Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Theme From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger


Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!

bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

Friday, December 28, 2012

Berita Kapal

Berita Kapal


DILEMA KAPAL PESIAR : Kisah 2 Dunia dari Kapal Pesiar

Posted: 27 Dec 2012 11:27 PM PST

 


foto1
Judul : Dilema (Kisah 2 Dunia dari Kapal Pesiar)
Penulis: Hartono Rakiman
Kontributor: Haris Juhaeri, Haning pamungkas, Widyowati, Iis Nurhayati, Prihandika Jodi
Editor: Harun Mahbub
Lukisan: Khadir Supartini
Penerbit: Rumah Baca
Tahun: cet 1, september 2012
"Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran."
~QS Al Baqarah (Sapi Betina) 2: 269~
Dilema (Kisah 2 Dunia dari Kapal Pesiar) Berisi endapan renungan dari pengalaman penulis selama bertahun-tahun bekerja di tengah samudera. Catatan lepas mengenai pertentangan batin seorang Muslim yang bekerja di kapal pesiar. Catatan kegelisahan orang-orang yang ditinggal di rumah. Dan paparan budaya dua dunia yang sarat akan pelajaran dan hikmah. Hikmah, ya, setelah membaca buku ini, yang terlintas di kepala saya adalah ayat Al Quran di atas itu. Bahwa hanya orang berakallah yang bisa menarik hikmah dan terlebih lagi jika hikmah tersebut diikat dalam tulisan, maka Hartono Rakiman-lah orangnya. Semoga Mashar (saya sering memanggilnya demikian) diberi kesehatan agar bisa selalu membagi-bagikan hikmah kepada orang-orang sekitarnya dan juga pembaca bukunya seperti saya.
Hujan turun saat saya membaca buku ini sampai selesai. Sangat menentramkan. Juga di saat saya menulis review untuk buku istimewa ini, gerimis sedang berguguran di atas atap kamar. Saya pecinta hujan, saya ingin bertanya pada Mashar, apakah dia pernah berlayar saat hujan lebat? Pernahkah kapal pesiar tempat dia bekerja diterjang badai? Atau pernahkah dia begitu sendu menatap hujan melewati jendala kapal pesiarnya? Aku ingin mas, duduk di pinggir kapal saat mendung meniupkan angin dingin, merenung dan bersedih sepuasnya! Melepas kesedihan pada hujan dan samudra lepas, pada air.
Kembali ke buku, saya setuju sekali dengan pendapat seorang Conductor paduan suara "The Indonesia Choir", Jay Wijayanto, mengatakan bahwa "maraknya TKI dan TKW adalah salah satu bukti kegagalan pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan yang bermartabat bagi warganya. Maka pekerja Indonesia sering harus melakukan pekerjaan yang dikategorikan dengan 3D: dificulty, dirty and dangerous. Namun kalau pekerjaan semacam ini lebih menjanjikan mimpi akan perubahan ekonomi pasti akan dilakukan juga." (halaman pengantar xi)
Saya setuju sekali atas pernyataan Pak Jay Wijayanto tersebut. Andai saja pemerintah dapat menyediakan pekerjaan yang bermartabat dan berpenghasilan pas, tentu banyak penduduk Indonesia yang tak perlu repot-repot bekerja ke luar negeri, bukankah bekerja di rumah sendiri adalah yang paling nikmat? Tapi, ah.. sudahlah percuma juga protes tidak jelas. Mari kita telusuri isi buku ini, kita congkel permata-permata yang menempel pada buku ini.
Pada kaver buku, terdapat foto putri pertama Mashar, Imastari Wulansuci yang dipotret adiknya sendiri, Imantopo Dipo Suksma. Pertama, saya tidak bisa melihat di mana foto putri mashar itu, tapi ketika dilihat dengan seksama, maka akan terlihat siluet punggung seorang gadis dengan rambut ikal tergerai. Jika anda belum bisa menemukan foto itu, coba lihat kembali kaver buku ini sekali lagi lamat-lamat, coba lihat gambar di belakang nama "Hartono Rakiman dkk" pada kaver, maka anda akan melihat foto lengan mbak Imastari Wulansuci.
Ada tiga bagian utama buku ini:
Bagian 1, Dilema Pekerja Muslim di Kapal Pesiar.
Dalam Buku ini dijelaskan, bahwa hampir separuh pekerja di kapal pesiar adalah orang Indonesia. Dan lebih dari separuh para pekerja Indonesia ini beragama islam, di sinilah terjadi banyak pertentangan batin dalam diri mereka karena setiap saat harus bersinggungan dengan alkohol dan babi. Saya rasa bukan hanya para pekerja beragama islam saja yang akan merasa dilema, karena semua agama hampir juga melarang mengonsumsi alkohol, judi dan perzinahan. Jadi mungkin bagian satu ini juga bisa diberi judul "Dilema Pekerja Agamis di Kapal Pesiar" haha gak cocok ya?
Mashar meminta saya sebagai Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam untuk menanggapi dilema yang tertulis dengan perspektif islam. Sejujurnya Mashar, saya tidak berani, saya kurang pantas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dilematis dalam buku anda ini. Jadi saya tanyakan ke dosen saya,
"Bagaimana hukumnya seorang Muslim yang bekerja di kapal pesiar yang sangat dekat dengan alkohol dan babi?"
kata dosen saya kurang lebih seperti ini, "Boleh-boleh saja. Ketika seseorang ridho melakukan maksiat, dia harus menerima konsekuensinya yakni berdosa."
Saya protes, "Tapi mereka kan bekerja? Bukan maksiat?"
"Sama saja mereka mendukung kemaksiatan yang ada. Muslim harus mencari pekerjaan yang lebih baik dan lebih halal. Muslim harus yakin bahwa rezeki dari Allah itu luas. Dia harus kreatif menjemput rezeki yang baik, halal dan banyak." Jawaban Dosen saya membungkam mulut saya, saya pergi setelah berterimakasih padanya.
Dalam hati saya berkata Allah pasti Maha Tau isi hati mereka yang sangat gundah di kapal pesiar. Semoga orang-orang yang gelisah ini diberi ampunan dan diganti rezeki yang dengan jalan yang lain, yang lebih baik. Dan semoga bagi mereka hikmah yang banyak saat berada di kapal pesiar bisa mereka teguk. Hikmah-hikmah lain yang sangat indah dituliskan oleh Haris Juhaeri dalam buku ini. Bagaimana batinnya tersiksa saat kakeknya menyuruh membuang televisi pemberiannya dikarenakan televisi itu menurut kakeknya dibeli dengan uang haram. Lalu Mas Haris juga mengisahkan bagaimana saat mereka berpuasa di iklim yang ekstrim, "Apabila bulan puasa itu jatuh di msim dingin, maka waktu puasa menjadi lebih pendek. Waktu subuhnya mulai 6 pagi, dan waktu maghrib kadang sebelum jam 5 sore.." (hlm 32) tapi jangan dikira waktu pendek itu aman, karena hawa dingin membuat cepat lapar. Sedangkan bila bulan puasa jatuh ketika musim panas, amboi panjangnya! Subuh jam 3 pagi dan maghrib pukul 11 malam.. T-T mati deh! Belum lagi godaan bisa tiba-tiba berlipat ganda jika kapal pesiar dipesan oleh kaum nudis yang melakukan segala aktivitas di kapal dengan telanjang bulat.. Aduuuh bisa mimisan kalau saya yang ada di sana!
Pada Bagian 2: Dilema Mereka yang Ditinggalkan Di Rumah
Berisi empat kisah yang sangat menyentuh dari empat kontributor ("Cobaan Itu Datang Ketika Suamiku Sedang Berlayar" oleh Haning Pamungkas, "Haruskah Aku Kehilangan Untuk Kedua Kalinya" oleh Iis Nurhayati, "Cintaku Kandas Di Dasar Samudra" oleh Widyowati, dan "Aku Hampir Menyebut Oom Pada Bapakku Sendiri" oleh Prihandika Jodi)
Pada Bagian 3 Dilema Dua Budaya
Inilah yang sangat saya sukai. Mashar dengan jeli menuliskan silang budaya yang kebanyakan menyindir orang-orang kita. Namun bab ini sama sekali bukan untuk mengunggulkan bangsa barat dan sebaliknya, namun agar kita berbenah diri lebih baik, toh banyak nilai dan pelajaran yang "Barat" ambil dari kebudayaan islam? Kata Goenawan Mohamad yang di kutip Mashar pada bab ini. Sekali lagi, barang siapa yang bisa mengambil hikmah maka dia sangat beruntung. Barat pun berhasil karena mampu mengambil hikmah. Sekarang, coba gali hikmah di bab tiga! Sungguh luar biasa! Jadi saya tidak mau menceritakannya di review ini, silahkan baca sendiri. Hehe.
pic2Selain berisikan memoar sepenggal kehidupan para pelaut, buku ini juga berisikan 9 lukisan dan 1 kaver karya pelukis Khadir supartini. Jadi selain memanjakan pikiran dan hati, buku ini juga memanjakan mata terutama bagi pecinta lukisan. Dan ada satu lagi yang istimewa pada buku ini, anda ingin tau? Haha tapi saya malu mengatakannya. Tapi baiklah saya katakan keistimewaan itu. Di buku ini, ada nama endorsement yang saya tulis dan dicantumkan di buku ini, terimakasih Mashar.
"Kita tak mungkin belajar dan menjadi lebih dewasa tanpa sebuah masalah, sebuah ketakutan, atau sebuah dilema. Membaca buku ini, kita tak perlu mengalami sendiri kegelisahan mereka yang terapung di tengah lautan. Kita cukup mendengarkan mereka, membuka ruang pendapat dan berterimakasih pada mereka yang sangat sudah menuliskan isi hati mereka yang sangat berharga di buku ini!"
NB:
~Dilema adalah buku ketiga Hartono Rakiman yang bertema tentang seluk beluk pengalaman kehidupan di kapal pesiar.
~Ada kekurangan sedikit yakni beberapa salah ketik tapi tidak begitu penting.
~Rumah Baca bisa dikunjungi secara online di http://www.rumahbaca.wordpress.com salah satu blog buku tertua di Indonesia.
~Rumah Baca-lah yang pertama kali membuat saya menulis resensi. Setiap resensi, saya selalu diberi hadia buku indah. Terimakasih Rumah Baca. Semoga semakin sukses ke depan.
pic3
Buku-buku hadiah dari Rumah Baca. Tiga buku sebelah kanan adalah karya Hartono Rakiman
pic4Buku Dilema di meja "buku baru" di Toga Mas Margorejo – Surabaya
Buku Dilema di meja "buku baru" di Toga Mas Diponegoro – Surabaya
pic6Buku Dilema di Gramedia Expo – Surabaya
Buku Dilema di Rumah Buku Ngagel – Surabaya
pic7


http://dilemakapalpesiar.wordpress.com/2012/12/27/memungut-hikmah-dari-kapal-pesiar/


_

Job Pelaut 3rd Officer For Chemical Tanker

Posted: 27 Dec 2012 08:18 PM PST

 

Dear Seafarers,

Kami sedang mencari kandidat  untuk kapal chemical tanker untuk posisi:

  
3/O
    Salary                 : USD 2730
    Type                   : Chemical Tanker
    Contract            : 6 Months
    Trading Area : Asia

Memiliki Sertifikat Chemical Tanker dan Pengalaman Di kapal Chemical  

Silahkan kirim CV ke :
mcsi_crewing@yahoo.com, crewing@hits.co.id atau ade.sukron@hits.co.id

Brgds,
Ade Sukron
PT.
MCSInternasional
subsidiary of PT.
HumpussIntermoda
Transportasi Tbk.
Granadi Building 5th Floor

Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta

Phone: (62 21) 252
4114 Ext. 182
Fax :
021-52964555
Mail : ade.sukron@hits.co.id

Job Pelaut LOWONGAN KERJA - PT. INDO STRAITS Tbk

Posted: 27 Dec 2012 08:18 PM PST

Dear Moderator,
Numpang posting iklan kembali.....
Perusahaan kami PT. Indo Straits Tbk membutuhkan karyawan untuk
menempati posisi sebagai berikut :

SHIPPING OPERATION MANAGER
Responsibilities :
• Preparation, reporting & analysis of assigned business project.
• Coordinating with team for project commencement
• Coordination with Government for preparation of project
• Liaising with government related with new vessels
• Preparing / calculation claim to Client
• Monitoring validity certificate of vessel & process to extend certificate
• Monitoring budget project & shipping
• Reporting / Monitoring the fuel & fresh water consumption
• Reporting the fleet utilization
• Preparation the document tender / registration
• Filling shipping, project document & time sheet report

Requirements:
• Male, min. Bachelor Degree in Marine or relate field education.
• Having certificate ANT III is advantages.
• Experience min. 3 years in the same field in Shipping &
transshipment services.
• Computer literate & excellent in English, both speaking and writing.
• Willing to be allocated at Jakarta.

