Thursday, January 3, 2013

Berita Kapal

Berita Kapal


Lowongan Kerja Pelaut Terbaru 03 Januari 2013 Di Kapal ASD Tug Kuwait

Posted: 03 Jan 2013 01:24 AM PST

 

Lowongan Kerja Pelaut Terbaru 03 Januari 2013 Di Kapal ASD Tug Kuwait

Dibutuhkan segera Kelas 1 atau 2 Master and Engenir gaji sekitar USD$6000 -  5500.
kontrak 3bulan,setelah selesai kontrak akan mendapat bonus.
untuk AB dibutuhkan 5orang gaji USD$700 kontrak 6bulan + bonus.wilayah operasi kuwait.perusahan SMIT

Thanks



_
Lowongan Kerja Pelaut Terbaru 03 Januari 2013 Di Kapal ASD Tug Kuwait

Job Pelaut Crew Required for AHTS DP2 vessels

Posted: 03 Jan 2013 01:25 AM PST

 

Job Pelaut Crew Required for AHTS DP2 vessels
Lighthaus is always looking for new seafarers who can join our vessels with our principals.

We are looking for crews for Positions:

- Master
- CO
- 2O
- 3O
- CEO
- 2E
- 3E
- ETO
- Bosun
- AB
- Oiler
- Fitter
- Cook
- Steward

We need candidates who has AHTS DP2 and PSV DP2 Expeirences.

You can apply and submit your applications to;

https://light.crewinspector.com/public/

Thank you

Job Pelaut Crew Required for AHTS DP2 vessels

Lowongan Pelaut Terbaru 3 January 2013 URGENT!!! 3rd Officer

Posted: 03 Jan 2013 01:21 AM PST

 

Lowongan Pelaut Terbaru 3 January 2013 URGENT!!! 3rd Officer

Dear Seafarers,
Kami sedang mencari kandidat  untuk kapal chemical tanker untuk posisi:

  
3/O
    Salary                 : USD 2730
    Type                   : Chemical Tanker
    Contract            : 6 Months
    Trading Area : Asia

Memiliki Sertifikat Chemical Tanker dan Pengalaman Di kapal Chemical  

Silahkan kirim CV ke :
mcsi_crewing@yahoo.com atau ade.sukron@hits.co.id

Brgds,
Ade Sukron
PT.
MCSInternasional
subsidiary of PT.
HumpussIntermoda
Transportasi Tbk.
Granadi Building 5th Floor

Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta

Phone: (62 21) 252
4114 Ext. 182
Fax :
021-52964555
Mail : ade.sukron@hits.co.id
Lowongan Pelaut Terbaru 3 January 2013 URGENT!!! 3rd Officer

Job Pelaut DIBUTUHKAN MASTER UNTUK KAPAL TANKER PRODUCT

Posted: 03 Jan 2013 01:20 AM PST

 

DEAR ALL,

DIBUTUHKAN MASTER UNTUK KAPAL TANKER PRODUCT :
- COC CLASS I ( PENGALAMAN KAPAL TANKER )
- GAJI 6248 USD
- CONTRACT 7 BULAN
- KAPAL DWT 17.000
BAGI YANG BERMINAT KIRIM CV KE sp.tanker@yahoo.com
ATAU FAX NO. 021 5208047

TERIMA KASIH,
SP TANKER

Lowongan Kerja Pelaut 2013 Urgently Master and Chief Engineer Crew Boat UAE

Posted: 03 Jan 2013 01:19 AM PST

 

Lowongan Kerja Pelaut 2013 Urgently Master and Chief Engineer Crew Boat UAE

Please advise availability of good experienced Masters for crew boat to work under UAE waters/residence visa.

The Masters must be II/2 certificates with salary 140 – 160/per day for ANT II and 150 – 180/per day for ANT-I certificate with 3 – 4 months contract duration.

The Chief Engineer must be II/2 certificates with salary 130 – 150/per day for ATT II and 150 – 175/per day for ATT-I certificate with 3 – 4 months contract duration.

Salary will be varied for each candidate – subject to their certification, knowledge and experience etc.

