Tuesday, March 26, 2013

Berita Kapal

Berita Kapal


Full Ship Simulator AMI Medan Diresmikan

Posted: 26 Mar 2013 07:46 AM PDT

Full Ship Simulator AMI Medan Diresmikan


(Analisa/suhayri) SIMULATOR KAPAL : Direktur AMI Medan Yuris Danilwan (kiri) bersama Kapt Yandri Suwandi Direktur Perkapalan Kemenhub, Kapt Indra Prayatna Kepala Pusat SDM Perhubungan Laut usai meresmikan digunakannya simulator kapal AMI Medan, Sabtu (23/3).

Medan, (Analisa). Full Ship Simulator Akademi Maritim Indonesia (AMI) Medan senilai Rp 7,5 M atau sekitar US $ 8.500 diresmikan penggunaannya di kampus AMI Jalan Brigjen Bejo Nomor 125 Medan, Sabtu (23/3).
 
Direktur Perkapalan dan Kelautan Kemenhub Kapten Indra Prayatna usai kegiatan itu mengatakan, keberadaan simulator ini diyakini akan meningkatkan kualitas serta kualifikasi lulusan AMI. "Apalagi biaya pengadaan alat peraga untuk mengemudikan kapal ini relatif sangat mahal dan didatangkan dari India," katanya.

Menurut Indra Prayatna, serapan lulusan akademi kemeritiman ke pasar kerja saat ini semakin tinggi. Hal itu dengan melihat tingkat pertumbuhan kapal dari seluruh jenis di Indonesia yang mencapai 3000 unit per tahun dengan jumlah lulusan akademi maritim berkisar 2000 lulusan se tanah air.

Apalagi, jelasnya setiap tahun lebih separuh dari lulusan akademi maritim di Indonesia direkrut maskapai pelayaran asing, sehingga kebutuhan domestik perwira pelaut kita belum mencukupi. Ditambah lagi Indonesia sebagai negara kelautan yang membutuhkan perwira pelaut profesional serta menguasai ilmu kemaritiman.

Khidmat
Peresmian berlangsung khidmat dan sederhana dihadiri Konsul Jendral India di Medan, Baser Ahmed, Kepala Pusat SDM Perhubungan Laut Kapten Indra Prayatna, Gubsu diwakili Drs Saut Aritonang, Ketua Yayasan Pendidikan Maritim Medan Irianif Sani SE AAAIK, Kepala Otoritas Belawan Chandra Irawan, Kepala Syahbandar Utama Belawan Benyamin Tangkuman, utusan AMI Makasar, Yogyakarta, Semarang, Jakarta dan undangan lainnya.

Direktur AMI Medan Yuris Danilwan SE, M.Si kepada wartawan mengatakan, simulator merupakan keseriusan AMI untuk meningkatkan kompetensi lulusan sesuai kualifikasi IMO. Oleh karenanya untuk menunjang penggunaan simulator itu, AMI juga meresmikan pusat latihan dasar komputer bagi mahasiswa.

"AMI berusaha menjawab kebutuhan industri pelayaran dengan berupaya memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan," kata Yuris.

Gubsu diwakili Kasubdis Dikmenti Dinas Pendidikan Sumut Drs Saut Aritonang menyampaikan apresiasinya dengan peningkatan kualitas lulusan AMI Medan. Diharapkan akademi ini akan lebih meningkatkan kualitasnya baik untuk nasional dan internasional, kata Aritonang.

Pada kesempatan peresmian itu, seluruh undangan berkesempatan menyaksikan langsung penggunaan simulator dan beberapa perangkat penting lainnya. (rmd)

Bea dan Cukai Gagalkan Penyelundupan 45 Ton Bawang Merah

Posted: 26 Mar 2013 07:42 AM PDT

Bea dan Cukai Gagalkan Penyelundupan 45 Ton Bawang Merah
Bea dan Cukai Gagalkan Penyelundupan 45 Ton Bawang Merah Liputan6.com, Jakarta : Bea Cukai menangkap kapal Malaysia yang berusaha menyelundupkan 45 ton bawang merah ke Indonesia.

"Kapal tersebut lewat Aceh. Itu mungkin penyelundupan, jadi kalau penyelundupan tidak perlu Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan dokumen-dokumen," kata Direktur Jenderal Bea Cukai Agung Kuswandono, Selasa (26/3/2013).

Agung menuturkan, kapal dari Malaysia ini mempunyai muatan 45 ton bawang merah. Penyelundupan terjadi karena sejumlah oknum tergiur meraup keuntungan di tengah tingginya harga bawang merah di Indonesia yang mencapai sekitar Rp 45 ribu per kilogram (kg).

"Kalau sesuai isi Permentan Nomor 60 Tahun 2012, kalau bawang merah itu tidak boleh masuk Pelabuhan Aceh, namun melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara," kata Agung.