Bila berminat dan memenuhi persyaratan diatas harap mengirim CV
melalui e-mail ke : wawan.susilo@indostraits.co.id

Job Pelaut OS For Oil Tanker

Posted: 27 Dec 2012 08:16 PM PST

 

Dear Seafarers,

Kami sedang mencari kandidat  untuk kapal chemical tanker untuk posisi:
  
O/S
    Salary                 : USD 1084
    Type                   : OIL Tanker
    Contract            : 9 Months
    Memiliki US VISA   

Silahkan kirim CV ke :
mcsi_crewing@yahoo.com, crewing@hits.co.id atau ade.sukron@hits.co.id

Brgds,
Ade Sukron
PT.
MCSInternasional
subsidiary of PT.
HumpussIntermoda
Transportasi Tbk.
Granadi Building 5th Floor

Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta

Phone: (62 21) 252
4114 Ext. 182
Fax :
021-52964555
Mail : ade.sukron@hits.co.id

Job Pelaut VACANCY FOR CHIEF OFFICER AT PT.KLINE INDONESIA

Posted: 27 Dec 2012 08:16 PM PST

 


Looking for qualified INDONESIAN seafarer for Bulk Carrier vessel.

URGENT POSITION :

1.Deck Officer :
  Chief Officer      ANT I/ANT II

JOINING
DATE : IMMEDIATELY

Requirement:
- Experience min.2 years at BULK
CARRIER /  
  GENERAL CARGO on the same rank
- Good in English
- Valid Passport, Seaman Book & all relevant
  certificate

Please submit the complete CV to :

PT. "K" LINE (INDONESIA)
4th Floor, Summitmas II,
Jl. Jend. Sudirman Kav. 61-62
Jakarta 12190
Phone : (+6221) 5220808
Fax : (+6221) 30000353
PIC : Evta (EXT 817), Pulung (EXT 816)E-mail   : jktcrewrecruit@id.kline.com

Tips Cara Mensiati Telepon SMS Susah Masuk Saat Liburan

Posted: 27 Dec 2012 06:05 PM PST

 

Tips buat Pelaut Cara Mensiati Telepon SMS Susah Masuk Saat Liburan
Ini sekedar sharing saja.

Pernah merasa kesal karena SMS tidak dibalas2 ? Telepon susah masuk ?
Pasti kejadiannya disaat saat Libur dan berhubungan dengan perayaan besar, antara lain: Lebaran, Idul Adha, Natal Tahun baru.

Dari pengalaman kami, tentunya hal ini harus diantisipai.
Khususnya utk bagian operasional yg tidak mengenal hari libur.

SOP (Standart Operating Procedure) nya antara lain.

1. Pastikan HP GSM dlm keadaan baik. Batre penuh terisi. Batre cadangan (Sekarang umum dikenal sebagai Power bank) dibawa. Charger Mobil dicek.
2. HP CDMA (sebaran transmisi CDMA lebih baik dari GSM) sebagai back up disiapkan spt point.1
3. SMS hrs dikirim ke 2 nr HP diatas.
4. SMS yg masuk hrs dibalas.
5. SMS tdk dijawab dlm 5 menit. Langsung TLP utk konfirmasi.

Semoga bermanfaat.
Silahkan ditambah dan sharing disini.

Selamat menikmati libur Malam Tahun Baru.

Di Jakarta CAR FREE NIGHT akan dimulai dari jam 20.00 WIB sd 0200 WIB
tanggal 31 Januari 2012.
Lokasi Bundaran Semanggi sd MONAS.

PUSAT KRISIS PELAUT :

Dapat dihubungi via SMS di:
08551001390 (IM3)
08881128002 (FREN)

Email: suaraxpelaut@gmail.com

Salam Pelaut
Tips buat Pelaut Cara Mensiati Telepon SMS Susah Masuk Saat Liburan

_

Hartadinata Harianto, Remaja Jenius Indonesia yang Tempuh Akselerasi Sekolah di AS

Posted: 27 Dec 2012 06:02 PM PST

 Hartadinata Harianto, Remaja Jenius Indonesia yang Tempuh Akselerasi Sekolah di AS

 
Jakarta - Usianya masih 18 tahun, namun Hartadinata Harianto sudah menginjak Semester 5 di Stony Brook University, New York, Amerika Serikat (AS) di saat teman sebayanya masih menyelesaikan SMA. Harta memang mengalami akselerasi jenjang pendidikan karena kemampuannya yang di atas rata-rata. Apa sih rahasianya?

Saat berbincang dengan detikcom, Kamis (27/12/2012), Harta sudah bersekolah di AS sejak kelas 3 SD karena mengikuti keluarganya yang berasal dari Surabaya pindah ke AS. Dia sudah mendapatkan beasiswa sejak SMA. SMA di AS yang normalnya 4 tahun, ditempuh hanya dalam 2 tahun saja di Bard High School Early College, sekolah khusus percepatan dan favorit di New York.

Tak cuma itu, Harta mendapatkan beasiswa penuh dari Yayasan Bill & Melinda Gates selama bersekolah SMA Bard College. Padahal, tak mudah menjadi siswa di sana. Harta harus bersaing dengan 6 ribu - 8 ribu calon siswa cerdas lainnya yang disaring hanya menjadi 150 siswa.

Setelah sekolah selama 2 tahun, dia mendapat gelar Associate Degree (di Indonesia setara D3/sarjana muda, red) dari Bard High School. Lantas dia memilih masuk Stoony Brook University, dengan program studi ganda, ekonomi dan kedokteran. Dalam kedua program studi itu, Harta langsung menginjak Semester 5.

Nilainya, sejauh ini, Harta mengaku selalu mendapatkan nilai A dalam mata pelajaran di kedua program studi itu. Tak heran dia mendapat beasiswa penuh dari akomodasi hingga tempat tinggal.

Bagaimana mengatur waktu belajarnya? "Memang sih, memang sibuk. Kacau sedikit menurut saya. Saya bangun pagi tidurnya agak malam. Tidur jam 12 bangun jam 6. Setelah bangun, saya lari, fitness, makan cepat, mandi cepat. Saya jarang buang-buang waktu seperti tidur-tiduran. Di kelas saya membaca, dan melakukan semua hal produktif," jelasnya membagi sedikit kiat.

Ya, pandai membagi-bagi waktu menjadi salah satu kuncinya. Namun kegiatan akademik yang padat itu tak membuatnya kurang pergaulan alias kuper. Harta juga bersosialisasi dengan teman dan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

"Kalau week end saya jalan dengan teman-teman, saya sering main rugby, wrestling (gulat), ke fitness. Saya juga menjadi council di student government (semacam BEM, red). Saya juga joint organisasi bisnis," papar putra pasangan Candra Harianto dan Judith Harianto.

Ke depannya, Hartadinata ingin meneruskan S2 di bidang ekonomi. Kemudian, dia berniat untuk kembali ke Indonesia, untuk membangun rumah sakit.

"Saya ingin membuat 2 rumah sakit. Rumah sakit A, internasional dan profit, dikunjungi bagi mereka yang mampu. Nah profit dari RS A itu sebagiannya dialokasikan ke RS B bagi pasien menengah ke bawah yang kurang mampu. Subsidikan dana-dana yang didapat dari rumah sakit A, sehingga orang-orang yang tidak mampu dibantu juga," kata penyuka nasi goreng dan nasi otak padang ini.

Dengan prestasinya ini, Harta juga menularkan semangatnya kepada remaja-remaja Indonesia dengan menjadi motivator. Dia sudah berkeliling ke beberapa SMA di Jakarta, Bandung, Bogor, Solo, Yogyakarta untuk menunjukkan bahwa remaja Indonesia tak kalah dengan rekan-rekannya di dunia. Bisa berprestasi di tingkat internasional.

"Remaja-remaja kita sangat pintar dan sangat-sangat mampu dalam kepintaran dan keinginan. Hanya sisi kejuangannnya mereka yang perlu ditambahkan. Butuh dorongan dari guru-guru dan orang tua buat mereka berjuang. Saya ingin datang ke sekolah-sekolah mencoba membantu memberi motivasi," ujar peraih rekor MURI sebagai motivator pendidikan termuda di Indonesia ini.

Masalah-masalah yang kerap dijumpai di SMP-SMA di Indonesia, seperti tawuran dan bullying juga tak luput dari pengamatannya. Menurutnya, peran lingkungan sangat penting untuk mencegah dan mengatasi hal itu.

"Di sini masih kurang rukun, banyak di antara lingkungan berbeda, perbedaan itu dibikin masalah. Di sana (AS) perbedaan dihargai, ada organisasi yang memang isinya orang asia, bule dan mereka bersatu saling membantu," tutur Harta ketika ditanya solusi mengatasi tawuran.

Mengenai bullying, di AS juga ada. Namun Harta mencontohkan untuk mencegah bullying senior pada junior, ada program di mana seniornya membantu para juniornya. "Harus ada sistem yang membuat orang senior mengerti powernya bukan untuk mem-bully junior, tapi juga untuk membantu," jelas dia.

Nah, Harta bersedia membagi rahasianya agar sukses di bidang akademis dan non-akademis seperti yang dialaminya.

"Rahasianya, diaplikasikan kerja keras. Saya dapat beasiswa bukan karena kepintaran, tapi kepintaran dan perjuangan yang sangat keras. Mau jadi insinyur, profesor, businessman atau apa pun, harus kerja keras," pesan Harta.