1. Updated CV with details of sea service and candidate's signature

2. COC and Endorsements and all valid STCW training certificates

3. Passport copy

4. Seaman book copies of all pages with details of sea service evidence as each vsl details mentioned on CV.

5. Reference from previous employer

6. Medical fitness certificate

7. Salary expectation and availability

Best Regards,

PT.Merlin Services Indonesia
E-Mail : merlin.service@yahoo.com


Lowongan Kerja Pelaut 2013 Urgently Master and Chief Engineer Crew Boat UAE

Job Pelaut URGENTLY C/E, 2/E, 2/O, electrician

Posted: 03 Jan 2013 01:17 AM PST

 

Dear All,

Kami dari PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), membutuhkan posisi :

*NAHKODA** (Kawasan) :*

1. Ijazah ANT I,II
2. Berpengalaman minimal 5 (Lima) tahun

*
MASINIS II (2/E)
*

1. Ijazah ATT II,III
2. Berpengalaman minimal 2 (dua) tahun

*
**MUALIM II (2/O)***

1. Ijazah ANT II, III
2. Berpengalaman minimal 2 (dua) tahun

*ELECTRICIAN*

1. Berpengalaman minimal 3 (tiga) tahun
2. Menguasai sistem kelistrikan kapal dan elektronika kapal

Apabila berminat silahkan untuk bisa mengirimkan CV langsung melalui
email ke :
recruitment_crew@spil.co.id

Warm Regards,
/Ship Personnel Management /
*PT Salam Pacific Indonesia Lines*
Jl. Kalianak 51 F
SURABAYA

/PS. KAMI DARI MANAGEMENT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2013, SEMOGA
DI TAHUN INI SELALU DIBERIKAN KESEHATAN DAN KESUKSESAN. AMIEN..../

Lowongan Pelaut Terbaru 2013 URGENTLY MASTER, 2/E, 2/O, electrician

Posted: 03 Jan 2013 01:18 AM PST

 

Lowongan Pelaut Terbaru 2013 URGENTLY MASTER, 2/E, 2/O, electrician

Kami dari PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), membutuhkan posisi :

*NAHKODA** (Kawasan) :*

1. Ijazah ANT I,II
2. Berpengalaman minimal 5 (Lima) tahun

*
MASINIS II (2/E)
*

1. Ijazah ATT II,III
2. Berpengalaman minimal 2 (dua) tahun

*
**MUALIM II (2/O)*

1. Ijazah ANT II, III
2. Berpengalaman minimal 2 (dua) tahun

*ELECTRICIAN*

1. Berpengalaman minimal 3 (tiga) tahun
2. Menguasai sistem kelistrikan kapal dan elektronika kapal

Apabila berminat silahkan untuk bisa mengirimkan CV langsung melalui
email ke :
recruitment_crew@spil.co.id

Warm Regards,
/Ship Personnel Management /
*PT Salam Pacific Indonesia Lines*
Jl. Kalianak 51 F
SURABAYA

/PS. KAMI DARI MANAGEMENT MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2013, SEMOGA
DI TAHUN INI SELALU DIBERIKAN KESEHATAN DAN KESUKSESAN. AMIEN..../

Lowongan Pelaut Terbaru 2013 URGENTLY MASTER, 2/E, 2/O, electrician

Lowongan Pelaut Terbaru 03 Januari 2013 Untuk Master and CE for Crewboat

Posted: 03 Jan 2013 01:08 AM PST

 

Lowongan Pelaut Terbaru 03 Januari 2013 Untuk Master and CE for Crewboat

Our client are requiring these following positions :

1. Master Class IV
2. CE Class II

for joining Crewboat vessel GRT 144, trading area persian gulf, contract 12 +/- 1 months, candidates must have at least 2 years experience on crew boat, English speaking, hold valid travel documents and STCW certificates.

Salary offered is negotiable during interviewed by the ship owner.

