Kisah di Balik Foto Fantastis 'David and Goliath' Posted: 20 Dec 2012 09:30 AM PST Jakarta - Berada di bawah air selama hampir 1 jam, fotografer Octavio Aburto akhirnya sukses melahirkan foto berikut. Sebuah foto yang membuat ponsel dan inbox di emailnya dipenuhi pertanyaan tentang keaslian foto yang dimaksud. Tentu saja foto ini asli, klaim fotografer yang juga seorang ilmuwan ini. Diambil di Cabo Pulmo National Park, Meksiko, foto yang dimaksud adalah sebuah foto underwater yang memperlihatkan ikan dalam jumlah yang sangat banyak dan manusia di depan 'tornado' ikan itu. Aburto menamakan fotonya 'David and Goliath'. Berbicara pada Mission Blue, Aburto mengatakan bahwa fotonya dijepret pada 1 November lalu. Namun sejatinya, ia sudah memikirkan ingin membuat foto ini selama 3 tahun, demikian seperti dikutip detikINET, Kamis (20/12/2012). Apa yang membuat Aburto akhirnya mewujudkan keinginannya setelah bertahun-tahun? "Kondisinya saat itu sangat tepat, airnya sangat tenang dan visibilitasnya bagus," jawab Aburto yang menyelam dengan temannya David Castro, pria yang di dalam foto tersebut. Ia mengaku setelah orang-orang melihat fotonya, reaksi mereka adalah 'apakah foto ini nyata?' dan 'bagaimana kamu mengumpulkan semua ikan ini?' Sebagai seorang scientist Aburto mengaku diuntungkan karena ia bisa meneliti perilaku ikan. "Ikan, di kasus ini sama seperti binatang lain, memiliki perilaku khusus yang mereka tunjukkan saat mereka bereproduksi," demikian papar Aburto menjelaskan fotonya. Saat ikan membentuk tornado, David sedang berada di posisi memfilmkan event spektakuler ini," imbuhnya. "Aku ingin berbagi perilaku ini dengan yang lain dan fotografi adalah salah satu cara melakukannya," ia melanjutkan. Penasaran seperti apa behind the scene foto menawan yang dimasukkan ke kontes foto National Geographic 2012 tersebut? Berikut videonya: |
Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk C/E, 2/E, 2/O, Electrician Di SPIL Posted: 20 Dec 2012 05:36 AM PST Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk C/E, 2/E, 2/O, Electrician Di SPIL Kami dari PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL), membutuhkan posisi : * CHIEF ENGINEER (Kawasan) :* 1. Ijazah ATT I,II,III 2. Berpengalaman minimal 5 (Lima) tahun * SECOND ENGINEER * 1. Ijazah ATT II,III 2. Berpengalaman minimal 2 (dua) tahun * * * SECOND OFFICER* 1. Ijazah ANT I, II, III 2. Berpengalaman minimal 2 (dua) tahun *ELECTRICIAN* 1. Berpengalaman minimal 3 (tiga) tahun 2. Menguasai sistem kelistrikan kapal dan elektronika kapal Apabila berminat silahkan untuk bisa mengirimkan CV langsung melalui email ke : recruitment_crew@spil.co.id Warm Regards, /Ship Personnel Management / *PT Salam Pacific Indonesia Lines* Jl. Kalianak 51 F SURABAYA Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk C/E, 2/E, 2/O, Electrician Di SPIL |
Potensi Wisata Danau Toba Posted: 20 Dec 2012 05:25 AM PST Potensi Wisata Danau Toba KabarIndonesia- Danau toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Danau yang terletak di Provinsi Sumatera Utara dengan pulau Samosir di tengah-tengahnya. Indahnya danau toba dan kejernihan airnya mampu menyejukkan pemikiran. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan danau Toba sudah berkurang.
Kurangnya kesadaran masyarakat untuk memelihara kebersihan danau menjadi penyebabnya. Sampah yang dibuang sembarangan, limbah-limbah rumah tangga yang dialihkan ke danau dan minyak yang berlebih dari kapal yang berlayar menjadi pemicu utama.
Hal ini menyebabkan semakin suburnya pertumbuhan eceng gondok yang tentu saja mengganggu keindahan danau.Ikan-ikan pun semakin banyak yang mati dengan percuma. Seandainya saja pemerintah lebih memperhatikan kebersihan danau. Bukan tidak mungkin pariwisata danau toba akan lebih meningkat dari sekarang ini.
Kebersihan dan keindahan danau tentu dapat menjadi penarik banyaknya wisatawan yang datang berkunjung. Selain itu perlunya infrastuktur dan suprastuktur yang menunjang juga untuk mendukung terealisasinya kota pariwisata di daerah sekeliling danau toba.(*) |
Mayoritas kapal angkut RI dari generasi 1960-an Posted: 20 Dec 2012 05:21 AM PST Mayoritas kapal angkut RI dari generasi 1960-an JAKARTA. Kapal angkut barang yang ada di Indonesia kebanyakan masih berasal dari generasi tahun 1960-1970. Kapal angkut tua tersebut merupakan generasi pertama dan hanya dapat mengangkut 1.700 TEUs. Bandingkan dengan kapal yang diproduksi tahun 2006 ke atas yang merupakan generasi keenam dengan daya angkut 15.000 TEUs.Hal tersebut terungkap saat jumpa pers "Pelabuhan New Tanjung Priok harus menjadi prioritas nasional", Kamis (20/12). "Rata-rata kapal angkut di Indonesia itu hanya 1.700 TEUs," ujar Dani Rusli, Direktur Utama PT Pengembangan Pelabuhan Indonesia.Fakta menyedihkan lainnya, pelabuhan terbesar yang ada di Indonesia yakni Pelabuhan Tanjung Priok hanya mampu menampung kapal angkut barang dengan kapasitas 5.000 TEUs. Sedangkan kapal angkut asing yang datang sudah bermuatan di atas 10.000 TEUs. "Itu dia mengapa kapal angkut asing harus transfer barang dulu di Singapura," ujar Dani.Dani mengatakan, faktor tersebutlah yang melatarbelakangi pembangunan Pelabuhan Kalibaru. Menurutnya, Pelabuhan Kalibaru nantinya dapat menampung kapasitas angkut barang di atas 10.000 TEUs."Dengan begitu pengiriman langsung dari luar Indonesia tidak harus transfer lagi lewat Singapura. Semakin besar kapasitas kapal pun semakin efisien untuk bawa barangnya," ujar Dani.Pelabuhan Terminal Kalibaru akan dibangun di atas lahan seluas 195 hektare yang diperkirakan akan menambah kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok sebesar 4,5 juta TEUs peti kemas serta 9,4 juta meter kubik (m3) produk minyak dan gas. |