Pelaut yg punya anak Remaja Indonesia, berniat anaknya mengikuti jejak Harta?
 Hartadinata Harianto, Remaja Jenius RI yang Tempuh Akselerasi Sekolah di AS

Job Pelaut Terbaru 28 Desember 2012 URGENT 3rd Officer For Chemical Tanker

Posted: 27 Dec 2012 04:00 PM PST

 

Job Pelaut Terbaru 28 Desember 2012 URGENT 3rd Officer For Chemical Tanker
Dear Seafarers,

Kami sedang mencari kandidat  untuk kapal chemical tanker untuk posisi:

  
3/O
    Salary                 : USD 2730
    Type                   : Chemical Tanker
    Contract            : 6 Months
    Trading Area : Asia

Memiliki Sertifikat Chemical Tanker dan Pengalaman Di kapal Chemical  

Silahkan kirim CV ke :
mcsi_crewing@yahoo.com, crewing@hits.co.id atau ade.sukron@hits.co.id

Brgds,
Ade Sukron
PT.
MCSInternasional
subsidiary of PT.
HumpussIntermoda
Transportasi Tbk.
Granadi Building 5th Floor

Jl. H.R Rasuna Said Blok X-1 Kav. 8-9 Jakarta

Phone: (62 21) 252
4114 Ext. 182
Fax :
021-52964555
Mail : ade.sukron@hits.co.id
Job Pelaut Terbaru 28 Desember 2012 URGENT 3rd Officer For Chemical Tanker

Allure of The Seas, Kapal Penumpang Terbesar di Dunia

Posted: 27 Dec 2012 03:58 PM PST

Allure of The Seas, Kapal Penumpang Terbesar di Duniakapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas
Allure of the Seas adalah salah satu armada kapal terbaru Royal Carribean dan merupakan kapal penumpang terbesar di dunia bersama dengan kapal kembarannya Oasis of The Seas. Dengan jumlah kamar sebanyak 2.700 yang mencakup 16 dek, Allure of The Seas mirip dengan miniatur kota yang mengapung diatas laut Carribbean pada kecepatan 22 knots. Berikut adalah foto-foto dan fakta menarik dari kapal raksasa Allure of The Seas. Enjoy!

aquatheater kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas
  • Diperkirakan memiliki berat 225.282 gross tonnage atau sekitar 100.000 metric ton, hampir seberat kapal induk AS kelas Nimitz.
  • Memiliki fasilitas 2 dek lantai dansa, theater berkapasitas 1.380 penonton dan ice skating rink.
  • Interior kapal di desain oleh seniman terkenal Clarissa Parish.

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 2
  • Panjang kapal 1.187 feet (360 meter), lebar 208 feet (64 meter) dan tinggi 213 feet (65 meter).
  • Kecepatan jelajah 22 knot.
  • Terdiri dari 16 dek penumpang dan 24 lift penumpang.

adagio restaurant kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas
  • Mampu melaju dengan 4 busur pendorong yang masing-masing memiliki kekuatan 7.500 horse power (tenaga kuda).
  • Allure of The Seas telah dikunjungi 6.296 tamu (lebih dari 80 negara) dan 2.384 awak kapal.
  • Memiliki jumlah ruangan sebanyak 2.706, yang terdiri dari 1.956 pada balcony, ruangan luar 254, dan interior 496.

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 19
  • Allure of The Seas memiliki panjang 124 meter lebih tinggi dari menara Eiffel atau kira-kira sama dengan tiga setengah kali ukuran standar Internasional lapangan sepakbola.
  • Sebanyak 158.503 galon cat telah digunakan pada kapal.

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 18

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 17

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 16

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 15

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 14
kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 13

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 12

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 11
kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 10
kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 9

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 8
amber theater kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 6

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 6
kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 5

kapal pesiar terbesar di dunia allure of the seas 4

Allure of the Seas passes The Great Belt Bridge, Denmark.

Allure of the Seas meeting Oasis of the Seas



 Allure of The Seas, Kapal Penumpang Terbesar di Dunia
Sumber Via: Allure of The Seas

Kapal Pesiar Pribadi Super Mewah

Posted: 27 Dec 2012 03:56 PM PST

Kapal Pesiar Pribadi Super Mewah
Orang-orang yang super kaya tentunya juga punya "mainan" super mahal juga, dan diantaranya adalah kapal pesiar pribadi super mewah. Wah kok super semua? Salam super! Hahaha.

Siapa saja yang memiliki kapal pesiar ini? Nama orangnya saya tidak sebutkan, hanya inisial saja. Malas saya kalau mereka atau anak buahnya nyamperin laman saya. Hahaha, bisa berabe. Apa profesi mereka dan bagaimana mereka bisa kaya? Pemilik kapal pesiar mewah ini adaalh profesional di bidang teknologi informatika, ada yang raja minyak, ada pula yang pemilik saham perusahaan minyak. Ternyata minyak dan TI bisa bikin orang jadi kaya raya ya? Tak apalah, yang penting bukan hanya sekedar kaya karena warisan.
Berapa harga kapal pesiar pribadi super mewah ini? Berikut saya ingin berbagi berbagai foto dan harga kapal pesiar super mewah…

Urutan Paling Bawah, Dengan Harga 90 Juta Dolar AS

Uang 90 juta dolar AS atau 834 milyar Rupiah (kurs per tanggal posting) memang bukan uang sedikit, tapi kapal pesiar dengan harga sekian menempati urutan paling bawah di deretan kapal pesiar pribadi termewah di dunia. Nama kapal tersebut menggunakan bahasa Perancis dan bila diartikan namanya menjadi "Si Biru Besar". Pemiliknya berinisial RA, pemilik perusahaan minyak dan perusahaan investasi. Kapal ini keluaran tahun 2000, memiliki panjang 112 meter, 50 awak kapal, dan bermesin 3600 tenaga kuda.

Kapal Pesiar Sepanjang 92 Meter Seharga 100 Juta Dolar AS

Kapal ini lebih pendek dari kapal pesiar di atas, yaitu 92 meter. Nama kapal pesiar mewah ini agak mesum. Namanya diambil dari bahasa suku Chinuk, salah satu suku asli benua Amerika, yang artinya buah dada. Entah kenapa si pemilik menamakannya seperti itu. Fasilitas yang tersedia antara lain: bioskop pribadi, kolam renang, 2 helipad, dan sebuah tanki khusus lobster. Rupanya si pemilik, berinisial PA, seorang profesional di bidang TI, suka dengan hidangan laut.

Gadis Cantik Seharga 103 Juta Dolar AS

//
//
Nama kapal pesiar ini tidak memiliki arti khusus, sesuai dengan tradisi pemilik kapal yang biasanya menamai kapalnya dengan nama-nama perempuan. Kapal ini istimewa karena fasilitasnya: 15 kamar tamu mewah, sebuah spa dengan layanan penuh, perpustakaan, tempat bermain anak-anak dan juga bioskop pribadi. Kamar pribadi si pemilik dilengkapi dengan remote-control untuk mengendalikan jendela besar dengan pemandangan panorama. Siapa pemiliknya? Sayangnya saya belum menemukan sumber yang menyebutkan pemiliknya.

Gadis Cantik Seharga 116 Juta Dolar AS

Nama kapal pesiar ini sama dengan di atas, diambil dari nama seorang perempuan. Kamar pribadi pemilik kapal ini saja seluas 120 meter persegi, lengkap dengan dek pribadi, dan jacuzzi pribadi. Kapal ini dilengkapi dengan lift yang mengantarkan para tamu ke lima dek yang ada, termasuk dek khusus untuk berjemur dengan lahan khusus untuk rekreasi, spa, pusat kebugaran, dan juga dua kapal penyelam bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan bawah laut.

Mabuk Laut Dengan Harga 129 Juta Dolar AS

Mabuk laut, itulah arti nama kapal pesiar termewah ini. Pemiliknya? Inisialnya RA. Rupanya dia punya lebih dari 1 kapal pesiar pribadi super mewah. Kapal pesiar pribadi sepanjang 72 meter ini memiliki landasan helikopter yang bisa ditarik masuk secara otomatis. Tamu tak harus datang dari pelabuhan, bisa juga dengan diantar helikopter.
RA lagi, RA lagi. Kaya banget sih dia? Kapal ini jadi istimewa karena dilengkapi dengan kapal selam mini dan sistem pelacak rudal. Wah, kayaknya ini kapal pesiar mewah khusus untuk melindungi si pemilik dari ancaman serangan mematikan. Beberapa awak kapalnya juga pensiunan merupakan tentara pasukan elit Inggris. Wah, wah. Ada apa ini? Nama kapal mewah ini diambil dari nama alat navigasi kapal, yang serupa dengan kompas tapi tanpa jarum penunjuk.

Si Gurita Seharga 200 Juta Dolar

Ini adalah kapal pesiar termewah kedua milik PA, seorang profesional di bidang TI. Nama kapal diambil dari nama latin gurita. Kapal pesiar mewah ini dilengkapi dengan 2 helikopter, sebuah kapal selam berkapasitas 10 orang, dan juga sebuah robot selam yang bisa menelusuri dasar lautan.

Matahari Terbit Seharga 200 Juta Dolar AS

Kapal pesiar pribadi mewah dengan panjang 138 meter ini merupakan milik patungan dari dua orang yang berbeda bidang: LE, juragan di bidang teknologi informatika, dan DG seorang produser film dan rekaman. Kapal ini memiliki ruang untuk para penumpangnya seluas 2.230 meter persegi dari 5 tingkat yang ada di dalamnya. Fasilitas lainnya hampir sama dengan kapal pesiar pribadi mewah lainnya: bioskop, helipad, dan 82 kamar untuk tamu dan awak kapal.

Sang Bangsawan Dari Moor Seharga 210 Juta Dolar AS

Dari nama kapal, yang bila diartikan menjadi bangsawan wanita dari suku Moor, bisa ditebak jika pemilik kapal adalah orang Timur Tengah. Memang, pemiliknya adalah seorang pangeran dari salah satu negara Tim-Teng yang kaya minyak. Kapal ini memiliki panjang 108 meter ini dibangun tahun 1991. Kapal ini memiliki kolam renang dengan pantai tiruan, sementara atap kolam renangnya bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Kapal Pesiar Pribadi Termahal Di Dunia, Seharga 350 Juta Dolar AS

Tibalah saatnya pada kapal pribadi termahal dan termewah di dunia. Kapal ini dimiliki oleh seorang Emir (pemimpin) salah satu negara di kawasan Timur Tengah yang kaya minyak. Kapal dengan panjang 162 meter ini interiornya dirancang oleh perancang terkenal kelas dunia. Memiliki ruang untuk 115 tamu dan 88 awak kapal, termasuk 5 kamar khusus orang-orang penting. Kamar VIP ini masing-masing dilengkapi dengan balkon terbuka. Kapal ini juga memiliki 8 dek, sebuah kolam renang berukuran besar, helipad, dan sebuah hanggar untuk kapal terbang kecil.
Demikianlah…. deretan 10 kapal pesiar pribadi super mewah, yang paling "murah" seharga 834 milyar Rupiah, sedangkan yang termahal seharga 3,2 trilyun Rupiah.
Kapal Pesiar Pribadi Super Mewah

Klarifikasi MT ATLANTIC POINT

Posted: 27 Dec 2012 03:39 PM PST

 

 Klarifikasi MT ATLANTIC POINT

Kepada Yth,

Bapak Boyke Budiman

Di tempat

Sehubungan dengan berita mengenai terbakarnya MT.
ATLANTIC POINT di Balongan. Saya selaku HRD PT. Waruna Nusa Sentana menyatakan
bahwa berita dan photo kebakaran yang beredar tersebut TIDAK BENAR
.

Kami telah mengklarifikasi hal ini dengan Nahkoda
kapal semalam, bahwa semua Crew MT ATLANTIC POINT dalam keadaan baik-baik
saja tanpa kekurangan satu apapun dan keluarga crew telah mengetahui
kejadian yang sebenarnya. Jadi bisa dipastikan bahwa berita tsb adalah hanya
ISU belaka yang telah membuat resah dan disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung
jawab

Demikian
klarifikasi ini kami buat, agar menjadi maklum adanya.

