pemijat plus dari Jakarta dan Bandung.

Sedangkan untuk member platinum harus membayar Rp 1,2 juta yang juga berlaku seumur hidup. Member paket ini bebas mengakses semua layanan, termasuk akan ditawari pesta seks setiap bulan. Jumlah setiap party sex dibatasi 50 member. Disebutkan pesta tersebut digelar di hotel berbintang lima yang ada di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Terakhir diumumkan jika pesta seks digelar di Kota Bandung pada 2-3 Februari lalu. Situs ini terlihat aktif. Pada tanggal 4 Februari kemarin, pengelola masih melakukan update aktivasi member. Pengelola juga tampaknya benar-benar menjaga keamanan layanannya. Bagi yang belum masuk member, tidak bisa mengakses kanal-kanal yang disediakan.

Menanggapi temuan situs ini, Polda Jabar berjanji akan langsung melakukan penyelidikan.

"Kami langsung turunkan Tim Cyber untuk menyelidikinya," jelas Kabidhumas Polda Jabar Komnbes Pol Martinus Sitompul saat dikonfirmasi wartawan via telepon, Selasa (5/2/2013).

Martin menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan apakah foto-foto wanita dalam situs itu benar apa adanya. Ia pun enggan terburu-buru menyimpulkan situs itu benar atau tidak menyediakan wanita bayaran bagi pria hidung belang.

"Masih diselidiki. Kami juga nanti akan informasikan dan koordinasi juga ke Mabes Polri. Semoga cepat terungkap," ujar Martin.






BI dan TNI AL 'Berantas' Uang Tak Layak di Pulau-pulau Terpencil Papua

Posted: 06 Feb 2013 07:26 PM PST

BI dan TNI AL 'Berantas' Uang Tak Layak di Pulau-pulau Terpencil Papua
Perbatasan RI-PNG (Foto: Suhendra)

Jakarta - Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan pelaut TNI AL melakukan operasi kas keliling dan sosialisasi keaslian uang ke pulau-pulau terpencil di Papua-Ternate mulai tanggal 7-16 Februari 2013. Kas keliling bertujuan menarik atau menukarkan uang-uang tak layak yang beredar di masyarakat.

Kegiatan ini merupakan operasi yang kelima kali dilakukan oleh BI bersama TNI AL. Pulau-pulau yang dilewati antaralain Pulau Supiori, Pulau Bras, Sorong, Pulau Waigeo, Pulau Gebe, Pulau Joronga, dan Pulau Ternate, dengan dukungan Kapal TNI AL KRI Sultan Nuku.

"Jadi hitungannya bukan ekonomis, tapi soal kedaulatan negara, bagaimana rupiah jadi legal trader di seluruh wilayah kita, itu yang kita lakukan," kata Direktur Eksekutif Pengedaran Uang BI Lambok Antonius Siahaan di Jayapura, Kamis (7/2/2013)

Ia mengatakan selama ini mekanisme penarikan kembali uang-uang yang tak layak di masyarakat khususnya di pulau-pulau terpencil belum terjangkau oleh bank-bank umum, karena selain memakan biaya distribusi juga soal keamanan. Untuk itu BI sejak 2011 menggencarkan program kas keliling ke wilayah-wilayah terpencil yang tak terjangkau transportasi reguler.

"Kas keliling biasanya kita lakukan pada hari-hari besar, sekarang (pulau terpencil) bersama kapal AL, karena tak ada yang reguler transportasinya, pengedaran uang berbeda dengan barang lainnya, kita ada persyaratannya," katanya.

Rencananya untuk kas keliling kali ini akan 'disebar' uang senilai Rp 7 miliar dalam kondisi 'segar' atau Hasil Cetak Sempurna (HCS). Uang sebesar itu mencakup pecahan Rp 20.000 maupun pecahan kecil lainnya, akan ditukarkan dengan uang yang tak layak seperti kondisinya yang sudah lusuh, ada sobekan, terpotong hingga tiga bagian, ada lubang bekas stapler dan lain-lain.

Sementara itu Kepala Perwakilan BI Jayapura Hasiholan Siahaan mengatakan secara hukum soal pengedaran uang layak di seluruh Indonesia sebagai implementasi dari UU Mata Uang. Pengedaran uang juga terkait juga dengan eksistensi kedaulatan sebuah negara terutama di Pulau-pulau terisolir di Indonesia.

"Awalnya (lepasnya) Pulau Sipadan dan Ligitan, dari situ salah satu barang bukti eksistensi kedaulatan negara adalah mata uang," kata pria yang biasa disapa Olan ini.

Ia menuturkan, kas keliling di kawasan-kawasan terisolir yang tak memiliki akses transportasi memang mau tidak mau harus dilakukan oleh BI dan bekerjasama dengan TNI AL. Alasannya sangat tidak ekonomis jika dilakukan dengan pola komersial, misalnya untuk kas keliling ke Pulau Miangas paling utara Indonesia, dengan nilai hanya Rp 2 miliar namun membutuhkan biasa distribusi hingga puluhan juta rupiah.