Menteri Perhubungan: Asas Cabotage Harus Akomodir Industri Posted: 20 Dec 2012 05:19 AM PST Menteri Perhubungan: Asas Cabotage Harus Akomodir Industri TEMPO Interaktif, Jakarta -Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan asas cabotage (angkutan bandar) di sektor perhubungan laut harus mengakomodasi kepentingan industri. Kapal berbendera asing boleh beroperasi di dalam negeri selama mendorong perekonomian. "Selama itu (asas cabotage) tidak bisa berjalan dan menopang ekonomi, maka boleh melakukan perubahan," katanya dalam konferensi pers di kantornya, Sabtu (12/12). Asas cabotage mewajibkan seluruh kapal angkutan harus berbendera nasional. Asas ini akan diterapkan mulai 2010. Freddy mengatakan peraturan soal asas cabotage bisa diubah kalau menghalangi pertumbuhan ekonomi. Menurutnya harus ada ruang bagi kasus-kasus tertentu yang justru menghambat aktivitas perekonomian. Dia mencontohkan jika ada pengusaha yang ingin mengekspor batu bara sebesar 50 ribu ton, tapi tidak ada kapal berbendera nasional dengan kapasitas sebesar itu. "Kalau tidak dikasih ke kapal asing berarti bodoh," katanya. Dia mengatakan jika berpatokan pada asas cabotage, maka kegiatan ekspor itu tidak bisa berjalan. Otomatis kegiatan ekonomi tidak berjalan dan tidak ada pemasukan. Menurutnya peraturan harus bisa mengakomodasi kepentingan industri meski asas cabotage juga penting, "Jangan membuat peraturan yang mengikat kita, itu bodoh," ujarnya. |
Soal Cabotage, Asosiasi Menunggu Peraturan Menteri Posted: 20 Dec 2012 05:16 AM PST Soal Cabotage, Asosiasi Menunggu Peraturan Menteri TEMPO Interaktif, Jakarta - Asosiasi Perminyakan Indonesia (Indonesian Petrolium Association/IPA) menanggapi positif atas terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2011 Tentang Angkutan di Perairan yang mengecualikan enam jenis kapal usaha minyak dan gas dari asas cabotage. Sekarang, Asosiasi tinggal menantikan terbitnya Peraturan Menteri terkait yang akan mengatur secara teknis soal penerapan dan proses perijinan agar kapal-kapal migas tersebut dapat beroperasi nantinya."Peraturan pemerintah kan memang telah direvisi, sekarang untuk penerapannya serta Permennya yang kami tunggu," ujar Vice President of Indonesian Petroleum Association (IPA), Sammy Hamzah, Kamis (14/4). Peraturan Menteri soal perijinan dan teknis tersebut nantinya menjadi domain Kementerian Perhubungan. Sebelum dapat beroperasi, kapal-kapal tersebut harus mendapat izin dari kementerian terkait agar pada saat asas cabotage diberlalukan penuh pada tanggal 7 Mei mendatang operasi produksi migas dalam negeri tetap dapat berjalan seperti biasa."Tapi kami belum tahu Permennya kapan dapat diterbitkan," papar dia. Secara keseluruhan isi dari PP revisi cabotage tersebut dapat diterima oleh Asosiasi."Karena memang yang dilakukan di lepas pantai tersebut untuk operasi produksi migas bukan pengangkutan," kata Sammy. Selain itu, apabila asas cabotage dipaksakan berlaku untuk kapal-kapal lepas panta tersebut, dipastikan oleh Sammy bahwa negara masih belum sanggup untuk menyediakan peralatan tersebut secara mandiri."Karena itu teknologi tinggi dan biayanya sangat tinggi, industri kita belum mampu untuk sediakan itu,". Sebelumnya, IPA pernah memperkirakan apabila penerapan azas cabotage diberlakukan secara penuh kepada kapal-kapal migas dapat menyebabkan negara kehilangan 200 juta barel minyak dan investasi sebesar US$ 13 milyar. Seperti diketahui, Indonesia telah memberlakukan azaz cabotage sejak tahun 2005, asas cabotage yang tertera dalam Undang-Undang Pelayaran mewajibkan setiap kapal yang berada di laut dalam Indonesia untuk menggunakan bendera Indonesia. Asas tersebut sulit berlaku di sektor migas, karena operasi usahanya masih bergantung pada kapal milik asing, terkait dengan keterbatasan dana yang dimiliki oleh pemerintah saat ini. Menurut data BP Migas, setidaknya terdapat 132 kapal yang akan mendukung kegiatan migas nasional tahun ini. Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengklaim akan kehilangan pendapatan US$ 7 miliar dari produksi minyak dan gas apabila asas kabotase berlaku penuh. Awal Maret lalu, Komisi V DPR RI memutuskan memberikan kesempatan bagi pemerintah untuk mengecualikan pemakaian bendera untuk kapal migas yang diatur secara terpisah dalam Peraturan Pemerintah yang kemudian terbit pada awal April ini. |
DPR: Azas Cabotage UU Pelayaran Sudah Final Posted: 20 Dec 2012 04:26 AM PST DPR: Azas Cabotage UU Pelayaran Sudah Final TEMPO Interaktif, Jakarta - Sebagian besar anggota Komisi V DPR RI menegaskan jika asas cabotage dalam Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2005, dan UU 17 tahun 2008 tentang Pelayaran tidak mengalami perubahan. "Asas cabotage sudah final. Titik, tidak ada tambahan lagi," kata Yosep A Noe Soi, dalam pertemuan dengan beberapa perguruan tinggi dan industri pelayaran nasional di ruang komisi, Rabu (26/1) sore. Penegesan yang sama datang dari pimpinan rapat, Muhiddin M Said, dan beberapa anggota dewan lainnya. "Setelah 7 Mei nanti, tidak ada lagi kapal berbendera asing beroperasi di Indonesia," kata Muhiddin yang dikonfirmasi seusai pertemuan. Pertemuan ini membahas rencana pemerintah merevisi UU 17 tahun 2008. Ada beberapa pasal yang akan dievisi, khususnya yang menyinggung asas cabotage tersebut. Dalam UU 17 melarang kapal berbendera asing beroperasi di Indonesia mulai 7 Mei 2011. Rancangan revisi UU 17 sudah diserahkan pemerintah ke DPR, dan dalam tahap pembahasan di Komisi V. Komisi meminta tanggapan dan masukan beberapa pihak mengenai revisi tersebut. Rencana revisi ini mendapat penolakan dari Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dari Fakultas Teknik ITS Surabaya, dan organisasi industri perkapalan nasional. "Kapal asing tidak boleh beroperasi di Indonesia, kecuali bermitra dengan kapal nasional," kata Agus Mulia, Wakil Ketua Ikatan Alumni FT UI. Dalam hearing dengan Komisi V siang tadi, Ikatan Alumni Fakultas Teknik menyampaikan tiga poin penolakan revisi UU Pelayaran, antara lainnya Alumni mendukung usaha galangan dan industri kapal Indonesia, dan memberikan sanksi kepada kapal asing yang beroperasi di Indonesia. Menurut mereka, bila kapal asing harus bermitra dengan kapal nasional, syaratnya, kepemilikan saham perusahaan patungan itu, mayoritas milik pengusaha nasional. Penolakan yang sama datang dari Dewan Perkapalan Indonesia, Indonesian Nasional Shipowner Assosiotion (INSA), dan Industri Galangan Kapal Indonesia. "Kami menolak ini direvisi," kata Son Diamar, anggota Dewan Perkapalan Indonesia. INSA mempertanyakan alasan pemerintah melakukan revisi sebelum UU ini diberlakukan "Kenapa mesti dilakukan revisi," Ketua Umum INSA, Johnson W Sutjipto. |
Jumlah Kapal Berbendera Indonesia Naik Posted: 20 Dec 2012 04:12 AM PST Jumlah Kapal Berbendera Indonesia Naik TEMPO.CO, Jakarta - Jumlah kapal berbendera Indonesia naik 7,1 persen, dari 10.784 unit pada Oktober 2011, menjadi 11.620 unit pada Oktober 2012. Dalam waktu tiga tahun terakhir, armada nasional juga mampu mempertahankan penguasaan pangsa muatan pelayaran dalam negeri sebesar 98 persen.