Dia mengungkapkan, pihak Bea dan Cukai mendapatkan informasi perihal aksi penyelundupan bawang merah tersebut pada pukul 02.00 pagi.

Pihak Bea Cukai akan memberikan hukum kepabeanan dalam menindaklanjuti masalah penyelundupan tersebut. (Dis/Nur)

Tingginya biaya pelabuhan bikin produk lokal mahal

Posted: 26 Mar 2013 07:40 AM PDT

Tingginya biaya pelabuhan bikin produk lokal mahal 
 Tingginya biaya pelabuhan bikin produk lokal mahal Mahalnya produk buatan dalam negeri dibandingkan dengan impor, menurut Kamar Dagang dan Industri karena biaya logistik yang mahal di dalam negeri. "Lama kelamaan produk kita ini tidak laku, karena biaya logistik kita mahal yang berdampak kepada mahalnya produk dalam negeri," ujar Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Logistik Carmelita Hartoto di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (26/3).

Dia mencontohkan biaya pelabuhan di Indonesia juga cukup mahal dibandingkan dengan biaya pelabuhan luar negeri, sehingga serbuan produk asing lebih murah dibanding produk dalam negeri.

Sebagai komparasi dari Singapura ke Jepang biaya kapal USD 600 dan biaya pelabuhan USD 200, sementara dari Jakarta ke Medan biaya kapal Rp 6 juta sedangkan biaya pelabuhan Rp 3,5 juta.

Tingginya biaya logistik, membuat pengusaha logistik Indonesia membeli armada kapal yang juga tua sehingga ongkos perawatan lebih mahal. "Ya akhirnya harga produk kan akan berimbas lebih mahal juga," ujarnya.

Pengamat Transportasi Yamin Jingca mengakui bahwa mahalnya biaya logistik dikarenakan 3 faktor, yakin muatan, kapal, pelabuhan dan infrastruktur. "Kita harus menegaskan pemerintah untuk segera membangun infrastruktur khususnya infrastruktur transportasi." ujarnya.

Permasalahan akses darat pun masih menjadi faktor mahalnya biaya logistik, karena akses transportasi geometrik jalan yang masih bermasalah. "Sekarang banyak kontainer menumpuk di pelabuhan, karena masih banyak pelabuhan yang dibangun tidak singkron dengan akses transportasinya," katanya.

Dari Bintan, Ke Singapura Hanya 70 Menit!

Posted: 26 Mar 2013 07:34 AM PDT

Dari Bintan, Ke Singapura Hanya 70 Menit!

Bintan Lagoon Resort, Bintan, Kepulauan Riau (Foto: timeoutsingapore)
Bintan Lagoon Resort, Bintan, Kepulauan Riau (Foto: timeoutsingapore)
KE negara tetangga kini tak perlu susah lagi. Bila menginap di Bintan Lagoon Resort, Kepulauan Riau, Anda bisa dengan mudah mencapai Singapura hanya dengan kapal ferry.

Salah satu hotel milik jaringan Worldhotels di Indonesia, Bintan Lagoon Resor, telah meluncurkan layanan kapal ferry antara Bintan dan Singapura. Dua kapal ferry berkecepatan tinggi yang dapat memuat 266 penumpang siap melayani tamu-tamu Bintan Lagoon Resor yang ingin ke Singapura.

Hanya dalam waktu 70 menit, wisatawan dapat mencapai Terminal Ferry Tanah Merah di Singapura, langsung dari Bintan Lagoon Resort. Kapal ferry ini akan ada lima kali sehari dari Senin hingga Kamis dan tujuh kali sehari pada Jumat hingga Sabtu.

"Dengan ini, Bintan Lagoon Resort kini adalah resor bintang lima Indonesia yang paling dekat ke Singapura," kata Robert Ramey, Managing Director of Mozaic Hotels & Resorts Managemen Bintan Lagoon Resor, di Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Bintan Lagoon Resort adalah salah satu resor mewah di Indonesia, yang berlokasi di Laut China Selatan dan Kepulauan Riau. Resor bintang lima ini memiliki lapangan golf, menghadap langsung ke pantai, dan memiliki 437 kamar mewah juga spa.


Mau pesan tiket pesawat ke Batam, Bintan atau Singapore silahkan kunungi Binaga Tours & Travel disini http://bisnis-ticket-pesawat-online.blogspot.com/

Mengenal Terusan Kiel Jalan Tol Kapal

Posted: 26 Mar 2013 07:31 AM PDT

Mengenal Terusan Kiel Jalan Tol Kapal

Nord-Ostsee-Kanal  
 Kapal di Ladang Raps
Kapal muatan melintasi negara bagian Schleswig Holstein menggunakan rute pendek lewat Terusan Kiel yang hanya sepanjang 100 kilometer. Jauh lebih pendek dibandingkan rute melalui Denmark. Tapi terusan ini tidak aman karena pintu air yang sudah terlalu tua.