Should you're interested with the vacancy, please send your resume and scanned all supported documents (in jpg) to :

ciptacrew@ciptakaryain.com

Thank you.
Maria Eka Pratiwi
Crewing Operational Manager
PT. Ciptakarya Intisemesta
Jln. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62
Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540
www.ciptakaryain.com


Lowongan Pelaut Terbaru 03 Januari 2013 Untuk Master and CE for Crewboat

Jenis-jenis Kapal Laut di Indonesia

Posted: 02 Jan 2013 06:01 PM PST

Jenis-jenis Kapal Laut di Indonesia

Quote:
  Sumber
Quote:
Spoiler for Kapal Pesiar:
Quote:
Kapal pesiar (bahasa Inggris: cruise ship atau cruise liner) adalah kapal penumpang yang dipakai untuk pelayaran pesiar. Penumpang menaiki kapal pesiar untuk menikmati waktu yang dihabiskan di atas kapal yang dilengkapi fasilitas penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Sebagian kapal pesiar memiliki rute pelayaran yang selalu kembali ke pelabuhan asal keberangkatan. Lama pelayaran pesiar bisa berbeda-beda, mulai dari beberapa hari sampai sekitar tiga bulan tidak kembali ke pelabuhan asal keberangkatan.

Kapal pesiar berbeda dengan kapal samudra (ocean liner) yang melakukan rute pelayaran reguler di laut terbuka, kadang antar benua, dan mengantarkan penumpang dari satu titik keberangkatan ke titik tujuan yang lain. Kapal yang lebih kecil dan sarat air kapal yang lebih rendah digunakan sebagai kapal pesiar sungai.
Quote:
Spoiler for Kapal Penumpang:
Quote:
Kapal penumpang adalah kapal yang digunakan untuk angkutan penumpang. Untuk meningkatkan effisiensi atau melayani keperluan yang lebih luas kapal penumpang dapat berupa kapal Ro-Ro, ataupun untuk perjalanan pendek terjadwal dalam bentuk kapal feri.

Di Indonesia perusahaan yang mengoperasikan kapal penumpang adalah PT. Pelayaran Nasional Indonesia yang dikenal sebagai PELNI, sedang kapal Ro-Ro penumpang dan kendaraan dioperasikan oleh PT ASDP, PT Dharma Lautan Utama, PT Jembatan Madura dan berbagai perusahaan pelayaran lainnya.
Quote:
Spoiler for Kapal Ro-Ro:
Quote:
Kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk kedalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga sehingga disebut sebagai kapal roll on – roll off disingkat Ro-Ro, untuk itu kapal dilengkapi dengan pintu rampa yang dihubungkan dengan moveble bridge atau dermaga apung ke dermaga.

Kapal Roro selain digunakan untuk angkutan truk juga digunakan untuk mengangkut mobil penumpang, sepeda motor serta penumpang jalan kaki. Angkutan ini merupakan pilihan populer antara Jawa dengan Sumatera di Merak – Bakauheni, antara Jawa dengan Madura dan antara Jawa dengan Bali
Quote:
Spoiler for Kapal Barang/Kargo:
Quote:
Kapal barang atau kapal kargo adalah segala jenis kapal yang membawa barang-barang dan muatan dari suatu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Ribuan kapal jenis ini menyusuri lautan dan samudra dunia setiap tahunnya – memuat barang-barang perdagangan internasional. Kapal kargo pada umumnya didesain khusus untuk tugasnya, dilengkapi dengan crane dan mekanisme lainnya untuk bongkar muat, serta dibuat dalam beberapa ukuran.

Jenis-jenis pengangkutan kargo termasuk kapal kontainer dan pengangkutan massal.

Catatan terawal mengenai aktivitas pengangkutan laut menyebut pengangkutan barang-barang untuk perdagangan; bukti-bukti sejarah dan arkeologi membuktikan bahwa kegiatan ini sudah meluas pada awal abad ke-1 SM. Keinginan untuk mengoperasikan rute perdagangan untuk jarak yang lebih jauh dan pada lebih banyak musim memotivasi perbaikan dalam desain kapal pada masa Zaman Pertengahan.