Terima
kasih untuk perhatian dan kerjasamanya.

Regards,

Supiati

HRGA
Division

From: Boyke Budiman [mailto:budimanb@centrin.net.id]

Sent: Thursday, December 27, 2012 6:37 AM

To: wns@waruna-group.com

Subject: MT ATLANTIC POINT

Kepada Yth

Pimpinan

PT WARUNA NUSA SENTANA

Dengan Hormat,

Saya pengurus www.suarapelaut.com
dan juga Milis Pelaut.

Sehubungan dengan beredarnya berita terbakarnya MT
Atlantic Point diperairan

Balongan, kami mohon konfirmasi apakah kapal tersebut
bagian dari Armada

Bapak ?

Apakabar berita diatas benar adanya ?

Mengingat resahnya para keluarga dan tentunya juga akan
mengganggu kegiatan

operasional Bapak, saya harapkan konfirmasi Bapak
secepatnya.

Saya berencana untuk mencari tahu sampai tuntas siapa
yang mengedarkan

berita ini.

Atas kerja sama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Budiman

08551001390
__

Jenis, Fungsi & Macam-Macam Kapal

Posted: 27 Dec 2012 03:35 PM PST

Jenis, Fungsi & Macam-Macam Kapal

Macam-macam Kapal

Secara umum penggolongan kapal dapat dibedakan menjadi.
A. Kapal Menurut Bahannya.
Bahan untuk membuat kapal bermacam-macam adanya dan tergantung dari tujuan serta maksud pembuatan itu. Tentunya dicari bahan yang paling ekonomis sesuai dengan keperluannya.
1) Kapal kayu adalah kapal yang seluruh konstruksi badan kapal dibuat dari kayu
2) Kapal fiberglass adalah kapal yang seluruh kontruksi badan kapal dibuat dari fiberglass.
3) Kapal ferro cement adalah kapal yang dibuat dari bahan semen yang diperkuat dengan baja sebagai tulang-tulangnya. Fungsi tulangan ini sangat menentukan karena tulangan ini yang akan menyanggah seluruh gaya-gaya yang bekerja pada kapal. Selain itu tulangan ini juga digunakan sebagai tempat perletakan campuran semen hingga menjadi satu kesatuan yang benar-benar homogen, artinya bersama-sama bisa menahan gaya yang datang dari segala arah.
4) Kapal baja adalah kapal yang seluruh konstruksi badan kapal dibuat dari baja. Pada umumnya kapal baja selalu menggunakan sistem konstruksi las, sedangkan pada kapal-kapal sebelum perang dunia II masih digunakan konstruksi keling. Kapal pertama yang menggunakan sistem konstruksi las adalah kapal Liberty, yang dipakai pada waktu perang dunia II. Pada waktu itu masih banyak kelemahan-kelemahan pada sistim pengelasan, sehingga sering dijumpai keretakan-keretakan pada konstruksi kapalnya. Dengan adanya kemajuan-kemajuan dalam teknik pengelasan dan teknologi pembuatan kapal, kelemahan-kelemahan itu tidak dijumpai lagi. Keuntungan sistem las adalah bahwa pembuatan kapal menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan konstruksi keling. Disamping pada konstruksi las berat kapal secara keseluruhan menjadi lebih ringan.
B. Kapal Berdasarkan Alat Penggeraknya.
Penggerak kapal juga menentukan klasifikasi kapal sesuai dengan tujuannya.
1) Kapal dengan menggunakan alat penggerak layar.
Pada jenis ini kecepatan kapal tergantung pada adanya angin. Banyak kita jumpai pada kapal-kapal latih dan pada kapal barang tetapi hanya terbatas pada kapal- kapal kecil saja.
2) Kapal dengan menggunakan alat penggerak padle wheel Sistim padle wheel, pada prinsipnya adalah gaya tahanan air yang menyebabkan/menimbulkan gaya dorong kapal (seperti dayung). Padle wheel dipasang dikiri dan kanan kapal dan gerak putarnya dibantu oleh mesin. Umumnya digunakan di daerah yang mempunyai perairan yang tenang misalnya di danau, sungai sebagai kapal-kapal pesiar.
3) Kapal dengan menggunakan alat penggerak jet propultion Sistim ini pada prinsipnya adalah air diisap melalui saluran di muka lalu didorong ke belakang dengan pompa hingga menimbulkan impuls (jet air ke belakang). Sistim ini banyak kita jumpai pada tug boat tetapi fungsinya untuk mendorong bukan menarik.
4) Kapal dengan menggunakan alat penggerak propeller (baling-baling). Kapal bergerak karena berputarnya baling yang dipasang di belakang badan kapal sehingga menimbulkan daya dorong. Alat penggerak inilah yang pada umumnya digunakan pada saat sekarang.
C. Kapal Berdasarkan Mesin Penggerak Utamanya.
Beberapa faktor ekonomis dan faktor-faktor design akan menentukan mesin macam apa yang cocok untuk dipasang pada suatu kelas tertentu dari sebuah kapal. Jenis-jenis yang biasa dipakai diantaranya:
1) Mesin uap torak (Steam reciprocating engine) Biasanya yang dipakai adalah triple expansion engine (bersilinder tiga) atau double Compound engine. Keuntungan:
-mudah pemakaian dan pengontrolan. -mudah berputar balik (reversing) dan mempunyai kecepatan putar yang sama dengan perputaran propeller.
Kerugiannya:
-konstruksinya berat dan memakan banyak tempat serta pemakaian bahan bakar besar.
2) Turbine uap (Steam turbine) Tenaga yang dihasilkan oleh mesin semacam ini sangat rata dan uniform dan pemakaian uap sangat efisien baik pada tekanan tinggi ataupun rendah. Kejelekannya yang utama adalah tidak dapat berputar balik atau non reversible sehingga diperlukan reversing turbine yang tersendiri khusus untuk keperluan tersebut. Juga putarannya sangat tinggi sehingga, reduction propeller gear, sangat diperlukan untuk membuat perputaran propeller jangan terlalu tinggi. Vibration sangat kecil dan pemakaian bahan bakar kecil kalau dibandingkan dengan mesin uap torak. Mesin semacam ini dapat dibuat bertenaga sangat besar, oleh karena itu digunakan untuk kapal yang membutuhkan tenaga besar.
3) Turbine Electric Drive. Beberapa kapal yang modern memakai sistem dimana suatu turbin memutarkan sebuah elektrik generator, sedangkan propeller digerakkan oleh suatu motor yang terpisah tempatnya dengan mempergunakan aliran listrik dari generator tadi. Disini reversing turbine yang tersendiri dapat dihapuskan dengan memakai sistim ini sangat mudah operasi mesin-mesinnya.
4) Motor pembakaran dalam (internal combustion engine). Mesin yang paling banyak dipakai adalah motor bensin untuk tenaga kecil (motor tempel atau out board motor). Sedangkan tenaga yang lebih besar dipakai mesin diesel yang dibuat dalam suatu unit yang besar untuk kapal-kapal yang berkecepatan rendah dan sedang. Keuntungannya dapat langsung diputar balik dan dapat dipakai dengan cara kombinasi dengan beberapa unit kecil. Untuk tenaga yang sama, jika dibandingkan dengan mesin uap akan lebih kecil ukurannya. Dengan adanya kemajuan dalam pemakaian turbo charger untuk supercharging maka beratnyapun dapat diperkecil dan penghasilan tenaga dapat dilipat gandakan.
5) Gas turbine. Prinsipnya adalah suatu penggerak yang mempergunakan udara yang dimampatkan (dikompresikan) dan dinyalakan dengan menggunakan bahan bakar yang disemprotkan dan kemudian setelah terjadi peledakan udara yang terbakar akan berkembang. Kemudian campuran gas yang dihasilkan itu yang dipakai untuk memutar turbine. Gas yang telah terpakai memutar turbine itu sebelum dibuang masih dapat dipakai untuk "heat exchangers" sehingga pemakaiannya dapat seefektif mungkin.
Type mesin ini yang sebetulnya adalah kombinasi dari "Free Piston Gas Fier" dan gas turbine belum banyak dipakai oleh kapal-kapal dagang. Research mengenai mesin ini masih banyak dilakukan.
6). Nuclear Engine Bentuk Propulsi ini hanya dipakai pada kapal-kapal besar non komersil seperti kapal induk, kapal perang sehingga kapal yang memakainya masih terbatas.
.
D. Kapal Khusus Berdasarkan Fungsinya
Kapal-kapal yang digunakan dalam kegiatan bukan untuk perang, akan disebut juga sesuai dengan barang/muatan yang pokok pada kapal itu.
1) Kapal dengan muatan barang disebut kapal barang (cargo ship).
Pada dasarnya sebelum kapal tersebut direncanakan untuk dibangun ditentukan terlebih dahulu jenis barang yang diangkut. Hal ini penting ditentukan sehubungan dengan besarnya ruangan yang dibutuhkan di dalam kapal untuk mengangkut barang dalam satuan berat yang sudah ditentukan oleh pemesan. Kalau kapal yang direncanakan untuk mengangkut bermacam-macam muatan (general) maka kapal tersebut dinamakan General Cargo. Pada umumnya kapal-kapal barang terutama general cargo dapat membawa penumpang kelas sampai 12 penumpang dan tetap dinamakan kapal barang. Kapal barang mempunyai kecepatan berkisar antara 8 s/d 25 Knot.
2) Kapal dengan muatan barang dan penumpang disebut Kapal barang penumpang (Cargo passanger ship). Untuk membatasi istilah kapal barang penumpang dan kapal penumpang barang pada umumnya selalu membingungkan. Maka dapat dipakai suatu ketentuan, bahwa jika kapal tersebut terutama digunakan untuk mengangkut barang disamping muatan penumpang disebut kapal barang penumpang. Sedangkan jika kapal tersebut digunakan terutama untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang cukup besar, disamping itu juga barang misalnya seratus penumpang disamping muatan barang yang dibawanya maka disebut Kapal penumpang Barang. Apabila kapal mengangkut penumpang lebih dari 12 orang maka kapal tersebut harus menggunakan persyaratan keselamatan pelayaran sebagai kapal penumpang.
Kapal penyeberangan atau kapal Ferry adalah termasuk kapal penumpang barang. Kapal penyeberangan fungsinya adalah untuk menghubungkan selat sebagai penyambung perhubungan darat yang terputus karena adanya selat. Oleh karena itu kapal penyeberangan dilengkapi dengan tempat fasilitas kendaraan, misal: mobil, truk, bus dan bahkan sarana tempat gerbong kereta api.
3) Kapal Penumpang (passanger ship) ialah kapal yang khusus mengangkut penumpang. Kapal penumpang ada yang besar dan ada yang kecil. Kapal penumpang kecil kebanyakan digunakan untuk pesiar antar pulau yang tak begitu jauh menyusuri pantai/sungai yang menghubungkan antar kota sebagai komunikasi transport. Kapal penumpang besar biasanya dipakai untuk pelayaran antar pulau yang jauh atau antar benua untuk tourist dan lain-lain. Kapal ini biasanya dilengkapi dengan akomodasi penumpang yang lebih baik dan fasilitas rekreasi misalnya kolam renang, bioskop dan tempat-tempat relaks lainnya. Selain itu kapal penumpang dilengkapi dengan alat keselamatan pelayaran yang lebih lengkap, dibandingkan dengan kapal-kapal lainnya
misalnya sekoci penolong, baju penolong dan perlengkapan keselamatan lainnya. Semua kapal penumpang kecuali kapal penumpang cepat biasanya selalu membawa sedikit muatan barang.
4) Kapal pengangkut kayu (timber carrier atau log carrier) ialah kapal yang fungsinya mengangkut kayu baik berupa kayu balok, kayu papan ataukah kayu gelondongan. Umumnya sebagai muatan kayu yang diangkut diletakkan di atas geladak dan jumlah muatan digeladak kurang lebih 30% dari seluruh muatan yang diangkut. Oleh karena itu konstruksi dari dek/geladaknya harus dipasang perlengkapan untuk keperluan itu. Kayu yang diangkut di atas geladak dan diikat kuat dapat menambah daya apung cadangan, sehingga lambung timbul kapal pengangkut kayu relatip lebih kecil dibandingkan kapal barang. Oleh karena itu dikatakan bahwa kapal pengangkut kayu dianggap mempunyai free board khusus. Dalam menentukan stabilitas harus dianggap muatan geladak yang diikat dengan kuat merupakan satu bagian dari badan kapal.
5) Kapal yang mengangkut muatan cair misalnya (Kapal tank Muatan pada kapal tanker mempunyai sifat khusus yang menjadi perhatian untuk mengkonstruksikannya. Mengingat sifat zat cair yang selalu mengambil posisi yang sejajar dengan garis air, pada waktu kapal mengalami keolengan dan hal ini terjadi pada tangki-tangki yang tak diisi penuh. Oleh karena itu kapal tanker pada umumnya dilengkapi dengan sekat melintang dan sekat memanjang.
Kapal tersebut dilengkapi dengan pompa dan instalasi pipa untuk bongkar dan muat minyak dari kapal dan ke kapal. Lambung timbul umumnya lebih kecil dibandingkan dengan kapal barang biasa untuk ukuran kapal yang relatif sama. Letak kamar mesin selalu di belakang terutama dimaksud untuk menghindari bahaya kebakaran.
6) Kapal pengangkut peti kemas (Container Ship) Kapal yang dimaksud mengangkut barang yang sudah diatur di dalam peti-peti. Muatan peti kemas disamping di dalam palkah juga diletakkan di atas dek dengan pengikatan yang kuat, sehingga peti kemas tersebut tidak bergeser dari tempatnya semula pada saat berlayar. Dengan adanya muatan di atas geladak maka harus diperhatikan mengenai stabilitas kapal. Yang perlu diperhatikan ialah periode keolengan jangan sampai terlalu lincah, sebab membahayakan container yang ada di atas dek, lebih –lebih apabila sistim pengikatannya kurang sempurna. Konstruksi peti kemas dibuat sedemikian rupa sehingga barang-barang yang ada didalamnya terjamin keamanan dari kerusakkan dan lain-lain. Kapal pengangkut peti kemas harus mempunyai fasilitas pelabuhan khusus Container.
7) Kapal pengangkut muatan curah (Bulk Carrier). Kapal yang mengangkut muatan tanpa pembungkusan tertentu, berupa biji-bijian yang dicurahkan langsung ke dalam palkah kapal. Ditinjau dari jenis muatannya ada beberapa macam yaitu sebagai berikut: -Kapal pengangkut biji tambang yaitu kapal yang mengangkut
muatan curah berupa biji-bijian hasil tambang misalnya biji besi, chrom, mangaan, bauxit dan sebagainya.
-Kapal pengangkut biji tumbuh-tumbuhan yaitu kapal yang mengangkut muatan curah berupa biji-bijian hasil tumbuhtumbuhan misal jagung, bulgur, beras, kedele dan lain-lain.
-Kapal pengangkut batubara atau sering disebut Collier yaitu kapal yang mengangkut muatan curah berupa batubara, cokes atau coal.
Kapal pengangkut muatan curah umumnya dibuat single dek dan sistim bongkar muatnya dilakukan dengan sistim isap untuk grain carrier. Tetapi untuk ore atau coal dipakai grab (bucket) & conveyer. Khusus ore carrier biasanya mempunyai double bottom tank top yang tinggi dengan maksud untuk mempertinggi letak titik berat muatan, sehingga memperbaiki rolling periode kapal, lagi pula gerak kapal tidak terlalu kaku. Pada bulk carrier umumnya letak kamar mesin di belakang dengan maksud untuk mempermudah sistim bongkar muat.
8) Kapal pendingin. (refrigated cargo vessels).
Kapal khusus yang digunakan untuk pengangkutan muatan yang perlu didinginkan gunanya untuk mencegah pembusukan dan kerusakan muatan. Ruang muat dilengkapi dengan sistim isolasi dan sisitim pendinginan. Umumnya muatan dingin hanya diangkut pada satu jurusan saja. Jenis muatan misalnya : Buah-buahan, sayur-sayuran, daging dingin, daging beku, ikan, udang dan lain-lainnya. Meskipun ruang muat sudah dilengkapi dengan instalasi pendingin untuk mengawetkan muatan, tetapi kecepatan kapal masih relatif lebih cepat dibandingkan dengan kapal-kapal pada umumnya. Misal : kapal pengangkut buah-buahan kecepatan dinas antara 18 -21 Knots.
9) Kapal pengangkut ternak. Karena muatannya adalah ternak, maka kapal jenis ini harus menyediakan fasilitas yang diperlukan untuk ternak tersebut misalnya tempat makan, tempat kotoran yang dengan mudah dapat dibersihkan.
E. Kapal-kapal Khusus
Kapal yang mempunyai tugas khusus, artinya bukan untuk pengangkutan, disebut juga sesuai dengan tugas pekerjaan yang dilaksanakan.
1) Kapal Keruk (dredger). Fungsinya adalah memperdalam kolam pelabuhan, alur pelayaran, sungai dan lain-lainnya dan juga menyediakan tanah untuk reklamasi rawa-rawa (untuk perluasan daerah menjadi daratan). Pemakaian type-type keruk tergantung dari jenis tanah galian.
Type-type kapal keruk:
- Plain Suction Dredger: Pengerukan dengan cara menghisap dengan pipa isap. Jenis yang modern mempunyai water jet disekeliling ujung pipa yang gunanya untuk menghancurkan material yang keras dengan menyemprotkan air dengan tekanan tinggi.
- Cutter Suction Dredger : Pada prinsipnya sama dengan jenis di atas hanya dilengkapi dngan cutter (alat penghancur) di ujung pipa isap sehingga dapat mengeruk tanah galian yang agak keras.
- Grab Dredger : Sangat baik digunakan untuk beroperasi di sekitar Graving dock, dermaga dan bagian-bagian sudut dari kade, karena alat ini merapat sampai ke tepi. Daya penggaliannya tergantung dari berat grab bucket, tetapi hasil kerusakannya tidak rata sehingga sukar untuk menentukan dalamnya penggalian.
- Bucket Dedger : Pengerukan tanah galian dengan menggunakan timba. Sangat sesuai pada segala jenis galian baik tanah padat maupun batubatuan, tetapi bukan tanah padas yang keras.
- Dipper Dredger : Dipergunakan untuk pekerjaan penggalian yang sukar dan ada rintangan, dimana jenis kapal keruk yang lain tidak mampu mengerjakannya. Sesuai dengan pekerjaan jenis tanah yang keras dengan ukuran yang besar.
2) Kapal Tunda
Kapal yang fungsinya menarik atau mendorong kapal-kapal lainnya. Dibedakan atas beberapa jenis antara lain kapal tunda Samudra, kapal tunda pelabuhan dan lain-lain.
3) Kapal Penangkap Ikan Kapal yang fungsinya untuk menangkap ikan apabila ditinjau dari penangkapannya dapat dibedakan atas 3 macam yaitu :
  1. Kapal yang dilengkapi dengan alat tembak terutama khusus untuk kapal penangkap ikan paus.
  2. Kapal yang dilengkapi dengan alat jaring
  3. Kapal yang dilengkapi dengan alat kail.
Gambar.2.10 Kapal ikan
Kapal-kapal ikan dimana operasi penangkapannya agak jauh dari pangkalannya, yang berhari-hari memerlukan waktu dalam operasinya biasanya dilengkapi dengan kotak ikan yang didinginkan, sehingga ikanikan hasil tangkapan tidak cepat menjadi busuk. Bahkan untuk kapalkapal ikan yang modern dilengkapi dengan pabrik ikan dalam kaleng.
4) Kapal Pemadam Kebakaran Kapal yang fungsinya membantu memadakan kebakaran pada kapal lain atau kebakaran pada dermaga pelabuhan. Operasinya biasanya dilakukan sekitar pelabuhan.
5) Kapal Peneliti Kapal yang fungsinya mengadakan penelitian di lautan, kapal tersebut dilengkapi dengan peralatan-peralatan penelitian.
6) Kapal Rumah Sakit Dilengkapi dengan peralatan kedokteran.
7) Kapal Perang Karena fungsinya untuk berperang atau menjaga keamanan maka perencanaan dan konstruksinya lebih ditekankan pada segi kekuatan, sehingga faktor ekonomis kurang mendapat perhatian.
 