Setiap tahun lebih dari 40.000 kapal melewati Terusan Kiel di Jerman . Teknologinya peninggalan dari masa kekaisaran. Pintu air harus segera diperbaharui. Apakah ini akan menyebabkan kekacauan lalu lintas laut? 
 Nord-Ostsee-Kanal

Impian Lama

Keinginan membangun jalan pintas seperti ini sudah tercetus 1500 tahun yang lalu. Bangsa Viking melayari sungai dan laut alami, untuk rute pendek kapalnya ditarik menggunakan lembu lewat daratan. 230 tahun lalu tercipta terusan pertama untuk kapal laut. 1895 Terusan Kiel dibuka dan terus diperluas di tahun-tahun berikutnya. 
Nord-Ostsee-Kanal

Pemegang Rekor

Lebih 40.000 kapal setiap tahunnya melintasi Terusan Kiel. Ini rekor dunia. 300.000 ton barang setiap hari bergerak di perairan tersebut. Hanya 100 kapal yang diperlukan untuk mengangkutnya, sementara lewat jalur darat perlu 15.000 truk barang. Manfaat praktis terusan ini tidak terbantahkan.
 Flash-Galerie Luxuskreuzfahrtschiff auf dem Nord-Ostsee-Kanal

Dilewati Kapal Besar

Kapal pesiar mewah yang besar seperti „Norwegian Dream" juga bisa menggunakan terusan yang menghubungkan Laut Utara dengan Laut Baltik tersebut. Kapal ini panjangnya 230 meter, lebar 29 meter dan memiliki sepuluh lantai. Pintu air yang kecil terlalu sempit. Kapal raksasa ini harus melewati satu dari empat pintu air besar Terusan Kiel. Tapi awal Maret tahun ini muncul masalah . 
Nord-Ostsee-Kanal 

Teknologi Bobrok

Di Brunsbüttel dua pintu air besar tiba-tiba rusak. Kapal yang panjangnya lebih dari 125 meter tidak bisa laku masuk ke terusan. Masalahnya terletak pada pintu air yang sudah tua. Solusinya, para pakar menggunakan pintu air pertama sebagai cadangan selama mereparasi pintu air kedua dalam kurun waktu delapan hari. 
Nord-Ostsee-Kanal 

Pintu Air Baru Jutaan Euro

Kemacetan di Brunsbüttel dituding sebagai kesalahan pemerintah yang lamban merenovasi terusan tersebut. Kini pintu air baru akan dibangun di Brunsbüttel. Namun biaya pembangunannya bisa mencapai ratusan juta Euro dan butuh waktu bertahun-tahun. 
Nord-Ostsee-Kanal 

Pekerjaan Mahal

Tapi jika hanya satu pintu air baru yang dibangun, itu masih kurang. Jalur pelayaran harus diperdalam, jembatan yang melintasi terusan harus diperbaharui dan pintu air lainnya harus dimodernisasi. 
Nord-Ostsee-Kanal 

Menyiapkan Sukucadang

Para insinyur dari dinas urusan perairan dan lalu lintas kapal Jerman terus memperbaiki terusan ini. Tahun 2000 batang-batang pohon sepanjang 17 meter untuk pembangunan tempat berlabuh kapal diangkut melalui Terusan Kiel. Jalur ini ideal untuk transportasi suku cadang semacam itu.

Turki Punya Pesawat Anti Kapal Selam Buatan PT DI, RI Malah Tak Punya

Posted: 26 Mar 2013 07:25 AM PDT

Turki Punya Pesawat Anti Kapal Selam Buatan PT DI, RI Malah Tak Punya
Jakarta - Turki ternyata memiliki salah satu pesawat canggih buatan Indonesia yakni CN235 ASW yang diciptakan untuk mendeteksi kapal selam. CN235 ASW merupakan kependekan dari Anti-Submarine Warfare.

"Turki itu punya pesawat buatan kita yang diciptakan untuk anti kapal selam," kata Vice President Corporate Communication PT Dirgantara Indonesia, Sonni Ibrahim, ketika ditemui disela acara The 12th Langkawi International Maritime & Exhibition 2013 (LIMA '13), Malaysia, Selasa (26/3/2013).

Dikatakan Sonni, pesawat tersebut memang didesain khusus untuk anti kapal selam karena memiliki dua buah torpedo.

"CN235 ASW ini memiliki sonar dan radar yang bisa mendeteksi keberadaan kapal selam musuh, ketika terdeteksi musuh di dalam laut, dari atas pesawat torpedo dijatuhkan dan dibelakang torpedo ada parutnya, setelah jatuh ke laut torpedo langsung mengejar musuh karena juga memiliki radar di dalamnya," ungkap Sonni.

Selain itu, Turki juga punya pesawat buatan PT DI jenis CN235 yang tidak memiliki torpedo.