Sebelum pertengahn abad ke-19, kasus-kasus pembajakan mengakibatkan kapal-kapal harus dipersenjatai, kadang dengan berat, seperti pada kasus Galleon Manila dan East Indiamen.

Pembajakan masih sering terjadi di lautan sekitar Asia, terutamanya di Selat Malaka. Pada tahun 2004, pemerintah negara-negara yang berbatasan dengan selat ini – Singapura, Indonesia dan Malaysia setuju untuk memberikan perlindungan lebih kepada kapal-kapal yang melintasi selat tersebut.
Quote:
Spoiler for Kapal Tanker:
Quote:
Kapal tanker ialah kapal yang dirancang untuk mengangkut minyak atau produk turunannya. Jenis utama kapal tanker termasuk tanker minyak, tanker kimia, dan pengangkut LNG.

Di antara berbagai jenis kapal tanker, supertanker dirancang untuk mengangkut minyak sekitar Tanduk Afrika dan Timur Tengah. Supertanker Knock Nevis adalah pengangkut terbesar di dunia.

Di samping mengangkut pipa saluran, kapal tanker juga kendaraan untuk mengangkut minyak mentah, yang terkadang dapat menimbulkan malapetaka lingkungan akibat tumpahan minyaknya ke laut. Untuk malapetaka yang terkenal yang diakibatkan oleh kapal tanker, lihat Torrey Canyon, Exxon Valdez, Amoco Cadiz, Erika, Prestige.

Berikut adalah pengelompokan kapal tanker menurut kapasitasnya:

* ULCC (Ultra Large Crude Carrier), berkapasitas 500.000 ton
* VLCC (Very Large Crude Carrier/Malaccamax), berkapasitas 300.000 ton
* Suezmax, yang dapat melintasi Terusan Suez dalam muatan pnuh, berkapasitas 125.000-200.000 to
* Aframax (Average Freight Rate Assessment) berkapasitas 80.000-125.000 ton
* Panamax, yang dapat melintasi pintu di Terusan Panamá, berkapasitas 50.000-79.000 ton.
Quote:
Spoiler for Kapal Tunda/Tug Boat:
Quote:
Kapal tunda adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver / pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Kapal tunda digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya.

Kapal tunda memiliki tenaga yang besar bila dibandingkan dengan ukurannya. Kapal tunda zaman dulu menggunakan mesin uap, saat ini menggunakan mesin diesel. Mesin Induk kapal tunda biasanya berkekuatan antara 750 sampai 3000 tenaga kuda (500 s.d. 2000 kW), tetapi kapal yang lebih besar (digunakan di laut lepas) dapat berkekuatan sampai 25 000 tenaga kuda (20 000 kW). Kebanyakan mesin yang digunakan sama dengan mesin kereta api, tetapi di kapal menggerakkan baling-baling. Dan untuk keselamatan biasanya digunakan minimum dua buah mesin induk.

Kapal tunda memiliki kemampuan manuver yang tinggi, tergantung dari unit penggerak. Kapal Tunda dengan penggerak konvensional memiliki baling-baling di belakang, efisien untuk menarik kapal dari pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Jenis penggerak lainnya sering disebut Schottel propulsion system (azimuth thruster/Z-peller) di mana baling-baling di bawah kapal dapat bergerak 360° atau sistem propulsi Voith-Schneider yang menggunakan semacam pisau di bawah kapal yang dapat membuat kapal berputar 360°.
Jenis kapal tunda

1. Kapal tunda konvensional / Towing or Pusher Tug
2. Kapal tunda serbaguna / Utility Tug
3. Kapal tunda pelabuhan / Harbour Tug
Quote:
Spoiler for Kapal Peti Kemas/Kontainer:
Quote:
Kapal peti kemas (Inggris: containership) adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut peti kemas yang standar. Peti kemas diangkat ke atas kapal di terminal peti kemas dengan menggunakan kran khusus, yang dapat dilakukan dengan cepat.
Quote:
Spoiler for Kapal Keruk:
Quote:
Kapal Keruk atau dalam bahasa Inggris sering disebut dredger merupakan kapal yang memiliki peralatan khusus untuk melakukan pengerukan. Kapal ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan, baik dari suatu pelabuhan, alur pelayaran, ataupun industri lepas pantai, agar dapat bekerja sebagaimana halnya alat-alat levelling yang ada di darat seperti excavator dan Buldoser.