"Pertumbuhan terasa cukup signifikan lagi dengan fakta, dibandingkan 2005, jumlah kapal berbendera Indonesia hanya mencapai 6.041 unit," kata Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan saat jumpa pers akhir tahun di Kementerian Perhubungan, Kamis, 20 Desember 2012.
Kinerja positif ini, kata Mangindaan, juga dibuktikan oleh peningkatan jumlah perusahaan pelayaran nasional. Pada 2012, jumlah pemegang izin usaha perusahaan angkutan laut (SIUPAL) mencapai 2.248. Jumlah ini naik dibandingkan tahun 2011, yang mencapai 2.106. Jumlah perusahaan pelayaran nasional pada 2010 mencapai 1.885.
Kementerian Perhubungan juga melakukan beberapa kebijakan untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat di wilayah terpencil. Kementerian mengalokasikan anggaran Rp 331,8 miliar pada 2012 sebagai subsidi 67 trayek pelayaran perintis di 20 provinsi. Anggaran untuk pelayaran perintis ini naik dibandingkan 2011, yang mencapai Rp 279 miliar.
Jumlah kapal perintis pemerintah juga naik menjadi 36 kapal pada 2012. Pada 2011, jumlah kapal perintis milik pemerintah sebanyak 32 kapal. Selain subsidi untuk pelayaran perintis, pemerintah juga memberikan subsidi angkutan laut bagi PT Pelni, yaitu sebesar Rp 897 miliar untuk 27 trayek dan 22 kapal. Jumlah subsidi meningkat dibandingkan 2011, yang mencapai Rp 872 miliar. -
KAPAL BERBENDERA RI: Kemenhub catat sudah 11.620 unit JAKARTA: Kementerian Perhubungan mencatat jumlah kapal berbendera Indonesia hingga Oktober tahun ini sudah mencapai 11.620 unit seiring dengan implementasi asas cabotage sejak 2005. Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan pertambangan unit kapal berbendera Indonesia itu menunjukan keberhasilan penerapan asa cabotage. Asas ini mewajibkan angkutan domestik wajib menggunakan kapal berbendera Indonesia dan wajib diawaki oleh awak berkebangsaan Indonesia. "Dengan demikian kapal Indonesia menguasai 98% angkutan domestik," katanya dalam Konferensi Pers Tahunan Kementerian Perhubungan, Kamis (20/12/2012). Jumlah kapal nasional itu bertambah dari Oktober tahun lalu sebanyak 10.748 unit, sedangkan jika dihitung sejak penerapan asas cabotage, pertumbuhan kapal nasional naik 92,3% atau bertambah sebanyak 5.579 unit. Pada Maret 2005, saat kebijakan tersebut diterapkan, jumlah kapal nasional baru sebanyak 6.041 unit. Selain itu, Kemenhub juga mencatat jumlah perusahaan pelayaran yang memegang SIUPAL juga meningkat sejak penerapan asas cabotage. Pada Oktober tahun ini pemegang SIUPAL sebanyak 2.248 perusahaan dari 2010 1.885 perusahaan |
10 WNI Tewas Tenggelam di Perairan Malaysia, Termasuk 2 Wanita Hamil Posted: 20 Dec 2012 02:16 AM PST 10 WNI Tewas Tenggelam di Perairan Malaysia, Termasuk 2 Wanita Hamil Kuala Lumpur, - Sebanyak 10 WNI ditemukan tewas setelah kapal yang mereka naiki tenggelam di wilayah perairan lepas pantai selatan Malaysia. Di antara mereka termasuk dua wanita yang sedang hamil. Para korban terdiri dari lima pria dan lima wanita. Mereka diyakini sebagai imigran gelap asal Indonesia yang bertolak dari negara bagian Johor, Malaysia untuk kembali ke ke Indonesia. "Kami menemukan 10 jasad -- lima pria dan lima wanita. Para korban adalah warga Indonesia dan kami yakin mereka tengah menuju ke Pulau Batam, Indonesia," kata pejabat kepolisian laut Malaysia Mohammad Muhi kepada kantor berita AFP, Kamis (20/12/2012). Dikatakan Mohammad, mayat-mayat WNI tersebut serta kapal kayu mereka yang reyot ditemukan setelah terseret ke pinggir pantai. Tidak disebutkan identitas para korban. Diimbuhkan Mohammad, hingga saat ini operasi pencarian dan penyelamatan korban masih berlangsung. Sebabnya, diduga kapal tersebut mengangkut hingga sekitar 35 orang. Diperkirakan sekitar dua juta imigran gelap tinggal di Malaysia. Kebanyakan dari para imigran tersebut adalah WNI yang mencoba mencari nafkah di negeri Jiran itu. Mereka umumnya bekerja di perkebunan, pabrik, proyek konstruksi ataupun menjadi pembantu rumah tangga |
Job Pelaut Terkini Hari ini 20 Desember 2012 Untuk Master, C/O, Electician, 2/O dan 3/O Posted: 19 Dec 2012 04:08 PM PST Job Pelaut Terkini Hari ini 20 Desember 2012 Untuk Master, C/O, Electician, 2/O dan 3/O Dear seafarer, PT. Fachrul Bunga Tanjung Need urgent candidates as follows : Oil Tanker : 1. Master ( class 1 ) wages USD 4000 - 4500 with 24 months experiences in oil tanker.age not more than 55 years old 2. C / O (class 2 ) wages USD 2500 - 3000 with 20 months experiences in oil tanker.age not more than 45 years old 3. Electrician wages USD 800 - 1000 with 30 months experiences in oil tanker.age not more than 50 years old Bulk Carrier 1. C / O ( class 2 )wages IDR 17.000.000.rank experiences more than 20 months on coal cargo.age not more than 50 years old 2. Electrician wages USD 800 - 1000.rank experiences more than 30 months on coal cargo.age not more than 50 years old. 3. Tunnel Man (class 2 )wages IDR 4.500.000.should have working experiences on coal cargo and should have worked as bosun earlier .age not more than 45 years old. 4. 2 / O ( class 2 ) wages IDR 12.500.000.rank experiences more than 18 months on bulk carrier with coal cargo.age not more than 45 years old. 5. 3 / O (class 3 )wages IDR 10.000.000. rank experiences more than 18 months on bulk carrier with coal cargo.age not more than 40 years old. if interest pls call 021- 430 5787 or 0821 1471 5558 ( tedy ) Job Pelaut Terkini Hari ini 20 Desember 2012 Untuk Master, C/O, Electician, 2/O dan 3/O __ |