"CN235 yang biasa juga beberapa dimiliki Turki, Malaysia juga ada, ini yang tanpa rudal, tapi kegunaanya untuk mendeteksi keberadaan musuh, CN235 ini seperti komando, menentukan target musuh dimana, berapa pasukan yang perlu dibawa, pesawat jenis apa yang digunakan untuk menyerang," jelas Sonni.

Namun sayangnya, negara seluas Indonesia dan produknya dibuat sendiri di dalam negeri, tetapi tidak ada satu pun jenis CN235 ASW yang dimiliki Indonesia. "Indonesia belum punya," tandas Sonni.

Cina Beli 24 Pesawat Tempur & 4 Kapal Selam Rusia

Posted: 26 Mar 2013 07:24 AM PDT

Cina Beli 24 Pesawat Tempur & 4 Kapal Selam Rusia

Pesawat Su-35 akan diandalkan Cina untuk menghadapi tekanan asing terhadap wilayah udaranya.

Cina telah sepakat dengan Rusia untuk membeli 24 pesawat jet tempur dan empat kapal selam.

Media milik pemerintah Cina melaporkan pembelian peralatan tempur yang disebut sebagai pembelian skala besar dari Rusia merupakan hal yang pertama dilakukan dalam sepuluh tahun terakhir.

Dua kapal selam nantinya akan digarap di Rusia semantara dua kapal lainnya akan dkerjakan di Cina.

Kesepakatan pembelian peralatan tempur ini ditandatangani sebelum kunjungan Presiden Cina Xi Jinping ke Moskow pada akhir pekan lalu.

Pembelian tersebut juga bagian dari upaya meningkatkan kerjasama militer di antara kedua negara.

Wartawan mengatakan Moskow dan Beijing saat ini tengah berupaya untuk mengimbangi apa yang mereka lihat sebagai dominasi militer AS.

Anggaran besar

Surat kabar partai komunis, Peoples Daily dan China Central Television (CCTV) mengatakan spesifikasi pesawat yang dibeli Cina adalah jenis Su-35 dan empat kapal selam kelas Lada.

Namun media milik pemerintah Cina itu tidak menyebutkan berapa nilai pembelian semua peralatan tempur tersebut.

Anggaran pertahanan Cina pada tahun 2012 menurut data resmi pemerintah negara itu meningkat hingga 11 persen dibanding tahun sebelumnya atau mencapai angka lebih dari US$100 miliar.

Namun sejumlah ahli di luar negara itu memperkirakan anggaran pertahanan Cina mencapai dua kali lipat dari data resmi yang mereka keluarkan.

Sementara anggaran pertahanan AS saat ini mencapai US$700 miliar.

Beijing yang saat ini terlibat sengketa kepemilikan pulau dengan Jepang, tahun lalu juga telah meluncurkan pesawat induk pertamanya.

Peoples Daily dalam laporannya mengatakan bahwa Cina dan Rusia sudah berencana untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan teknologi militer termasuk dalam menggarap rudal jarak jauh anti pesawat S-400, mesin dorong berkapasitas besar 117S, pesawat angkut besar IL-476, pesawat pengisi bahan bakar di udara IL-78.
 

Kapal Bekas Ratu Inggris Jadi Pesiar di Portugal

Posted: 26 Mar 2013 07:22 AM PDT

Kapal Bekas Ratu Inggris Jadi Pesiar di Portugal
 

Kapal Ratu Elizabeth pada Diamond Jubilee tahun lalu (Foto: dailymail)
Kapal Ratu Elizabeth pada Diamond Jubilee tahun lalu (Foto: dailymail)
TAHUN lalu, sebuah kapal tongkang membawa Ratu Inggris, Elizabeth II, berlayar pada perayaan Diamond Jubilee. Kini, kapal tersebut diubah menjadi perahu pesiar mewah untuk wisatawan di Portugal.

Kapal bernama The Spirit of Chartwell tersebut dibeli oleh perusahaan Portugis. Rencananya, kapal ini akan dijadikan kapal ferry yang membawa turis dari Sungai Douro di Kota Porto, Portugal.

Kapal yang melewati proses renovasi senilai 1 juta poundsterling untuk membawa Ratu di Sungai Thames, London, tahun lalu itu merupakan kapal paling penting yang memimpin 1.000 armada kapal dalam parade Diamond Jubilee. Kapal ini dibeli oleh perusahaan DouroAzul, yang berjanji akan mempertahankan pesona kerajaan di dalamnya.

"Saya melihat sisi glamor dari Jubilee di kapal ini, dan Portugal akan menjadi rumah yang baik bagi kapal ini," kata Mario Ferreira, Chief Executive DouroAzul, seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (26/3/2013).