Jenis, Fungsi & Macam-Macam Kapal

 

Kapal Tanker & Kapal Kontainer Terbesar di Dunia

Posted: 27 Dec 2012 03:33 PM PST

Kapal kapal ter terbesar di Dunia
"Knock Nevis", kapal yang satu ini memang luar biasa. Dibuat sebagai supertanker berukuran terbesar yang pernah dibuat manusia, pernah rusak berat karena perang dan kemudian "hidup" lagi. Tidak hanya supertanker-supertanker, juga kapal kargo raksasa lainnya memiliki mesin-mesin diesel dengan ukuran dan kemampuan raksasa pula untuk membuatnya mampu mengarungi samudera.

4. Supertanker Knock Nevis/ Jahre Viking – Kapal Besar dengan Sebuah cerita Besar(Kapal kapal terbesar di Dunia )



( kapal terbesar di Dunia )
Inilah raja dari segala supertanker, dan mungkin jika dilihat dari dimensinya merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat . Yang jelas untuk yang masih beroperasi, memang kapal inilah yang terbesar. Cerita perjalanan karirnya-pun cukup menarik.
Pertama-tama kapal ini punya banyak nama sebutan:
- "Seawise Giant"
- "Porthos"
- "Happy Giant"
- "Jahre Viking"
- "Knock Nevis"
Dibuat di Jepang tahun 1979 atas pesanan tokoh terkemuka perkapalan Yunani, yang kemudian bangkrut, dan menjual kapal raksasa ini ke penguasa Hong Kong, yang kemudian bahkan menambah panjangnya. Tahun 1981 adalah tahun kelahiran kapal ini, kapal terbesar diantara kapal-kapal lainnya.
Sebagai gambaran, lihat perbandingan skalanya dengan menara Eiffel dan Empire State Building:

( kapal terbesar di Dunia )
Awalnya dioperasikan antara Timur Tengah dan USA tapi kira-kira sejak 1986 kapal ini digunakan sebagai gudang penyimpanan terapung dan terminal antar kargo di Iran selama perang Iran-Irak. Pada bulan Mei 1988, kapal ini diserang dan rusak berat oleh bom-bom dari jet-jet Irak ketika parkirdi terminal Iranian Hormuz di selat Hormuz. Lihat gambar-gambar kebakaran dan kerusakannya di sini. Rusak berat dan tenggelam di perairan dangkal di situ.
Tapi ceritanya tidak berakhir disitu saja. Sebuah mukjizat membuat kapal ini mendapatkan kehidupan keduanya dengan diperbaiki secara total. "The Sea Wise Giant" ini dibeli oleh oleh perusahaan asal Norwegia, dan ditarik ke galangan kapal Keppel, Singapura. Setelah diperbaiki lagi kapal ini diluncurkan lagi tahun 1991 dan sebutannya berubah awalnya menjadi "Happy Giant" dan akhirnya "TT Jahre Viking". Di bawah ini foto saat perbaikannya.
( Kapal terbesar di Dunia )
Di bulan Maret 2004, kapal ini dijual lagi dan dikirim ke pemilik barunya di Dubai untuk difungsikan sebagai gudang penyimpanan terapung dan offloading unit (FSO). Di sanalah namanya berubah lagi menjadi "Knoc Nevis". Foto-foto di bawah ini adalah saat merapat di dermaga – pelayaran terakhir dari kapal raksasa legendaris ini.
http://lh6.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SYxagmKjlZI/AAAAAAAADss/LhWQvkNasYw/kapal-terbesar-05.jpg
Jeroan Sang Raksasa
Perhatikan mesinnya yang merupakan mesin diesel terbesar di dunia; suatu pencapaian luar biasa teknologi manusia yang dibutuhkan untuk mentenagai kapal-kapal raksasa seperti Knock Nevis, atau Emma Maersk.

