Kendari (ANTARA News) - Kantor Syahbandar Pelabuhan Pangulubelo, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, melarang kapal penumpang KM Cantika beroperasi untuk sementara karena cuaca buruk.

"Demi keselamatan pelayaran, maka kapal cepat KM Cantika yang melayani angkutan penumpang dari dan ke Kota Bau Bau - Wakatobi dilarang berlayar karena cuaca buruk," kata petugas Pelabuhan Pangulubelo Sahbudin di Kendari, Senin.

Kapal cepat yang memiliki kapasitas sekitar 275 tempat duduk itu terpaksa berlabuh di Kecamatan Kaledupa dan penumpang pun diturunkan.

"Kalau cuaca sudah memungkinkan kapal dapat melakukan pelayaran. Larang bepergian atau berlayar semata-mata demi keselamatan awak kapal dan seluruh penumpang," katanya.

Salah seorang penumpang Alili (51) mengaku kecewa karena perjalanan kapal harus tertunda karena cuaca buruk. Namun, ia dapat memahami bawa larangan tersebut dikeluarkan demi keselamatan penumpang dan awak kapal.

"Saya berangkat hari ini dari Wakatobi dengan harapan besok dapat melanjutkan perjalanan menumpang kapal milik Pelni tujuan Ternate," kata Alili.