Job Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Di Kapal Bulk Carrier Untuk ANTD Posted: 19 Dec 2012 04:06 PM PST Job Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Di Kapal Bulk Carrier We are urgently requiring these following positions : CO (ANT 2)/salary Rp. 17.000.000,- (more than 20 months on coal cargo) 2O (ANT 2)/salary Rp. 12.500.000,- 3O (ANT 3)/salary Rp. 10.000.000,- 4 persons of Tunnel man (ANTD)/salary Rp. 4.500.000,- (must have working experience on Coal Cargo and must have worked as Bosun earlier, Vessel Type : Bulk Carrier GRT 24.094 Flag : Indonesia Trade area : Indonesia only between Merak and Lampung Joining date : immediately If you're interested with the vacancies, please send your resume and all valid certificates to : ciptacrew@ciptakaryain.com For more details please contact : Maria Eka Pratiwi Acting for PT. CIPTAKARYA INTISEMESTA Jl. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540 Tel : 021 7800261 Fax : 021 7813972 Job Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Di Kapal Bulk Carrier |
Office Boy Temukan Uang Rp 100 Juta, Agus dan Kisah Umar bin Khatab Posted: 19 Dec 2012 04:03 PM PST Jakarta - Kisah Teladan buat Pelaut Kejujuran Agus Chaerudin (35) patut diacungi jempol. Office boy di Bank Syariah Mandiri, Bekasi ini menemukan uang Rp 100 juta di tempat sampah kantornya. Dia tidak mengambilnya tetapi memilih mengembalikannya. "Allah Maha melihat," kata Agus saat ditemui di kantornya di kawasan Kalimalang di Plaza Duta Permai, Jakasampurna, Bekasi, Rabu (19/12/2012). Agus, ayah 3 anak yang masih tinggal bersama mertua ini mengaku, orang tuanya selalu mengajarinya untuk tak menjadi pencuri. Kejujuran harus diutamakan. Orang tua Agus juga seorang pegawai rendahan di salah satu bank. "Kisah yang saya kagumi Umar bin Khatab," terang Agus. Agus mengaku pernah membaca kisah Umar bin Khatab kala menjadi khalifah. Sahabat nabi itu amat mengutamakan kesederhanaan dan kejujuran. "Khalifah Umar bahkan hanya mempunya dua helai pakaian," cerita Agus sambil menitikan air mata. Yang dia kagumi, bahkan Umar tak mau memakai fasilitas negara kala berbicara dengan anaknya. Agus menukilkan kisah Umar yang memadamkan lampu ketika berbincang dengan anaknya. Lampu dimatikan karena menggunakan uang negara, sedang berbicara dengan anak urusan pribadi. "Saya berharap ada pemimpin seperti Umar," tutur Agus yang sudah bekerja 3 tahun dengan gaji sebulan Rp 2,2 juta ini. Agus menemukan uang itu pada bulan Ramadan, 4 Agustus lalu. Saat itu hari sudah sore, kantor sudah sepi. Kala itu, seperti biasa dia membereskan kantor sebelum pulang. Di tempat sampah dia menemukan uang pecahan Rp 100 ribu dalam 10 bundel. Agus tak berani menyentuh uang itu, dia lalu memanggil satpam. Satpam kemudian melaporkan kepada staf bank. Uang dihitung dan ada Rp 100 juta. Uang itu bukan milik nasabah, tetapi milik bank. Uang itu tercecer karena ketidakhati-hatian seorang teller. Agus karena kejujurannya, diberi hadiah Rp 1,75 juta dan piagam. "Saya tak mengharap hadiah, bekerja saja sudah alhamdulillah," terang Agus yang dahulu pernah bekerja serabutan sebagai tukang parkir dan asongan ini. |
Loker Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk MASTER HARBOUR TUG Posted: 19 Dec 2012 03:56 PM PST Loker Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk MASTER HARBOUR TUG Dear Seaferer, Kami membutuhkan kandidat untuk MASTER dikapal harbour tug. Min. ANT 3 dan memiliki pengalaman MASTER di kapal harbour tug min 2th. Di utamakan Exsperiance dari KST Kirimkan cv anda ke mcsi_crewing@yahoo.com Brgds, Ade Sukron PT. MCSInternasional subsidiary of PT. HumpussIntermoda Transportasi Tbk. Granadi Building 5th Floor Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta Phone: (62 21) 252 4114 Ext. 182 Fax : 021-52964555 Mail : ade.sukron@hits.co.id Loker Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk MASTER HARBOUR TUG |
Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk Chief Officer and 4th Engineer needed URGENTLY Posted: 19 Dec 2012 03:54 PM PST Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk Chief Officer and 4th Engineer needed URGENTLY we are urgently need Chief officer for Bulk Carrier and 4th Engineer for Chemical tanker ASAP. Please kindly send you CV to pelamar@bsm-indonesia.com or come to our office at: Sentra Pemuda Kav 5-6, Jl. Pemuda No. 61, Rawamangun, Jakarta 13220 For more information, please call at 021-300 50 000. Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk Chief Officer and 4th Engineer needed URGENTLY |
[info pelaut] update info Online Test untuk DP Basic Course Posted: 19 Dec 2012 03:52 PM PST Selamat malam, Update beberapa info mengenai Online Test dari NI untuk DP Basic Course yang direncanakan mulai dilaksanakan January 2013: 1. Pertama x direncanakan akan dimulai October 2012 tapi ditunda awal January 2013 2. Akan ditunda untuk kedua kalinya dan direncanakan mulai February 2013 3. Berlaku di semua DP Training Center di bawah Nautical Institute 4. Hanya berlaku untuk DP Basic Course dan menentukan kelulusan 5. Terdiri dari 100 soal dalam bahasa Inggris, jadi diharapkan untuk bisa/mengerti bahasa Inggris, karena ada beberapa soal yang membutuhkan penguasaan bahasa Inggris yang baik 6. Setiap student akan mendapatkan soal yang berbeda sehingga tidak memungkinkan untuk bekerja sama atau mencontek 7. Dari uji coba/trial, yang saya dengar soalnya cukup susah, bahkan bagi yang sudah memiliki pengalaman dan sertifikat DP pun banyak yang failed 8. Student dapat dan bisa mencoba pada saat mengikuti kursusnya. Nanti akan mendapatkan USER ID untuk login. Trial tersebut hanya bisa diakses melalui komputer fasilitas di tempat training, tidak bisa dari komputer luar 9. Masih belum ada reply dari NI mengenai student yang failed, apakah ada ujian ulang/her atau tidak(itu sebabnya penundaan mulainya online test