Kapal ini didekorasi dengan warna merah, emas, dan ungu pada perayaan Diamond Jubilee tahun lalu. Selain itu, kapal ini dihiasi ribuan bunga, patung pahatan, serta spanduk beludru merah besar.

Kapal dengan panjang 64 meter ini memiliki 14 kabin mewah, sebuah kamar Royal Suite, sebuah restoran, bar, dan dek terbuka. Untuk berlayar bersamanya, Anda harus membeli tiket mulai Rp5,3 juta untuk berlayar selama dua malam atau Rp31 juta untuk tujuh malam.

Polres Kukar Belum Tetapkan Tersangka Tabrakan Kapal

Posted: 26 Mar 2013 07:21 AM PDT

Polres Kukar Belum Tetapkan Tersangka Tabrakan Kapal
TENGGARONG - Polres Kutai Kartanegara (Kukar) belum menetapkan tersangka kasus tabrakan antara feri penumpang KM Mitra 1 dan kapal barang KM Rahmad B7 yang terjadi di Perairan Sungai Mahakam, Kukar, Senin (25/3/2013). Saat ini tim penyidik Polres Kukar masih memeriksa sejumlah saksi dan motoris kapal. "Kami belum menetapkan tersangka tabrakan kapal. Kami masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi korban dan motoris," kata AKP Suwarno, Kasubag Humas Polres Kukar, Selasa (26/3/2013).
Menurutnya, penetapan tersangka juga menunggu keterangan ahli dari Administrator Palabuhan (Adpel) dan Syahbandar terkait kelengkapan dokumen perizinan.
Hari ini posko gabungan didirikan di Tenggarong Seberang untuk proses evakuasi feri yang tenggelam beserta 3 mobil yang belum terangkat. Sesuai protap, posko ini disiapkan dalam jangka waktu seminggu. Tapi jika dalam waktu kurang dari seminggu proses evakuasi selesai, maka posko akan dibubarkan.
Diberitakan sebelumnya, feri KM Mitra 1 yang bermuatan 4 unit mobil penumpang ditabrak kapal barang KM Rahmad B7 yang bermuatan pupuk sebanyak 90 ton. Kapal barang dari arah Samarinda ini melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak lambung sebelah kanan feri hingga mengalami kebocoran. Feri bermuatan 4 mobil itu limbung ke kiri dan dalam hitungan menit sudah tenggelam ke perairan Sungai Mahakam.
Hamzan, juragan KM Mitra 1, sempat melemparkan pelampung dan jeriken untuk menyelamatkan para penumpang yang berjumlah sekitar 10 orang.
Semua penumpang berhasil diselamatkan. Dalam proses evakuasi kemarin, satu mobil jenis Sirion putih berhasil diangkat sekitar pukul 17.00. Proses evakuasi berlanjut mulai tadi pagi. Namun hingga berita ini diturunkan, belum satupun dari ketiga mobil yang tenggelam berhasil diangkat. Tim gabungan yang terdiri dari Satgas BPBD, Polres Kukar, Kodim 0906/Tgr, Dishub, Satpol PP masih terus melakukan evakuasi.
 

Setelah Berpetualang, Kapal Militer India Ini Pulang

Posted: 26 Mar 2013 07:19 AM PDT

Setelah Berpetualang, Kapal Militer India Ini Pulang
 

Foto : INS Sudarshini (Voice of India)
Foto : INS Sudarshini (Voice of India)
KOCHI - Kapal militer India, INS Sudarshini, telah menyelesaikan misil pelatihannya setelah enam bulan mendatangi sembilan negara ASEAN termasuk Indonesia. Kapal yang berangkat dari Kochi itu sudah melakukan kunjungan ke Padang, Bali dan Manado.

INS Sudarshini berangkat dari Kochi pada 15 September 2012 lalu dan berkunjung ke Indonesia. Setelah itu, kapal militer tersebut berlabuh di Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Bangkok.

Menteri Pertahanan India A.K. Antony menyambut kepulangan kapal tempur itu bersama para duta besar. Antony menegaskan bahwa kunjungan kapal INS Sudarshini ke negara-negara ASEAN adalah bukti bahwa Negeri Bollywood memiliki komitmen yang kuat untuk menjalin hubungan dengan ASEAN.

Hubungan yang dipupuk dengan negara-negara Asia Tenggara itu cukup beragam. Beberapa di antaranya adalah hubungan keamanan, perdagangan, dan budaya.

"India sangat yakin bahwa negara-negara tetangga tidak perlu membuka perbatasan, namun kami memiliki tujuan dan kepentingan yang sama," ujar Antony, seperti dikutip Bernama, Selasa (26/3/2013).

"ASEAN dan India memiliki hubungan bersejarah yang mirip terutama yang berkaitan dengan asosiasi kemaritiman, yang sudah terjalin selama 2 ribu tahun," imbuhnya.