Ada beberapa jenis kapal keruk diantaranya adalah:

Trailing suction hopper dredger

Sebuah trailing suction hopper dredger atau TSHD menyeret pipa penghisap ketika bekerja, dan mengisi material yang diisap tersebut ke satu atau beberapa penampung (hopper) di dalam kapal. Ketika penampung suda penuh, TSHD akan berlayar ke lokasi pembuangan dan membuang material tersebut melalui pintu yang ada di bawah kapal atau dapat pula memompa material tersebut ke luar kapal. TSHD terbesar di dunia adalah milik perusahaan Belgia yaitu Jan De Nul TSHD. Vasco Da Gama (33.000 m3 penampung, 37,060 kW total tenaga yang ada) dan perusahaan Belanda Boskalis TSHD. W.D. Fairway (35.000 m3 penampung).

PT Pengerukan Indonesia memiliki pula kapal keruk jenis ini seperti TSHD. Halmahera dan TSHD. Irian Jaya. Digunakan untuk melakukan maintenance dredging di pelabuhan-pelabuhan seluruh Indonesia.

Shell Drilling Rig Kandas Setelah Putus Tali Towingnya

Posted: 02 Jan 2013 05:59 PM PST

Shell Drilling Rig Kandas Setelah Putus Tali Towingnya

Sebuah rig drilling milik perusahaan minyak belanda di amerika Shell dilaporkan kandas setelah terombang-ambing dilautan luas perairan alaska saat badai dan angin kencang melanda amerika beberapa saat yg lalu. Rig yg diberi nama The Kulluk ini awalnya ditarik oleh kapal tug boat TB. AIVIQ , kecelakaan laut ini terjadi di dekat pulau Kodiak lautan Alaska saat badai North Pacific dengan kecepatan angin hingga 70 mph kuatnya angin dan besarnya ombak di laut saat itu menyebabkan tali towing yg digunakan untuk menggandeng drilling rig tersebut putus dan terlepas dari kapal tunda penariknya.
 