tersebut), hanya saja dari yang saya dengar, akan ada ujian ulang/her keesokkan harinya, jadi extend 1 hari lagi di Singapore. Oleh karena itu bagi student yang sudah mendaftar untuk DP Basic Course bulan February, diharapkan untuk tidak memesan tiket pulang terlebih dulu 10. Info ini adalah update, jadi belum final dari NI dan masih ada kemungkinan penundaan atau perubahan, hanya bersifat share informasi saja untuk bahan pertimbangan bagi yang hendak mengambil/mengikuti DP Basic Course Ada perubahan jadwal untuk DP Course di L-3 DPCS : * 01 - 04 Jan : DP Basic (1 kelas harus minimal 5 orang, bila tidak cukup, maka kelas akan di-cancel) Bagi yang berminat, harap memperhitungkan harga tiket dan hotel sebelum mendaftar, karena harga pasti akan naik * 07 - 10 Jan : DP Advance (fixed - tidak akan berubah) * 14 - 17 Jan : DP Basic/Maintenance (masih belum fix, tapi direncanakan DP Basic untuk menambah kelas bagi yang ingin menghindari online test) * 21 - 24 Jan : NO CLASS (trainer tugas keluar) * 28 - 31 Jan : NO CLASS (trainer tugas keluar) Bila butuh informasi lebih lanjut mengenai DP Course, dapat menghubungi : email : admin@sanvisolusindo.com contact person Indonesia : Hendra - 081287287297 / pin BB 26CA8D11 contact person Singapore : Hasan - +6590669840 Best Regards, Sanvi Solusindo Membantu dari pendaftaran DP Course(Dynamic Position), hingga mendapatkan Confirmation Letter dan Letter of Invitation, pemesanan tiket pesawat dan penginapan. |
Kuburan-kuburan Benda Ciptaan Manusia Posted: 19 Dec 2012 03:50 PM PST Kuburan-kuburan Benda Ciptaan Manusia Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang terjadi pada mesin yang sudah dinonaktifkan dan fasilitas serupa lainnya yang pernah digunakan orang? Beberapa benda didaur ulang, dan banyak dari mereka yang menumpuk pada apa yang disebut kuburan Obyek dan ada yang menunggu untuk benar-benar dimakan oleh waktu. Tempat-tempat dekomposisi alami dari benda-benda tersebut dapat menjadi tujuan wisata yang unik dan juga menjadi situs untuk mengambil foto-foto yang menakjubkan.' 1. Pesawat Boneyard, USA
309th Aerospace Maintenance and Regeneration Group (AMARG), sering disebut Boneyard ini terletak dekat Basis Pangkalan Udara Davis Monthan di Tucson, Arizona. Bagi Anda yang belum pernah melihatnya, sulit untuk memahami luasnya. Luasnya sekitar 1052,183 Hektar Jumlah pesawat yang tersimpan di sana dan ketepatan dalam cara mereka yang diparkir sangat mengesankan. Fakta lain yang penting adalah bahwa mereka semua mampu dikembalikan ke layanan jika perlu. AMARG adalah situs akses terkontrol, dan terlarang untuk siapa pun yang tidak bekerja di sana tanpa izin yang tepat. Akses untuk orang biasa hanya melalui tur bus yang dilakukan oleh Pima Air & Space Museum. Jadwal Bus wisata adalah Senin sampai Jumat saja. Museum dan Bone Yard merupakan atraksi yang sangat populer di gurun Arizona. Gurun adalah tempat yang sempurna untuk menyimpan massa baja, karena kelembaban rendah dan curah hujan berarti karat sangat sedikit terjadi. Selain itu, tanah yang keras berarti mereka dapat diparkir tanpa perlu untuk membangun landai beton. Pihak militer telah menggunakan Davis-Monthan sebagai fasilitas penyimpanan pesawat selama 60 tahun, dan dalam beberapa tahun terakhir lanskap yang unik telah dipakai oleh Hollywood untuk film-film seperti Transformers. 2. Kuburan Kapal, Mauritania
Kota Nouadhibou adalah kota terbesar kedua di Mauritania dan berfungsi sebagai pusat komersial negara itu. Kota ini juga terkenal karena menjadi lokasi dari salah satu kuburan kapal terbesar di dunia. Ratusan kapal berkarat dapat dilihat di mana saja, di dalam air, dan di pantai. Salah satu penjelasan yang paling sering dibaca untuk situasi ini adalah bahwa petugas pelabuhan Mauritania menerima suap sehingga memungkinkan kapal-kapal ini untuk dibuang di pelabuhan dan di sekitar teluk. Fenomena ini dimulai pada 80 an setelah nasionalisasi industri perikanan Mauritania, banyak kapal-kapal yang tidak ekonomis hanya ditinggalkan di sana. Kota Nouadhibou merupakan salah satu lokasi paling miskin di dunia. Tepat diatas pantai hantu ini terdapat orang-orang yang tinggal di dalam bekas perahu dagang yang besar. 3. Kuburan Kereta Api, Bolivia
Salah satu atraksi wisata utama dari barat daya Bolivia adalah sebuah kuburan kereta api antik. Terletak 3 km (1,9 mil) di luar Uyuni dan terhubung oleh rel kereta api tua. Lokasi ini dimasa lalu adalah sebuah kota yang digunakan sebagai pusat distribusi untuk kereta yang membawa mineral dalam perjalanan mereka ke pelabuhan Samudera Pasifik. Jalur kereta api dibangun oleh insinyur Inggris yang tiba di akhir abad ke-19 dan membentuk sebuah komunitas yang cukup besar di Uyuni. Pembangunan rel dimulai pada tahun 1888 dan berakhir pada tahun 1892. Kereta api sebagian besar digunakan oleh perusahaan pertambangan. Pada tahun 1940, industri pertambangan runtuh, sebagian karena penipisan mineral. Banyak kereta yang ditinggalkan sehingga menghasilkan makam kereta. Ada pembicaraan untuk membangun sebuah museum di luar kuburan kereta api ini. 4. Vozdvizhenka Kuburan Pesawat, Rusia
Dihuni oleh setidaknya 18 bekas pesawat Tupolev Tu-22M Backfires dari Resimen Pembom 444, pangkalan udara Vozdvizhenka menyerupai lanskap pasca-apokaliptik. Memasuki daerah gundul yang terletak dekat Ussuriysk di wilayah Primorsky Krai of Far East Russia, 60 mil (95 km) utara dari Vladivostok dan 40 mil (65 km) dari perbatasan Cina, seperti mengambil langkah mundur dalam waktu. Resimen 444 dibubarkan pada tahun 2009, dengan beberapa pesawat dipindahkan ke pangkalan udara Belaya, dan yang lainnya dibongkar. Bangkai-bangkai pesawat sedang menunggu pemotongan logam akhir. Currently based at the airfield is the aviation commandant of Khurba airbase and the 322 Aircraft Repair Factory (322 ARZ). 5. Kuburan Jangkar, Portugal