Dihantam Ombak Besar, Kapal Tongkang Terdampar

Posted: 26 Mar 2013 07:18 AM PDT

Dihantam Ombak Besar, Kapal Tongkang Terdampar
Kapal tongkang terdampar di Cilacap (Foto: Heri S/Sindo TV)
Kapal tongkang terdampar di Cilacap (Foto: Heri S/Sindo TV)
CILACAP - Sebuah kapal tongkang bermuatan ribuan ton batu bara terdampar di perairan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sebelumnya kapal tersebut dihempas gelombang tinggi disertai angin kencang. Selain terdampar, tongkang juga mengalami kerusakan pada sayap yang berfungsi sebagai kemudi.

Sayap tongkang patah dan terlepas hingga bibir pantai di Kelurahan Tegalkamulyan.
Potongan sayap kemudi yang terbuat dari besi itu berusaha diselamatkan warga agar tidak semakin jauh terbawa ombak. Namun, potongan sayap kemudi besi seberat lima ton gagal ditarik warga.

Menurut seorang warga, Sumarno, peristiwa terjadi karena sling baja yang menarik tongkang bermuatan delapan ton batu bara terputus akibat diterjang gelombang.


"Ombak besar dan angin kencang mengakibatkan kapal tongkang terdampar dan kandas di pantai. Ketika ditarik sayap kemudi patah dan tertinggal," kata Sumarno, Selasa (26/3/2013).

Saat ini tongkang ditarik kapal tag boat menuju laut. Kapal tongkang tersebut sedianya akan melakukan bongkar muat batu bara untuk bahan bakar PLTU Karangkandri Cilacap.

Bea Cukai Sumut Amankan Kapal Bawa Pakaian Bekas Asal Malaysia

Posted: 26 Mar 2013 07:17 AM PDT

Bea Cukai Sumut Amankan Kapal Bawa Pakaian Bekas Asal Malaysia
 
Medan - Petugas bea dan cukai mengamankan satu kapal yang membawa muatan pakaian bekas ilegal asal Port Klang, Malaysia. Petugas sempat melepaskan tembakan untuk menghentikan laju kapal tersebut.

Penangkapan terhadap Kapal Motor (KM) Samudra Tiga, GT 28 No 1720/GGE dilakukan kapal patroli BC 5002 Bea Cukai Tanjung Balai Karimun, Senin (25/3/2013) sekitar pukul 23.30 WIB. Namun dalam operasinya, penangkapan dikoordinasikan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumut.

Kepala Seksi Penindakan dan Pencegahan Kanwil DJBC Sumut, Ogy Febri Adlha menyatakan, penangkapan bermula dari laporan dari masyarakat. Disebutkan ada kapal kayu berbendera Indonesia yang membawa pakaian bekas ilegal.

"Ternyata memang benar kapal membawa pakaian bekas. Saat ini kita masih menghitung muatannya. Kemungkinan sekitar 500 balpres," kata Ogy Febri Adlha kepada wartawan, Selasa (26/3/2013) di dermaga bea cukai di Belawan, Medan.

Disebutkan Ogy, upaya penangkapan kapal kayu yang datang dari Port Klang ini sempat diwarnai tembakan peringatan. Kapal itu tidak mau berhenti kendati sudah diberi peringatan di kawasan perairan Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

"Setelah ada tembakan peringatan, akhirnya mereka mau berhenti dan kemudian diamankan. Ada enam orang Anak Buah Kapal termasuk tekong, dan seterusnya dibawa ke Belawan untuk proses lebih lanjut," kata Ogy sembari menyatakan kapal tiba di Belawan pada Selasa dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Pakaian bekas yang sudah dikemas dalam karung plastik ini, harganya di pasaran mencapai Rp 2 juta per balpres. Dengan demikian tangkapan sekitar 500 balpres ini nilainya sekitar Rp 1 miliar. Rencananya, barang bukti tersebut akan dimusnahkan setelah proses hukumnya selesai.