Shell oil drill ship runs aground on remote Alaskan island after storm
Jan 1st 2013, 22:10
  • The Kulluk was being towed by a 360-foot anchor handler and a tugboat when it broke away
  • Grounded on rocks at the small uninhabited island of Sitkalidak in the Gulf of Alaska
  • The Coast Guard planned to fly out early on Tuesday to plan a salvage operation and possible spill response
  • The drilling rig drafts up to 40 feet and is carrying 150,000 gallons of diesel and about 12,000 gallons of lube oil and hydraulic fluid
By Daily Mail Reporter
PUBLISHED: 14:16 EST, 1 January 2013 | UPDATED: 14:34 EST, 1 January 2013
Shell's foray into Arctic offshore drilling has suffered a serious setback after one of its two Alaskan drilling rigs ran aground.
The ship got into trouble on the south side of Sitkalidak - a small uninhabited island in the Gulf of Alaska - while trying to escape a fierce storm on Monday night.
The Kulluk drilling rig was being towed by a 360-foot anchor handler, the Aiviq, and a tugboat, the Alert, when it was grounded on rocks.
The vessels were moving north along Kodiak Island, trying to escape the worst of a North Pacific storm that included winds near 70 mph and ocean swells to 35 feet.
Scroll down for video
Ran aground: The Kulluk drilling rig, pictured, ran aground on an island in Alaska on Monday night during a fierce stormRan aground: The Kulluk drilling rig, pictured, ran aground on an island in Alaska on Monday night during a fierce storm
About 4:15 p.m., the drill ship separated from the Aiviq about 10 to 15 miles offshore. The grounding was inevitable, Coast Guard Cmdr. Shane Montoya told reporters.
'Once the Aiviq lost its tow, we knew the Alert could not manage the Kulluk on its own as far as towing, and that's when we started planning for the grounding,' he said.
The command center instructed the nine tug crew members to guide the drill ship to a place where it would cause the least environmental damage.
The tug cut the unmanned ship loose at 8:15 p.m. and it grounded at 9 p.m. near the north tip of Ocean Bay on Sitkalidak Island.
Towing: The Kulluk drilling rig, pictured center, was being towed by a 360-foot anchor handler, the Aiviq, and a tugboat, the Alert, when it was grounded on rocksTowing: The Kulluk drilling rig, pictured center, was being towed by a 360-foot anchor handler, the Aiviq, and a tugboat, the Alert, when it was grounded on rocks
Tug: The tug Aiviq, pictured, was towing the Kulluk when it broke away on December 31 and was driven to rocks just off Kodiak IslandTug: The tug Aiviq, pictured, was towing the Kulluk when it broke away on December 31 and was driven to rocks just off Kodiak Island
The Coast Guard planned to fly out early on Tuesday to plan a salvage operation and possible spill response. The drill ship drafts up to 40 feet and is carrying 150,000 gallons of diesel and about 12,000 gallons of lube oil and hydraulic fluid, Montoya said.
Susan Childs, Shell's on-scene coordinator, said it was too early to know how the vessel would react to the pounding of the storm. Still, she was optimistic about its salvage prospects and chances for staying intact.
'The unique design of the Kulluk means the diesel fuel tanks are isolated in the center of the vessel and encased in very heavy steel,' she said. 'When the weather subsides and it is safe to do so, we will dispatch crews to the location and begin a complete assessment.'
Spill: The Coast Guard planned to fly out early on Tuesday to plan a salvage operation and possible spill responseSpill: The Coast Guard planned to fly out early on Tuesday to plan a salvage operation and possible spill response
Coast Guard: The Coast Guard HC-130 Hercules aircraft flies over the tugs Aiviq and Nanuq tandem as they towed the mobile drilling unit Kulluk 116 before it ran agroundCoast Guard: The Coast Guard HC-130 Hercules aircraft flies over the tugs Aiviq and Nanuq tandem as they towed the mobile drilling unit Kulluk 116 before it ran aground
The Kulluk is designed for extended drilling in Arctic waters and underwent $292 million in technical upgrades since 2006 to prepare for Alaskan offshore exploration.
The drill ship worked during the short 2012 open water season in the Beaufort Sea off Alaska's north coast. Its ice-reinforced, funnel-shape hull can deflect moving ice downward and break it into pieces.
Attached to a drilling prospect, the Kulluk is designed to handle waves 18 feet high. When disconnected from a well, it's designed to handle seas to 40 feet high.
Garth Pulkkinen of Noble Corp., the operator of the drill ship, said it was never in danger of capsizing.
Help: Help: The crew of the Coast Guard Cutter, pictured, attempted to attach a tow line to the tug Aiviq in 20-foot waves 50 miles south of Kodiak, Alaska, on December 28, before the vessel lost its connection to the Kulluk
Calmer waters: The Kulluk drilling rig, pictured right with the tug Aiviq, is one of two Shell has stationed in Alaskan watersCalmer waters: The Kulluk drilling rig, pictured right with the tug Aiviq, is one of two Shell has stationed in Alaskan waters (file photo)
The vessel's tow line first broke on Thursday night south of Kodiak Island as it was moving from Dutch Harbor in the Aleutian Islands to Seattle for maintenance.
Before a line could be reattached, the Aiviq's engines failed, possibly from contaminated fuel. The Coast Guard cutter Alex Haley attempted to secure the drifting drill ship but that line also failed and wrapped itself around one of the cutter's propellers.
With bad weather predicted, the Kulluk's crew was evacuated on Saturday.
The Aiviq, with its engines restored, and a tug re-established lines to the drill ship, but lines broke Sunday. During a lull in the storm early Monday, the crew of Alert grabbed the original 400-foot line trailing the drill ship and later the Aiviq grappled aboard one of the emergency lines.

No comments:

Post a Comment