Di antara bukit-bukit pasir pulau Tavira, di Portugal, ada sebuah kuburan jangkar mengesankan disebut Cemitério das Âncoras. Dibangun untuk mengingat tradisi memancing tuna dengan jaring besar yang tetap dengan jangkar, teknik memancing yang sudah ditemukan oleh bangsa Fenisia. Tavira digunakan untuk menjadi tempat yang dikhususkan untuk memancing tuna. Mereka membangun kuburan jangkar ini untuk mengingat mereka yang telah berhenti dari pekerjaan mereka ketika ikan-ikan tuna telah meninggalkan pantai. 6. Kuburan Tank-Tank Soviet, Afghanistan
Di pinggiran Kabul, Afghanistan ada koleksi besar dari kendaraan perang Soviet yang ditinggalkan setelah kegagalan pendudukan militer besar-besaran sovyet di negara ini pada tahun 1970-an dan 1980-an. Soviet pergi dengan terburu-buru dan tidak sama sekali tidak berusaha untuk membawa tank-tank rusak mereka kembali ke rumah, jadi sekarang mereka duduk, sebagian ditelanjangi dan tertutup oleh grafiti. Afghanistan memiliki sedikit fasilitas daur ulang, jadi kuburan tank ini kemungkinan akan tetap di situ selama bertahun-tahun sebagai pengingat dari invasi Rusia. 7. Kuburan Kapal Selam, Rusia
Daerah sekitar Nezametnaya Cove, dekat kota Gadzhiyevo, di Oblast Murmansk di Semenanjung Kola, adalah kuburan di mana terletak banyak kapal selam Rusia tua. Setelah melayani dibawah air selama tugas mereka, kapal selam dibawa ke zona dengan akses terbatas ini pada tahun 1970-an dan kemudian dilupakan. Warga setempat mengatakan bahwa beberapa kapal selam tua digunakan untuk target dalam latihan militer dan ditenggelamkan. Yang lainnya hanya dibiarkan berkarat dan membusuk di teluk, mengambang di permukaan seperti bangkai paus. 8. Kuburan Kapal Moynaq, Uzbekistan
Moynaq adalah sebuah kota di utara Karakalpakstan di bagian barat Uzbekistan. Dihuni hanya beberapa ribu penduduk, populasi Moynoq telah menurun drastis sejak tahun 1980 karena resesi Laut Aral. Pernah menjadi sebuah kota nelayan yang ramai dan satu-satunya kota pelabuhan Uzbekistan yang dihuni oleh puluhan ribu warga, Moynoq sekarang sepi dan berdiri di beberapa kilometer dari garis pantai laut aral yang mengalami penyurutan dengan cepat. Untuk wisatawan alasan utama untuk mengunjungi Moynaq adalah untuk melihat kuburan kapal, koleksi raksasa berkarat yang dulunya adalah armada nelayan kota. Ini adalah gambar yang sempurna dari sebuah bencana lingkungan Sayangnya tidak ada banyak yang tersisa, perusahaan-perusahaan besi tua banyak mengambil kapal-kapal ini utk diambil besinya, sebelum otoritas pariwisata melarangnya. Ini adalah suatu pukulan tambahan bagi penduduk setempat yang sudah jatuh, karena uang itu tidak diberikan kepada orang-orang yang memiliki kapal, melainkan dibagi antara perusahaan dan pejabat pemerintah. 9. Kuburan Taxi, Cina
Ribuan taksi bekas ditinggalkan di halaman di pusat Chongqing, Cina. Kemacetan lalu lintas dan polusi telah memburuk secara dramatis di kota-kota Cina karena pertumbuhan ekonomi negara itu telah membuat peningkatan jumlah penduduk yang kaya dan mampu membeli barang mewah seperti mobil, yang berarti tidak banyak lagi yang mengandalkan taksi atau angkutan umum. 10. Kuburan Bilik Telepon, Inggris
Kuburan bilik telepon ini terletak antara Ripon dan Thirsk, dekat desa Carlton Miniott, Inggris. Disini terdapat ratusan bilik telepon bekas. Bilik telepon berwarna merah yang telah lama dinonaktifkan dan digantikan oleh bilik modern yang baru, disimpan di satu situs di dekat desa ini. SUMBER |
Ayo! Berwisata Sambil Belajar di Kapal Perang RI di Priok Posted: 19 Dec 2012 03:48 PM PST Ayo! Berwisata Sambil Belajar di Kapal Perang RI di Priok Jakarta - Anda pernah naik kapal perang? Kalau belum mungkin bisa mencobanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakut. Deretan kapal perang yang menjaga lautan RI siap menerima kunjungan masyarakat. Bukan hanya berwisata tapi juga belajar.
Seperti disampaikan Dinas Penerangan Kolinlamil dalam surat elektronik yang diterima detikcom, Rabu (19/12/2012), masyarakat umum bisa mengunjungi dan melihat lebih dekat kapal perang.
Setiap hari rombongan anak-anak sekolah, mulai dari anak TK sampai tingkat perguruan tinggi, maupun masyarakat umum, baik yang berasal dari wilayah Jabodetabek maupun dari luar Jabodetabek silih berganti memasuki Mako Kolinlamil untuk mengunjungi sejumlah kapal perang TNI AL yang berada di bawah pembinaan Kolinlamil tersebut.
Frekuensi kunjungan semakin meningkat manakala liburan sekolah tiba. Masyarakat umum maupun dari sekolah memanfaatkan momen ini mengunjungi Kolinlamil yang mempunyai tugas pokok sebagai pembina tunggal (Anglamil) Angkutan Laut Militer. Mereka umumnya berwisata pendidikan di kapal perang untuk mengisi liburan.
Keberadaan unsur kapal perang Kolinlamil ini terdiri dari jenis Bantu Angkut Personel (BAP), Landing Ship Tank (LST), Bantu umum (BU) dan Landing Platform Dock (LPD) ini, telah menarik minat masyarakat umum untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat akademisi. Mereka mengadakan kegiatan perkuliahan lapangan yang berhubungan dengan dunia kebaharian dan masalah keamanan laut serta penegakan hukum di laut.
Untuk tingkat anak-anak play group dan TK maupun sekolah lanjutan, pada umumnya kegiatan kunjungan ke kapal perang Kolinlamil ini dimaksudkan sebagai salah satu program field trip ke tempat-tempat yang bernilai sejarah dan mengandung nilai edukasi. Ada juga yang berwisata untuk mengisi liburan sekolah dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menambah wawasan.