Menkominfo: Jaringan Smartfren Putus Terkena Jangkar Kapal

Posted: 26 Mar 2013 07:07 AM PDT

Menkominfo: Jaringan Smartfren Putus Terkena Jangkar Kapal
 

Tifatul Sembiring
 
 JAKARTA -- Jaringan internet salah satu operator Indonesia, Smartfren, mengalami gangguan karena putusnya kabel bawah laut di antara Bangka-Batam. Putusnya jaringan utama internet tersebut lantaran kabel terkena jangkar kapal.
Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengaku telah menanyakan masalah tersebut kepada pihak Smartfren. Putusnya jaringan Sumatra tersebut membuat internet hanya dapat diakses dengan kapasitas 60 persen. 
"15/3 (15 Maret 2013): Jaringan utama internet Smartfren submarine putus antara Bangka-Batam, kena jangkar kapal. Internet dapat hanya 60 persen," tulis Tifatul melalui akun Twitter-nya bernama @tifsembiring, Selasa (26/3).
Jaringan internet tersebut sulit dibackup dengan jaringan dari darat (inland) pada 16 Maret 2013. Hal ini karena jaringan inland di Palembang putus terkena tanah longsor. "Internet dapat dilayani dengan jalur proteksi kapasitas 30 persen, " ujarnya.
Tifatul mengatakan jalur proteksi juga putus di area Sumatra Selatan. Layanan internet hanya dapat dilayani dengan kapasitas 10 persen pada 17 Maret 2013.
Jaringan tambahan dari pihak ketiga (Matrix Submarine) beroperasi pada 18 Maret 2013. Dengan tambahan ini, kapasitas jaringan internet menjadi 50 persen. Sayangnya, pada 23 Maret 2013, jaringan Matrix Submarine putus sehingga layanan internet kembali hanya 10 persen. 
"Hari ini (26/3), diharapkan restorasi jaringan selesai dan tambahan kapasitasi. Diharapkan layanan internet bisa mencapai 80 persen kapasitas, " kata Tifatul.

Kapal Pesiar Terbakar di Sibolga, Sumut

Posted: 26 Mar 2013 06:58 AM PDT

Kapal Pesiar Terbakar di Sibolga, Sumut 
 
Medan, - Satu unit kapal pesiar pribadi musnah terbakar di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sementara kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Kapal Motor (KM) Salima yang diketahui milik seorang warga Jepang bernama Suzuki, terbakar pada Selasa (26/3/2013) sekitar pukul 11.30 WIB. Masih belum diketahui apa pemicu kebakaran, namun diduga dari ruang mesin.

Saat terbakar, kapal itu sedang naik dok. Tengah perbaikan karena masalah kebocoran di salah satu galangan kapal yang berada di Jalan Ahmad Dahlan, Sibolga. Tidak ada orang yang tengah berada di kapal, dan mesin kapal juga dalam keadaan mati.

Api diketahui mulai menyala dari salah satu ruangan di dalam kapal, dan kemudian membakar seluruh kapal. Posisi kapal yang berada di pinggiran laut sehingga angin kencang, dan bahan kapal yang terbuat dari fiberglass, membuat api menyala hebat. Asap hitam dari kapal ini menjulang hingga ketinggian lebih dari 30 meter.

Akibat kebakaran ini, kapal-kapal nelayan yang berada di sekitar galangan tersebut terpaksa dipindahkan, khawatir api semakin membesar dan merembet kemana-mana. Api baru berhasil dipadamkan sekitar setengah jam setelah mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi.

Kepolisian Sektor Sibolga Selatan yang berada di lokasi sudah melakukan penyelidikan. Keterangan beberapa saksi sudah diminta, namun masih belum bisa dipastikan apa penyebab kebakaran itu.

"Sumber api masih belum diketahui, masih dalam penyelidikan," kata Kapolsek Sibolga Selatan, AKP D. Habeahan kepada wartawan di lokasi kejadian.