"Tantangan disini (pulau terpencil) berbeda kemana-mana mahal. Rencananya kita juga siasati, kerjasama dengan AU, selain melalu transportasi air," katanya. Sebelumnya BI sudah menggelar kas keliling di pulau-pulau terpencil, antaralain:

1. Tanggal 24-30 Juni 2011 di perbatasan Indonesia-Filipina antaralain di Pulau Marore, Pulau Miangas, Pulau Melonguane dan Pulau Lirung. Uang yang dibawa Rp 2 miliar dalam bentuk mayoritas pecahan kecil. Operasi kas keliling tersebut menggunakan KRI Sultan Nuku milik TNI AL.

2. Tanggal 18-25 Juli 2011 Kepulauan Anambas-Natuna mencakup Pulau Jemaja, Pulau Tarempa, P. Laut/Sekatung, Pulau Ranai dan Pulau Subi.
Uang yang dibawa mencapai Rp 3 miliar sebagian besar pecahan kecil, acara ini menggunakan kapal KRI Teluk Sibolga.

3. Tanggal 4-15 Mei 2012
Kepulauan Maluku-NTT antaralain di Pulau Geser, Pulau Tual, Pulau Tanimbar, Pulau Kisar dan Pulau Wetar. Uang yang dibawa mencapai Rp 10 miliar, kapal yang digunakan KRI Untung Suropati

4. 29 Agustus-30 September 2012
Mencakup Pulau Maumere, Pulau Lembata, Pulau Buru, Pulau Morotai, Pulau Marampit, Pulau Marore dan Pulau Balabagan. Uang yang dibawa Rp 17,4 miliar menggunakan KRI Banda Aceh.
 

Tata Cara Endorse tiket Batavia ke Mandala,Tiger Airways dan Citilink

Posted: 06 Feb 2013 03:39 PM PST

Selain tiket Batavia bisa ditukar dengan tiket citilink, Tiket Batavia juga bisa digunakan untuk terbang dengan Mandala atau Tiger Airways


 
Pelaut yg sudah terlanjur membeli tiket pesawat Batavia Air, Saat ini anda pemilik tiket Batavia bisa menukarkan tiket pesawat terbang yg sudah terbeli untuk untuk penerbangan dari tanggal 11 Pebruari 2013 sampai dengan tanggal 30 April 2013, tiket Batavia anda dapat ditukarkan dan digunakan untuk penerbangan dengan pesawat Mandala atau Tiger Airways.

Rute-rute penerbangan pemilik tiket batavia yg dapat dilayani oleh pesawat Citilik yaitu;

Jakarta - Surabaya  pp
Jakarta - Padang pp
Jakarta - Pekan Baru pp
Surabaya - Jakarta pp
Jakarta - Kuala Lumpur, Malaysia pp
   
Tata Cara Endorse Batavia ke Mandala atau Tiger :
Pengalihan penumpang Batavia ke Maskapai Mandala atau Tiger
Untuk rute berikut SUB-CGK, CGK-SUB, CGK-PKU, CGK-PDG, CGK-KUL
Bisa Menghubungi Call Center Mandala atau Tiger Airways
er 

airways (081 316 673 654) KRISTIN
Demikian Tata Cara Endorse tiket Batavia ke Mandala

Tiket Batavia bisa ditukar dengan tiket citilink

Posted: 06 Feb 2013 03:37 PM PST

 tiket Batavia bisa ditukar dengan tiket citilink


Pelaut yg mempunyai  tiket Batavia yg sudah pailit itu, Saat ini anda pemilik tiket Batavia bisa menukarkan tiket pesawat terbang yg sudah terbeli untuk untuk penerbangan dari tanggal 11 Pebruari 2013 sampai dengan tanggal 30 April 2013, tiket Batavia anda dapat ditukarkan dan digunakan untuk penerbangan dengan pesawat Citilink.

Rute-rute penerbangan pemilik tiket batavia yg dapat dilayani oleh pesawat Citilik yaitu;

Jakarta - Batam  pp
Batam - Jakarta 
Ujung Pandang - Jakarta pp
Surabaya - Lombok pp
Jakarta - Denpasar, Bali pp
   
Tata Cara Endorse Batavia ke Citilink :
Untuk penerbangan tgl 11 Pebruari 2013 dapat ditukar dikantor Citilink, proses re-booking mulai tanggal 8 Pebruari 2013
Rute yang dilayani : CGK-BTH vv, UPG-CGK vv, SUB-LOP vv dan CGK-DPS vv


Penerbangan hanya disediakan untuk tanggal keberangkatan (DOT) sampai tanggal 30 April 2013
Bagi yang memiliki tiket Batavia Air setelah tanggal 30 April 2013, dapat meminta re-booking
Untuk melakukan re-booking, silahkan hubungi kantor penjualan tiket Citilink di Airport terdekat


Demikian Tata Cara Endorse Batavia ke Citilink

No comments:

Post a Comment