Dalam setiap kunjungan siswa sekolah, unsur-unsur kapal perang jajaran Kolinlamil telah menyiapkan paket kegiatan. Mulai dengan pengenalan secara umum tentang tugas TNI AL dan Kolinlamil, garis besar kapal perang yang dikunjungi, yang meliputi tugas pokok, negara asal pembuat sampai dengan spesifikasi teknis kapal perang bersangkutan yang disampaikan oleh perwira KRI.
Para pengunjung diberi kesempatan untuk menonton film yang berisi rekaman kegiatan maupun profil yang berkaitan dengan kegiatan TNI AL dan Kolinlamil, serta kegiatan-kegiatan lain yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI AL sebagai penegak kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi nasional Indonesia. Pengunjung juga akan diajak berkeliling melihat seluruh bagian kapal. |
Ternyata Boleh Lho Bongkar Muat Kapal di Pelabuhan Tikus Posted: 19 Dec 2012 03:45 PM PST Berita Kapal Pelaut – Anggota DPRD Kota Tanjungpinang dari Fraksi PDI Perjuangan Asep Nana Suryana mengakui kegiatan bongkar muat kapal di Pelantar 2 sudah terjadi sejak lama. Meski kegiatan tersebut ilegal namun DPRD Tanjungpinang belum memanggil pihak-pihak terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dewan Kota, kata Asep, akan membahas masalah tersebut dengan Walikota Tanjungpinang yang baru, Lis Darmansyah. "Kegiatan bongkar muat kapal di Pelantar 2 memang tak resmi. Kita akan carikan solusinya bersama walikota yang baru," jelasnya ketika dihubungi kepribangkit.com, Rabu (19/12). Menurutnya, ada dampak positif dan negatif dari kegiatan bongkar muat di Pelantar 2 tersebut. Diantaranya bongkar muat lebih cepat, dibandingkan dengan pelabuhan resmi Sri Payung di KM 7 yang harus antri beberapa hari. Sehingga barang cepat sampai di masyarakat. Selain itu juga menyerap tenaga kerja di sekitar Pelantar 2. Namun di sisi lain, dampak bongkar muat di Pelantar 2 tersebut sering kali menimbulkan kemacetan yang luar biasa di daerah itu. "Ini memang masalah serius. Dari pada menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan masalah ini harus cepat dicarikan solusi. Dewan bersama walikota yang baru nantinya akan mencarikan solusi terbaiknya," kata Asep. Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang Efiar M Amin ketika dikonfirmasi tentang aksi bongkar muat di pelabuhan yang tidak resmi menyatakan, Tanjungpinag memang memiliki pelabuhan tikus yang dipergunakan untuk aksi bongkar muat ilegal, termasuk Pelantar 2. Untuk menertibkan pelabuhan tikus, katanya, butuh pengawasan ketat yang melibatkan semua aparat terkait. Efiyar mengakui sejauh ini pengawasan memang masih sangat kurang. Namun karena Tanjungpinang bukan daerah produksi untuk produk pertanian maka pihaknya memaklumi kalau sebagian kapal yang memuat hasil-hasil pertanian dari daerah lain untuk masyarakat Tanjungpinang dibongkar di pelabuhan tidak resmi. "Aksi bongkar muat di pelabuhan tikus sepanjang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan jumlah tidak besar dapat dinilai wajar. Kita maklum saja," pungkas Efiyar. |
KAPAL WISATA: Sebuah Kapal Motor Cepat Siap Angkut Wiasatawan Ke Karimun Jawa Posted: 19 Dec 2012 03:43 PM PST KAPAL WISATA: Sebuah Kapal Motor Cepat Siap Angkut Wiasatawan Ke Karimun Jawa KAPAL WISATA: Sebuah Kapal Motor Cepat (KMC) tujuan Semarang-Jepara pulau Karimun Jawa melintas di kawasan Pantai Kartini, Jepara, Jateng, Selasa (18/12). KMC Jepara-Karimun Jawa yang diresmikan pertengahan 2012 tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan meningkatkan kenyamanan wisatawan yang menuju Karimun Jawa. |
Menggunakan Kapal Untuk Menyeludupkan Narkoba Posted: 19 Dec 2012 03:38 PM PST Menyeludupkan Narkoba Dengan Kapal INILAH.COM, Jakarta - Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri, Komjen Sutarman menegaskan tidak akan segan-segan menindak dan menembak para pengedar maupun bandar penjual Narkortika. Ia menyebutkan, pada Januari - November 2012, jumlah tersangka pengguna narkoba dan pengedar sebesar 32.892 dari 26.561 kasus. Barang terlarang tersebut antara lain Ganja 21 ton, Sabu 2 ton, tepatnya 19104 kilo. "Kita bayangkan seberapa banyak generasi muda yang dapat dirusak dengan barang bukti ini," kata Komjen Sutarman, Rabu (19/12/2012). Ditegaskan Sutarman, oleh karena itu, pihaknya berjanji akan terus melawan sindikat peredaran barang-barang laknat tersebut. Para tersangka sindikat narkotika tersebut berasal dari beberapa negara, seperti Iran, Malaysia, Nigeria. Menurut Sutarman, masuknya barang haram tersebut diketahui melalui Malaysia, Iran kemudian dari Belanda yang menggunakan kapal yang berlabuh di internasional. "Kemudian yang di daratan biasanya menuggu di titik garis pantai dan mengambil dengan speed boat dan dibawa masuk. Jadi pernah terjadi baku tembak dan mengakibatkan 1 kapal tenggelam," pungkasnya.[man] |
Ratusan Penumpang Kapal Bayar Tiket setelah Berangkat Posted: 19 Dec 2012 03:34 PM PST Ratusan Penumpang Kapal Bayar Tiket setelah Berangkat Kompas.com/ Ronny Adolof Buol Calon penumpang menjubeli salah satu kapal yang akan berlayar ke Sangihe dari Pelabuhan Manado. Terjadi lonjakan jumlah penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru. MANADO, KOMPAS.com - Peningkatan arus mudik menjelang Natal dan Tahun Baru dari Manado ke pulau-pulau yang berada di wilayah Nusa Utara yang melingkupi tiga daerah, yakni Kabupaten Sitaro, Kabupaten Sangihe dan Kabupaten Talaud terlihat mengalami lonjakan cukup tinggi, Rabu (19/12/2012) sore. Dari pantuan Kompas.com di Pelabuhan Manado terlihat tiga kapal yang akan diberangkatkan sore tadi dijubeli penumpang hingga ke buritan kapal. Salah seorang calon penumpang yang akan berlayar ke Tahuna, Pengki (46) membatalkan rencana keberangkatannya karena melihat penumpang yang sangat banyak. "Sudah tidak dapat tempat tidur, terlalu sesak di dalam," ujar Kasman. Tetapi ratusan penumpang lainnya yang tidak membeli tiket secara