Informasi PENDAFTARAN TARUNA PIP SEMARANG (SIPENCATAR) TAHUN 2013/2014

Posted: 26 Mar 2013 06:40 AM PDT

Informasi PENDAFTARAN TARUNA PIP SEMARANG (SIPENCATAR) TAHUN 2013/2014

PIP PENDAFTARAN TARUNA PIP SEMARANG (SIPENCATAR) TAHUN 2013/2014
PENDAFTARAN SIPENCATAR PIP SEMARANG TAHUN AKADEMIK 2012/2013
A. TEMPAT PENDAFTARAN
Tempat : Seketariat Pendaftaran Calon Taruna/Taruni PIP Semarang Jl. Singosari 2a Semarang.
Waktu : 11 Februari – 31 Mei 2013, Pada jam kerja.
Dengan jumlah penerimaan Taruna Sebagai Berikut :
  • Jurusan Nautika 5 Kelas, Masing-masing kelas +- 30 Taruna
  • Jurusan Teknika 5 Kelas, Masing-masing kelas +- 30 Taruna
  • Jurusan KALK 2 Kelas, Masing-masing kelas +- 30 Taruna
  • Total Perkiraan Calon Taruna yang akan diterima +- 360 Taruna
B. JALUR PENERIMAAN
1. PMDK : Peserta Mengikuti Seleksi, Kecuali untuk tes potensi akademik.
2. Biasa atau Reguler : Peserta Mengikuti semua rangkaian kegiatan seleksi.
C. SYARAT-SYARAT 
  1. Usia maksimal 23 tahun pada bulan Agustus 2013 (Menyerahkan legalisir fotocopy akte Kelahiran/Akte Kenal Lahir)
  2. Berjenis kelamin Pria/Wanita
  3. Tinggi badan minil 160cm untuk pria dan 155cm untuk wanita
  4. Menyerahkan surat keterangan belum menikah dari Kelurahan (1 lembar)
  5. Menyerahkan surat pernyataan sanggup tidak menikah selama pendidikan (1 lembar)
  6. Menyerahkan pas foto terbaru dengan seragam SMA/SMK ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar berwarna dengan latar belakang merah.
  7. Menyerahkan legalisir foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebanyak 1 lembar
  8. Menyerahkan legalisir foto copy STTB/NUN/SKHUN/sebanyak 1 lembar (bagi yang masih duduk di kelas III dengan surat keterangan dari Sepala Sekolah sebagai peserta UN )
Pendaftar yang memilih jurusan :
a. Nautika, 
adalah :
  1. Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA (IPA), atau
  2. Lulusan SMK Pelayaran/Nautika +ANT-IV
b. Teknika, adalah :
  1. Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA (IPA), atau
  2. Lulusan SMK Pelayaran/Teknika +ANT-IV
  3. Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMK/MAK, bidang keahlian :
  • Teknik Mesin : Program keahlian Teknik Mesin Produksi, Teknik Pengelasan, TeknikFabrikasi Logam, Teknik Gambar Mesin, Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri, Teknik Pemesinan dan Teknik Pengecoran Logam.
  • Teknik Listrik :  Program keahlian Teknik Transmisi Tenaga Listrik, Teknik Pembangkit Tenaga Listrik, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Distribusi Tenaga Listrik, Teknik Instalasi Tenaga Listrik dan Teknik Otomatisasi Industri.
  • Teknik Otomotif : Program keahlian Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor Kecil dan Besar, Teknik Perbaikan Bodi Otomotif, Teknik Alat Berat dan Teknik Ototronik.
  • Teknik Elektronika : Program keahlian Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri dan Teknik Mekatronika.
  • Teknik Pendingin & Tata Udara
  • Teknik Perkapalan : Program keahlian Teknik Instalasi Pemesinan Kapal dan Teknik Listrik Kapal.
  • Instrumentasi Industri : Program Keahlian Kontrol Proses dan Kontrol Mekanik.
c. KALK, adalah :
  1. Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMA/MA (IPA), atau
  2. Lulusan/peserta Ujian Nasional (UN) SMK/MAK, bidang keahlian Bisnis dan Manajemen : Program Keahlian Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Pemasaran, Perbankan, Asuransi, dan Usaha Kecil Menengah.
9. Pendaftar yang memilih jalur PMDK 
  • Menyerahkan Surat Keterangan Berasal dari sekolah unggulan yang dinyatakan secara tertulis oleh Dinas Pendidikan Setempat
  • Menyerahkan Surat Keterangan Berprestasi memiliki ranking 10 (Sepuluh) besar di sekolah unggulan dari Kepala Sekolah, atau
  • Menyerahkan legalisir foto copy raport mulai dari kelas I, II, dan III dari setiap semester, dengan ketentuan nilai mata pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, dan Fisika minimal 8 (Delapan).
10. Menyerahkan Bukti Lunas biaya pendaftaran sebesar Rp 75.000,00 (Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah), yang telah disetorkan kepada PT. Bank BNI Tbk Kantor Cabang UNDIP Semarang, atas nama Rekening Operasional BLU PIP Semarang No. Rekening 522111844.
D. JENIS SELEKSI
  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Potensi Akademik
  3. Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Psikotest dan Wawancara
E. Tata Cara Pendaftaran 
  1. Peserta datang Sendiri ke Sekretariat Pendaftaran di PIP Semarang
  2. Mengisi formulir Pendaftaran yang disediakan Panitia SIPENCATAR
  3. Melengkapi  Persyaratan adminstrasi tersebut Butir C  
F. Informasi 
PIP 2 PENDAFTARAN TARUNA PIP SEMARANG (SIPENCATAR) TAHUN 2013/2014
Berkas Formulir Silahkan download di Sini
  1. Formulir Pendaftaran
  2. Formulir Pernyataan Belum Pernah Menikah
  3. Formulir Pernyataan Keabsahan Dokumen
  4. Ceklist Pendaftaran

Jadwal Kegiatan :
Jadwal PIP PENDAFTARAN TARUNA PIP SEMARANG (SIPENCATAR) TAHUN 2013/2014

Sumber

Lowongan TECHNICAL MANAGER di PT. MITRA SAMUDRA SEJATI

Posted: 26 Mar 2013 06:21 AM PDT


Lowongan TECHNICAL MANAGER di PT. MITRA SAMUDRA SEJATI

URGENTLY REQUIRED
A growing National Shipping (Offshore) Company PT. MITRA SAMUDRA SEJATI is looking for professional:

TECHNICAL MANAGER
- Mm. 5 years Sea Service
- Engineer or Deck Officer
- Familiar with ISM System
- Fluent in English

Please send the CV with expected salary to: ms5sejati@gmail.com

No comments:

Post a Comment