Surabaya (ANTARA News) - Kapal Motor Pulau Baru terbakar di Dermaga Kalimas, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, pada Jumat.

"Kami menerima laporan kebakaran terjadi sekitar pukul 09.45 WIB. Saat ini sudah dipadamkan dan dilakukan pembasahan," kata Kepala Sub Bagian Humas Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Lily Djafar, di lokasi kejadian.

Polisi belum bisa memastikan penyebab kebakaran namun ada dugaan penyebabnya hubungan arus pendek yang terjadi di sekitar kamar mesin.

Menurut Lily, polisi menerima laporan bahwa sumber api berasal dari kamar mesin.

"Petugas pemadam kebakaran cepat datang dan berhasil memadamkan api, sehingga tidak merembet ke bagian lainnya. Kebetulan juga hujan turun sangat deras, sehingga membantu proses pemadaman," katanya.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran milik PT Pelindo juga dikerahkan untuk mengatasi kebakaran kapal yang tidak menyebabkan korban jiwa itu.

Kapal Motor Pulau Baru tiba dari Kumai dan melakukan bongkar muat tiang pancang di Dermaga Kalimas. Namun tiba-tiba asap hitam pekat membumbung dari kamar mesin, membuat anak buah kapal panik.

Salah satu anak buah kapal, Hendra, mengaku melihat asap hitam dan melaporkan ke rekan-rekannya namun dia tidak tahu pasti darimana asalnya.

"Tiba-tiba ada asap hitam dari ruang kemudi. Saya dan teman-teman berusaha memadamkan dan ada yang lapor petugas," katanya.