resmi di loket penjualan tiket tetap berangkat. Menurut mereka, tanpa tiket pun bisa berangkat. "Bisa dibayar di atas kapal ketika kapal sudah jalan," jelas seorang calon penumpang yang enggan disebutkan namanya. Calon penumpang yang tidak memiliki tiket dengan leluasa bisa naik ke atas kapal. Tidak ada pemeriksaan apapun ketika calon penumpang menaiki tangga kapal. Pemeriksaan tiket hanya dilakukan ketika kapal sudah berlayar. Demikian pula di pintu masuk pelabuhan tidak ada pemeriksaan tiket sama sekali, sehingga siapapun bisa leluasa masuk dan naik ke kapal serta ikut berlayar. Ironisnya, ketika sejumlah wartawan ingin mengkonfirmasi situasi ini ke pihak Administrator Pelabuhan (Adpel) Manado sebagai regulator yang mengatur laik tidaknya keberangakatan kapal, sejumlah staf Adpel Manado mengatakan bahwa Kepala Adpel Manado sudah pulang. "Kepala kantor sudah pulang dari tadi," ujar seorang pegawainya. Ketika ditanya nomor telepon Kepala Adpel, semua staf yang berada saat itu mengatakan tidak mengetahui nomor telepon pimpinannya. Ketidakhadiran Kepala Adpel Manado disaat kapal akan berlayar dipertanyakan oleh wartawan yang meliput sore tadi. "Bagaimana bisa kapal diizinkan berlayar jika kepala syahbandar tidak berada ditempat?" tanya John Laoh, salah satu wartawan cetak di Manado. Data soal jumlah kapal yang berangkat dan peningkatan penumpang pun hanya diperoleh dari Kapolsek Wilayah Pelabuhan Manado, Ipda Ferry Atotoy yang berada di dermaga. Menurut Kapolsek saat ini terjadi peningkatan penumpang sekitar 50 persen dibanding dengan hari biasa. "Puncaknya mungkin akan terjadi pada hari Jumat, kami prediksi akan meningkat sekitar 80 persen," kata Atotoy. Sedangkan jumlah keberangkatan kapal menurut Kapolsek saat ini disediakan dua kapal untuk masing-masing rute. "Seluruhnya ada 16 kapal yang siap untuk mengangkut arus mudik," tambah Atotoy. |
Malaysia sambut 40 korban selamat kapal karam Posted: 19 Dec 2012 03:31 PM PST Malaysia sambut 40 korban selamat kapal karam Setelah nasibnya terkatung-katung, Malaysia akhirnya menerima 40 korban selamat dari kapal karam dari Burma. Sebelumnya para korban selamat ini ditolak masuk oleh Singapura. Kantor Komisioner Tinggi PBB untuk pencari suaka mengatakan 40 korban selamat dari kapal karam itu diyakini sebagai suku minoritas Rohingya dari Rakhine, Burma. Para korban berhasil diselamatkan pada tanggal 5 Desember oleh sebuah kapal kargo Vietnam, setelah kapal mereka tenggelam di perairan Myanmar. Menurut laporan 160 korban tenggelam. Pekan lalu, pemerintah Singapura menolak masuknya kapal ke pelabuhan, dengan mengatakan para korban selamat tidak memenuhi syarat untuk masuk ke Singapura. Kemudian kapal diduga menuju ke Indonesia. Tapi direktur badan maritim Malaysia untuk komando dan pengawasan, Hamid Mohamad Amin, mengatakan pihak berwenang Malaysia telah memperbolehkan korban selamat masuk Malaysia. "Saya konfirmasi, 40 warga Myanmar ini telah diselamatkan oleh kapal kargo milik Vietnam, Nosco Victory," jelas Hamid. Ia juga menambahkan bahwa para korban selamat dalam keadaan sehat dan sedang dalam perjalanan menuju provinsi Johor, Malaysia. |
Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk Electrician for Oil Tanker Posted: 19 Dec 2012 03:30 PM PST Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk Electrician for Oil Tanker We need urgently : Electrician Vessel Type : Oil Tanker GRT 18.055 Salary scale : USD 800 1000 (max) Contract : 8 months Trade area : China - Singapore Candidates must have experience more than 30 months on oil tankers. Joining date : immediately If you're interested with the vacancies, please send your resume and all valid certificates to : ciptacrew@ciptakaryain.com For more details please contact : Maria Eka Pratiwi Acting for PT. CIPTAKARYA INTISEMESTA Jl. Raya Taman Margasatwa Kav. 2 No. 62 Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12540 Tel : 021 7800261 Fax : 021 7813972 Lowongan Pelaut Terbaru 20 Desember 2012 Untuk Electrician for Oil Tanker |
Perompak Serang Kapal Minyak di Lepas Pantai Nigeria Posted: 19 Dec 2012 03:27 PM PST Perompak Serang Kapal Minyak di Lepas Pantai Nigeria Metrotvnews.com, London: Perompak menyerang dan menjarah sebuah kapal minyak di lepas pantai Nigeria serta menyandera lima orang awaknya. Hal ini dilaporkan perusahaan yang mengoperasikan kapal itu, Rabu (19/12). Perusahaan Medallion Marine tidak menyebutkan kewarganegaraan mereka yang diculik, namun ahli-ahli keamanan maritim AKE mengatakan dalam satu pesan kepada klien mereka, para sandera semuanya orang India. "Senin, kapal (SP Brussels) dinaiki oleh perompak-perompak bersenjata berat ketika berada sekitar 40 mil (65 km) di lepas pantai Delta Niger," kata Medallion Marine dalam sebuah pernyataan. "Perompak menjarah harta-benda di kapal itu dan membawa pergi lima orang awak," tambah pernyataan itu. Para pejabat Angkatan Laut Nigeria belum bisa dihubungi untuk diminta komentar mereka mengenai hal itu. Menurut sebuah situs pelacak maritim, SP Brussels adalah kapal minyak dengan berat 7.600 ton.(Ant/DNI) |
[renungan pelaut] Mawas Diri Posted: 19 Dec 2012 03:26 PM PST Pelaut Ketika kita berusia 62 tahun, kita bisa mengenang saat kita berusia 26 tahun. Adakah kita saat berusia 26 tahun...membayangkan saat kita akan berusia 62 tahun ? Seingat saya rasanya tidak pernah. Jadi kita ini maunya apa ? Kembali ke usia 26 tahun ? Untuk apa karena itu hanyalah hayalan yang tidak mungkin. Jalani saja sisa hidup ini dengan penuh pengabdian. Apapun resikonya. Apapun yang menjadi pembenaran yang dipakai dimasa lalu... tinggal kita renungkan saja. Sejarah telah menjadi saksinya. Akankah sejarah berulang kembali? Selamat malam Indonesia. Dipersembahkan utk mereka yg Milad hari ini. Dan Meneer Darmawan sahabat karib di Delft yg milad besok. |
Belum ada tanggapan untuk "Berita Kapal"
Post a Comment