5. Kapal-kapal Kontainer Raksasa
Mari kita lihat dulu apa yang bikin kapal-kapal kontainer raksasa itu keliatan gendut. Mesin-mesin kapal raksasa adalah mesin-mesin diesel yang ukuran dan tenaga yang disemburkannya sangat luarbiasa.
Mesin seri Wärtsilä-Sulzer RTA96-C (turbocharged diesel engine):
-Memiliki 14 silinder
-Output Power 80.080 kW atau 108.920 bhp.
-memiliki dimensi selebar 26,7 meter dan tinggi 13,2 meter (kira-kira segede bangunan apartemen kecil)
Saat ini pabriknya mempertimbangkan versi dengan 18-silinder. Perhatikan ukuran piston-pistonnya ini:
Versi-versi yang lebih kecil dari mesin-mesin ini dipasang pada berbagai supertanker dan kapal-kapal kargo raksasa sebelumnya:

Inilah "EMMA MAERSK" – Kapal Kontainer Terbesar di Dunia

http://lh6.ggpht.com/_iRCt-m6tg6Y/SYx14SfgqVI/AAAAAAAADuU/lA24OedVkQg/s640/kapal-terbesar-08.jpg
( kapal terbesar di Dunia )
Kontainer yang Sedikit Lebih Kecil:

Kapal Ferry Tercepat Di Dunia

Posted: 27 Dec 2012 03:31 PM PST

Kapal Ferry Tercepat Di Dunia
Shinas
Kapal ferry terbaru sepanjang 65 m yang dinamakan "Shinas" telah dibangun oleh Austal, sebuah perusahaan pembuat kapal feri di Australia untuk kesultanan Oman. Pada uji coba, ferry ini mampu melaju hingga kecepatan 55,9 knot (103,5 km/jam) yang menjadikan kapal ini sebagai ferry bertenaga diesel tercepat yang pernah ada. "Shinas" merupakan salah satu dari dua kapal identik yang tengah dibangun untuk Kesultanan Oman oleh Austal.
Masing-masing kapal feri tercepat ini direncanakan akam mampu memuat 208 penumpang untuk perjalanan sejauh 108 mil laut pada perjalanan pertamanya dari Shinas sampai semenanjung Musandam. Kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas pendaratan helikopter yang cocok untuk helikopter berukuran sedang. Kapal ini bertenaga diesel dengan empat mesin seri MTU20silinder1163 yang masing-masing menghasilkan kekuatan 6.500kW dan mesin Rolls-Royce, mesin yang biasanya digunakan untuk mobil-mobil mewah di Eropa.
Kapasitas penuh geladak khusus yang memuat kendaraan dapat menampung 56 mobil atau 54 truk yang ditata segaris dengan tambahan 40 mobil pada geladak di atasnya dengan tinggi 3 meter. Geladak khusus kendaraan di bagian belakang kapal dapat menahan berat dari 9 hingga 12 ton, sedangkan geladak utama hanya mampu menampung beban hinga 3 ton. "Shinas" juga dilengkapi dengan perlengkapan keamanan yang telah memenuhi standar, struktur kapal yang ringan dan tahan terhadap kebakaran serta prosedur keselamatan terhadap kebakaran di setiap bagian kapal dengan sistem khusus penyemprotan apabila terjadi kebakaran. Sebagai tambahan dalam bidang keselamatan, kapal ini juga dilengkapi dengan klinik pengobatan dengan peralatan yang lengkap.



SuperFerry Hawaii
Kapal yang digunakan oleh Superferry Hawaii adalah aluminium-dikuliti catamaran dengan drive-on / drive-off kemampuan kendaraan atau pelayanan feri cepat. Perangkat ini dirancang dan dibangun di Amerika Serikat oleh Austal Amerika Serikat, sebuah divisi dari Australia berbasis Austal pembuat kapal. Kapal ini didukung oleh mesin-mesin MTU Friedrichshafen menggunakan propulsi jet air yang klaim perusahaan akan meminimalkan dampak mamalia laut, tetapi lawan-lawan sengketa pernyataan ini. Hal ini mampu mengangkut hingga 866 penumpang dan 282 mobil subkompak ( pada bagian dek kapal bisa disesuaikan sesuai kebutuhan angkut ). Mesinya adalah 4 mesin jet dengan kekuatan 1.100 tenaga kuda, jadi membutuhkan 4.400 tenaga kuda, sedangkan jet hanya perlu ratusan tenaga kuda. Untuk membuat kapal ini nyaman dan tidak bergoyang ketika ada ombak, di bawah kapal ini dipasang sayap kecil agar menahan ombak. Dan bisa membelok 160 derajat dalam waktu 5-7detik.
Jadi di atas kapal ini, kita tidak akan merasakan ketakutan jika ada ombak besar. Super Ferry juga mempunyai 2 dasar, kapal lainya hanya mempunyai 1 dasar.


Di butuhkan dana 200 JUTA DOLLAR / sekitar 2 TRILIUN untuk membuatnya .

* Catatan : Kapal pertama, bernama Alakai, tiba di Honolulu Harbor pada tanggal 30 Juni 2007. kapal kedua, Huakai, dijadwalkan selesai pada 2009, namun karena pelambatan ekonomi dan putusan pengadilan negeri menghentikan layanan, Huakai itu ditahan dan kemudian ditinggalkan bersama dengan Alakai.

Kapal Ferry Tercepat Di Dunia
Sumber : http://artikelindo-admin.blogspot.com/2010/02/inilah-kapal-ferry-tercepat-dunia.html

Roda Falkrik, Lift Putar Untuk Mengangkut Kapal Laut di Dunia

Posted: 27 Dec 2012 03:28 PM PST

Roda Falkrik, Lift Putar Untuk Mengangkut Kapal Laut di Dunia 
Salah satu metode untuk mengangkut kapal laut diantara dua ketinggian adalah dengan menggunakan lift yang mengangkat badan kapal laut dari satu jalur air ke jalur lain yang berbeda ketinggian.

Penggunaan Lift untuk kapal laut memang tidak umum, dan roda Falkirk, dekat kota Falkirk, adalah satu-satunya lift berputar untuk kapal laut yang ada di dunia, dan dianggap sebagai landmark dari teknologi kebanggaan Skotlandia.

Roda Falkirk
berdiameter 35 meter menghubungkan Kanal Forth dan Clyde dengan Union Canal, yang sebelumnya dihubungkan oleh serangkaian sebelas kunci air yang turun dalam jarak-jarak 1,5 km. Tapi semua itu telah dibongkar pada tahun 1933, karena dianggap kurang efisien dan menghalangi jalur.


Lalu diputuskan bahwa pengangkatan kapal lautlah yang diperlukan untuk menghubungkan dua saluran air yang berbeda ketinggian. Sempat diajukan untuk konsep Waterways di Inggris, namun sepertinya pemerintah Inggris tidak tertarik pada metode ini.

Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat landmark struktur abad ke-21 yang dramatis di Skotlandia. Hasilnya, struktur sempurna dan seimbang Roda Falkirk yang berhasil mengangkat kapal laut pertama di dunia dengan cara berputar.


Kapal laut masuk ke salah satu gondola bersama dengan air yang terangkat lalu diputar bersama untuk sampai ke sungai yang ada di atas atau di bawahnya. Berat yang sama memungkinkan gondola untuk tetap seimbang dengan sempurna, sehingga jumlah energi yang dibutuhkan sangat kecil untuk memutar Roda.


Roda berputar hingga 180 derajat dalam 5,5 menit menggunakan hanya 1.5kW listrik, jumlah yang sama yang dibutuhkan untuk mendidihkan delapan ketel air.


Sebuah desain yang serupa dari lift kapal laut ini telah diusulkan untuk sebuah kanal baru yang akan berada di sepanjang Marston Vale di Bedfordshire. Lift akan menghubungkan Grand Union Canal di Milton Keynes dengan Sungai Besar Ouse di Bedford.


Sumber :
Roda Falkrik, Lift Putar Untuk Mengangkut Kapal Laut di Dunia 

6 Kapal Layar Terbesar dan Termegah di Dunia

Posted: 27 Dec 2012 03:24 PM PST

6 Kapal Layar Terbesar dan Termegah di Dunia
1. Pinisi



Kapal kayu Pinisi telah digunakan di Indonesia sejak beberapa abad yang lalu, diperkirakan kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 1500an. Menurut naskah Lontarak I Babad La Lagaligo pada abad ke 14, Pinisi pertama sekali dibuat oleh Sawerigading, Putera Mahkota Kerajaan Luwu untuk berlayar menuju negeri Tiongkok hendak meminang Putri Tiongkok yang bernama We Cudai. Pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia, yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar di Sulawesi Selatan.



Kapal ini umumnya memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang, umumnya digunakan untuk pengangkutan barang antarpulau. Pinisi adalah sebuah kapal layar yang menggunakan jenis layar sekunar dengan dua tiang dengan tujuh helai layar yang mempunyai makna bahwa nenek moyang bangsa Indonesia mampu mengharungi tujuh samudera besar di dunia.


2. Barque Sedov



Kapal ini awalnya dikenal sebagai Magdalena Vinnen II. Kapal layar ini dibuat di Jerman pada tahun 1921 yang biasa digunakan sebagai kapal kargo hingga tahun 1936. Pada 1936, kapal ini beralih fungsi menjadi kapal untuk pelatihan militer. Setelah Perang Dunia Kedua, kapal ini diserahkan kepada angkatan laut Soviet dan namanya diubah menjadi Sedov yang terinspirasi dari penjelajah Soviet yang terkenal, Georgy Sedov.

Aspek yang paling unik dari Kapal Sedov adalah pada saat dibangun, di samping tiang-tiang baja berlayar empat, kapal ini ditambahkan mesin. Saat ini setelah 90 tahun sejak kapal ini dibuat, Sedov masih beroperasi dan digunakan sebagai wadah pelatihan bagi taruna dari universitas-universitas Rusia St Petersburg dan Murmansk.


3. Royal Clipper



Royal Clipper merupakan kapal dengan lima tiang sejak Preussen diluncurkan pada tahun 1902, (salah satu kapal layar kargo terakhir) Preussen merupakan kapal layar kargo tercepat dan terbesar yang pernah dibangun. Saat ini, Royal Clipper sangat mirip dengan bentuk Preussen di semua bagian, tetapi dioptimalkan untuk kenyamanan penumpang daripada membawa muatan, dan tampilan keseluruhan kapal tersebut dibuat baru, namun berdasarkan bentuk dari kapal Preussen Jerman tersebut. Dengan panjang 133,8 meter, Guiness Book of World Records menjadikan Royal Clipper menjadi kapal layar terbesar saat ini. Dia menampung 228 penumpang dan 105 awak kapal, dan memiliki tiga buah kolam renang.


4. Preussen



Preussen adalah kapal layar kargo terbesar yang pernah ada, dibuat dan diluncurkan di Jerman pada tahun 1902. Kapal ini memilik 5 tiang dan layar yang terbuat dari baja. Kapal ini dahulu digunakan sebagai kapal pengangkut Nitrat dari Amerika selatan.


5. Juan Sebastian Elcano



Kapal ini juga sering disebut Juan Sebastián de Elcano. Juan Sebastián de Elcano adalah kapal pelatihan bagi Angkatan Laut Kerajaan Spanyol. Kapal ini memiliki panjang 113 meter dan masuk sebagai Kapal Layar terbesar dan tertinggi di dunia. Nama kapal ini diambil dari penjelajah Spanyol, Juan Sebastián Elcano, kapten armada terakhir dalam eksplorasi Ferdinand Magellan.


6. Thomas W. Lawson



Kapal ini dibuat oleh Perusahaan Fore River Ship and Engine yang bermarkas di Massachusetts pada tahun 1901. Thomas W. Lawson adalah kapal sekunar 7 tiang yang digunakan sebagai pengangkut batubara dan minyak di pantai timur Amerika serikat. Thomas W. Lawson juga dianggap sebagai Kapal layar kargo yang mempunyai tanker pertama di dunia.
6 Kapal Layar Terbesar dan Termegah di Dunia

Jenazah ABK Kapal Amerika Diturunkan di Maumere

Posted: 27 Dec 2012 03:21 PM PST

Jenazah ABK Kapal Amerika Diturunkan di Maumere
TRIBUNNEWS.COM, MAUMERE--Van Der Walt, salah seorang anak buah kapal (ABK) pesiar berbendera Amerika Serikat, Star Dancer, ditemukan telah meninggal dunia di kapal tersebut dalam pelayaran dari Ambon, Maluku, tujuan Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (24/12/2012).
 
Kapolres Sikka, AKBP Budi Hermawan, S.Ik, ditemui Pos Kupang di Mapolres Sikka, Rabu (26/12/2012) siang, mengatakan, setelah mengetahui Van Der Walt alias Andries Piers meninggal dunia, nakhoda kapal pesiar itu merapat di Dermaga Pelabuhan Lorens Say Maumere untuk menurunkan jenazah Van Der Walt.
Budi menjelaskan, setelah Polres Sikka berkoordinasi dengan Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) di Jakarta, akhirnya jenazah Van Der Walt dibawa ke Jakarta menggunakan pesawat terbang melalui Ende, Rabu (26/12/2012) pagi.

Ia mengatakan, jenazah Van Der Walt dibawa ke Mabes Polri untuk diotopsi di Rumah Sakit Umum (RSU) Keramat Jati Jakarta. Kematian Van Der Walt ditangani oleh Mabes Polri, demikian Budi,  karena status Van Der Walt adalah warga negara asing.

Dalam penerbangan ke Jakarta, lanjut Budi, jenazah Van Der Walt dikawal oleh Kasat Reskrim Polres Sikka, Iptu Ahmad, dan anggota Identifikasi Polres Sikka, Brigpol Niko Missa.
Informasi yang diperoleh Pos Kupang di Maumere, Senin (24/12/2012) malam, menyebutkan, kapal pesiar tak berpenumpang itu membawa tujuh ABK dari Papua Nugini tujuan Bima di NTB.

Para ABK baru melakukan pelayaran dari Pulau Ambon. Dalam pelayaran, salah satu ABK berkebangsaan Afrika Selatan sakit, sehingga kapal merapat di Pelabuhan Lorens Say Maumere. Sekitar pukul 14.00 Wita, Senin (24/12/2012), pihak kapal menelepon bagian agen kapal pesiar di Maumere untuk meminta bantuan dokter memeriksa kesehatan Van Der Walt.

Nyawa Van Der Walt tidak tertolong. Pada pukul 17.00 Wita, Van Der Walt meninggal dunia. Polres Sikka, Imigrasi Maumere dan Kesehatan Pelabuhan Maumere berkoordinasi untuk membawa jenazah Van Der Walt  ke Jakarta. Selain itu, Polres Sikka berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Amerika di Denpasar, Bali dan Surabaya, sehingga Van Der Walt  dibawa ke Jakarta sesuai permintaan keluarga dan kedutaan.
Apakah korban sakit atau meninggal dunia karena sebab lain, polisi belum memberikan penjelasan karena jenazah Van Der Walt  dibawa ke Jakarta. Namun diduga kuat,  Van Der Walt  sakit di kapal dalam perjalanan dari Ambon. *

Kapal Internet Untuk Pemprov Kalsel

Posted: 27 Dec 2012 03:18 PM PST

Kapal Internet Untuk Pemprov Kalsel


Kapal Internet Untuk Pemprov Kalsel
Laporan Wartawan Banjarmasin Post, Nia Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Warga Kalsel patut berbangga jadi provinsi pertama di Indonesia yang mendapat kapal internet atau B-CAP (Boat Community Point) dari Kemkominfo.

Diserahkan secara simbolis di Dishubkominfo Pemprov Kalsel, dihadiri segenap jajaran Dishub kabupaten dan kota seKalsel, Kamis (27/12/2012).
Kapal internet itu akan tiba di perairan Kalsel sekitar satu minggu lagi. Kini posisinya masih di perairan Kalbar.

Tipe monohull sepanjang 15 meter, digeber mesin 1X115 hp mampu melesat 12 knot dengan konsumsi BBM cukup 18 liter perjam  dan diharapkan dapat menjangkau kawasan perairan terpencil di Kalsel.

Kapal senilai Rp 1,3 M ini dilengkapi perangkat 10 unit komputer canggih, 10 unit UPS, 1 unit wireless router , 1 unit Nas, 1 unit VSAT dan 1 unit printer infus multifungsi.

"Ini yang pertama di Indonesia. Khusus untuk menyisir perairan yang sulit diakses, untuk kebutuhan akses informasi masyarakat dan Kalsel jadi pilot project," ujar Direktur pemberdayaan informatika kemkominfo Mariam Barata yang dibenarkan staf ahli menteri bidang sosial ekonomi dan budaya Kemkominfo, Suprawoto kepada BPost Online, Kamis (27/12/2012). 

Kapal Internet Untuk Pemprov Kalsel

1 Januari, Kapal Barang Dilarang Konsumsi Solar Bersubsidi

Posted: 27 Dec 2012 03:14 PM PST

1 Januari, Kapal Barang Dilarang Konsumsi Solar Bersubsidi

KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Tangki modifikasi pada mobil milik mafia penyelewengan solar, Rabu (19/9/2012) di Batam, Kepulauan Riau ditahan Polsek Lubuk Baja, Batam. Tangki itu dapat diisi hingga 1.000 liter solar. Sindikat penyeleweng membeli solar subsidi di SPBU lalu menjualnya ke kalangan industri
JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas (BPH Migas) bakal melarang kapal barang untuk mengonsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar terhitung 1 Januari 2013. Hal itu dilakukan menyusul semakin menipisnya kuota solar nasional. Selain itu, pelarangan tersebut juga bertujuan agar penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.
"Mulai 1 Januari nanti akan ada pelarangan penggunaan BBM bersubsidi untuk kapal barang non-pelayan rakyat, non-perintis," ujar Djoko Siswanto, Direktur BBM BPH Migas, Kamis (27/12/2012).
Menurut Djoko Siswanto, saat ini peraturan pelarangan bagi yang melanggar sudah diatur oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhuk dan HAM). Rencananya, beberapa kendaraan yang dilarang memakai BBM bersubsidi akan diberi nomor lembaran negara.
"Kalau kehutanan nanti 1 Maret. Lalu kapal barang, seluruh Indonesia mulai 1 Januari. Tinggal tunggu diberi nomor di lembaran negara," kata Djoko.
Selain itu, Djoko juga menjelaskan kalau pelarangan tersebut akan diterapkan di Sumatera dan Kalimantan. Adapun di wilayah Jabodetabek sudah berlaku untuk kendaraan dinas.
"Lalu kendaraan untuk transportasi perkebunan dan pertambangan juga akan menyusul pemberlakuannya," papar Djoko. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

1 Januari, Kapal Barang Dilarang Konsumsi Solar Bersubsidi

Kapal Pendidikan Kalabia

Posted: 27 Dec 2012 03:10 PM PST

Kapal Pendidikan Kalabia

© Edwin Bimo/The Nature Conservancy
Kalabia yang menjadi nama ikan hiu bambu di Papua, menjadi kapal  pendidikan lingkungan dan konservasi.
© Edwin Bimo/The Nature Conservancy 
 
Kapal Pendidikan Kalabia diluncurkan di Raja Ampat
Conservation International dan The Nature Conservancy bekerja sama untuk pendidikan anak-anak di Raja Ampat.  Kapal bernama Kalabia ini berukuran panjang 32 meter, dan mampu menampung 24 penumpang termasuk 8 awak kapal.   Kalabia adalah nama lokal untuk jenis ikan hiu endemik Papua Utara "walking shark." (ikan ini berjalan di tanah dengan siripnya), yang merupakan jenis baru dari genus Hemiscylliidae."

Kapal ini akan menghabiskan seluruh waktunya untuk  berkeliling di seluruh  Kabupaten Raja Ampat yang memiliki 88 kampung. Setiap tiga hari ada 30 siswa yang maksimum dapat berpartisipasi di atasnya. Didalamnya, disediakan sarana belajar itu, dilengkapi dengan dua sampan yang dapat digunakan untuk membawa anak-anak snorkling dan menjangkau kawasan hutan bakau. Selain itu, di dalam kapal juga ada perpustakaan serta peralatan audio dan video untuk keperluan pembelajaran.

Menurut Albert Nebore,  Program Manager CI di Raja Ampat, Program pendidikan Lingkungan di Kapal Kalabia diarahkan untuk membentuk perubahan perilaku yang pro kepada konservasi. Karena itu, anak-anak merupakakan target jangka panjang apabila kita hendak membicarakan isu perubahan perilaku konservasi bagi ketersediaan sumber-sumber alam secara berkelanjutan.
Kapal Pendidikan itu Bernama 'KALABIA'
Setelah menempuh perjalanan selama tujuh hari dari Benoa-Bali, akhirnya Kapal Pendidikan Lingkungan Kelautan yang diberi nama "Kalabia" itu tiba di perairan kabupaten —dengan jumlah ratusan pulau— Raja Ampat. Kapal dengan dengan warna warni berani: merah marun, kuning dan coklat ini sangat cantik, berlukisan 'ikon' ikan hiu bambu yang disebut masyarakat setempat dengan ikan kalabia. Tentu saja ini adalah satusatunya kapal pendidikan lingkungan untuk anak-anak di Raja Ampat yang disponsori oleh Conservation International dan The Nature Conservancy (TNC).Dengan wajah berbunga-bunga, Bupati Raja Ampat, Markus Wanma, Msi, berujar: "Hari ini, Kabupaten Raja Ampat melangkah lebih maju. Kehadiran kapal pendidikan kelautan menunjukan bahwa betapa pentingnya laut dan keanekaragaman hayati perairan itu dijaga. Karena masyarakatlah yang akan menikmati seluruh kekayaan alam laut yang ada di Raja Ampat ini," katanya disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir di Kampung Saonek, Waigeo Selatan, ketika meresmikan kapal ini Februari 2008.

"Berlayar sambil belajar," itulah motto pendidikan yang tertulis di lambung kapal Kalabia. Kalabia menurut bahasa etnis Ma'ya yang merupakan penduduk asli pulau-pulau Raja Ampat berarti ikan hiu berbentuk kadal yang berjalan dengan siripnya ketika mencari makan di atas karang-karang. Lain lagi suku Biak-Raja Ampat, mereka mengenalnya dengan nama "Mandemor". Para pakar 'negeri sebrang' menyebutnya dengan istilah "walking shark", karena ikan ini berjalan di tanah dengan siripnya. Ikan inilah yang juga menjadi vaforit sejumlah ilmuwan, karena mereka merupakan jenis baru dari genus Hemiscylliidae."
Kalabia adalah ikan endemik yang hidup diperairan laut Teluk Cenderawasih, Kepulauan Raja Ampat dan Teluk Triton, Kaimana. Kalabia sekaligus melambangkan kebanggaan penduduk Papua di Propinsi Papua Barat yang memiliki tingkat keaneragaman hayati laut yang terkaya di dunia.

Menurut Albert, Program pendidikan Lingkungan di Kapal Kalabia diarahkan untuk membentuk perubahan perilaku yang pro kepada konservasi. Karena itu, anak-anak merupakan target jangka panjang apabila kita hendak membicarakan isu perubahan perilaku konservasi bagi ketersediaan sumber-sumber alam secara berkelanjutan. "Diharapkan generasi Papua masa datang akan sungguh-sungguh berkomitmen pada pembangunan yang berwawasan ekologi, sehingga pemanfaat sumber-sumber daya alam itu akan berpihak pada dukungan ekologi yang berkelanjutan," tambah Alberth Nebore, merinci penjelasannya.
Selamat Berlayar, jangan lupa belajar!.//
 
Kapal Pendidikan Kalabia

Tarif Kapal ke Pulau Seribu Diminta Tidak Naik

Posted: 27 Dec 2012 03:06 PM PST

Tarif Kapal ke Pulau Seribu Diminta Tidak Naik
BERITAJAKARTA.COM — 27-12-2012 14:22
Keberatan sejumlah warga Pulau Seribu terhadap kenaikan tarif kapal kerapu dan lumba-lumba milik Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta per 1 November 2012 dari Rp 32 ribu menjadi Rp 52 ribu, mulai direspons Bupati Kepulauan Seribu, Ahmad Ludfi. Ia meminta tarif baru tersebut hanya diberlakukan bagi wisatawan, sedangkan bagi warga pulau tetap diberlakukan tarif lama agar tidak memberatkan warga yang rata-rata ekonominya menengah ke bawah.

Ludfi mengakui beberapa masyarakat umumnya mahasiswa merasa keberatan dengan kenaikan tarif tiket kapal kerapu dan lumba-lumba milik Dishub untuk penyeberangan. Padahal, pada satu sisi kenaikan ini pernah disampaikan juga oleh para pemilik kapal tradisional (ojek). "Jadi ada dua sisi, yaitu sisi warga selaku penumpang, dan sisi warga saya yang mempunyai kapal. Masyarakat pada umumnya keberatan dengan kenaikan dari Rp 32 ribu menjadi Rp 52 ribu," ujar Ludfi, Kamis (27/12).

Menurutnya, kenaikan tarif kapal ini di satu sisi disambut baik oleh para pemilik kapal tradisional lantaran kapalnya tidak tersaingi lagi dengan kapal kerapu milik Dishub. Namun, tidak demikian halnya bagi warga yang sehari-hari menggunakan jasa kapal itu jika ingin ke darat. "Ini sudah kami bahas dengan UPT Penyeberangan Dishub dan Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ). Mudah-mudahan ada jalan keluarnya, karena dari DTKJ dan Pemerintah Kabupaten juga telah mengusulkan ke Pemprov DKI Jakarta, bahwa khusus warga pulau yang akan naik kapal dapat diberikan dispensasi dengan tarif awal Rp 32 ribu. Kecuali, selain warga Kepulauan Seribu itu bisa dikenakan tarif baru Rp 52 ribu," katanya.

Ludfi menambahkan, jika usulan itu dapat direalisasikan, warga pulau cukup menunjukkan kartu identitasnya seperti e-KTP bagi orang dewasa, kartu mahasiswa maupun pelajar bagi mahasiswa dan anak sekolah, dan identitas lainnya yang menunjukkan sebagai warga Pulau Seribu. "Ini sedang dibahas, dua minggu lalu saya ketemu dengan DTKJ, UPT Penyeberangan Dishub untuk menampung aspirasi itu, karena ini sudah berbentuk dengan peraturan daerah, maka ini tetap berjalan. Aspirasi itu langsung kita sesuaikan dan mudah-mudahan bisa berjalan," imbuhnya.

Selain mengeluhkan kenaikan tarif tersebut, lanjut Ludfi, warga juga membutuhkan penambahan kapal. Sebab, kapal yang disiapkan Pemprov DK Jakarta yaitu dua kapal lumba-lumba kapasitas 100-150 orang, 6 kapal kerapu kapasitas 20, dan 26 kapal tradisional terasa kurang. "Memang Kepulauan Seribu itu problemnya persoalan transportasi. Saya pikir kalau berbicara khususnya untuk warga Kepulauan Seribu mungkin kekurangan kapalnya tidak terlalu banyak, tapi untuk mobilisasi warga dari darat maupun luar Jakarta yang aktivitasnya ada di Pulau Seribu. Jadi saya rasa kurang. Mungkin nanti ada penambahan kapal, sehingga ada kemudahan untuk Pulau Seribu," ungkapnya.

Yani (25) warga RT 04/02 Pulau Kelapa menyambut baik usulan dispensasi tarif kapal penyeberangan khususnya bagi warga pulau. Sebab, dirinya merasa keberatan dengan kenaikan tarif kapal kerapu milik Dishub. Terlebih, dirinya hampir setiap hari menumpang kapal tradisional maupun kerapu milik Dishub tersebut. "Transportasi itu harusnya yang utama untuk warga pulau karena mereka yang sering menumpang kapal. Kasihan juga kalau dinaikkan tarifnya, karena di sini ekonominya menengah ke bawah. Saya harap usulan tersebut dapat segera direalisasikan, agar warga pulau tidak terbebani tarif itu," pintanya.

Seperti diketahui, pada 1 November silam, Dishub DKI Jakarta telah menaikkan tarif angkutan kapal penyeberangan dari Dermaga Kali Adem Muaraangke-Kepulauan Seribu, yaitu zona 1 dari sebelumnya Rp 25 ribu menjadi Rp 40 ribu, dan zona 2 dari sebelumnya Rp 30 ribu menjadi Rp 50 ribu per orang. Tarif tersebut belum ditambah Rp 2 ribu untuk asuransi jiwa Jasa Raharja.

Kapal pinisi adalah kapal layar tradisional

Posted: 27 Dec 2012 03:03 PM PST

"Nenek moyangku orang pelaut, gemar mengarung luas samudera, menerjang ombak tiada takut, menempuh badai sudah biasa, angin bertiup layar terkembang, ombak berdebur di tepi pantai, pemuda berani bangkit sekarang, ke laut kita bersama-sama...." Masih pada ingat kan lagu anak-anak yang satu ini...????
Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut, sehingga untuk mengangkut barang-barang kebutuhan antar pulau atau antar negara dibutuhkan kapal yang bisa menampung banyak barang dan bisa menekan ongkos. Salah satu kapal yang digunakan adalah dengan menggunakan jasa kapal laut.
Kapal pinisi adalah kapal layar tradisional khas asal Indonesia yang berasal dari suku bugis. Kapal pinisi memiliki jumlah layar sebanyak 7 buah, menurut filosofinya 7 layar menandakan nenek moyang kita yang telah mengarungi tujuh samudra. Tujuh layar terbagi atas empat layar besar yang ada di badan, kapal dan tiga layar kecil yang ada di anjungan kapal. Berat kapal pinisi antara 100-200 ton yang rangkanya terbuat dari kayu. Kapal pinisi memiliki 2 jenis yaitu kapal lamba atau lambo, kapal jenis ini termasuk modern soalnya sudah dimodifikasi menggunakan mesin diesel. Sedangkan yang kedua berjenis polair kapal pinisi jenis ini adalah bentuk asli kapal pinisi, bisa diliat dengan bentuk aslinya yang melengkung dan memiliki ukuran yang lebih kecil sayangnya jenis kapal pinisi seperti ini sudah jarang dugunakan, posisinya sudah digantikan oleh kapal mesin yang lebih mudah dioperasikan. 
Kapal KRI Dewaruci merupakan salah satu kapal pinisi yang sampai saat ini masih digunakan. Kapal milik TNI Angkatan laut berfungsi sebagai kapal latih, dikapal inilah tempat melatih angkatan laut dan berkeliling dunia.
Seiring dengan majunya teknologi kini berbagai kapal modern diciptakan, salah satunya adalah jenis kapal katamaran. Kapal katamaran merupakan sebuah kapal laut yang memiliki jenis lambung ganda. Bedanya kapal belambung ganda dengan yang biasa yaitu bila kapal biasa badannya berasa di air semua namun jika kapal berlambung ganda ini cuma kakinya yang di air justru badannya terapung ditahan oleh kaki-kaki yang ada di samping kanan kiri, dan yang berjalan adalah kaki-kaki masuk pada rongga. Kapal dengan dua lambung biasanya digunakan sebagai kapal pesiar, kapal patroli atau kapal perang. Di Indonesia kapal jenis katamaran banyak digunakan di perairan yang relatif dangkal. Penggunaan dua buah lambung berguna agar kapal menghasilkan kecepatan tinggi, serta mengurangi stabilitas kapal itu sendiri. Selain katamaran ada juga kapal trimaran, kapal dengan tiga buah lambung.
Pernah ga kalian berpikir mengapa kapal bisa mengambang di laut, sedangkan beratnya berton-ton......???? Benda seperti kapal memiliki rongga udara di dalamnya, rongga udara inilah yang menghasilkan daya dorong terhadap permukaan air. Seperti prinsip kerja hukum archimedes "apabila sebagian atau keseluruhan permukaan sebuah benda terbenam dalam air maka benda tersebut akan mendapat daya tekan mengarah ke atas, besar gaya tekan tersebut sama dengan berat air yang dipindahkan oleh benda tersebut". Dengan kata lain rongga udara tersebut fungsinya untuk memperbesar ukuran kapal tersebut.
Sebagai contoh bila beberapa buah jarum yang dicelupkan ke dalam air langsung tenggelam kedasar kolam, dan bila yang diletakkan kapal mainan dengan luas penampang yang lebih besar, kapal mainan mampu mengapung ini karena kapal mainan memiliki rongga udara, udara dalam ronggalah yang membuat berat kapal berkurang dibandingkan dengan berat air. Tapi ketika kita mengisi rongga udara dengan air maka kapal akan kehilangan gaya dorong dari permukaan air di bawahnya hasilnya kapal akan tenggelam.
Gimana masih bingung ga dengan ulasan yang saya rangkum ini, semoga saja mudah dipahami dan bisa membantu ya. Karena sudah malam saatnya undur diri ya.  (L)

0 comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
There was an error in this gadget

Bisnis Tiket Pesawat Online

Disclaimer